(Money Talk) Kasih Hutang ke Pemerintah? Hayuk Ajah!

image

Image dari detik finance

Apa yang sudah kau berikan untuk negaramu?

Pernah dapet pertanyaan itu? Biasanya jawab apa?

Well, selain pengabdian terbaik, pajak rutin tiap tahun lala lili semacamnya, IMO bisa juga loh jawab: “Gw udah kasih hutang ke Indonesia”. Hahaha. Seriusan. Kasih hutang ke negara.

Eh itu contoh jawaban bukan jawaban gw pribadi karena gw belom ikutan kasih pinjeman ke negara sih. Ihik.

Rikuesnya Ryan nih buat ngebahas soal Obligasi Ritel Negara Republik Indonesia ato yang biasa disebut ORI ato sederhananya Surat Utang. Udah pada tahu kan? Udah terbit 11 seri sampe Oktober tahun 2014 kemaren. Tahun ini juga bakalan diterbitkan informasinya.

Surat Hutang

Buat yang belom tahu gak usah langsung bilang: “Aduuuh gw gak paham yang ginian deh” trus tutup blog ini, bacaaa ampe habis!! Hahaha. *Maksa banget saya anaknya.

Udah pernah tahu belom bentuknya ORI/surat utang? Belom? Gak usah jauh-jauh bayangin deh. Gini aja mbayanginnya biar gampang:

Ryan dateng ke gw, dia butuh banget duit sementara gw baik hati dan percaya ama dia. Ryan bikin surat pernyataan kalo dia minjem duit lima juta (rupiah lah ya bok, kalo dolar gak gablek gw) selama tiga tahun, ditandatangani di atas materai. Surat itu dikasih ke gw.

Ryan dapet duit, gw dapet surat. Selama utang belom lunas, Ryan kasih gw insentif yang disebut kupon sebesar sekian persen pertahun. Tiga tahun kemudian dia balikin tuh duit lima juta dan surat utangnya gw balikin ke ryan. Selesai. Itu artinya tadi Ryan dah terbitin surat utang/obligasi sebesar lima juta selama tiga tahun dengan kupon sekian.

Well, kupon ini samalah dengan bunga. Cuma untuk surat utang istilahnya kupon.

Nah dengan konsep yang sama siapapun bisa terbitkan surat utang/obligasi ini. Perorangan, perusahaan sampai ke pemerintah. Jangka waktu dan besaran kupon pun bisa macem-macem tergantung kebutuhan dan kemampuan yang nerbitin. Bisa cuma setahun, dua tahun ato berapa lamapun.

Bukan bermaksud menggurui, tapi paham kan pun sampe sini?

Kredibilitas Penerbit

Trus kok mau-maunya ya gw kasih Ryan utang cuma berdasar surat utang tadi? Tergantung sama beberapa hal sih sebenernya, tapi yang paling penting sih seberapa gw kenal dan percaya ama Ryan. Sama penerbit surat utangnya.

Bisa aja kan kalo Ryan yang nerbitin gw cuma mau kasih lima juta, tapi kalo Mbah Andik yang nerbitin bisa gw kasih sepuluh juta. Mbah gw minta tulis satu surat lagi. Sama konsepnya dengan si Obligasi di pasar keuangan. Semakin kredibel penerbitnya, semakin banyak dana dihimpun atau semamin mudha surat hutangnya dijual.

Contoh lain aja kalo misalkan satu perusahaan telekomunikasi besar yang termasuk salah satu dari tiga yang terbesar keluarin surat utang, dibandingkan dengan perusahaan PT Sinyal Kenceng punya gw, pada pilih beli surat utang yang mana? *ihik

Balik lagi ke ORI. Surat hutang negara ini sesuai namanya, dikeluarkan oleh negara. Sampe sekarang, yang dianggap memiliki kredibilitas terbaik dalam hal hutang menghutang ya negara. Sampe sekarang, negara dianggap lebih kecil kemungkinan untuk bangkrut dan kondisi negara bisa memengaruhi perusahaan di dalamnya.

Apple misalnya, siapa yang gak kenal kan? Kalo misalkan tiba-tiba ada civil war di Amrik sono, pasti Apple akan kepengaruh kan?

Kenapa harus ORI?

ORI nih cocoknya buat siapa aja sih Dan? Menurut pandangan gw *ceileee *tapi pandangan pribadi sih ini ya.. ORI itu cocok buat yang belom percaya sama instrumen keuangan apapun selain deposito. Untuk yang hasil assesment tipe investornya konservatif. Well… Untuk yang mau diversifikasi portfolio yang lebih stabil sih bisa jugak ya.

Gini deh, gampangnya kriteria kenapa si ORI ini lebih dipilih:

  • Lebih aman, hal ini karena risiko yang dipegang adalah risiko pemerintah. Jauh lebih aman dibanding taroh deposito di bank komersial. Bank komersial bisa jadi ada risiko kerugian usaha kan? Yang menjamin simpanan di dalamnya siapa? Yup. Pemerintah.
  • Kupon yang lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan suku bunga deposito yang berlaku di bank umum. Kalopun misalkan kupon yang diberikan sama, dibandingkan deposito, beli ORI lebih untung karena risiko yang jauh lebih rendah karena kita pegangnya pemerintah.
  • Pajak yang lebih rendah. Dibandingkan deposito yang 20% pajaknya, ORI sebelumnya cuma dikenakan pajak 15%. Ada yang keberatan tentang masalah pajak di simpanannya?
  • Jangka waktu lama dan source income stabil. Rata-rata jangka waktunya ORI ini kan 3 tahun ya, jadi lebih cocok buat yang gak suka ngurusin simpanan duit ya setiap bulan. Jadi sekali beli udah tinggal tunggu aja sampe jatuh tempo. Kupon akan rutin dibayarkan setiap periode tertentu. Umumnya kupon akan dibayarkan setiap 6 bulan.

Nah, satu lagi nih yang kudu dipertimbangkan, karena begitu beli langsung untuk jangka panjang jadi pastikan cashflow yang beneran mencukupi sebelum beli ORI. Jangan sampe begitu butuh duit ternyata masuk ke ORI semua. \

Etapi kalo emang beneran kepepet, gak usah kuatir. ORI bisa dijual kok ke pembeli lain di pasar sekunder lewat bank tempat kita beli, ya dengan risiko harganya yang berlaku saat itu, bisa naik bisa juga turun.

Belinya berapa dan di mana?

Kalo ada yang nanya belinya minimal berapa? Tarohnya minimal cukup lima juta rupiah dengan kelipatan nilai lima juta. Kayak contoh gw ama Ryan tadi. Gak jauh beda ama Deposito kan?

Belinya di mana? Di masa-masa penawaran, kalo emang tertarik bisa dateng dan pesen ke bank-bank yang jadi agen penjual. Gak perlu bingung nyari yang mana, mereka bakalan aktif promoin kok. Kalo masih sering dateng ke cabang bank masing-masing, tanya aja : “jualan ORI gak?” πŸ˜€

Oiya, untuk beli ORI ini nanti kuta gak bakalan dapet fisiknya surat utang ya manteman. Semua administrasi audah dilakukan secara scriptless. Gak pake dicatet di kertas lagi. Tapi gak usah khawatir ya, di jaman sekarang administrasi sudah bisa diandalkan kok.

Nasionalisme dan Bantuin Negara

Udahlah ya. Berkali-kali deh ini dibilang dan keknya basi ya. Tapi dengan beli ORI kita juga bantuin negara kan ya? Dibandingkan dengan utang ke lembaga keuangan internasional, kalo yang kasih utang rakyatnya sendiri kan lebih kuat ya jadinya rasa memiliki negara kan lebih kuat ya. Gimana menurut kalian?

Semoga sih ini menjawab pertanyaannya Ryan ya. Kali aja ada manteman ada pertanyaan monggo loh. Di browsing-browsing juga banyak kok informasinya. πŸ™‚

Sumber informasi lainnya:

Beberapa topik lain tentang personal finance bisa dibaca di bawah:

102 thoughts on “(Money Talk) Kasih Hutang ke Pemerintah? Hayuk Ajah!

  1. Thank you Dan dah nulis soal ini.
    Tapi jadi gw cm 5 jt tapi Mbah 10 juta yak? Hahahaha.

    Memang lbh aman ya dalam ORI kayak gini. Dan gampang juga ya. Tinggal ke bank tanya beli dah. Eh kalau di bank ada max gak? Trs tiap bank dikuota gak?
    Nah terkait surat utang, kita personally kan sering denger perjanjian dg kertas bermaterai, seberapa kuatkah itu Dan? Sorry ya agak OOT.

    Like

    • Hahahaha. Contoh aja Yaaaan. X-P
      Setahu gw ada maksimalnya cuma lupa berapa. Terutama institusi yang mau beli, kalo perorangan gw rasa jarang yang bisa sampe nilai maksimal kecuali yang ultra high net worth ya Yan. Kalo kuota ga ada. Kan sering tuh peluncuran ORI oversubsribe, tinggal pemerintah aja mau kasih jatah berapa.
      Kalo soal perjanjian bermaterai mungkin lebih tepatnya orang legal yang bilang, cmiiw ya, gw pernah diajarin ama orang legal salah satu bank kalo perjanjian itu syah dan berlaku selama ada tanda tangan basah para pihaknya dan ada saksi, itu udah mengikat di depan hukum. Soal materai sebenernya untuk pembayaran pajak, gak pake pun gak masalah. Cuma kalo gak pake materai dan pas ada apa-apa jadi ada hutang pajak sebesar nilai pajak/materainya dna dendanya akan ditagihkan sebesar 2x nilai pajak terutang. Gak ada hubungan sama syah/gaknya perjanjian. Diajarinnya gitu. Cuma belom cek sendiri ke pedoman hukum yang berlaku ya Yan.

      Liked by 1 person

    • Bisa dicetakin sih semacam sertifikat gitu Yan yang kalo ilang pun gakpapa sebenernya. Tapi itu pas tahun 2008sih ya. Sekarang mungkin beda sistemnya. Belom update lagi euy.

      Liked by 1 person

  2. bukannya yg lagi trend sukuk yah Dan, kapan waktu dikasih liat ilustrasinya dan gw mabok hehehe
    boleh tuh dibahas dimari…
    ORI itu NAB berubah2 kan setiap hari, jadi kita pegangnya unit (bener gak sih) emg tawaran bunga berapa Dan, kl 30% lumejen trus duit dibawa kabur hahaha
    gw ada deposito seumur hidup di bank pepidol πŸ˜†πŸ˜–πŸ˜‚πŸ˜…

    Like

    • ORI ama Sukuk sama Fel. Sukuk versi syariahnya ORI. Kalo ORI gak ada NAB, yang pake hitungan NAB sih reksadana. Kalo returnnya gak sampe lah Fel segitu. Palingan cuma 11%an setahun. Kalo Bank Pepidol mah yudadabaybay aja keknya ya. X-D

      Like

  3. Mas pajak itu maksudnya gmn si?kl reksadana ada jg pajaknya?jd kl nanti misalnya mau jual dipotong pajak 20% gt ta? Rugi donk..untungnya aj gk sampek sgitu?

    Like

  4. Jadi ingat pernah bahas ttg sukuk jg waktu msh di bank hehehe
    Kalau ada duit lbh emang bli2 ori atau sukuk ini ksh gain yg lumayan banding deposito. Cm itu dia riskx klu kepepet trus mau jual harganya bs lebih rndah dri capitalnya kalau blm jatuh tmpo hehej
    nice info bang dan, smg bermanfaat buat yg lg ingin investasi

    Liked by 1 person

    • Ho oh. Makanya kalo beli ORI ato sukuk sih kalo pas emang gak dipake duitnya, ato kalo pas view suku bunga turun, harganya naik terus tuh. Hihihi.

      Like

  5. makasih infonya, jadi tertarik nih.
    Selama ini sering dengar istilah ORI tapi nggak ngerti apa maksudnya

    Like

  6. ORI yang aku tau majalah anak-anak πŸ™‚ Makasih banget loh share ilmunya jadi tau sekarang. kupon ternyata di gunakan dalam perbankan juga ya. Next jelasin tentang giro dong Dan (serius nih aku kurang ngerti)

    Like

  7. Wah baru tahu aku….
    tertarik juga, tapi kayaknya aku nyumbang bayaran motor dulu ke pemerintah… alias majeg…
    Hahahahaaa……………
    nice info gan πŸ™‚

    Like

    • Iya Om. Kalo pas jamanku ORI satu ini susahnyaaaa ampun deh ngeyakinin nasabah yang masih awam banget. Tapi beberapa ORI kemudian selalu ludess.

      Like

  8. sering banget denger istilah ORI plus kayanya hal2 ini pernah masuk pejaran ekonomi juga deh ya waktu kuliah apa gue yang pas lagi bolos kelas jadi gak tau ahahahaha. thanks sharingnya Dan πŸ˜‰

    Like

  9. Duh, malunya, saya malah tahu informasi ini dari Mas padahal yang mengurus ORI tinggal di gedung sebelah kantor saya :huhu.
    Yuk, beli… cuma bingung mau beli di mana… padahal spanduknya di mana-mana :malu. Betapa kudetnya saya ini… terima kasih ya Mas informasinya :hehe. Semoga gedung sebelah mengeluarkan edisi lain dari ORI jadi saya bisa ikut kucluk-kucluk beli.
    Sekian… melipir.

    Liked by 1 person

    • Takut salah, Mas… nanti saya tanya-tanya mau beli surat utang taunya dikira saya mau apply kredit, kan berabe… :hehe.

      Like

    • Hahahahaha. Santai aja. Kalo ditawatin kredit bangga aja Gar. Orang yang ditawarin kresit tuh orang yang dilihat punya banyak duit loh. Jangan salah.

      Like

  10. Kayaknya cocok buat gue karena tergolong orang yang baru berani infestasi sebatas deposito, wkwkwkwkwk..
    Sukuk April ya? Oke kalo gitu. Makasih infonya, Dan πŸ™‚

    Like

  11. Berhubung ngga punya dana lebih, jadinya aku belom kepikiran buat beli deh. Eh, ORI ini beli kan ya Bang, istilahnya? Hueheheh.. Ntar kalok uda kerja en pemasukan uda stabil, baru ngejer-ngejer Bang Dani buat konsul. πŸ˜›

    Like

  12. Wahh ini kerjaan suami saya mas. Kalo udah masanya penerbitan ORI, saatnya malam2ku sendiri ihihhihii… karena ngelembur sampe jam 3 pagi. Comment dgn muatan curcol ini sih :p. Penjelasannya simple banget mas, ngena hehehe. Salam kenal ya mas Dani πŸ™‚

    Like

Comments are closed.