[Kamis Buku] Sastra Klasik Indonesia

Image from Wikipedia

Suka baca sastra lama Indonesia?

Gw gak ngerti sih Sitti Nurbaya ini termasuk klasik atau bukan. Klasik kali ya. Ngikutin Giveawaynya Ade  yang minta dituliskan buku yang berkesan yang pertama dibaca selain buku pelajaran dan bukan kitab suci.

Awalnya kepikiran Sophie’s World, tapi itu bacanya jaman udah kuliah. Pas inget-inget lagi pernah tuh jaman Sitti Nurbaya diputer di TVRI dan Him Damsyik jadi Datuk Maringgih yang luar biasa ngebetein, gw cari bukunya di perpustakaan sekolah. Gak dapet trus niat banget pergi ke perpustakaan daerah. Dapet lah gw bukunya Sitti Nurbaya yang ditulis Marah Rusli ditambah buku Salah Asuhan. Lupa deh siapa yang karang. Abdul Muis ya?

Gw lupa detail ceritanya bagaimana, cuma pengalaman baca buku-buku itu di masa kecil dululah yang bikin gw jatuh cinta sama para penulis. Kemampuan mereka merangkai kata bisa bikin gw tersihir. Pengalaman yang membekas di otak gw adalah gimana waktu itu gw sampe geregetan setengh mati ama si Datuk dan benci banget lihat pas tayang di tivi. Haha.

Heran juga dipikir kenapa gw bisa tahan ya baca buku yang ga pake gambar macem komik. *pencitraanlalala. Tapi bener deh dulu setiap dapet buku materi pelajaran Bahasa Indonesia, dalam sehari pasti cerpen yang ada di buku itu habis gw lahap. Mulai dari cerita soal kancil sampe cerita tentang penyihir.

Sekali lagi karena gw lupa isinya, yang bisa gw inget cuma kesan setelah baca buku Sitti Nurbaya ini. Indonesia itu indah adalah satu kesan kuat yang gw dapatkan. Di usia yang bisa dibilang kekecilan di jaman itu buat ngerti rumitnya cerita percintaan apalagi dengan latar belakang kawin paksa lala-lala, gw lebih bisa menikmati gimana cerita disampaikan lewat gaya bahasa si penulis. Bagaimana latar budaya bisa dijadikan pendukung dan apa pelajaran yang disisipkan sama Marah Rusli.

Beneran deh, kesannya kuat banget sampe pas gw baca Salah Asuhan, gw jadi ketagihan. Beberapa buku yang gw baca kemudian adalah karya NH Dini Pada Sebuah Kapal dan kemudian berkenalan dengan Pram. Sayang Pas mulai kuliah hobi gw membaca berkurang drastis dan gak lanjut lagi mengeksplorasi karya klasik penulis Indonesia.

Baru setelah gw mulai kerjalah gw cari lagi itu karyanya Pram. Belom sempat lagi mengeksplorasi buku-buku sastra klasik (ato lama?) karya penulis Indonesia. Bukunya Pram sudah baca beberapa di antaranya. Gadis Pantai dan Tetralogi Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca) karena yang bisa gw temukan di toko buku ya buku-buku itu.

Hah! Nulis ini pengen berburu lagi deh Sastra Indonesia lama.

Nah kalo soal rekomendasi buku sih ya. Apa ya De? Banyak banget buku bagus yang gw dah baca *ciyeeee pencitraan lagi.  Bisa di baca sih di bagian menu Review buku kalo emang mau cari buku apa yang bagus menuru gw. *promosi *hahaha. Karena sarannya minimal satu judul buku jadi ya gw sarankan Ade buat buka kategori Review buku itu ya. Haha. 

Tapi serius nih, kalo emang diminta rekomen satu buku yang bagus, gw sarankan baca Gadis Pantai atau Bumi Manusia karyanya Pram. Kalo Bumi Manusia ya kudu siap-siap baca lanjutannya. Kenapa gw gak sarankan Sitti Nurbaya? Karena gw sendiri beneran lupa isi persisnya. Catetan banget buat gw cari lagi bukunya dan beli buat dibaca.

Ternyata dari kecil gw emang suka drama ya. 😛

Advertisements

81 thoughts on “[Kamis Buku] Sastra Klasik Indonesia

  1. aku baca bngt siti nurbayaa.. gara2 dulu pelajaran bahasa indonesia pas SMP harus baca novel.nya.. lngsung dehh di habiskan dalam waktu 4-5 hari saja.. haha.. aku msh apall ceritanyaa.. sebenernya ga kawin paksa lohh.. kand semua usaha bapak.nya si siti di bakar sama datuk.. trus si datuk berusaha baik, minjemin uang kalo ga salah.. ehh di bakar lagi sama datuk.. jadi lah si bapak.nya siti ngutang sama si datuk. datuk bilang. kalo kamu mau nikahin siti ke aku.. anggap saja lunass.. tapi bokap.nya siti msh pengertiann.. kasih siti kebebasann.. tapi karena bapak.nya jadi jatuh sakit dll. siti akhirnya kasian sama bokap.nyaa.. jadi dia yg berkorban gt dehh buat nikah sama datuk. biar hidup bapaknya ga sengsara2 amatt.. tapi kasian sama siti, karena di satu sisi, dia cinta bngt sama si samsul bahri, pacarnya.. ahh.. jadi kangen masa sekolah.. haha.

    Liked by 1 person

  2. aku inget banget cerita Sitk Nurbaya ini, bacanya kelas 5, karena jadi nangis mulu dan matanya bengkak
    begadang sampai pagi ngumpet2 penasaran ceritanya

    Like

    • Wah ternyata rata-rata baca buku sitti Nurbaya pas masih SD ya Mbak Monda. Hihihii. Saya kira cuma saya yang kekecilan pas bacanya. Tapi emang bagus kok ya bukunya..

      Liked by 1 person

  3. nostalgia sastra Indonesia. dulu pas sd dan smp suka banget ngadem di perpus dan pura pura baca. padahal sih alasannya saya ndak ada temen maen kkk

    saya dulu baca yg banyak gambarnya macem rama krisna.

    Like

    • Huaaaaa. Pengeeeenn!!. Serius deh karena akhir-akhir ini bacanya sastra populer jadi kangen deh baca sastra Indonesia klasik lagi. Paling gak yang lebih dulu lah daripada penulis jaman sekarang.

      Like

  4. Sitti Nurbaya itu buku yang selalu saya intip di perpustakaan sekolah tempat Bapak mengajar :haha.
    Baru berhasil saya baca di kelas 2 SMA :haha.

    Like

    • Wah cerita Nina belom pernah tahu Mbak Non. Kalo Cinderella dulu suka diceritain di TK sama Bu Guru yang mana juga ngajar Ibuk saya. Hihihi.

      Like

  5. Siti Nurbaya tuh paling diingat orang-orang ya Dan, mestinya tv series bikin cerita dari buku sastra klasik Indonesia yang lainnya macam Siti Nurbaya, secara lgs orang2 Indonesia jadi tahu juga

    Like

  6. Bacaan lo berat banget Dan. Ckckck… bacaan masa kecil tuh. Pantaslah kalau gitu kalau sekarang seperti ini. Wise. 😉

    Pram gw gak punya dan gak pernah baca euy.

    Like

  7. Halo Admin / Blogger 🙂

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya 🙂
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? 🙂
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mengupload/download foto-foto,video,music dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

    Terima kasih.

    Salam.

    Like

  8. Iihh apa tuh Ganteng2 Srigala..??

    Itu yg disebut2 di atas, kayanya dr jaman bareto sekali sering dibahas di sekolahan.

    Siti Nurbaya dimainkan sama Novia Kolopaking kalau ngga salah, trs Datuknya sama hhmmm duuh siapa tuh yg tinggi kuruus gitu.. 😄😄

    Like

  9. kamu berhasil memaksa untuk ingat2 buku sastra klasik indonesia apa yang pertama aku baca. dan sedihnya ga berhasil mengingatnya. karena buku2 macam sitti nurbaya, salah asuhan, robohnya surau kami, setanggi timur, dll cuma saya dengar dari guru bahasa yang menerangkan di saat pelajaran bhs indonesia saat smp. sementara di perpustakaan koleksi itu belum ada. maklumlah sekolah nya di kampung… 🙂
    udah baca buku ‘arok dedes’ nya pak pram dan? kata penggemar karya2 pram, ini buku langka dan layak dibaca. aku baru baca dan ga kelar2, capek juga baca buku dengan format pdf di laptop 🙂

    Like

  10. gw cinta buku-bukunya pram…
    gw tuh kalo udah suka satu penulis, kubabat semua bukunya
    pokoknya si pram ini keren banget, plot cerita kejadian satu malem pun bisa jadi satu buku tebal ama dia
    Buku-buku jadul itu emang keren-keren, gw demen semua bacanya…gaya bahasanya seru…penuh majas
    tapi kalo udah dipilemin, koq jadi jelek ya.. (kecuali siti nurbaya karena tau pilemnya dulu baru bukunya, tapi aktingnya sadi nayoan, novia kolopaking dkk emang diacuingin jempol)

    ahhh…jostein gardner ya,,,,
    sayangnya gak semua bukunya bagus, ada yang ngebosenin juga…

    Like

    • Iya, akting pemeran di Sitti Nurbaya dulu emang superb. Bisa ikutan bahagia, nangis, sebel. Pengen berburu lagi bukunya Pram deh. Huhuhu..

      Jostein Garder gw baru baca Sophie’s World. Hahahaha.

      Like

    • pengen baca bukunya ramadhan kh yg judulnya “ladang perminus”. konon katanya itu cerita tentang pertamina 🙂 dani punya bukunya ga? pinjem dong

      Like

    • Mira W dulu pernah nyoba baca cuma belom sempet udah diminta balik ama temen (ceritanya dipinjemin temen gitu Mbak. Hihihi), trus kan dulu suka dibikin sinetron ya,, bagus-bagus loh sinetronnya. Sukak deh.
      Jadi pengen cari bukunya sekarang..

      Like

    • aku suka gak sabar mas kalo disuruh ke tempat buku bekas git, gak sabaaar! :)) dulu baca nh dini sama mira w di perpus SMP. nakal banget bukan belajar malah baca novel :p

      Like

    • Semoga sih masih ada penerbit yang menerbitkannya ya Mbak Dani. Nyesel kenapa kok gak dari dulu ngumpulin duit buat kumpulin buku-buku itu ya..

      Like

  11. Aku sukak penyair dari Minang sih. Lebih drama keknya. Wkwkwk.. 😀

    Cobak baca Salah Pilih-nya Nur Sutan Iskandar, Bang Dan.. Lebih ngenes tuh.

    Like

Comments are closed.