Tips Belajar Berenang Otodidak

di-dalam-aquarium

Dalam Aquarium

Sudah pada bisa berenang? Belom? Gw mau sok-sokan ngikutin tips SEO yang kapan hari diajarin Ryan. Belajar gak papa kan yes? Ihik. Mau nulis tips belajar berenang otodidak. <~ keyword di judul dan di isi tulisan.

Hahaha, tapi yang gw tulis ini beneran pengalaman pribadi. Pernah gw ceritain kan ya kalo gw bukan orang yang sporty. Kebetulan banget gw pernah diajarin orang semacam crash coursenya berenang.

Berawal dari niat

Ceritanya jaman di Bandar Lampung dulu kan kalo Sabtu-Minggu gw bisa dibilang nganggur gak ada kerjaan. Trus kepikiran olahraga apa yang bisa bikin badan seger.Lari waktu itu males banget soalnya konturnya Bandar Lampung berbukit-bukit. *anaknya malas

Salah satu pilihannya ya berenang, cuman waktu itu jangankan meluncur, ngambang aja kagak bisa gw. Tapi tetep dong, niat ada. Milih kolam renang deket kompleks perumahan dan sekolahan di daerah Pahoman yang deket kos juga. Termodus banget sih emang. Siapa tahu bisa dapet kenalan kan.

Setelah dua tiga kali ke sana, kayaknya ada seorang bapak pelatih renang yang mulai ngelihat gw yang dateng ke kolam cuman berendem doang. Mulailah si bapak ngedeketin gw. Basa-basi. Trus mulai deh komentar gitu soal cara gw berenang.

Pertemuan gw sama si bapak yang gw bahkan gak tahu namanya itu adalah salah satu berkah terbesar penempatan gw di Bandar Lampung.

Latihan Singkat

Si bapak itu bilang untuk bisa berenang, yang perlu diinget adalah:

  • Kudu berani dan gak takut di dalam air
  • Inget kalo manusia itu pasti bakalan ngapung di air selama gak kebanyakan air yang masuk
  • Selama kepala di dalem air tetep tenang dan biarkan gaya angkat air bekerja
  • Tahan napas

Dengan santainya si bapak nawarin buat latihan nahan nafas. Gw langsung diajak ke kolam berkedalaman 2 meter (tinggi gw 175an centi. Jadi gak terlalu jauh lah bedanya ya. Cuma ya itu, serem bow kalo kenapa-kenapa. Nah kata si bapak, gimana mau belajar berenang kalo beraninya cuma di kolam cetek. Langsung aja terjun di kolam yang dalem.

Ternyata sama kayak investasi. Kalo maenannya di deposito muluk ya mana bisa dapet untungnya kan. Ihik.

Nah karena belom bisa sama sekali itu si Bapak ngelatih gwnya di pinggir kolam. Cara dia ngelatih:

  • gak boleh pegangan, trus disuruh ambil nafas panjang.
  • disuruh tenggelem sampe kaki menyentuh dasar kolam, trus disuruh rileks
  • tahan nafas selama mungkin
  • lihat bakalan kejadian apa

Emejing! gw ngambang beneran loh. Kenapa gw dilatihnya di pinggir kolam ya biar kalo panik masih bisa pegangan.

Tapi balik lagi, gak boleh panik. Salah satu cara biar gak panik ya pake kacamata renang biar bisa buka mata di dalem air.
Dalam sehari itu gw ada tenggelamin diri dan nahan nafas sampe 20 kali-an sampe akhirnya gw mulai bisa meraba apa yang diperlukan untuk bisa ngambang beneran.

Di akhir sesi, si bapak sempet nanyain nomor telepon dan juga nama gw. Gw kasih sih, cuman mungkin si bapak ngira gw bakalan ke sana lagi dan mau dilatih dia. Dia sebut tarif sih. Hahaha. Cuma ya minggu depannya gw pindah kolam renang ke kampus UNILA. Lebih gede dan lebih asik buat berenang.

Gw terapin tips-tipsnya si bapak dan sekarang bisa berenang gaya bebas dan gaya dada nyante. Lumayan lah buat olahraga selain lari. Jadi ya tipsnya yang dikasih si bapak bisa dilakukan sendiri, cuman ya kalo belom bisa berenang pastiin ada yang nemenin ya.

Postingan lain tentang kenangan-kenangan gw bisa dibaca di daftar di bawah:

Advertisements

56 thoughts on “Tips Belajar Berenang Otodidak

  1. Aku ga bisa berenaaang… Lebih tepatnya “takut” berenang..
    Bisaaa berenang, asal kolamnya cetek.. sama aja boong
    Hahahahahaha

    Tfs yaaa mas daniii… Siapa tau aku ada kesempatan nyoba trik2nya.. 🙂

    Like

  2. Ihikkk. Dipraktekin langsung. Kbrin hasilnya yak.

    Gw mulai belajar di kolam yang sedalem lo sih. Ya kyk yang gw share. Belajar nafas dulu. Ambil nafas di atas air. Tahan nafas di dalem. Mang intinya kl kita tahan nafas di dlm air pasti bakalan ngambang kok. N bbrp kali malah gw minum air banyak. Haha.

    Like

  3. Waah dari tips pertama aja aku udah gagal duluan, ga punya keberanian berenang. Paling dikolam cuma jalan2 doang. Ato pegangan besi kakinya digoyang2in ke belakang

    Like

  4. Gw umur 3thn dah di cemplungin ke kolam renang, dr umur 3 sampe 5 diajarin papa dan umur 5 thn ikut kursus renang. Trs skrg mau ngajarin Millie kok gw nya yg jiper yak. Tkt nih anak tenggelam parno-an

    Like

  5. Hahaha.. Saya pernah diajarin teman buat berenang tapi yang menjadi masalah terberat adalah saya kurang berani berhadapan dengan air. Juga mungkin saya tidak mau usaha kali ya.

    Like

  6. Rumah gue deket banget darinkolam renang pahoman situ Dan. Trus disitu banyak jajanan kan yaa klo mudik gue sering jajan somay goreng n es kacang ahahaha. Sori ya commentnya salah fokus ;p

    Anyway kolam renang pahoman itu banyak yang bilang agak2 angker Dan. Katena banyak yang sering tenggelam tiba2 gitu n kalau malam katanya suka banyak yang aneh2. Secara deket kuburan juga ahahahah

    Like

    • Hah?! Deket kuburan? Angker? Seriusss???
      Dulu temen kantor pada cerita kalo banyak tersiar kabar kalo banyak yang tenggelem sih tapi gw cuek. Kosan gw dulu di deket pempek 88 Nis. Hihihi.

      Like

    • Iya Dan. Banyak yang mati disitu ahahah. Kuburanya dibelakang2 situ kuburan kecil si punya keluarga dokter tapi udah gak terawat lagi.
      Ohh berati lo daerah kupang ( teluk betung ) yaa yang banyak toko2 pempek berjejer or deket marcopolo hotel ya duuhh lupaa dah lama gak pulang kesana secara skearang dah banyak berubahh kata nyokap

      Like

  7. Si bapak baik banget :haha.
    Berenang itu sekilas tampak mudah, tapi sebenarnya susah banget, soalnya kasus saya sama seperti Ko Arman, panikan :hehe. Ya sudahlah, maybe water isn’t my thing :)).
    Thank you for the tips, though! :hehe.

    Like

  8. akhir akhir ini gue juga lumayan sering berenang, mas. buat refreshing emang paling juara dah renang ini, murah meriah pula.

    sayangnya di sini jarang euy kolam renang gede yg dalemnya > 2 m. kebanyakan arena maen aer gitu semacam ember tumpah dan perosotan. kasian juga sih anak-anak kecil shock gitu saat gue tumpahin aernya pas maen perosotan hahaha

    Like

  9. aku gak bisa berenang, padahal pengeeeen bgt.
    sampe minta dikasi tips2nya dari Lisa.
    Pernah dicemplungin pK di kolam 2m gitu (ho oh… pK kejaaam hahahaha) maksud hatinya mungkin kasi tau gitu kali ya, sama seperti yang kau tulis, pasti bakal ngambang. apa daya sudah panik, jadilah meghap meghap sampe ditarik pake tongkat sama pengawas.
    trus kemaren sore baru aja pergi berenang sama inot, sok sok PD aja…. eh, malah bisa dikit2. jadilah sok2an bilang ke inot, habis ini kita rajin berenang yuk…. 2 minggu sekali tapi…. males bok nyuci baju renangku hahahaha
    Inot belum bisa berenang sih, karena ya hampir tiap kali yang bawa dia berenang itu aku. pernah suatu kali aku bilang… inot harus bisa berenang, kalau enggak, nanti siapa yang ngajarin anaknya inot berenang. eh…. seperti biasa saking nyantenya, dia malah bilang…. ya nanti biar bundanya aja yang ngajarin 😀

    Like

    • Hahahahaha. Inooooot nyante banget anaknyaaa. Bener kan Luk. Kalo nyante malah bisa. coba pake kacamata renang, ambil nafas trus tahan, trus masuk deh ke air yang agak dalem. Santaaaaai aja. Jangan takut. InsyaAllah ngambang. Wis digawe karo singg nggawe banyu lan awak lek menungso iku ngambang kok Luk. Hihihi.

      Like

  10. Dan, orang di sini selalu kaget kalau bilang ga bisa berenang, Kenapa? Kan di indonesia banyak pantai, trus jawab bosen liat laut hihihihi

    Like

  11. Aku dulu sampek les berenang loh Bang, saking niatnya. Huahahah.. 😀 Jadi pas SMA diharuskan bisa berenang. Rasanya malu kalok ngga bisa.

    Pertama jugak belajar ngapung, en gurunya nyuruh ngapung langsung di kolam 2 meter. Huaaaaa.. Tapi akhirnya sukses tuh! 😛

    Like

  12. pas lagi pengeeeen banget bisa renang dan bertanya-tanya “gimana caranya biar bisa ngapung ya kalau beraninya cuma di kolam cetek”… eh, kok pas nemu postingan ini…
    makasih mas dani.. 🙂

    Like

  13. Pingback: Tips Belajar Berenang Mudah | Andik Taufiq

  14. Waktu SMA pernah les renang, tapi guru les nya kecentilan, bahasa sundanya sih “cunihin” hahaha akhirnya gak ikut les lagi dan bodo amat sampe sekarang gakbisa renang -___-

    Like

  15. Nah..sekarang ayo snorkeling 🙂 aku belajar berenangnya dari kecil..bapak dan ibu memang hobi-nya berenang. Memang kadang mesti “maksa” untuk bisa berenang kok, tapi untuk pertama kali ya sebaiknya mesti dengan yg udah bisa berenang dan bisa bantuin kalau kenapa-kenapa.. 🙂

    Like

  16. Pingback: Percaya – Komunikasi – Harmonisasi | fieniyuniarti

Comments are closed.