Merapihkan Blog

Window-View_Ambassador-Mall-Jakarta

Getting Together

Ada yang suka perhatiin detail blog ini gak?

Gak ada kaliyes. Hahaha. Yaiyalah, blog campur-campur gini. Gak terlalu penting juga kali ya tahu detailnya. Cuma ya sejak gw menikmati post a day (artikelnya Nita soal ini cihuy banget deh) jadi mulai mikirin tampilan blog biar orang lebih nyaman baca-baca di sini.

Gw sering lihat-lihat tuh themes yang dipasang sama Mbah Andik dan apa aja yang dia tampilin di blognya.

Judul Blog

Demi menyesuaikan dengan isi blog dan mengurangi ke alay-an gw ganti judul blog dari yang sebelumnya danikurniawan – story of my recent life (yang mana gw comot dari salah satu bukunya Mitch Albom sik), jadi sesuatu yang lebih terpampang nyata, lebih rinci dan jelas gitu buat yang mampir pertama kali ke sini.

danikurniawan
a journal about family, blogging, finance and everything in between

kenapa gw ubah jadi begitu? ya karena emang isinya blog ini ya memang tentang keluarga, hal-hal yang berhubungan dengan blog, tentang personal finance dan banyak hal lainnya. Hahaha. Goda-gado banget-banget lah ya. Mau cari tentang buku, film, musik, hotel. Ada semua. Nah orang bingung dong bacanya? Itulah kenapa gw pake menu dan kategori

Navigasi Blog

Menu

Tampilan-menu-Danirachmat.com

Menu

Menu di blog awalnya kan banyak banget ya, udahlah menu, trus ada sub menu lagi. Sekarang gw rampingin jadi beberapa menu ini nih:

  • about me yang pastinya tentang gw si pemilik blog,
  • family yang misahin cerita tentang keluarga aja,
  • finance kalo ada yang pengen baca tentang personal finance yang ditulis tiap senin,
  • fiction yang sampe sekarang baru dua cerita gw publish (super ihik),
  • blogging things yang harusnya ditulis tiap Rabu ini, dan
  • rants tentang ocehan gak jelas yang gw tulis di waktu yang tak tentu pula, oiya ada tambahan satu lagi,
  • review agak banyak kan. Jadwal yang pasti Kamis untuk Buku dan Sabtu untuk Kuliner atau yang lainnya.

Haha, sok-sokan kece pasang menu macem-macem. Jadi kalo pada mau kulik-kulik artiket lama silahkan loh di klik menunya di atas. Kali aja ada artikel berguna *amiiin.

Kategori

Category

Category

Menu kategori ini akhirnya gw munculkan di widget setelah sebelumnya gw sembunyiin. Di sini semua kategori yang ada di blog ini bisa ditampilin. Karena gw dulu kan sok pake segala macem kategori dan ngerapihin buat dimasukin ke dalam menu-menu yang baru itu tiresome aka males.

 

Panjang ya bok kategorinya.

Sebelumnya kan gw tampilin juga widget freshly pressed buat nampilin postingan terbaru buat pembaca lebih gampang lihat apa aja yang baru dipublish karena sebelumnya gw pake timeline view theme. Karena sekarang udah dipake theme dengan mode magazine maka widget itu gw drop. Toh bisa langsung dilihat postingan terbarunya apa aja.

Tapi widget untuk postingan terpopuler tetep gw tampilkan lah. Gak banyak-banyak, cuma 5 postingan terpopuler di blog ini. Jadi kalo tiba-tiba gw adain giveaway oprek-oprek blog ini kan gampang yes. *ditampol šŸ˜›

Widget

WidgetsWidget-blog-danirachmat.com

WidgetsWidget-blog-danirachmat.com

NAh soal widget ini nih, bukan bermaksud ngikutin Ryan dengan Getting Widgy With Itnya dia kemaren ya, tapi kepaksa bahas juga. Gw akhirnya pasang goodreads dan instagram widget. Instagramnya ngikut Deva yang emang hobi jalan-jalan dan fotonya ciamik-ciamik. Nah IG gw isinya ya campur-campur juga, mulai dari foto benda tak bergerak, pemandangan sampe foto candid orang-orang. Hahaha.

Pengen pasang widget twitter juga tapi belom pede karena gw pengennya semua widget terpasang di sini hidup alias terupdate from time to time.

Goodreads nunjukin buku apa aja yang lagi gw baca sekarang dan tiap selesai baca satu buku gw pasti apdet itu Goodreads biar trackingnya jelas. IG juga kalo nemu momen pas gw pasang. Twitter yang agak susah update sekarang. Takut yang baca blog dan penasaran sama tweet gw nemu tweet itulagi-itulagi. šŸ˜›

Semoga sih suka ya sama navigasinya blog ini. šŸ˜€

Advertisements

96 thoughts on “Merapihkan Blog

  1. Aku kayaknya kalo baca blog, gak terlalu merhatiin themes blog itu Dan. Yang lebih diperhatikan (di samping soal tulisan dan gambar) adalah jenis huruf (lebih suka yang besar dan gak mepet2 jenis hurufnya) sama alignment (lebih senang liat yang justify, lebih rapih aja keliatannya). Kalo soal navigasi dan lainnya, kalo mmg udah niat pengen baca-baca, di mana pun navigasinya itu ditaro bakal tetep ku cari sih…hehehe…

    Liked by 1 person

    • Gw juga niat mau setia sama yang ini Dev. Hehehe. Kemaren pilih yang sebelumnya karena demi si wordads dan gw belom sempat eksplor yang lain themesnya. šŸ˜€

      Like

  2. Ini gw buka pake laptop cici gw di bus, duh ini laptop kena banyak banget iklan dahhhh. pop up mulu. gw kirain lo punya. ternyata semua website gw buka nampilin. dan lagi problem sama akses akun yahoo gw nih. hiks….

    Itu kategori jadinya ada yg gak masuk dalam menu atas dong ya Dan?

    Like

  3. Keren mas dan rapi bangeeet menatap nanar blog sendiri
    Belom bikin about me, category ga jelas, ga ada sub menu menuan di blog, aiihh sungguh miris šŸ˜€

    Like

    • Kalo memang ga perlu gapapa Mar. Ini biar lebih jelas aja yang dateng ke sini danbgw sendiri. Secara postingan tiap hari kan banyak bener ya.

      Like

  4. blog mas Dani yang versi kemaren juga enak dibaca kok, yang sekarang juga enak dibaca. Nah lo, enak dua-duanya haha, ketauan banget aku ga terlalu perhatiin detail. Yang penting tetap konsisten nulis dan blognya update teyuuusss ngomong sama diri sendiri hiihi

    Like

  5. *tiba-tiba merasa alay
    *galau lagi ama judul blog
    *galau juga pengen ngerapiin kategori

    Hahahaaa postingan ini bikin galauuu… Anyway navigasinya emang lebih enak sih mas šŸ˜€

    Like

  6. Selama isinya enak dibaca, seperti blog Mas yang isinya ciamik-ciamik, pasti saya tidak keberatan dengan tampilannya. Menurut saya tampilan yang sekarang sudah bagus banget :hehe. Postingan ini malah jadi pengetahuan baru bagi saya supaya membenahi tampilan blog sendiri yang masih sangat perlu pembenahan :hihi.

    Keep posting, keep writing!

    Liked by 1 person

  7. Widget twitter dan goodreads sy ilangin waktu dapat komentar salah satu blogger yg katanya itu bikin blog sy berat buat dibuka. Tapi baca postingan Mas Dani jd pengin pasang lagi. Hehehe… Btw… Kita belum temenan di Goodreads. IDnya apa, Mas?

    Like

  8. aku dari kemarin jadi suka otak atik blog juga mas Dani. Jadi aja bolak balik maen ke blognya mas Dani, mas Ryan, dan Nita buat ngeliat tulisan soal otak atik blog ini šŸ˜€

    Like

  9. Setuju. Blog nya rapih apalagi diliat pake browser versi mobile.

    Saya juga sering menganalisa tampilan dan utak atik blog. Apalagi kalo ketika perubahan tampilan bisa menambah pembaca.

    Like

  10. kalo dari pertama bertamu ke rumah maya mas dani udah suka kok mas..simple gak terlalu banyak pernik, jadi bacanya juga enak..dimata enak.. kalo sekarang tambah enak lagi..lebih rapi & lebih ‘ramping’ ..gak kayak saya lebar.. *gubraakk malah curcol šŸ˜€ šŸ˜€

    Like

  11. Merasa kesindir, karena hingga saat ini niatan utk merapihkan blog belum kunjung terlaksana. Coba ikutan nge-klik linknya, sapa tahu ada yg pas utk di contek theme-nya.

    #LBI= Liga Blogger Indonesia, event utk bikin postingan setiap minggu minimal 3 kali [1 postingan tema yg ditentukan].

    Aihh, jadi maluuu…bahkan aku belum bikin 1 post pun utk challenge BEC semoga gak kena penalty

    Like

  12. Aku perhatikan ko šŸ˜€ . Theme blog kita sama Dan. Usul, keluarin dong widget “search” . Jadi kalau ada pengunjung yg ingat pernah ada sesuatu yg dia cari di blog kamu, ybs cepat bisa dapatkan artikelnya dg hanya ketika kata kunci. Bbrp kali aku pernah mau rekomendasikan cari di blog blog teman ya, yaa pas buka blog yg dituju ga ada widget searchnya, repot juga carinya.

    Tagline buat blogku sampai saat ini belum nemu lagi yg sreg, sptnya harus sering blogwalking nih aku spy nemu ide hehe. Widget good reads iihhh aku malu2in aja, pdhl sdh ga pernah baca buku lagi. Pengen haus ajalah nanti.

    Like

  13. Blog sendiri udah lama ga direnop. Dan entah kenapa karena ga nampilin widget Goodreads, semangat baca buku malah nurun. Mau nampilin juga malu karena jarang baca tadi. Duh.

    Like

  14. Aku pun sedang dalam tahap beresin blog, Bang Dan. Mulai dari mikirin tema sampek perintilan laennya. Hihihi.. Entah mau pindah ke WP jugak.. šŸ˜› galau

    Like

Comments are closed.