[Kamis Buku] Merry Riana – Mimpi Sejuta Dollar

Mimpi-Sejuta-Dollar

Mimpi Sejuta Dollar (gambar dari Goodreads)

Judul Buku: Merry Riana – Mimpi Sejuta Dollar
Penulis: Alberthiene Endah
Jumlah Halaman: 362
Penerbit: Gramedia Pustaka Tama

Sudah pernah baca buku ini?

Buku tentang Merry Riana, seorang perempuan Indonesia yang berhasil mendapatkan penghasilan satu juta dollar (sekitar tiga belas milyar setahun dengan asumsi kurs Rp. 13.000/dollar) berkat kegigihan dan usahanya di Singapura.

Perjuangannya dimulai dari seorang lulusan SMA di Jakarta yang waktu itu dilanda kekacauan untuk bisa meneruskan kuliah dengan dukungan dari keluarganya yang pas-pasan, kemudian harus bertahan hidup sebagai mahasiswa di negeri orang yang gw tahu sendiri mahalnya gimana sampai akhirnya ambil keputusan buat gak kerja di perusahaan ternama dengan gaji lumayan cukup menyita perhatian gw. Buat tahu cerita lengkapnya baca aja bukunya lah ya, gak perlu gw tulis ulang di sini.

Gw tahu buku ini sudah lama banget, dari mulai dipajang di rak buku barunya Gramedia. Karena mungkin sudah terlalu malas baca buku motivasi yang mungkin isinya sama, gw skip lah buku ini. Isinya bakalan blablablabla sejenis sama buku motivasi lainnya gitu di bayangan gw.

Sampe gw lihat iklan filmnya yang mana Merry diperankan oleh Chelsea Islan. Gw penasaran dong sama bukunya. Hahaha. Iye, ngehek gw emang.

Padahal gw cuma lihat iklan filmnya loh. Ironisnya gw bahkan gak lihat filmnya sama sekali. Cuma bayangan Chelsea Islan lari-lari di lorong, angkat-angkat kardus itu bikin gw penasaran. Gw belilah buku ini di Gramedia berbekal voucher dari Mbakyuku Nurul di Surabaya yang ternyata kalo rajin komen di sana dan jadi komentator tertinggi, bisa dapet hadiah *mbakyu ku promoin ya.. Ihikk.

Ternyata gw larut sama tulisannya Alberthiene Endah yang ceritanya terkesan gak menggurui. Cerita mengalir lebih ke bagaimana seorang Merry Riana menjalani hidup. Kayak baca buku diarynya Merry aja. Dari seorang yang harus bisa hidup dengan beberapa dollar seminggu sampai bisa menghasilkan sejuta dollar, menurut gw ceritanya bisa dipercaya banget.

Gw dapet banget kalo ingin berhasil, intinya adalah kerja keras, konsistensi, buka hati, buka pikiran, terus menerus belajar dan percaya sama Tuhan. Well, banyak sih muatan lain yang disampaikan di buku ini, tapi gitu deh intinya. Gak ada yang gak mungkin untuk dicapai selama lu mau berusaha dan apa yang mau dicapai itu masuk akal. Kebayang kan?

Buku ini jadi buku non fiksi pertama yang gw baca tahun ini. Terlepas dari beberapa bagian cerita yang menurut gw agak terlalu banyak diulang (bagian dimana selalu disebut betapa Merry berasal dari anak perempuan yang selalu diliputi kasih sayang keluarga trus harus berjuang sendiri, dan berdoa dan percaya sama Tuhan -yang mana bagus juga sebenernya buat ngingetin kita semua), untungnya buku ini gak ditulis dengan bahasa dewa yang tujuannya bikin orang terperangah kagum.

Pernah baca kan ya buku motivasi yang isinya kalimat-kalimat penggugah semangat gegap gempita yang kita ikut semangat bacanya sampe mau loncat saat itu juga?

Well, kalo ada yang lagi cari cara gimana bisa cari duit cepet, cara biar bisa super kaya, bagaimana bisa menggandakan duit, gw sarankan banget buat baca buku ini. Bukan jadi nemu cara bisa cept kaya, tapi biar tahu kalo segala sesuatu itu berproses. Well, kecuali lu anak ultra high networth person kayak di Crazy Rich Asian ya.

Post gw yang lain tentang buku-buku oke yang pernah gw baca:

Advertisements

67 thoughts on “[Kamis Buku] Merry Riana – Mimpi Sejuta Dollar

  1. saya lupa punya buku ini apa nggak. tapi pernah dapat hadiah menang lomba dapat dua atau satu buku Alberthiene Endah. yg sudah saya baca beberapa halaman judulnya cewek matre apa yah? satunya lagi blum lihat… kayanya seh buku di atas

    Like

  2. tahu bukunya sudah sejak lama di gramedia. bahkan lumayan lama nangkring di rak best seller, mungkin sampai sekarang (lama nih ga ke gramedia). tapi saya belum baca bukunya, dan sementara ini masih belum berminat baca. alasannya sih klise jg spt yg dani bilang, kalau buku motivasi itu isinya hanya itu2 aja.

    tau film nya juga dari promosinya yg gencar, baik di radio, koran atau bahkan tivi. tapi tidak tergerak juga untuk menonton nya. kecuali motivasinya hanya untuk lihat chelsesa (kayak kamu dan he he he). dan memang tidak termasuk film yg pengen saya tonton.

    saya sebenarnya malah suka acara talkshow nya MR ini di radio sonora yang lupa tiap malam itu. karena pas dengernya juga sambil nyetir sambil menikmati macet nya perjalanan pulang ke bekasi yang jauh itu πŸ™‚ soalnya dalam talkshow itu lebih natural sosoknya. apalagi di situ mbak MR ini berinteraksi dengan pendengar yang bertanya secara langsung.

    setuju dengan dani dan juga inti kisah tentang mbak MR ini, bahwa kesuksesan, kekayaan, ketenaran dll adalah bisa didapatkan oleh setiap orang, tapi tidak dengan cara instant. melainkan harus bekerja keras, dan bahkan berdarah2… iya ga dan?

    sekedar pertanyaan tentang bukunya, kira2 bukunya itu menarik untuk dibaca apa karena ditulis oleh Alberthine Endah yang memang selalu buku yg ditulisnya umumnya laris? Atau karena sosok dari mbak MR nya?

    Like

    • Huahahahaha. Panjang beneran ternyata ya Mas. Hihihi. Saya rasa a bit of the two. Kombinasinya pas. Kisahnya sendiri menarik dan tulisannya bagus. Jadi gak kayak buku motivasi. Buku biografi sih. Hihihi

      Like

    • iya dan. penyakit nih kayaknya. kalau komen di blog orang bisa lancar, bahkan sambil merem. giliran di blog sendiri duh satu kalimat aja lamanya minta ampun. sampai merem melek πŸ™‚

      Like

  3. Kisah Merry Riana ini contoh kisah bisnis MLM (sindikat asuransinya pada dasarnya berbentuk demikian) paling sukses. Yang jelas, aspek kerja keras dan keberanian yang dicontohkannya itu benar-benar modal sukses di bidang apapun.

    Like

    • Yes Mas Yogi. Betul. MLM yang selama ini dipandang sebelah mata sebenarnya bisa memberikan kesempatan yang luar biasa juga. Not that I’m promoting MLM. Sayangnya orang banyak kejebak di money game yang menyamar jadi MLM dan akhirnya membuat citra buruk MLM itu.

      Like

  4. Proses banting-tulang berdarah2nya itu yg gak semua orang mau menjalankannya. Everybody wants rainbow but they hate it when it rains…..

    Like

    • Betul Mem. Yang dilihat dan ditiru cuma bagian gegap gempita gemerlapnya, tapi jalan kaki jam 1 pagi bawa brosur jarang ada yang mau lihat dan niru.

      Like

    • boss-ku kapan itu mengingatkan: nothing is instant, termasuk belajar keahlian baru….. nggak bisa berharap hari ini belajar, besok lgsg bisa. or even minggu depan atau bulan depan. harus sabar dan telaten…..

      Liked by 1 person

    • mau komen ternyata ada ndutyke, nyamber dong xD
      ho oh aku suka juga bukunya..
      btw, kpn yak aku baca buku ini? taun 2012an kayaknya. meresapi banget padahal aku cuma bermodalkan pernah training seminggu di jurong dan jalan2 seharian di NUS (udah kebayang itu stasiun jurong, terus asrama NUS -eh dia kul di ntu apa nus sih? πŸ˜€ )

      dari post dani ini malah jadi tau kl dibikin filmnya, cek dulu ah di youtube πŸ˜€

      Like

  5. Kok gw ga bs selesai baca buku ini ya Dan hahahaha, entahlah, berasa boring aja sih. pas lg booming ikutan beli, dan kyknya keburu dibuang gegara banjir sblm berhasil dbaca semuanya krn kesalip buku lain mulu ngumpet

    Like

    • ssstt Rin, sebenernya ada rasa boring itu muncul, seperti yang gw tulis di bagian sebaiknya dikurangi bagian yang diulang-ulang terus itu. Bihihihik. Tapi all in all isi bukunya bagus kok. Perjuangannya itu patut banget diteladanin.

      Like

  6. Belom pernah baca, cuma tau aja. Belum pernah nonton jugak, cuma tau aja. Sama kaya mas Dani, hehehe gak tertarik. Soalnya tau isi nya pasti bagus, tau isi nya bakalan wow, tau kalau best seller. Nah, gatau kalau nanti atau kapan tau tiba2 penasaran sama buku ini πŸ˜€

    Like

  7. Saya belum pernah baca buku ini, sih. Tapi ini jadi satu bukti lagi, bahwa memang usaha dan kegigihan tak pernah berdusta untuk mendatangkan bahagia. Sangat inspiratif, Merry Riana ini. Diramu oleh Alberthiene Endah. Eh tapi, setahu saya juga ada bukunya yang dikarang Clara Ng, kan, yang judulnya Langkah Sejuta Suluh??

    Like

  8. ada sambungannya Dan yg nulis Clara Ng judulnya mimpi sejuta suluh atau mirip2 gitu hehehe
    btw Merry Riana nih satu sma sama bu lele tapi beda angkatan, temen gw yg 1 angkatan sekolah situ berarti temen si Merry (maksudnya temen sma) gw sih gak kenal krn gak sklh situ ihik

    Like

    • oooh, itu lanjutannya ya Fel. Ada yang komen sebelumnya katanya di rentang waktu yang sama. Kalo kenal mau nitip mintain tanda tangan. Hihihi.. πŸ˜€

      Like

  9. Nonton dong film nyaaa… πŸ˜€
    Kalo cari buku motivasi bertemakan Islam dan enak dibaca tanpa merasa digurui, aku rekomendasikan Ahmad Rifa’i Rif’an. Bukunya Man Shabara Zafira, Hidup Sekali Berarti Lalu Mati, dan banyak lainnya.
    abis baca buku itu serasa terlahir kembali dan siap menyongsong masa depan ceraaahhh…
    *serius
    πŸ™‚

    Like

  10. Jadi membayangkan kalau sejuta dolar dalam bntuk fisik rupiah itu gimana najyaknya ya xixixxixi
    lsng ngayal babu punya duit segitu πŸ˜€

    Like

  11. gue tau ada bukunya justru karna trailer si filem itu Dan.. πŸ˜€
    sezuzurnya bikin penasaran juga gimana caranya Merry ini bisa jadi pengusaha…gue nonton filemnya aja kali ya..hihihi

    Like

  12. masih blm tertarik baca buku2 profil macam inii… dulu pernah baca bukunya CT anak singkong, sampe sekarang mentok baru 1/3 halaman πŸ˜€

    tapi baca review ini, kayanya patut dicoba buat baca pinjem bukuunyaaaa hahaha

    Like

  13. Mua kaya mendadak ya minta aja jatah warisan. Itupun kalok ada. Hahah πŸ˜€

    Aku sukak buku iniiii.. Banyak sedihnya sih ya. Ihik :’

    Like

  14. Daniiii… ma’aciiih ya di-link back :)) mbakyumu iki fakir link back, hahahaha

    Aku malah blum baca bukunya. tapi, aku syukaaa chelsea islan, gegara dia jadi Bee di TMG. Kalo Merry Riana, yaaa… doi okelah… tapi blum cukup bikin aku jatuh cinta #tsaaaaah #oposeee ikiii :p

    Like

  15. Waaa.. aku udah baca buku ini nih. Dan udah bikin resensinya juga. Memang bagus bingits kisah Merry Riana itu. Dan tulisannya Mbak Alberthiene Endah juga enak banget dibaca πŸ˜€

    Like

  16. gw pernah numpang baca gratis buku ini di gramed Dan, emmm not my cup of tea sih, nguantuk ngono pas baca…..
    crazy rich asian lu punya? gw mau dong pinjem kalo ada, kan gw mau belajar memikat richard muljadi, ben jadi nyonyah jetset…

    Like

Comments are closed.