Blog Walk

Jalan-Pagi

Jalan-jalan Pagi

Karena postingan tadi pagi WPC istilahnya cuman upload gambar doang, gw posting lagi di tanggal yang sama gapapa ya?

Kali ini menjawab pertanyaannya Beby di tantangan menulis gw kemaren. Hihihi. Masih ada buanyaaaak banget yang belom gw tulis sih. 

Isi tantangannya begini:

Cumak pengen nanyak, ada berapa sih jumlah blog yg dikomenin tiap hari? Perasaan tiap ada postingan baru, Abang selalu komen trus komennya panjang pulak. Wkwkwk.. Gimana bagi waktunya tuh? Pakek gadget apaan pas ngomen?

Seperti sudah berkali-kali gw ceritain, gw blog walking selalu dari Feedly. Semacem aplikasi news feed reader gitulah ya yang kasih update terbaru dari sumber web yang alamatnya disimpen di situ atas nama account gw. Aplikasi ini so far yang gw rasa paling mirip sama Google Reader jaman dulu yang sudah di diskontinyu itu.

Tentang Komen

Alamat siapa aja yang gw simpen di sini? Hampir semua yang pernah komen dan blog-blog yang gw kagumin penulisnya. Cuman sayangnya feedly ini gak bisa kasih feed untuk blogdetik dan beberapa self hosted blog ataupun juga blog yang sudah diprivate. Itulah kenapa untuk blog yang sudah diprivate kadang gw suka merapel.

Kuantitas vs Kualitas

Kalo ditanya gw selalu komen dan panjang pulak, enggak juga kok. Sekarang ini jujur gw ga bisa serajin tahun lalu blogwalking ke temen-temen. Jadi targetnya dokter gigi Nita buat ngalahin gw sebagai top komentator bakalan bisa tercapai dengan mudah. Ihik!

Meskipun rasanya gak adil buat temen-temen yang komen di sini dan berharap untuk dibalesin komennya, yang mana gw minta maaf banget belom bisa balesin komennya, menurut gw lebih gak adil lagi kalo ada yang bikin postingan trus dikomenin dengan cuma bilang: nice info gan! Ato komen pendek yang lain yang gak nyambung. Jadi prinsip gw adalah sebelum komen harus baca dulu isi kontennya.

Kalopun gw gak pengen komen dan gw kasih like doang itu tandanya gw dah baca. Beneran deh, bukan yang sekian detik postingan dipublish langsung gw like. Ihik!. Meskipun pada akhirnya yang gw komenin blognya ga pernah komen balik yasudahlah.

Penjaring Kunjungan

Pernah denger Comment begets comment?

Jangan remehkan kekuatan komen loh, komen yang unik dan nyambung dengan isi postingan bisa jadi ladang panen kunjungan. Contohnya aja komen gw soal hobi ngosrek kamar mandi di blognya Etty (lupa gw post yang mana) ternyata menambahkan pengunjung ke blog ini.  Pun komen gw di blognya Indah sepertinya efektif banget mendatangkan pengunjung yang mana selama berbulan-bulan referral tertinggi berasal dari blognya beliau.

Jadi kalo gw sih sebisa mungkin jangan sampe komen gak nyambung. Kalo komen typo sih sering. Maafkan yaaa kalo pernah dapet komen typo dary gw. Kalo sampe komen gak nyambung, jangankan dapet kunjungan balik ato referral, diapprove aja syukur. *lirik kwek-kwek*. Huahahaha.

Angka dan Tools BW

Berapa kali gw harus blogwalk sehari? Sebisanya dan sesempatnya. Gw dah simpen alamat blog temen-temen. Beberapa emang gw kategorikan temen yang pernah ketemu langsung dan beberapa emang gw suka bacanya.

Kalo mau kejem cuman demi traffic sih dari stats kelihatan loh siapa aja yang kasih pembaca masuk dan bisa difokusin ke situ doang. Tinggalin komen di sana. Tapi gw bukan orang semacam itu. Gw usahakan biar bisa baca updatean terbaru dari semua temen.

Sehari angka postingan baru yang masuk ke feedly bisa sampe 100an postingan Beb. Kalo lagi pada rajin update. Kalo kagak sih paling sedikit 50an postingan. Gw selalu usahakan BW sebisa mungkin dan biasanya sih ambil waktu malem waktu anak ama istri udah pada tidur. Kalo dah gini mah tenang BWnya. Hihi.

Kalo pake gadget apa sih, terus terang dengan adanya Galaxy Note 4 kegiatan BW dan posting blog jadi enak banget. Bahkan gw hampir ga pernah pake laptop kalo lagi semangat. Well, kalo malem itu sih pake laptop pastinya bisa jauh lebih leluasa.

Dulu sempat pake iPad tapi gak ngerti kenapa suka gak nyaman aja ama settingan gadgetnya.

Nah kalo sekarang gw ditanya berapa kali sehari gw BW? Gaktahu deh. Gw BW sebisa mungkin dan sesering mungkin. Asalkan ada yang tulisannya gw suka insyaAllah gw komenin dan like. 😀

Semoga menjawab ya Beb.

108 thoughts on “Blog Walk

  1. sama dong dengan saya. Kalau sudah ada yang komen dan ternyata mirip dengan yang hendak saya tulis, biasanya saya nggak jadi komen. Cukup klik tombol Suka aja untuk meninggalkan jejak dan penanda bahwa saya sudah baca tulisannya

    Like

  2. Aaakkkk saya jugak sukak bangetttttt bw.
    tapi jarang banget komen mas..
    padahal sambil baca blognya para blooger suka manggutmanggut ga jelas gitcuuuuu…

    Like

  3. Wow, salut Mas Dani, bisa blogwalking sebanyak itu 0.0.
    Sejak gabung BEC dan memperluas jaringan pertemanan narablog, emang kerasa sih manfaatnya blogwalking. Beberapa di antaranya udah disebutkan di dalam postingan di atas.
    Pengen coba pakai feedly juga suatu saat 🙂

    Like

  4. kalo aku suka rada bingung gini:
    kalo ada yang ninggalin komen berupa pertanyaan di blog kita, kita jawabnya mending di blog kita itu (sebagai komen balasan) atau ke blog dia ya (walaupun ya jadi agak gak nyambung ama postingan apapun di blog dia yang kita komenin). Eh bingung gak bacanya?
    Misal yg Dani nanya lokasi nasi uduk bu ida di blog aku, itu kalo aku jawab sebagai komen di postingan itu, kamu sempet baca balasannya gak sih? Kan agak kasihan gitu kalo kamu kudu ngecek postingan itu lagi buat liat jawabannya. Atau mending balasnya sebagai komen di salah satu postingan di blog kamu? Tapi jd gak nyambung kan antara post ama komen.
    Eh apa milih “notify me” di bawah ya? Aku dulu pernah pilih opsi ini tapi jadinya kebanyakan notifikasi di email aku
    Maap ya jadi panjang amat gini ya komennya 😀

    Like

    • kok sama ya? saya juga kalau sudah komen ke posting blog orang, penasaran ingin baca lagi posting yg tadi dan ngecek apa komentar ku dibalas atau nggak.. 🙂 o ya, salam kenal kakak

      Like

  5. Aku biasanya habis baca lgs komen, Dan, jadi kalo gak komen2 itu berarti emang gak lagi BW-an..

    Btw, blog ku jg skrg ku private, Dan, secara tiba2 sih krn ada kejadian. Aku udah invite dirimu, tapi gak tau masuk apa gak ke emailmu 😀

    Like

  6. Tahun lalu, saya tidak terlalu aktif dalam ngeblog maupun BW. Tahun ini sudah diniatkan untuk bisa lebih aktif.. Semoga terlaksana.. Amiin…

    Dengan gadget perkara BW memang bisa dimudahkan. Saya juga pakai aplikasi wordpress, sehingga membalas komen pun bisa lebih mudah..

    Like

  7. Bebeku udah uzur Dan..jadi Feed readerku udah ilang dewe…sedih gak bisa ngerti postingan terbaru dari temen2 …makanya aku komen suka telat banget gak kayak dulu….
    BWnya suka nyempetin waktu, nyempil2 di sela kerja..hihihi kalo di rumah malah ambles bersama bantal.. 😦

    Like

  8. Gue yang termasuk jarang bw Dan ahahah secara waktu me time terbatas banget. Syukur2 bisa ngeblog. Dan juga gue suka jarang balas comment krn pikir mending gue comment di blog teman2 sekalian Bw.daripada jawab comment yang isinya pasti mirip2 . hehehe . Kecuali kalau lagi banyak waktu baru gue BW adem ayem comment sana-i dan balasin satu2 ( kalau inget abisnya suka klupaan juga :p ) so sorry ya Dan kalau ada comment lo yang gak dibalas hehehe. Secara gue kurang suka BW dan balas comment via HP enakan di komputer langsung ;p

    Like

  9. Nampaknya situs mba Indah bukan .wordpress deh? Nggak bisa dibuka soalnya mas.
    Aku masih susah pake gadget, … malah jadi ngabisin waktu bukanya daripada BW nya… + habis buat buka socmed lainnya siyh… hehehe

    Like

  10. iya Dan, ada yang nggak suka dilike doang, akhirnya aku jadi malas ke sana lagi
    alasan ngelike bisa jadi krn aku kasih dp dulu tanda udah datang dan baca , komen lewat hp nih kan kadang2 suka ilang, pdhal bisa 2 kali komen tetwp aja nggak ada

    Like

  11. nice info gan! bahahaha

    ini juga jawaban atas wondering-an saya terhadap blogger2 lain. tidak lepas dr rutinitas mereka sehari-hari yg kerja, kuliah, IRT, kapan sih mereka pada ngeblog/BW? kadang suka heran, bisa banget gitu bagi waktunya. apa bisa jadi ide tema BEC selanjutnya?hm hmmm,,,

    Like

  12. Saya kalau BW itu memang ngunjungi satu-satu Dan, jadi BW saya dikunjungi jari,
    kadang yang udah komen di blog, kemudian saya balas langsung, udahannya saya lupa BWnya, mana notebook ga bisa diajak lari *jadi lempar2 Samsung Galaxy kapan? 😀

    Like

  13. mungkin musti ditambahin nih pertanyaannya. jadi dari 24 jam sehari itu, berapa jam waktu yang mas dani alokasikan untuk blog walking dan blog writing sehingga mas dani bisa selalu update di blog sendiri dan komen di blog2 lainnya juga? musti belajar time management dr mas dani nih kayanya.. aku kerjaannya kantoran biasa yg 8 jam sehari doang tapi kok kayanya susah banget buat bisa blogwalking. paling mantengin blog2 yg memang difavoritin aja, spt aku ke blog mas dan sini. #eaaa

    Like

  14. Huaaa, banyak banget 50 – 100 posting dalam satu hari! Hehehe 😀 .

    Iya, aku juga sedapat mungkin membaca isi posting-nya dulu. Soalnya kan nggak enak ya mendapatkan komen yang isinya sama sekali nggak nyambung gitu, hehe. Kadang yg begitu aku anggap sebagai spam sih 😛 . Dan kayaknya sih memang spam 😛 .

    Like

    • Iya 50-100 postingan yang update. Yang kebaca? Boro-boro Ko. Huahahaha.
      Eh bener juga ya, kalo komen meskipun dari blogger yang kita tahu dan gak nyambung jatohnya spam. Huehehehe

      Like

  15. Nice info, Gan *dipentung Mas Dani* hihihi…
    Wuiiih… Banyak banget ya mas blog yg dimasukin ke feedly. Saya malah kalau baca di feedly malas komen. Xixixixi.. Kalau buka di aplikasi wordpress baru deh komen2. Jadi yg postingannya di blogspot jarang deh dikomentarin.

    Like

    • Huahahahaha. Mba Yantiiii.
      Kalo baca di feedly kudu buka webnya lagi sih ya Mba kalo mau komen. Hihihi. Saya keseringan gagal komen dari WP. jadinya males komen sayanya. 😀

      Like

  16. Aku keburu mata jereng deh baca postingan ampe puluhan begitu mas,, udh gitu jengkelnya nih, udh nulis komen trs keapus, ato pas dipublish eeh itu komen gak muncul/ failed, sakitnya tuh disiniiii ❤️, sementara aku kl bw pake iphone, jadi tangan kiter mata jereng. Kl pake komputer kan enak tuh, tp skrg jarang OL pake komp *curhat*

    Like

    • Itu yang update kok Cha, belom tentu semuanya gw datengin. Huehehe. 😀
      Emang paling enak BW tuh pakai komputer kok. Hihihi. 😀
      Kalo komen trus gak muncul itu emang sakit banget. Gw sering banget deh komen dianggep spam. Hiks. Kalo dah gitu sampe komplen ke WPnya. 😀

      Like

  17. Rajin banget dan… Gue suka nggak sempet mau BW, kadang curi2 pas jam kerja *kebiasaan buruk* dan itupun nggak pernah diitungin berapa blog yang dibaca. Yang pasti nggak nyampe 100. Hehe

    Gue blom nyoba feedly nih.. Sampe Saat ini gue cuma pake applikasi wordpress. Nggak enaknya cuma bisa komen blog yang di wordpress aja. Jadinya ampir ga pernah komen di blogspot deh, kecuali kalo onlinenya dari Laptop.

    Like

  18. Sama gw juga bw nya dari feedly udh lama gak smpt Blog walking di luar yg gw udh subscribe. Padahal kadang pengen juga nemu Blog Blog baru… Lu berasa gitu juga gak sih?

    Dan iya entah kenapa kok blogdetik gak bs ya di feedly. Gw jd suka lupa ngecek Blog nya erry. Biasanya kalo dia ada komen di Blog gw baru gw tau dia ada posting baru jd gw bw ke dia hahahaha

    Like

    • Sama banget Ko Arman. Makanya kalo ada orang baru yang komen dan diintip blognya oke langsung saya simpen di feedly. Kalo yang blogdetik saya bikin daftar di blogspot, ngikutin Mba Monda. Jadi once in a while buka itu daftar dan kalo ada postingan baru otomatis ke atas blognya. 😀

      Like

    • Haihai Mba Ola. Saya juga belom semuanya sempat terkunjungi euy blog peserta BECnya. Buanyak ternyata pesertanya. Hehehehe.
      Makasih ya. Alamatnya sudah saya simpan. 😀

      Like

  19. wah ada rekomendasi baru nih pake Feedly

    saya belakangan cuma pake wordpress for android yg juga ada fitur readernya, cuma ya itu, bisanya BW ke mazhab wordpress aja, padahal cukup banyak blog mazhab google yg bagus cuma kalo kasih komentar susahnya minta ampun :mrgreen:

    Like

  20. Aku jarang blogwalk selain pake aplikasi wordpress di HP. Klo feedly, cm pas buka laptop aja. Padahal aplikasi feedly yg di HP kan ada ya? Ntah mengapa, app itu kuhapus dr HPku. Ntr deh aku install lagi. Klo komen dr app wordpress di HP, kadang masuk itu komennya. Kadang udah ngetik panjang2 masih fail juga. Kzl.

    Like

  21. Saya juga BW sesempatnya. Kalau anak-anak udah pada sekolah gini, rada leluasa waktunya. Pas mereka sekolah sama pas mereka udah tidur.

    Emang malesin banget dapet komen yang cuma nulis “”Nice info, Gan.” Padahal isi postingan kita cuma bercerita gak kasih info apapun. Gak nyambung banget komen yang kayak gitu hehe

    Like

  22. Huaaaa.. Yang nanyak malah baru dateng.. Hahah.. 😀

    Ooo.. Jadi biar aku rajin bw lagi, mesti belik Note 4 sama bikin Feedly ya, Bang Dan? Wakakakakakk.. Ini postingan kok ya agak ngompor sik.. 😛 *menatap curiga*

    Iya beneeeer..
    Emang lebih enak komen dari laptop, cumak pegel jadinya.. Hihihi..
    Makasih ya Bang, uda jawab pertanyaan akyuh. :3

    Like

  23. Itu pembaca yg komen dari “ngosrek kamar mandi”, jangan2 aku mas! Hahaha. Soalnya waktu itu lsg kemari pas baca komen itu dan beneran ngakakkk hahaha!
    aku baru ini nulis2 lagi, dan mau pindah ke wordpress karena kayaknya kok lebih asik yaaa daripada rumah lama hehe

    Like

  24. Wah baru tau tentang Feedly nih. Kayanya mesti bikin akun di sana ah biar bisa update postingan baru. Tapi hebat ya kamu bisa BW tiap hari. Aku sekarang malah jarang banget punya waktu buat BW. Makanya sering ketinggalan update terbaru 😥

    Like

Comments are closed.