#25 Apa yang Bisa Dilakukan dengan 1 Milyar

image

Happy Holiday

Buat yang merayakan natal, selamat merayakan bareng keluarga ya! Have a joyful moments! :). Berhubung lagi liburan jadi pengen ngayal nyantai deh. Seandainya gw dapet duit semilyar trusnya gw gimana.

Tantangan dari Teh Novi ini asik banget dibikin sambil tiduran di kasur. Lengkapnya begini:

Apa yang akan Dani lakukan seandainya saat ini dapat hadiah undian 1 milyar. Trus gimana hidupmu setelah itu. Kira-kira akan lebih bahagia atau malah sebaliknya?

Kalau dapet duit semilyar nanggung banget si Teh. Mau beli rumah di BSD ga dapet itu
untuk yang ukuran dengan kategori lega, apartemen di Jakarta palingan dapetnya yang dua kamar tidur dengan luar 33 meter persegi. Dapet kembalian yang bisa dipake buat beli family car kelas menengah sih kalo beli apartemen. Hahahaha. Gila ya Teh padahal itu kalo kerja bertahun-tahun juga ga dapet duit segitu.

Kalo misalkan dapet rejeki nomplok duit semilyar yang akan saya lakukan pertama kali adalah ambil bagian zakatnya dulu. Biar berkah. *benerin kopyah*, Habis itu bayar pajak pastinya. Biar ga punya utang sama negara. Toh dapet duit sebanyak itu gak mungkin kan lolos dari radar yang berwenang. Kecuali kalo pajak ditanggung sama pemberi sih. Ngarepnya gitu ya. Pajak hadiah 25% bukan sik?

Setelah itu pastinya lunasin KPR. Sisa setelah KPR palingan sisa  500 juta. Mentok-mentok 600 jutaan. D
Anggeplah 600juta, dari duit segitu bakalan gw pake buat ginian nih:

300 juta modal trading saham. Melihat pengalaman tahun lalu yang bisa dapet 30% profit bisa menghasilkan sekitar 100jutaan ya setahun. Asalkan ga serakah dan sabar aja. Keuntungan dari sini yang nantinya sedikit demi sedikit gw pake nambahin modal usaha.

Sisa 50 juta gw pake buat modal usaha. Setup online store yang jualan baju dan buku ato  buka warung kopi. 100 juta lagi kasih bapak-ibuk nambahin ongkos naik haji dan  keperluan lain. 100 juta lagi buat dikasih ke yang memerlukan.

Sisa 50 jutanya? Taroh sebagai tambahan dana darurat ajalahya.

Trus gwnya gimana? Sementara tetep kerjalah. Sambil kerja sambil jalin relasi sebanyak-banyaknya. Ambil kurang lebih 5 tahunan untuk memantapkan usaha yang gw rintis tadi.

Hidup sih insyaAllah bakalan ga berubah jadi gimana-gimana. Masih sebahagia sebelum punya duit semilyar kayaknya. InsyaAllahnya gitu sih ya. Emang sih ga ada duit bisa bikin sutris bayar tagihan, tapi kebanyakan duit juga gak bikin lebih bahagia yang lebay gimana gitu ya. Ga jadi kepengen beli apa-apa yang gimana gitu, palingan cuma gejet terbaru saat itu aja ama beliin istri tas ato baju ato sepatu yang agak mahalan. Tapi itu bisa pake kartu kredit cicilan 0% kan? Ihikk! Duitnya ya tetep aja buat investasi dan direncanain buat ke depan.

Kalo ngayalnya dapet 10 milyar mungkin belibelinya lebih banyak Teh Nov. Hahahahaha. Makasih ya Teh tantangannya.

Kalo manteman dapet semilyar kira-kira buat apa aja?

Advertisements

53 thoughts on “#25 Apa yang Bisa Dilakukan dengan 1 Milyar

  1. 😎beli apartemen persis di sebrang kantor Abi di Gatsu. Errr masih kurang byk ya bnernya klo mo yg persis sebrang2an πŸ˜¨πŸ˜†

    Like

  2. Jalan2 ke luar negri, nginep di hotel bintang 5, mkn di restoran top (eh istilahnya apa ya? michellin star??). Sisanya baru investasi deh =) my wish is simple deh pokoknya!

    Like

  3. Materi ga mengubah kepribadian, justru materi lah yg ngebuka kepribadian asli kita.
    Karena saya manusia yg ga pernah merasa puas, kalau dikasih 1M ya diinvesin lagi buat dapet 10M. Zakat dan sedekah semoga ga kelupaan.

    Like

  4. Kalo aku, bayar hutang. Semua hutang dr pajaknya, hutang orang tua yg belum lunas trus lain2. Sisanya dibagi2 antara di kasih ortu buat modal usaha dan ditabung. Akunya gx usah ah. 10 jt aja cukup buat sendiri. hihi. πŸ˜€

    Like

  5. Hmm, buka lunchroom di Pasar Santa ha…ha….Kalo dapetnya 1 milyar Euro aku berhenti kerja dan keliling dunia setahun, bagi-bagi keluarga & charity, terus buat startup Belanda – Indonesia. Sisanya ditabung.

    Like

    • Kalo semilyar euro mah saya berhenti kerja dan keliling dunia juga mba Yo. Hahahahahaha. Charity dan bagibagi keluarga juga. Investasi buat hidup di indonesia setelah semua kebagian. :))
      Penasaraaan ama pasar santa nih. Belom pernah ke sana.

      Like

  6. kalo untuk mengkhayal, pengennya duitnya dibeliin mobil dan rumah, kasih ortu dan saudara, dan ditabung. Kalo beneran dapet, kira-kira bakalan pingsan nggak ya? πŸ˜€

    Like

  7. Naik haji aja deh… Ngajakin orangtua, mertua, kakak-kakak, ipar juga. Dah enggak ada kembalian kayakna deh 1 M-nya. Ngambil haji plus biar agak cepatan berangkatnya πŸ˜€

    Like

  8. Kalo aku dapet 1 M pertama kali yg dilakuin bayar zakat, trus beliin rumah buat ortu, abis itu bikin kontrakan ato diinvestasiin, nah kalo buatku sendiri yah dari kerja ajalah lebih puas nikmatin hasilnya πŸ™‚

    Like

  9. Btw, tadi pas buka blogmu ada musik keras Dan, ternyata dari salah satu iklan di blogmu, musik top 10, lagunya Fancy, mungkin sebelumnya pas aku pernah bilang dengar musik di blogmu benar ya Dan, sekarang sih enggak karena iklannya lain.

    Like

  10. Dulu sih mikirnya traveling, Bang. Tapi sekarang uda berubah. Entah karena uda makin tua ya, jadi pemikirannya kalok diabis-abisin gitu aja kok sayang. Buahahaha.. πŸ˜€

    Yang pasti ngeluarin zakat sama bayar pajak, lunasin biaya hajinya Mama, beli rumah tipe kecil aja. Paling 50 juta buat modal online shop *sok nyetok barang plus biaya promosi* trus sisanya direksadanain. Hihihi.. πŸ˜›

    Like

  11. semilyar? zakat ama shodaqoh dulu.. bru beli rumah bapak (yang bayarnya cuman setengah soalnya setengahnya lagi punya chan XD), beli VW kodok, renov rumah trus dikontrakin.. beli rumah kecil2an buat ditinggali sambil buka usaha digital printing kali yap.. sisanya, tabung πŸ˜€

    Like

  12. 1 milyar kurang banyaakk Dan ahahahaha *ketauan maruknya gue*
    kalau emang beneran, wajib investasi entah beli emas or beli tanah or apalah demi kepentingan anak2 dimasa depan (pemikiran emak2 banget ini)

    Like

  13. dari dulu aq paling suka ngayal,yg paling sering ya ngayal dpt duit semilyar,hahaha klo dulu mikirnya buat beli ini itu,naek haji skluarga, kalo skrg lunasin KPR is a must πŸ˜€ sisanya baru beli ini itu,aahh senangnyaaaaaaaaa ^________^

    Like

  14. Pingback: Recap Writing Challenge #2 and Giveaway | danikurniawan

Comments are closed.