Lapor Pajak Tahunan

pagi-di-kebayoran-baru

Pagi di Kebayoran Baru

Hayooo. Udah pada lapor pajak belom?

Gw udah dooong

Macem-macem sih ya pendapat soal lapor melapor pajak ini. Ada yang semangat empat lima gebah-gebah temen dan keluarga, ngingetin sebelum habis deadline. Ada juga yang lempeng. Ada juga yang protes kenapa ribet amat ya urusan pajak ini meskipun mereka akhirnya lapor juga dan nyerahin SPTnya.

Nah, beruntung sekalilah gw ini punya banyak temen *diakuin sepihak dari orang kantor pajak. Mereka gape banget lah soal pajak-pajakan gini dan gw sering banget kontak-kontakan ama mereka. Sebutlah Okti, Mak Sondang dan Mamah Etty. Belom lagi Bang Rifki. Pada kenal kan ya? Hah belomm?? *kenalin satu-satu *salim

Dari sebelum mulai kenal Mamah Etty *yang kayaknya galak minta ampun *trus langsung dicbeinΒ gw udah penasaran sama yang namanya pajak memajak dan laporannya.Β Ya dari mule kerja sih ya. Cuma dulu pas waktu di cabang, ada yang koordinir itu pengumpulan laporannya. Jadi gak perlu bingung dimana dropboxnya, bahkan bikin laporannya pun udah ada yang ngurusin. Kitorang tinggal tanda tangan, yang penting nihil. Hihihi.

Pas balik Jakarta, di kantor pusat,Β jadi kayak ikan di kolam besar. Buanyak banget orangnya sampe akhirnya semua-muanya kudu dilakukan sendiri. Yagakmungkin bisa provide orang yang bisa ngelayanin semuanya kan. Termasuk urusan pajak ini. Jadi bikin laporan sendiri, lapor juga sendiri. Mulailah masa-masa itu ribet nyari mau taroh di dropbox mana lalalala. Etapi waktu masih di bank BUMN sih enak ya, masih bisa nitip sama office assistant.

Eh pas pindah perusahaan swasta malah boro-boro ada yang bikinin, buat setor pun kudu nyari sendiri. Gw inget sempet naroh di dropbox Tanah Abang ama Sinarmasland Plaza. Trus kemudian gw kenal Mamah Etty. Gabung di kwek-kwek. Meskipun awal-awal ngeri-ngeri sedep, ternyata si Mamah yang hari ini pasti lagi lembur itu baik banget.

Gw disarankan buat lapor pajak online.

Awal tahun 2014 waktu gw mulai kenal dan tahu sosialisasi pelaporan pajak online, gw konsultasi ama desye. Disarankan mending pake online biar gak usah ribet. Dibantuin dan voila! gw punya EFIN dan mulai buka-buka sistem pelaporan online ini. Ternyata oh ternyata, gampil! Gak sampe sehari beres dah. Termasuk sudah bolak-balik ke kantornya Etty buat EFIN. Huhuhuy.

Tahun ini? Gw lapor pajak lewat online lagi dong.

Ada beberapa temen gw yang menyarankan untuk gak lapor pajak online. Alasannya sih karena nanti apa yang kita laporkan bakalan kerekam selamanya dan bakalan jadi ribet nanti kalo ternyata di suatu saat ada harta yang lupa kita laporin padahal sudah dilaporkan tahun sebelumnya.

Gw gak tahu ini kebenarannya sejauh apa statement si temen ini. Mungkin ada temen dari kantor pajak yang bisa bantu?

Kalo menurut gw pribadi sih kenapa gw akhirnya memutuskan buat lapor online aja ya karena ringkes beres gak pake ribet. Perkara nanti gampang kecatet hartanya ya gak ada niat sama sekali buat nyembunyiin juga sih. Kalo nanti nambah ya dilaporin. Yagaksih? Termasuk kemaren pas ada KB di laporan pajak gw. Kurang Bayar.

Well, ada beberapa orang buat ngakalin dan gak bayar KBnya, tapi gaktahu deh gw kok rasanya gak bisa ya. Apalagi setelah diitungindan cek ricek memang ada KB dengan jumlah yang sama kayak hitungan gw. Yasudahlah gw bayar. Semoga apa yang gw bayar bisa membantu pembangunan bangsa gitu.

Apa nanti gw tulis soal kurang bayar ini ya? Tapi butuh konsultasi lagi ama yang ngarti soal pajak deh.

Gimana pengalama kalian soal bayar pajak dan laporannya?

Ocehan gw yang lain:

Advertisements

56 thoughts on “Lapor Pajak Tahunan

  1. Ini post dua hari lalu kok br nongol yak?
    Eh bentar. Dua hari lalu pas gw ke ktr pajak pusat dong yak. Hahahaha. Gw kmrn tanya2 di sana. Utk lapor online n dpt efin hrs bawa npwp k ktr pajak kita terdaftar. Lgs mikir sih gw. Agak ribet juga yak secara gw terdaftarnya di Matraman.

    Eh tapi kmrn di ktr pajak gak lama kok. Cm 15 menitan rebes. Apa krn gw dtg bkn pas jam makan siang yak?
    Kalau gw sih yang urus pajaknya cici gw. Dia lbh paham pajak. Jadi dia urus pajak ktrnya, pajak dianya sendiri, diri gw n koko gw. Hehehehe. kl mau diurusin bisa kontak gw – dikeplak promo di lapak org

    Soal lapor gak sebenarnya… Susah ngomong Dan kalau ini. Prefer just as the way it is aja sih.

    Like

  2. Aduh aku tertohok mau bikin postingan cara lapor via efiling kaga jadi, ealah Mas Dani yg bukan orang pajak malah posting tentang pelaporan SPT Tahunan ini. Huhuuu… Makasi Mas sharing tentang pajaknya. Jadi KB ya Mas? Tulis aja Mas, siapa tau menginspirasi orang lain yang pelit KB, hehehe… Semoga rezekinya dilancarkan ya Mas, aku seneng ada kenalan yang apresiasi pajak dengan positif gini. tertanda:fiskus yang keenakan offduty

    Like

    • Eh aku komen lagi, lapor via online datanya lebih enak dilihat oleh petugas sih kalau menurutku. Lagian lebih enak nggak usah susah2 pergi dan antri ke kantor pajak. Mana tahun depannya efin bisa dipakai terus menerus. Aku udah lapor via online dari SPT 2012. πŸ™‚

      Like

    • HuWeeeee…. Dirimu orang pajak juga toh Mbak Nia? Hihihi,… Makasih-makasih tulisansaya diapresiasi dan amiiin buat doanyaaa.. Hihihi. Saya ada dua kaliKB pajak sih. Dua-duanya pas pindah kerja. Karena belom tahu dan di tempat kerja baru mestinya penghasilan dari tempat kerja sebelumnya dihitung sebagai penghasilan tidak kena pajak ya? Nah saya gak sempat submit ke kantor baru buktinya. Jadi ya terpaksa ada KB deh. Hiks.

      Like

    • Hihihi, kirain emang mau balas komentarnya Mas Ryan Bang. πŸ˜›
      Saya ada KB karena pindah kerja dandi kantor baru penghasilan kantor lama tidak diperhitungkan pajaknya. Kantorbaru sih sudah sempet minta, tapi sayanya yang teledor aja kayaknya. πŸ˜€

      Like

  3. Xixiiixi
    jadi malu…saya masih blom dan saya termasuk yang gak pernah bayar pajak (di luar pajak kendaraan) krn pajak penghasilan sama perusahaan ga kunjung diurus tuh NPWP pdhl saya udah minta.

    Like

  4. Hmmm masalah spt online ini, ad beberapa yg hrs di lurusin. Gw bukan org pajak, mungkin ad yg salah jg. CMIW, daftar harta sama kewajibanny itu d save. Jd taon depan kalo daftar online yah udah ad. Tinggal tambah ama kurang aja.

    Terus daftar spt online ini harus ad no npwp di form a1. Jadi kalo di form a1nya ga ad no npwp ga bs.

    Paperless sih..

    Like

  5. Efiling tahun ini sangat membantu. Banyak peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Top bangetlah tim IT KPDJP ini :hehe. Mengisi SPT itu sekarang cuma butuh waktu 5 menit :hihi, meskipun itu karena form-nya 1770S dan yang biasanya saya urus cuma 1 bukpot, kalau formnya 1770 dan banyak biaya ini itu bisa berjam-jam juga ngerjainnya :hihi mengenang masa-masa kuliah.

    Like

  6. Kmrn sempat bolak balik ngurus efin ny sekalian buat efin rekan sekantor.. pas input e filing di kantor malah terjadi erorr, gak bisa disimpan. Pas pergi ke kantor pajak, eh malah e filing ny gak ada masalah… ternyata di komputer kantor gak bisa krn browser ny pakai internet explore, krn gak tau settingan ny maka terpaksa input lewat hp..

    Like

    • woaaaaah, input lewat HP Jo? mantabh sekali deh.
      Saya kebetulan di kantor inputnya pake Firefox kemaren. Gak nyoba pake IExplorer sih Jo. Hihihi. Tahun lalu juga inputnya pake Chrome.

      Like

  7. Nah ini dia masalah aku, om…
    Sejak kerja di perusahaan yang sekarang ga pernah bikin SPT lagi
    Perusahaannya dodol, bukti potong telat mulu sampe ke tangan. Bolak balik dikomplen tiap tahun tetep aja telat. Kepiye jal..?

    Like

  8. Soal pajak mah teteh eh kita minta bantuan orang buat nyusun pajak tahunan kita… bayar sih..tp lumayan, mereka kadang bisa nyari celah kira2 yang bisa dibalikkin pajak yang sudah dikeluarkan…lumayaaan..:)

    Like

Comments are closed.