[PeFIn] Mulai dari Target Kecil

lunch-time-food-court

Lunch

Since it is monday lets talk about money.

Karena hari senin kemaren gw masih pake pengumuman buat tantangan Blog English Club, jadi baru bisa nulis sekarang untuk urusan duit. Pengennya tiap senen konsisten gitu nulis soal duit dan segala macemnya. Siapa tahu berguna buat diri sendiri dan buat temen-temen yang baca. Ya ini yang ditulis juga ala-ala sesuai pengalaman pribadi aja. Bukan yang canggih macem planner yang udah pro.

Dengan nulis pengalaman pribadi siapa tahu bisa banyak yang relate dan diterapin sendiri gitu kan ya.

Senin ini, mumpung masih awal tahun, ngobrolin soal target keuangan pribadi aja ya.

Buat keluarga kecil macem gw gini pasti banyak lah ya. Mulai dari duit tabungan untuk dana darurat sampe lunas KPR *ihikk. Cuma kalo dipikirin serius gitu mah bakalan pusing sendiri mikirin banyaknya duit yang dibutuhkan. Jadi yasudahlah biarin dulu itu yang gede-gede jalan seperti adanya. Bayar dulu cicilan yang ada.

Pengennya mulai tahun ini lebih konsisten buat sisihin duit buat masuk ke rekening simpenan terutama untuk dana darurat yang kalo kata para planner sekian kali gaji ya. Cuman kan susah ya bok langsung misalkan dapet 8 kali ato 12 kali gaji. Jadi ya target sekarang sih 3x gaji bulanan dulu aja. Kenapa 3x karena rata-rata kalo berhenti kerja, interview dan sebagainya kan biasanya butuh 3 bulanan ya.

Jadi biar gak kerasa kebebanan banget, sekarang gw targetin deh biar ada itu duit di rekening.

Pernah beberapa kali sebenernya mencapai hitungan itu, cuman karena namapun hidup ya. Ada aja kejadian yang akhirnya kepaksa duit itu dipakai. Yakalo kejadiannya udah menyangkut orang tua masa sih gak kepake juga duitnya kan?

jadi ya kicking of the new year, selain target-target yang lain target keuangan pertama yang pengen kami capai cuma berhasilnya ngumpulin lagi duit buat dana darurat lah. Kalo misalkan gak bisa banyak-banyak sisiihin tiap bulan ya gw akan berusaha bisa nyisihin sekitar 10%an gaji biar bisa masuk ke tabungan ini. Bisa berapa bulan tuh ya? Hahaha.

Ntar gw bakalan catet lagi kali ya kapan target itu terpenuhi. 😀

Kalo manteman target keuangan apa yang pengen dicapai tahun ini? bagi dong, siapa tahu bisa dicontek *pastinya setelah target pribadi gw terpenuhi tahun ini sih. Hahaha.

Advertisements

54 thoughts on “[PeFIn] Mulai dari Target Kecil

  1. MM: Money Monday?

    Kalau soal tabungan, agak susah Dan. Kebiasaan alokasinya di belakang. Setelah semua teralokasi. Baru tabungan. Jadinya tabungan pun kecil. Hampir gak ada. Harus rubah nih.

    Like

  2. Aku belom punya gaji sik, Bang.. Gimana mau sharing? ._.

    Tapi setiap kali dapet uang jajan langsung pisahin ke rekening hajinya Mama sama rekening pribadi. Biasanya yang punya ku pribadi kepakek buat keperluan kuliah, belik makanan Kuro, dll.. Diusahain hemaaat banget biar bisa pegi traveling. Hahah.. Teteup yaaak.. 😛

    Like

    • Eh jangan salah San, bisnis itu investasi loh. Investasi yang paling berisiko tapi keuntngannya paling gede. Semoga lancar ya bisnisnya dan semoga setiap senen gw bisa rutin nulis soal ini.. 😀

      Like

    • Yaaaay! Kalo perlu bikin blog soal bisnisnya san. Bisa lead orang ke web tokonya kan. 🙂 eh ato dibikin di blog yang sekarang aja san. Ceritain stepstep bangun bisnisnya. Keren tuh bakalan.

      Like

    • Ehehehe kalau itu masih belum berani, masih disimpan untuk pribadi secara masih stagnan dan belum ada perkembangan hehehe.
      Tapi terima kasih banyak mas idenya. Nanti sudah mulai berkembang aku mau share siapa tahu bisa jadi masukan buat orang lain selain jurnal pribadi… 🙂

      Like

  3. Yang ada aku yang mau nyontek target keuanganmu dan….wkwkwkkwwkkw
    Target keuangan ada pastinya….mudah2an bisa kecapai….doain yak 😉

    Like

  4. Target keuangan apa yah. Biasa2 aja, mau melunasin KPR juga masih jauh jadi ga dipikirin aja haha mungkin ngumpulin duit lebih banyak untuk traveling 😛

    Like

  5. Dana daruratku juga kecowel2 mulu. Kayanya kudu balik ke jaman dahulu nyimpen deh. Di bank yg ATM nya gak pernah dibawa2 n gak aktifin mobile/internet/sms banking.

    Like

  6. selamat siang menjelang sore mas dani.
    maaf sebelumnya saya engga bales lewat email, karena saya merasa kayak sok kenal kalau lewat email, hehe..
    saya juga ga punya Line, jadi ga bisa ngehubungan mas dani.
    sebenernya saya bener2 speechless waktu mas dani bales email saya, berasa dikirimin email ma konsultan gitu, hehe.. makasih banyak atas semua masukannya, untuk operasi lasik, saya mau ngikutin beberapa pemeriksaan dulu di rs.cicendo bandung. sisanya bener kata mas dani, mau bayar hutang dulu yang ada, dan sisa lebihnya mau saya masukin ke dana darurat. nanti saya mau coba ke bank dulu mau cari tahu lebih banyak tentang produk2 investasi.
    saya sendiri bingung, saya yg lulusan akuntansi aja masih ga mudeng2 amat soal investasi dkk, tapi mas yg jurusan informatika bisa ngebuat produk2 itu dengan bahasa yg lebih bisa dimengerti sama orang awam..
    sekali lagi, makasih banyak buat masukannya, salam kenal buat sang istri dan mas A, dari Nindy di bandung.. 🙂

    Like

Comments are closed.