#8 Tujuan Ngeblog

boy

boy

Udah seminggu lebih ya giveaway blog ini dan tantangan nulisnya dan masih terus ada temen-temen yang kasih ide. Makasih yaaa. Ada yang belum ikutan? Yuk buka postingannya dan kasih ide tantangan buat gw bikin postingnya di sini. Yang unik ya, biar menggelitik gw buat bikin postingan dan jadi bikin kesempatan menangin hadiah yang insyaAllah gw baginya sekitar bulan Januari 2015.

Kalo hari ini sih mau tulis tantangannya Mba Y (btw gw tahu kok nama lengkapnya, cuman biar khas aja gw tetep panggil Mba Y). Tujuan bikin blog ini apa? Gw kutip lengkap aja ya komennya beliau:

Tujuan Nge-blog secara jujur *diluar sbgai dokumentasi* *Kebanyakan marketing, selalu berselimut dengan kata2 ingin share dan berbagi, padahal sebenarnya nyari koneksi* Hahaha *digaplok Dani*

Kenapa ya Mba Y kasih tantangannya yang ini? Apa dirasa gw kurang jujur ya? Huhuhu..

Awal Ngeblog

Blog yang gw bikin tahun 2007 ini awalnya memang murni buat jadi tempat curhits. Dulu seringnya nulis di notes Facebook. Segala sumpah serapah *lebayatun* lalalala. Tapi lama-lama kan temen-temen facebook pada tahu lah ya dan bacain tulisan-tulisan gw itu. Yagak sampe menyumpah juga sih benernya.

Notes gw di facebook di marih nih linknya, gak  yakin pada bisa bukak sih kalo bukan temen gw di facebook. Hihihihi. Ternyata setelah gw lihat, meskipun dah bikin blog tahun 2007, gw masih tetep notes sampe Juli 2011. Hahahaha. Gak konsisten.

Pemahaman gw soal blog waktu itu? Cuman sebagai diary online. Gak ngeh kalo blog itu bisa jadi kayak gini *sesuai pemahaman gw sekarang*. Apa yang gw tulis waktu itu? Ya cuman tentang kantor, dokumentasi gitu selama masa-masa gw di Lampung yang ternyata gak jalan juga. Jadi tujuan dokumentasi gagal.

Aktif lagi

Tahun 2010 gw aktif lagi nulis tapi di blogdetik, sayangnya blognya dah gw hapus dan gw dah impor semua postingan ke sini. Waktu itu lagi-lagi tujuannya dokumentasi. Malam-malam kelam jam 11 gw balik dari kantor. Pulang pagi rapat. Ah dokumentasi masa-masa kelam. Masa-masa satu tahun setelah gw nyampe lagi di Jakarta.

Postingan pertama gw di blogdetik bisa dibaca di link itu. Kalo baca lagi jadi malu. Hihihi..

Cuman sayangnya postingannya ya tetep aja anget-anget kotoran ayam gitu deh. Di tahun inilah gw merencanakan pernikahan dan beberapa postingan berhubungan sama kawinan. Tujuan tetep sama, dokumentasi pribadi.

Berubah Tujuan

Memasuki tahun 2011 gw dah mulai paham nikmatnya bertukar komentar, blogwalking dan ngintip-ngintip hitstats. Bermula dari Teh Erry dan Mba Irma, gw mulai kenal beberapa blogger lain. The first few bloggers sih gw ingetnya selebblog yang populer abis postingannya. Gak berani gw komen, jadi silent reader.

Tujuan ngeblog gw mulai bergeser, mulai pengen kenal dan dikenal lebih banyak orang. Iyes, cari koneksi, kok kayaknya seru banget bisa kenal dan dikenal banyak orang lewat postingan gitu. Tapi gak berlangsung lama sih, dengan keinginan jadi populer dan dikenal banyak orang mah jadinya capek. Kudu kejar bw dan kejar banyak orang biar mereka mau berkunjung balik.

Etapi meskipun begitu, anti banget buat gw nulis “ditunggu kunbalnya ya Kakaaaaak”. Gw waktu itu komen di blog orang karena emang gw suka dan kalopun gak dikunjungi balik yaudahlahya. Pemikiran itu sih yang gw coba camkan dari awal gw pengen cari popularitas temen di dunia blog. Kalo sampe gak ada yang dateng ya berarti tema tulisan gw kurang menarik.

Menyebar Pengaruh

Selama capek ngejar traffic dan popularitas (karena gw gak terlalu gaul di sosmed) gw menyadari juga kalo blog bisa dipake buat nyebarin pengaruh. Bahan propaganda lah. Tempat ngiklan. Eits, tapi gak serta merta kemudian gw pengen dapet pasang iklan di sini meskipun gw gak menyangkal seneng banget kalo dapet orang yang nawarin kerjasama pasang iklan.

Bahkan yang bayar pake voucher seratus rebu itupun gw terima.

Tapi yang gw maksud di sini adalah gw bisa nyebarin apa yang gw pengen orang tahu, kalo dari sisi gw sih tentang personal finance. Soalnya banyak hal sederhana yang dari pengalaman orang tua gw ama gw sendiri ternyata bisa dilakukan sendiri buat ngeberesin keuangan pribadi.

Nah ini yang jadi tujuan gw berikutnya dengan akhirnya gw bikin blog Celengan Semar bareng temen gw dan Ngobrolin Duit. Kedua blog itu discontinue karena ternyata berat untuk bisa generate trafficnya dengan fokus kebagi dua gini. Sementara blog ini semakin rame. Hamdalah.

Kalo yang baca sedikit jadinya apa yang pengen gw orang tahu kan juga gak maksimal juga kesebarnya ya. Jadi kenapa gak sekalian di sini aja deh. Akhirnya gw hidupin lagi menu finance di blog ini dengan harapan semakin banyak orang yang baca jadi semakin banyak yang bisa belajar bareng dan semakin banyak yang dapet manfaat.

Kenapa gw keukeuh banget pengen nyebarin soal personal finance ini? Karena di negara ini kok rasanya yang dapet informasi ini masih cuman segelintir orang ya.

Tujuan Ngeblog Sekarang

Jadi kalo bisa dibikin dalam bullet points tujuan gw ngeblog sekarang ini adalah:

  • Tulis apapun sejujur mungkin
  • Generate traffic sebanyak-banyaknya
  • Dengan semakin banyaknya traffic, gw bisa lebih banyak menyebarkan tentang personal finance, perencanaan keuangan pribadi atau hal bermanfaat lain. Do’a gw semoga gw masih terus diberikan petunjuk untuk tetep memberikan hal-hal positif sama Allah. Sebanyak mungkin menyebarkan manfaat lah.
  • Syukur-syukur kalo dapet penghasilan tambahan dari blog ini.
  • Pengen tahu siapa yang bakalan bisa gw temui dan kemana blog ini bakalan membawa gw dalam hidup kalo misalkan gw konsisten ngeblog sampe lets say 5, 10, 15, 20 tahun ke depan? ato sampe gw gak bisa nulis lagi. Kejauhan? itu yang pengen gw tahu, sejauh mana gw bisa ngeblog.

Well, meskipun tujuan pertama gw traffic, gw gak mau juga posting sehari sampe dua atau tiga kali sehari. Itu bisa boost traffic lumayan emang. Dan gw juga gak mau bikin postingan yang orang mikir “eew, gini aja diposting?”.

Begitu Mba Y apa yang jadi jawaban sejujurnya tujuan ngeblog saya. Panjang juga ya ternyata. Hampir seribu kata.

Advertisements

86 thoughts on “#8 Tujuan Ngeblog

  1. mhahahaha…minta dikunjungi balik kadang repot juga ya mas,,,sama seperti aku kadang malas juga kalo ada komen macam begituan yg penting sekarang kan mas dani udah jadi seleb blog udah dikenal dimana-mana…hahahaha tinggal kopdaran aja yg belum yaaaaaa 🙂

    Like

  2. Hmm…ternyata dari dulu, gaya bahasa lo gak berubah ya Dan…
    Hehehe….gw juga sebenernya sekarang jadi kerajingan ngeblog (BW dan nulis) tapi ya…gitu deh…waktunya bener-bener terbatas…paling cuma sempet kebaca satu sampe 4 blog sehari (dan blog lo termasuk blog yang gw wajib baca tiap harinya, hehehe) dan kalo nulis…hahaha….itu mah paling sempet sekali per beberapa minggu… *hueeek…curhat lageee…

    Like

    • iye, gaya bahasa gw sih tetep gini-gini aja Shee, hihihi. Makasih ya klo blog gw jadi blog yang wajib baca tiap hariii.. 😀
      Semangaat buat postingnya… kalo gw sih biasanya pas lagi penuh-penuhnya bela-belain bangun lebih pagi ato tidur lebih malem buat update blog.

      Like

  3. Dan, kok kamu tau kotoran ayam itu anget? Pernah nyentuh ya? Wkwkwkwkwk…

    Ngeblog itu ngangenin banget. Kerasa setelah beberapa waktu gak nulis, rasanya jari gateeell aja gitu pengen curhat di blog 😀

    Like

  4. selain kwantitas… kwalitas juga diperhatikan…. 😀

    dulu saya posting bisa 3 kali sehari. sekarang paling banyak mungkin dua, tapi itu jarang. tapi kalau ada ide bejibun pengen juga posting lebih sering 😀

    Like

  5. 2007?? saya masih main gamebot… apa yg mas Dani rasa di 2011 baru saya rasain sekarang. Semoga bisa terus ngeblog sampe 20 tahun ke depan ya.. hehe

    Like

  6. Aku seneng banget loh Bang Dani mau sharing tentang keuangan gitu. Aku ceritain sama Oom ku, dia malah kaget, “Itu si Dani cerita gitu gratis ya, ngga dibayar? Baik banget diaaa..” Aaaa.. Seketika aku langsung mendoakan diri mu banyak pahala, Baaaang.. Huahahah.. 😀

    Yang penting tujuan ngeblog pure bagi-bagi ilmu ya. Masalah dapet duitnya kan bonus aja itu mah. Syukur banget kalok nemu temen-temen yang baik.. ^^

    Like

  7. ini kalau saya yg ditanyain: saya tidak ada tujuan umum, apalagi tujuan khusus… hanya tujuan pribadi yang ada, menuliskan sesuatu yang bermanfaat, khususnya bagi diri sendiri, kalau bagi orang lain ada manfaatnya, ya syukur… dibaca alhamdulillaah, ga ada yang baca juga gpp… sudah gitu saja… 😀

    Like

    • Etapi dengan tujuan itu kalo misalkan ga ada yang baca juga gapapa kok sayah. hahahaha.. ;D
      Semoga aja sih bermanfaat buat orang lain karena kalo buat diri sendiri sih pasti bermanfaat buat jadi perekam memori.. 😀

      Like

  8. “kok rasanya yang dapet informasi ini masih cuman segelintir orang ya? yang nyari tau juga sepertinya sedikit. menurut ku ya mas orang indo ni kalau ngak nampak di depan mata mereka kurang tertarik.

    Like

  9. tujuan ngeblog gue masih asal nulis aja dan cerita2 yg lagi kepikiran di otak haha
    tapi nambah temen bneran bonus utama bngt dari ngeblog yah, seneng bngt kalo blog dikomen dan bisa tuker2an cerita sm temen baru hihhi
    jadinya makin rajin posting deh 😆

    Like

  10. menurut gue says “ditunggu kunjungan baliknya” sama aja dengan “folbek dong kakaaakk” …. yang dalam kamus gue itu berarti menurunkan derajat kekerenan gue sebagai emak emak sok sibuk bin sok keren inih 😛

    truusss dan….kalo pengen kasih challenge buat lo pegimane? *ya baca postingan sebelumnya dooong silll…. 😛 *

    Like

  11. bener ya Dan punya lebih dari satu blog itu susah jaganya, ini aja lagi gampang banget komen di reader wp aku jadi malas isi blogku yg satunya.. hu..hu..

    Like

  12. Hahaha, suka sama tulisan kejujuran ini, walau saya merasa ada ‘sedikit nada marah’ di dalamnya *mudah-mudahan enggak*.

    Nah, Dani dari yg baca di blog *sy jg ga aktif di medsos* punya ilmu tentang finance dan tetek bengeknya, tapi terkesan malu untuk sharing ilmunya di blog ini. Padahal secara marketing jangan ditanya ya, juaranya Dani deh, dan cara menjelaskannya juga mengalir lancar. Kalau yg lain kan bikin males baca kalau udah urusannya ‘nyimpen uang’. Gregetan sendiri sebenarnya. Tapi kok mau usul yo terkesan SKSD. Eh, ternyata menulisnya di blog baru *saya kan jg sempat mampir ke blog ituh Dan* 🙂 . Tapi yg lain males negoknya kan Dan hehehe.

    Teman saya ada yg sukses main reksadana, ada yg modalnya ludes saat nyoba valas, saya ga punya modal dan ga mudeng finance, cuma jd penonton.

    Kalau punya ilmu, kenapa ga dibagi, blogger mungkin ada yg tertarik baca dan tidak, tapi orang diluar sana mungkin memerlukannya.
    Piss Da, *lempar pakai sepatu yak* hahahaha

    Like

    • Hahahaha. Saya gak marah sama sekali Mba Y. Perasaaan njenengan aja itu mah. 😀
      Seneng koo akhirnya ditanyain tujuan saya ngeblog yang sebenernya. 😀

      Like

  13. aku juga awal2 ngeblog di friendster isinya sumpah serapah hahaha… pas punya pacar, baru punya diary online sama pacar di blogspot… kalo blog ini sih awalnya buat sharing, termasuk sharing makanan hahahaha… lama2 jadi cerita sehari2 juga, biar ada kenangannya aja hehehehe…

    Like

  14. Pertama ngeblog ga ada tuh mas rencana bakal main2 ke blog orang lain dan ninggalin komen. Eh tapi ternyata justru itu juga serunya jadi nambah temen dan relate langsung sama si penulis. Tinggal ngerajinin diri buat sering2 nulis 😀

    Like

  15. Kalau saya …
    dulu tujuan awal ngeblog … sebetulnya adalah karena rasa penasaran …
    sehebat apa sih blog kok sampai menteri yang mengurusi mengenai informasi (Bapak Muhamad Nuh waktu itu) sampai merasa perlu untuk mengatur konten dan sebagainya … dalam bentuk undang-undang yang heboh waktu itu …
    dari situ saya mulai senang menulis … untuk balancing …
    dengan menulis saya senang … itu saja …

    Salam saya Dani

    Like

  16. Daaan…
    Aku selalu terkagum-kagum sama para blogger yang memang memiliki niat suci untuk sharing ilmu lewat blognya lho…keren lah ituh…
    Dan memang sebaiknya cerita finance mu gak perlu dipisahin ke blog khusus lah Dan, digabung disini lewat personal blog aja lah, biar lebih smooth nyebarinnya…

    Salah satu alasanku males bikin blog khusus Korea adalah, karena blog korea hanya akan dikunjungi oleh penggemar Korea aja,
    Sedangkan blog personal yang dengan lihainya diselipin cerita tentang Korea bakal lebih mudah nyebarin virusnya…bhuahahaha…
    *iyah, sayah emang licik*

    Like

  17. Dari awal ngeblog aku gak pernah ngecek traffic, ada yang baca syukur, gak juga gak apa-apa, hahaha. Pokoknya cuma mau sharing 🙂 Sukses dengan blognya, ya. Semoga tujuannya tercapai 🙂

    Like

    • Wah, salut! Karena tahu soal traffic jadi saya mulai ceki-cek dan ketagihan ngecek. Huehehehe. Mungkin ada saatnya bakalan gak ngecek traffic lagi. makasih yaaa. Amiiin.

      Like

  18. kalo tujuan saya ngeblog, buat menghilangkan kejenuhan, menuangkan lewat tulisan. simple!
    eee tapi tapi jadi ternyata Mas Dani ini saleblog yaa *minta TTD minta TTD*

    Like

  19. Tfs mas dani.. saya newbie di wp setelah memutuskan mengasingkan diri dari fb :p. Sepertinya blogging lebih nyaman untuk share..dan kalo sy salahsatunya buat sekalian nyimpen resep masakan yg pernah dibuat jd kalo mau bikin lg tinggal nyontek hehe
    Salam kenal ^^

    Like

  20. Uh, kalimat penutupnya itu bikin jleb banget, Dan!
    Gini aja diposting…duh, saya seriiiiiing sekali nulis remeh-temeh nggak penting di blog saya. Sekedar ngilangin sumpek atau berbagi cerita sepele, rasnya kok bikin lega ya…
    Terus nge-blog Dan, kayak baru kemarin tulisan Dani tentang personal finance itu saya baca dan masih sedikit dikomenin, uh, sekarang komennya udah puanjang pol…
    😀

    Like

  21. Pingback: Recap Writing Challenge #2 and Giveaway | danikurniawan

Comments are closed.