[Blogging Thingy] Bikin Konten Sendiri Yuk!

Ngeblog-dengan-Galaxy-Note-$

Mobile Blogging

Wohooo! Traffic blog gw naik jadi sejuta views sehari!

Impian gw banget itu. Huahahaha. Siapa yang gak punya impian punya sejuta views sehari? Sementara gw nyape serebu sehari aja ngos-ngosan. Masih jauh bangettt.

Tapi, seperti telah berkali-kali disebut, balik ke tujuan ngeblognya apaan sih ya.

Gw awalnya kan buat hobi-hobi lalala, trus kenal sama yang namanya paid post, trus ketagihan, trus daftar WordAds diterima, trus semakin ketagihan buat posting yang menghasilkan traffic biar duitnya makin kenceng, trus setres. Hahaha. Iya setres sendiri karena kok ya kalo traffic biasa aja rasanya ada kecewa. Trus mutung beberapa hari. (Sampe tulisan ini dibikin WordAds masih aktif sih, gak tahu kalo tetiba di cut aja)

Ish, gak asik ternyata memang kalo ngeblognya ditujukan buat selain seneng-seneng. Etapi tergantung orangnya sik ya. Gw sih sempet setres kemaren pas kerjaan tiap hari ngeliatin traffic mulu. Beneran jadi gak asik deh anaknya.

Ngeblog buat Orang

Pas getol-getolnya cari views kemaren gw mah lebih ngeblog buat generate traffic. Gimana caranya biar bisa menghasilkan blog yang rame. Ya seperti yang gw bilang agak di awal tadi kalo ternyata jatohnya gak asik.

Kemudian selama bulan Maret ini gw usahakan buat gak lagi lihat traffic dan gak lagi ngoyo posting sehari sekali karena gw pikir orang bakalan jenuh kalo gw tiap hari posting tapi isi postingan gw juga gak mutu-mutu banget. Lama-lama ditinggal jugak gw. Ihik. Akhirnya mulai deh bolong-bolong postingnya. Bukan karena males, tapi lebih ke berkontemplasi soal ngeblog. *halah*

Etapi balik lagi deh kan gw ngeblog ini buat bikin time capsule yang bisa gw baca lagi pas gw tua nanti. Gimana sih gw dulu ya. Ihik. Jadi semangat lagi!! Gw sendiri kan orang ya. Nulis buat gw sendiri ajadeh. Ihihihik.

Trus selama gw sutris galau itu kan gw ada nyasar ke beberapa artikel dan diskusi juga sama beberapa orang soal opsi upgrade dan kemungkinan cari duit dari blog yang mana kalo pake upgrade di WordPress.com pilihan nyari duitnya kan ya lewat WordAds ya, eh ternyata layanan ini gak lagi pasang iklan di blog yang berbahasa Indonesia. Sedih kan yes. Spesifik loh, berbahasa Indonesia.

Penasaran gw browsing-browsing lah. Dapat beberapa artikel yang bilang kira-kira apa yang jadi penyebab kenapa blog berbahasa Indonesia gak lagi diajak kerjasama sama WorAds.

Isi Penarik Traffic

Ini yang bikin gemes nih. Konten gw di blog ini yang gw pikir sudah bikin orang males baca, ternyata gak jelek-jelek amat. Paling ga (hampir) semuanya keluar dari kepala gw sendiri.

Ternyata di luar sana banyak banget blog-blog yang isinya copy-paste dari situs berita, blog orang ato entahlah siapa darimana. Tujuannya? Biar gampang masuk ke hasil pencarian yang ujung-ujungnya generate traffic. Sepertinya cara ini memang luar biasa gampang dan berhasil ya karena banyak yang melakukannya. Semakin besar traffic pun semakin banyak duit ya.

Yatapi apa bener sih blog-blog macem gini ini punya pembaca, punya keterikatan emosi sama yang baca dan ujungnya bisa memberi kepuasan? *well, in terms of money generated puas kali ya. Ngerti kan maksud gw ya? Ngerti kan? Ujung-ujungnya, google juga gak suka kan dengan blog-blog dan website-website yang dianggep punya similiar content dan kemungkinan akan masuk dalam algoritma penilaian mereka. Baca di beberapa web dan forum kalo hasil pencarian dan traffic blog itu bisa drop drastis karena google gak lagi include ke hasil pencarian mereka.

Dan ada beberapa yang gw baca pas kena suspend google malah gak ngaku *yah mungkin mereka bener juga sih ya. (Ini artikel google tentang duplicate content)

Ternyatanya lagi, banyak juga loh blog wordpress.com yang upgrade domain dan kemudian melakukan trik ini setelah mereka disetujui pake WordAds. yep, buat apalagi kalo bukan buat cari duit. Trus banyak yang ketangkap. Blog berbahasa Indonesia. Pengen mithes mereka banget nih rasanya.

Pemasang Iklan Kesel

Sudahlah para pemasang iklan itu kan asalnya kebanyakan dari belahan bagian sono ya, eh ini dijebakin buat bayar blog dengan konten yang gak orisinil. Kalo gw pemasang iklannya sih ya gw akan ngerasa kejebak. Buat apa bayarin orang yang gak ngebantu usaha gw kan?

Akhirnya layanan WordAds gak lagi menyetujui pengajuan dari blog berbahasa Indonesia. Siapa yang rugi?

Banyak blogger yang gw kenal kontennya bagus, ngeblog di WP dan akhirnya pengen upgrade ke WP.com untuk bisa monetize blognya. Tapi karena ulah orang-orang yang pengen enaknya sendiri, blogger kece jadi gak bisa punya pilihan upgrade di WP.com, ya mereka masih bisa sih upgrade ke WP.org. Tapi itu lain hal dari yang gw bahas di sini. (Silahkan baca advertising policynya WordPress.com)

Mennn… Come on.

Apa susahnya sih create blog lu sendiri yang orisinil? Ceritain cerita lu sendiri. Enrich people with your life experience.

Emang balik lagi sih ya tujuan awal ngeblognya apaan. Semoga orang yang suka copas-copas itu sadar dan berkurang ya dan ada lagi kesempatan untuk monetize blog di WP.com.

Postingan gw sebelumnya tentang blogging:

Advertisements

81 thoughts on “[Blogging Thingy] Bikin Konten Sendiri Yuk!

  1. Dulu sempat galau mikirin ada ga ya yang baca blog aku, tapi untungnya pas masa bodo ada yang baca atau ga justru tetiba ada yang baca 😣

    Liked by 1 person

  2. Aku juga pernah melalui masa-masa traffic oriented, Mas, dan jadinya nggak enak, juga berpengaruh ke kualitas tulisan 🙂 jadinya dibawa enjoy aja B)

    Liked by 1 person

  3. Hihihi sebenernya ini salah satu tujuan terselubung saya blogging lagi dan alasan utama kenapa blog saya bilingual.
    Nah iya kesel memang. Beberapa salah yang lain atau newbie kena semua. Sedih :(,

    Like

  4. Kemarin2 sempet juga tuh mas aku begitu.. Mantengin traffic melulu… Lama2 cape karena sepi2 aja khaan.. Hahahahaha
    Jadinya ya sekarang balik lagi, kalo lagi sempet ya baru posting.. Ga maksa2 amat… padahal pemalas

    Like

  5. Baca komen nya Memez jd nyengir gw hahahaha

    Iyahhh bgt, ngeblog jgn dibikin beban, santai aja, mengalir dan yg kudu mah apa yg diceritain di blog ya kudu samalah sm kenyataan nya hihihi

    Like

  6. Saat ini saya blogging buat kesenangan diri sendiri dulu kayaknya, gak tau nanti 😀 Iya, emang ngeselin baget ya Mas orang yg suka copy-paste itu. Apa berasa puas gitu nge-blog hasil copy-paste. *emosipagipagi haha

    Like

  7. Hari ini gw juga publish soal Blogging. And soal kontent juga. Untung isinya beda. Kalau gak dibanned gw bisa2. Hahahaha.

    Soal copas ya nyebelin sih Dan. Sbg yang blm msk WA. Tapi kmrn dpt referensi dari Mbak Nella soal apa aja yang bisa tuh selain WA. Makanya cari hostingan lain. Hahaha.

    Soal traffic… Gak mikirin lagi deh. Lo 1000 ngos2an. Gw 200 aja dah ngos2an kayak abis lari marathon. Just write ajalah. Hahaha.

    Like

  8. Emang wordads buat blog bahasa Indonesia dibatalin gitu? Kok bisa? Kan advertising-nya ya bisa dari mana aja ya?
    Mesti berapa views perhari sih supaya dapat diterima wordads-nya WordPress?

    Like

    • Untuk aplikasi baru Mbak Indah yang tidak akan di approve. Kalau yang sudah jalan tetep seperti biasa. Nah kalo berapa views seharinya saya kurang tahu pasti karena punya saya tidak terlalu banyak di approve.

      Like

  9. jadi inget dulu blog gue pernah di suspend google….tapi bukan karna copas loh ya #amit2… tapi karna disangkanya umur gue 18 taun dooonggg…hahahaha ;p

    Like

  10. Setuju ma Yeye..jgn jadikan blogging sebagai beban. Ora usah ngoyo…mengalir aja semengalir pas kita cerita…yg lain(iklan dan traffic) mah bonus aja…

    Iiih itu emang ga bgt deh soal copas meng-copas…karena bagi gw ngeblog itu perlu perjuangan…perlu mikir…. itu gw siiih…

    Liked by 1 person

    • Halo Om Bradm lama saya gak main ke sana nih. Informasi balasan mereka bilang kalo mereka gak pasang di blog yang berbahasa Indonesia. Jadi kalau yang berbahasa Inggris mestinya bisa ya Om. *sungkem dulu

      Like

  11. Sebelum-sebelumnya belum pernah kepikiran kalau blog bisa jadi ajang buat cari penghasilan tambahan selain postingan berbayar :hoho. Tapi… ya sudahlah ya, saya setuju kalau mesti dikembalikan lagi ke tujuan awalnya kita blogging itu inginnya seperti apa, kalau saya sih supaya ada tempat buat pajangan jejak-jejak, maka… jadilah :hihi.
    Thank you for sharing your insight, Mas :)).

    Like

  12. Lah tapi itu di sisi kanan blog lu ada iklannya, bang.. bukan dari wordads?
    Oiya gua mau nanya bang, domain gua udah expired.. cara perpanjangnya gimana ya? Mungkin bang Dani udah pernah, atau mungkin tau.
    Thanks ya

    Like

  13. tadinya pengen upgrade juga Dan, ikutin jejakmu
    udah mulai bersih2in broken link.., eh .., batal aja deh kl WA nggak bakal diapprove..,

    Like

  14. Biasanya saya nemu yg copas2 gitu pas nyari resep, ketahuan deh tu mana blog yg orisinil mana yg engga. Bisa dicoba deh itu, aku kadang suka kasian sama food blogger yg susah2 try and error nyoba resep eh disadur. Kebangetan emg yg begitu :\

    Like

  15. Sampai skr masih belum kepikiran cari duit lewat blog, masih buat asik2 aja. SUka2 postingnya. Walau kalau ada tawaran review ya diambil juga kalau sesuai .. hehehe.

    Soal copas emang ngeselin ya Dan, imbasnya bisa ke banyak orang.

    Like

  16. emang selalu jadi target blacklist kita mah yak… karena ulah setitik susu rusak nila sebelanga… eh kebalik 😛

    btw, temennya temenku ada yg penghasilannya 500jt per tahun hanya dari pasang situs ads yang kontennya nge-crawl dari banyak sumber… dan kerjaannya cuman mantengin sama edit-edit dikit saja… what a life…

    Like

  17. Kalau copy paste emang banyak yg berkunjung tuh mas Dan 🙂
    dulu pas blogku ini baru dibangun, hampir separuhnya copas… wuih sampai 800 an perhari… and now, setelah copasan tersebut tak buang, ehhhh…. traffiknya melorot abizzzzzzzzzzzz…………..
    paling cuman 20-an……..

    disamping itu, blogku juga kena google sandbox…
    wehehehe…….

    Tapi kalau kembali ke tujuan utk apa ngeblog? ah, biarin aja traffiknya saat ini turun… yg penting ekspresi gue keluar dan aku yakin, suatu saat nanti traffiknya tinggi lagi…
    amiin 🙂

    Like

  18. bahkan saya baru tahu tentang WA, hm. dan bahkan saya sering copas quote-quote orang jadi judul blog, apakah bisa kena banned juga mas? Apalgi kalau saya buat tulisan yang sifatnya pengetahuan umum, biasanya saya sertakan referensinya. Itu gimana ya Mas? Trus kalau reblog itu gimana Mas? soalnya kalau isinya bagus pasti saya reblog, biar kalau mau baca ngga susah nyarinya.

    Like

  19. Karenaaaaa.. Aku rasa banyak yang terobsesi buat jadiin blog sebagai pendapatan pribadi.. Temen blogger ku sendiri ngga keitung berapa yang ngelahirin banyak blog trus ujung-ujungnya ngalihin ke blognya yang paling oke, biar banjir pageview en adsense..

    Tambah lagi yang pakek iklan mandiri dengan alasan biar ngga dibanned si gugel, ngiklanin obat pemanjang lalalalalaaaa trus judi online, poker, dll.. Errr.. Agak miris. Hahah.. 😀

    Kayaknya masih tetep oke kalok terima job review yah, Bang.. :3

    Like

  20. Mas Dani bisa mutung juga rupanya 🙂
    Saya suka tulisan yang seperti ini. Tulisan yang ngajak berdiskusi. Yang ngajak ikut berpikir.

    Saya juga kaget setelah vakum 2 taun, blogging jadi benar benar berkembang buat mencari penghasilan. Dan jadi ada aksi copas gitu.

    Padahal dulu pas saya aktif ngeblog 2007, blog itu murni buat share pengalaman dan pemikiran pribadi. Jadi tak ada yang namanya copas.

    Sekarang blogging bisa dipake buat jadi portal berita dan artikel ya.

    Like

Comments are closed.