#6 Film Pengubah Perspektif

Hari ke 6 gw putuskan untuk posting tantangan dari Tika -Swastika Nohara, penulis skenario film keren yang suka jalan-jalan mulu dan bikin mupeng buat kelilingin Indonesia ini. Tantangannya kek gini:

What movie that changed your thought or your perspective in life, and how did that happen?

Simple tapi cukup unik kan idenya? Total sih sudah ada lebih dari 35 ide yang masuk sampe hari ini, tapi ga otomatis semua ditampilkan, semakin unik semakin besar kesempatan buat gw tulis di year end wriitng challenge and giveaway gw di blog ini. Kalo yang belom tampil akan gw tampilkan di bulan-bulan berikutnya postingannya. Ayok, masih bisa kasih ide sampe tanggal 30 Desember 2014 ini loh.

Menjawab pertanyaan Tika, ada 3 sih sebenernya. Gapapa yah banyakan dikit?

The Matrix

The Matrix

Gambar diambil dari rottentomatoes.com

Film-film itu adalah The Matrix, Life is Beautiful dan The Usual Suspect.

Udah pada nonton filmnya? Hah? Yakin belom? *kemudian dijejelin popcorn.

Kenapa 3 film ini pengubah perspective?

Karena gw belajar banyak hal dari ketiga film ini. Bukan kok bukan dari segi spesial efek yang dipake di film yang mana di The Matrix pada jamannya emang top banget dan menang banyak penghargaan. Gila banget deh spesial efek di film itu.

Pertama The Matrix, gw nonton film ini duluan karena dua yang lain under radar sampe akhirnya gw browsing-browsing film apa yang wajib tonton. Kenapa The Matrix berpengaruh banget karena di film ini kasih pemikiran tentang gimana kalo hidup kamu bukan hidup kamu? What if your life is not your life? *halah diterjemahin doang. Ngebayangin aja kalo ternyata hidup yang gw jalani ternyata hanya ada di dalam mimpi gw aja. Kalo sampe suatu saat Morpheus datang dan nawarin gw pil merah ama biru gw bakalan pilih yang mana *ini bukan pil biru yang itu ya. Apakah gw akan milih tetep mimpi ataukah bangun? Gitudeh.

Selain itu yang lebih penting, kalopun misalkan gw ternyata ada di dalam “mimpi”, apakah gw sudah mengupayakan yang terbaik yang bisa gw lakukan dalam hidup ini? So, mimpi ato gak mimpi intinya kudu tetep berusaha yang terbaik.

Film berikutnya yang gw tonton adalah Life is Beautiful, film tahun 1997 tentang perjuangan seorang bapak yang bikin hidup anaknya sebuah permainan seru di camp konsentrasi Nazi. Life and death business turned into a game. Cinta banget ama film ini. Nangis-nangis terharu pas nonton filmnya. Pelajaran yang gw ambil dari sini dan membekas banget adalah gimana kita melihat hidup itu penting banget. Life is beautiful as it can be if we see it so.

The Usual Suspect, film tahun 1995 yang cerita tentang penjahat yang ketangkep polisi dan diinterogasi yang berujung dengan lolosnya dia dari semua jeratan cuman dengan memanfaatkan apapun yang ada di sekitarnya ini film terkeren berikutnya yang gw tahu. Ngajarin kalo sebagai manusia kudu bisa sefleksibel mungkin dimanapun berada memanfaatkan apapun yang ada. Ah gak seru deh kalo dijelasin di sini.

Tiga film itu sedikit banyak ikutan ngebentuk gw yang sekarang ini. Kalo ada yang belom lihat salah satunya ato ketiga-tiganya gw sangat menyarankan untuk lihat.

Kalo temen-temen film apa aja yang bisa mengubah perpektif dalam hidup kalian?

Advertisements

40 thoughts on “#6 Film Pengubah Perspektif

  1. film yang mengubah perspektif? urrrmmm…
    entah ya.. yang ada JDorama yang merubah perspektif.. wkwkwkwkwk… kalau film sih chan baru sebatas.. “oke film ini bagus.. baik dari segi cerita dan penyampaian.. i love it” udah gituh doang 😛

    Like

  2. Mantap!! Kalau aku ditanya hal itu, jawabanku The Secret Life of Walter Mitty. Pas ntn di bioskop aku sampai terpukau… sekarang pun ntn di HBO masih suka banget dan banyak hal dr film itu yg mengubah caraku melihat sebuah situasi.

    Liked by 1 person

  3. Dengan membaca tulisan ini saja sudah mengubah perspective saya, apalagi nontong langsung filmnya, mungkin lebih kerasa. Lain waktu ajak2 dong mas Dan, kalo mau nonton film bagus.. hihi

    Like

  4. I am Sam mas Dan, sedih banget nonton filmnya. Bikin jadi berkali-kali lipat lebih menghargai orangtua dan berusaha sebisa mungkin luangin waktu buat mereka :’)

    Like

    • Ah iya, I am Sam ini sedih banget dan berkesan juga. Mungkin bisa dibarening sama Life is beautiful Mar. Mewek bener gw pas lihatnya…

      Like

  5. Umm *mikir keras* memoir of a geisha maybe, or the classical movie of all time, none other than the sound of music (udah ditonton puluhan kali wkt masi kecil, sampe pny album ostnya). Life is beautiful jg sih, bikin mewek. Aku mo nyari yg usual suspect ah, baru pernah denger juga sih.

    Like

    • Sama jewel in the palace, mas. Koq bs kelupaan yaa. Drakor ttg istana dan kisah hidup si tokohnya, jang geum. Panjang bgt, 50 episodes kali ya, dan efeknya baru ntn sekali doang. Tapi buaguus. Sampe komen 2x gini 😛

      Like

  6. Kalok aku film The Pursuit of Happiness, Bang. 🙂

    Pas kelar nonton, aku jadi optimis kalok lagi di titik terendah dalam hidup sekalipun, tetep bakalan ada kebahagiaan yang dateng, meski kita harus mati-matian ngejernya.. Aaaaa.. Jadi mau mewek kalok inget ceritanya. Syediiih.. :’

    Liked by 1 person

  7. ahhhhh tht matrix aku suka banget tapi bukan ama filmnya tapi sama aktornya mas,,sempet dulu waktu kelas 5 SD bercita-cita kerja di LA biar ketemu sama aktor ini hehehe 🙂

    Like

  8. kalo gw apa ya? kuch kuch hota hai kali ya (ehh…ini bener gak sih nulisnya??)
    hahaha…gara-gara pelem ini, gw ama adek gw nontonnya sampe nangis tersedu-sedu.

    trus prspektif gw tentang pelem india juga jadi berubah…
    yang tadinya cuma kenal mitun chakraborti sama amithabacan (ehh..ini bener juga gak nulisnya??) dan taunya pelem india itu cuma tentang balas dendam, jadi mulai ngintip pemain pelem india yang guanteng guanteng dan cantik cantik.

    sampe akhirnya adek gw saban hari ngidupin cd lagu india dan ngapalin koreo-nya.
    pokoknya sampe pusing kami dibuatnya, bahkan waktu lagi solat jumat pun, cd lagu india diputer kenceng-kenceng, dan akhirnya kita diprotes warga kampung karena udah ketentraman kampung.

    Like

  9. Pingback: Recap Writing Challenge #2 and Giveaway | danikurniawan

Comments are closed.