Pilih WordPress yang Mana?

wpid-common-use-cases

WP.com vs WP.org (image from wordinspace.com)

Bingung mau beli web hosting sendiri atau upgrade langsung di wordpress.com?

Disclaimer: Postingan ini ditulis berdasar pengalaman pribadi sampai saat ini. Apabila ada perkembangan terbaru bakalan ditulis di postingan terpisah.

Menyambung tulisan gw hari Senin kemaren tentang layak gak beli udgrade domain, kayaknya lebih afdhol lagi kalo gw bahas perbedaan antara WP.org sama WP.com. Kalo sudah pada tahu bedanya ya monggo di skip dan buat manteman blogger Blogspot, mungkin bisa dipertimbangkan kalo mau pindah ke WP. Ihik..

Sebenernya perbedaan ini udah dibahas sama WP di halaman supportnya mereka tentang wordpress.com vs wordpress.org. Di sini gw mau tulis dari pengalaman gw. Dirangkum di gambar yang gw pake jugak sih, jadi gw tulisnya berdasar pengalaman aja ya.

Kenyamanan

Alasan kenapa gw langsung aja bayar upgrade domain ke danirachmat.com di WP.com adalah karena cukup bayar biayanya aja dan domain danirachmat.com langsung up and running.

Sementara kalo beli web hosting sendiri dan install WP.org berarti ngerjain semuanya sendiri. You have to go down and dirty for every bit of it.

Sebelum upgrade di akhir 2014, gw udah pernah beli web hosting sendiri. Sekitar Rp. 300 rebu setahun. Mulai coba-coba install di sana dan berakhir dengan kegagalan sempurna. Klasik. Gak ada waktu.

Termasuk kalo mau pasang widget goodreads, instagram dan lain lain yang kalo di WP.com bisa langsung klik buat pasang widgetnya, sementara WP.org kudu pasang plug-in dan mungkin nambah kode pemrograman sendiri. Di sinilah mungkin peran temen programmer/developer web bisa membantu. Haha.

Kalo soal konten sih WP.com menyediakan layanan transfer dari WP.com ke WP.org seharga USD 129. Ini gw nemu link cara mudah transfer WP.com ke WP.org.

Fleksibilitas

Pernah ngerasain pengen ngubah tampilan blog WP.com jadi cetar membahana trus dapet message kalo bagian desain yang ina inu ini bagian dari Custom Design dan kudu bayar USD 30 setahun padahalan udah sejam lebih pilah pilih warna, utak atik font? *exactly *Tendang komputer

Bayar aja USD 79 per tahun biar bisa sekalian dapet custom design buat bebas kutak katik sendiri.

Itu cuman dari segi desain ya.

Ada beberapa hal yang gw temukan gak bisa dilakukan di WordPress.com. Contohnya pasang widget yang di dalemnya mengandung Javascript yang dipake di beberapa widget penting gak penting untuk kepopuleran blog. Widget Alexa salah satunya. Kalo dipasang kan bisa ngebantu ranking blog di alexa ya (catet nih kudu nulis soal alexa kapan-kapan. Ihikk). 

WP.com bilang kalo javascript bisa dijadikan malware yang bisa meruntuhkan seluruh sistem. So better be safe than sorry they say. Jadi ya gw cuma bisa pake apa yang ada aja.

Kebayang kan ya soal fleksibilitas yang gw maksud?

Cari Uang di Blog

Here comes the juicy part.

Sudah pada tahu kan kalo di WP.com gak boleh ngiklan selain yang diperbolehkan oleh aturan-aturannya WP sendiri?

Monggo deh silahkan dibaca ketentuannya di Advertising Policy dan Affiliate Links nya WP.com. Intinya gak boleh pasang iklan berupa banner tapi masih boleh pasang iklan berupa link tapi gak boleh dari Google AdSense, OpenX, Lijit, BuySellAds, and Vibrant Media.

Masih bisa WordAds dong deh ya?

Sayangnya gw kemaren barusan dapet konfirmasi dari WordAds kalo mereka tidak lagi kasih approval untuk blog-blog berbahasa Indonesia. Gw baca karena banyak banget blog berbahasa Indonesia yang kontennya copy-paste demi kejar traffic dan semacam gitu yang bikin para pengiklan kecewa. Jadi mereka memutuskan buat gak kasih lagi approval kepesertaan WordAds untuk blog berbahasa Indonesia. Sedih ya? .

Jadi cari duit dari blog berbasis WP.com ya jualan paid post karena itu gak ada larangan. Sama mungkin pasang iklan berbentuk kata-kata di sidebar.

Sementara WP.org? Dengan segala keribetannya di awal, kita bebaaaaas mau ngapain aja. Blog-blog kita, repot sendiri, setting sendiri ya jadinya gak ada batesan mau ngiklan kayak gimana. Silahkeeeun.

Beberapa blog berbasis WP.com yang sudah rame dan dapet beberapa ratus dollar dari WordAds yang akhirnya memutuskan pindah ke WP.org. Oiya di WP.org gak bisa ikutan WordAds tapi bisa cari duit dengan banyak cara lainnya.

Jadi yaaa kalo memang tujuan beli domain buat cari uang, silahkan dipertimbangkan masak-masak ya manteman. Satu yang kudu gw sendiri ingat sih adalah tujuan awal ngeblognya apa. Untuk catetan pribadi dan untuk sharing. Selain itu untuk cari kesenangan dari ngeblog.

Jangan sampe karena mau cari duit ngeblog gak lagi jadi sesuatu yang menyenangkan.

Ada yang mau nambahin?

Untuk tulisan lain terkait blogging bisa dibaca di kategori blogging things ya manteman. 😀

Advertisements

80 thoughts on “Pilih WordPress yang Mana?

  1. Maunya emang bisa menghasilkan tapi kalau repot ngurus ini itu (ngutak atik) gak sanggup juga huhu. Sedih ya dihapusin wordadsnya 😦 serius sedih banget kalau beneran soalnya duit yang didapat pas2an buat bayar dotcomnya hahah

    Like

  2. Hai Dan, kalau mau pasang alexa bisa aja, cuma harus sedikit kerja, utak atik dulu di blogspot, cari deh di guggle dg kata kunci “Cara memasang alexa widget di wordpress” . Di blogku sdh bisa dipasang alexanya 😉 . Aku juga senang utak atik custom design, cuma iseng coba2 aja krn sudah lihat icon “UPGRADE” males bayar kan. WA yg sdh jalan tetap ko dapat duit, cuma blog2 baru yg pengen daftar ya ga diterima lagi klo postingannya bhs Indonesia.

    Like

    • Aaaah, makasih banyak Mbak Nel idenya untuk utakatik alexa di blogspot dulu. Will try it later on! You are such an inspiration.

      Terimakasih!

      Untuk WA, bener Mbak, yang udah kedaftar tetep akan jalan sampe dianggap violating rulesnya mereka dan akhirnya di stop. Sayang sekali ya Mbak blog berbahasa Indonesia gak bisa diterima lagi. Hiks.

      Liked by 1 person

  3. Aku udah pernah pake .org buat keperluan kantor, Dan, dan meski pake .org gak juga yang ribet-ribet banget tapi aku gak kepikiran kalo untuk blog yang isinya curhatan mamak-mamak kayak aku ku pake yang org juga..hihihihi….diupgrade ke .com aja aku masih mikir2 😀 😀

    Liked by 1 person

  4. Nah ini Dan gue coba ngutak-ik html dan css apalah itu istilahnya buyaarr semua krn sok tau padahal gak ngerti ahahaha. Akhirnya minta tlg temen balikin ke hyml basic theme yang gue pake. Pengen si upgrade yang ke org itu Dan tapi tanya sana-i biaya nyewa jasa programmer mahils yaakk belum kalau ada maintenance dll huhuhu kecuali ada yang mau sponsorin gratiss . Sempet ada beberapa yang email nawarin program gitu tapi ujug2nya mesti bayar after service nya . Mahaaalllll ahahahah

    Like

    • Kalo di sana sewa programmer mahal ya Nis. Gak tahu nih di sini gimana mahal apa gak. After servicenya emang mahal banget keknya ya Nis..

      Like

  5. Makasih infonya, Dan. Dicatet aja deh, soalnya kalo untuk saat ini masih doyan yang gratisan aja. Lagian blogku isinya curhatan melulu. Mungkin nantilah kalo udah bisa nulis yang rada-rada keren baru deh mikir lebih jauh…..
    Trus kapan mau nulis keren nya? Ya nantiiiiii…. kapan-kapaaaaaaaaaaaannn…. ahahahaa

    Like

  6. pas baca poin terakhir,lagsung inget jargonnya mak indjul Blogging with heart,money will follow…kalau nggak salah hehehe..
    jadi lebih tau blog WP nih,tahun lalu mau bikin blog wp,tp kayaknya susah banget,kayaknyaaaa..soalnya mbayangin aja blm dilakuin hehehe.
    makasih mas sharingnya ^^

    Like

    • blog wp simple banget kok Mbaaak. Ini juga yang dibilang sama temen yang akhirnya migrasi ke wp.com. Hihihi. Etpi memang tergantung lebiasaan sih ya.
      Bener banget emang kalo blogging with heart and money will follow..

      Like

  7. Iya Om… blog aku yang sekarang nih, dulu sempat hampir setahun pake wp .org, tapi terbentur pada budget. Musti keluar duit untuk domain dan hosting, padahal cuma buat fun.. akhirnya diswitch ke wp. com, meski harus bayar lagi USD 15 untuk biaya map domain. tapi sekarang dengan free 3GB bisa gulung2 sepuasnya.. Memang masih ada beberapa web yang tetep pakai platform WP .org tapi memang serius buat jualan sih.. 😀

    Liked by 1 person

  8. WP.com atau WP.org? Hmmmm
    sekarang aja masih: upgred pa gak. upgred gak. upgred gak.

    sedih sih baca soal WA gak bisa lagi. apa ini tanda harus nulis dalam bahasa inggris full?

    Like

  9. Dalam waktu dekat sepertinya mau beli domain dulu saja…
    Buat blogging di wp.org memang agak ribet, dulu saya pernah coba dengan xampp dan segala macam tutorial itu, cuma karena di internetnya tidak punya hosting, blog localhost belum bisa apa-apa jadi saya uninstall semua :hehe
    Sekarang yang pasti mudah dan pasti santai saja, di wp.com 🙂

    Like

    • sara gw Jo, better beajar tentang terms-termsnya WP dari awal, jadinya kalo emang pas pengen serius dah enak jalannya. Apalagi tahun ini beritanya banyak blogger yang dilirik ama banyak pengiklan.

      Like

  10. Nice sharing mas Dani..
    Kalo aku pake wp.org skrg.. Dan emang bbrp kali dpt serangan malware dan spam komen krn blm dibarikade blognya.. Untungnya punya suami sebagai web developernya, jd tinggal ngadu.. Hehehe..

    Kalo soal plug-in itu malah enak banget maaas, mau apa aja ada, tinggal install.. Beresss.. Bahkan masalah SEO pun tinggal install engine nya hehehe

    Liked by 1 person

  11. Pas banget ini dari kemaren kepikiran pengen upgrade ke .com tapi saran2 tmn2 kok migrasi ke wp dulu aja baru upgrade… Hmmm… Sekarang karena belum sempet jadi enjoy aja dulu deh di blogspot XD

    Like

  12. Nahh ini ni..
    Itu bayar domainnya aja kan mas? Hoatingnya ga bayarkan?

    Trus bayar domainnya sekali doang atau tiap tahun harus bayar?

    #ini pertanyaan penting dan harus dijawab.. :mrgreen:

    Like

  13. Kebanyakan blogger LN yang cetar emang uda pakek wp org ya, Bang Dan.. Entah apa alasan jelasnya. Tapi dari segi visual sih lebih simpel en keren. Wkwkwk.. 😀

    Like

Comments are closed.