Mencintai Seumur Hidupmu

image

Hasyeeekk

I love you for my whole life .

Sounds romantic? It does for teenager with their first crush but not really. Not for a young family with one breadwinner. Haha.

Gw ngebayangin aja kalo misalkan kalimat di atas diucapkan cowok pas pacaran ke ceweknya si cewek yang lugu bakalan klepek-kelepek. Tapi kalo ceweknya berpikiran ke depan dan penuh perencanaan *apalagi perencanaan keuangan *eaaa* di bayangan gw bakalan langsung nanya gini:

“Makasih sayang, I do appreciate it. Tapi kok agak egois ya kamu sayangnya sama aku. Cuma seumur hidup kamu kan ya?

Lha kalo akunya lebih panjang umur gimana? Yang sayang sama aku siapa? Trus kalo akunya yang gak panjang umur yakin nih masih bakalan terus sayang sama aku? ”
Haish serem banget ga sih? Hahaha

Bulan Mei 2012 pernah gw posting tentang Mencintaimu Seumur Hidupmu nyeritain tentang salah satu sesi kelas CFP yang ngebahas asuransi. Postimgan ini juga tentang asuransi tapi bukan mau jualan asuransi jugak kok postingan iniii.

Berhubung pengen posting soal reksadana dan sebagainya tapi kemudian keinget kalo sebelum mulai coba investasi lalalili, yang lebih penting kan perlindungan ya, jadi ya bahas asuransi dulu. Asuransi jiwa buat pencari nafkah keluarga. Breadwinner lah istilahnya.

Jaman sekarang pencari nafkah utama sih gak mesti dari suami ya, banyak keluarga yang penghasilan terbesarnya justru dari istri. Jadi ya pencari nafkah utamanya istri. Tapi balik lagi ke pembuka postingan ini, kalo misalkan yang kerja suami sementara istri tidak ada penghasilan dari bekerja dan lainnya. Kebayang kan kalo misalkan kejadian apa-apa sama si suami sementara ada satu atau dua orang anak yang harus dinafkahi selain si istri sementara buat cari kerja itu gak segampang balikan ama pacar setelah putus *well kalo kasusnya cinta ama rangga sih emang butuh satu purnama new york *eaaa.

Uang santunan asuransi jiwa si pencari nafkah tadi tuh yang bisa dipake buat biaya hidup istri dan anak. Kalo si pencari nafkah utama/suami sudah punya asuransi yang bisa dipakai buat mencukupi kebutuhan istri setelah dia tinggalkan, artinya kan dia sayang sama istri dan anaknya bahkan setelah dia ga panjang umur. Dia ga mau istri dan anaknya kesusahan karena dia gak ninggalin apa-apa. Dia sayang sama istrinya seumur hidup istrinya. Bukan cuman seumur hidupnya dia. Yagaksih-yagaksih?

Nah terus besarnya berapa tuh uang pertanggungan asuransinya? Idealnya kalo dihitung-hitung uang pertanggungan asuransinya seharusnya bisa mencukupi kebutuhan dasar keluarganya sampe si anak yang paling kecil bisa cari uang sendiri. Umur-umuran lulus SMA lah. Agak ribet sih tapi ya itungannya cuman gampangnya gini deh, begitu kejadian apa-apa sama si suami, uang asuransi keluar kan ya.

Nah uang asuransinya itu ditempatkan di deposito ato instrumen yang bisa kasih return/hasil bulanan dan hasilnya itu bisa dipake mencukupi kebutuhan keluarga, ya dikit-dikit pokoknya dipake lah gapapa tapi kudu cukup sampe anak bisa cari kerja.

Perkara istri yang ditinggalin kudu kerja lagi ato bisa dapet penghasilan dari usaha mah urusan ntar ya mestinya. Kudu diusahakan dulu biar istri dan keluarga yang ditinggalin gak kesusahan. Kan?

Keluar biaya dong gw? Yaiyalah. Asuransi mah memang biaya. Asuransi bukan investasi.

Trus asuransi apa yang bisa kasih uang perlindungan cukup besar tapi lumatan murah preminya? Sampe sekarang sih yang gw tahu asuransi jiwa term life. Bisa cover sampe 20 tahun, uang pertanggungan gede dan biaya lumayan terjangkau. Perlindungan semilyar dengan biaya 3.3 juta setahun (275 ribu sebulan ato 10ribuan sehari), murah banget kan?

Uangnya preminya? Ya ilanglah kalo ga ada kejadian. Yanamapun ga ada kejadian kan Alhamdulillaah ya sehat selamat sentausa. Yamasa mau beli payung buat jas hujan pas mendung tebel eh giliran gak hujan duit bayar payungnya diminta balik lagi?

Ada yang belom beli asuransi jiwa? Ato suaminya belom punya tapi malah beli asuransi pendidikan? Hayo-hayooo.

Jadi inget perannya si Bapak di bukunya Adhitya Mulya – Sabtu Bersama Bapak kemaren itu.

77 thoughts on “Mencintai Seumur Hidupmu

  1. semalam atau kamren malam, minyu cerita tentang salah seorang neneknya, masih muda seh, ditinggal mati oleh suaminya… tapi suaminya udah ninggalin rumah kontrakan, jadi dari situ sumber penghidupan buat keluarganya.

    niatnya hari ini mau ngurus BPJS. soalnya udah dibayarin kantor, cuma belum diurus. eh belum jadi, besok aja kali.

    kalau asuransi, saya masih ragu…. di bagian ini kalimat ini —> Uangnya preminya? Ya ilanglah kalo ga ada kejadian.

    Like

    • Kalo bisa beli tanah ama bangunin kontrakan sih lebih bagus Bang. Hihihihi.
      Ragunya kenapakah Bang? Yakan memang beli perlindungan Bang Rif, bukan investasi. 😀

      Like

    • terkiat sama postingan saya yang maghrib itu, mas.

      di dalam pikiran saya, ada unsur perjudian dan ketidak pastian, mas

      ada peroleh uang yang abnormal. jika pengguna asuransi celaka, maka dia dapat uang. jika pengguna asuransi tidak mengalami kecelakaan perusahaan yang dapat uang.

      mungkin kalau dianaogikan membeli perlindungan kepada bodyguard akan terasa nyata sebab ada orang yang bekerja melindungi kita 😀

      ketidakpastiannya adalah nggak ada kepastian siapa yang dapat uang itu nantinya, si pengguna asuransi atau perusahaan.

      Like

    • Waaaaah. Ilmu saya ga nyampe ke sana Bang. Kudu banyak baca lagi saya.
      Ada beda pendapat gak sih bang soal asuransi ini?

      Kalo saya melihatnya bukan judi juga sih dan gak bermaksud mendahului ketentuan Allah. Saya percaya kalo Dia yang mahakuasa pasti akan memberikan kemudahan untuk orang-orang yang ditinggalkan sama si pencari nafkah tapi saya sebagai pencari nafkah ingin memberikan kenyamanan pada yang saya tinggalkan nantinya. Tujuan saya belinya bukan buat judi untung2an nanti saya meninggal atau tidak. Pastinya akan selalu berusaha tetep sehat dan bisa mendampingi keluarga kan ya Bang.

      Kalo asuransi syariah yang prinsipnya saling membantu itu bagaimana Bang? Temen ada yang dari asuransi syariah dan jelasin prinsipnya emang beda dengan asuransi konvensional.

      Like

    • kalau beda pendapat tentang asuransi saya kurang tahu, mas.

      iya. Islam juga memerintahkan agar orang tua tidak meninggalkan anak keturunan dalam kondisi yang lemah. lemah iman, lemah akal, lemah ekonomi dll

      kalau nggak salah, premi di asuransi syariah yang sudah dibayarkan enggak akan hilang meski pengguna asuransi tidak mengalami apa-apa. mungkin itu bedanya.

      selebihnya saya kurang tahu juga

      Like

    • Mas Dani… Post ini utk menjaring opini kan? Soalnya aku termasuk yang kontra ttg asuransi.. Haha.. Dari radio yang biasa aku dengar, isinya mirip spt yang Mas Jampang komentar di atas, ada unsur perjudian dan gak yakin kalau setiap orang punya rejeki masing-masing.. Kalau BPJS malah gpp, karena BPJS memang program dari pemerintah dan pemerintah (harusnya) gak bertujuan utk menggalang dana dr program BPJS ini.. Peace ✌

      Like

    • Iya Nit. Santai gw mah.
      Kalo gw sendiri kan ngelihat kalo asuransi sendiri ga niat untuk judi dan gw bukan gak yakin sama rejeki yang dikasih Allah Nit, cuma dari segi pencari nafkah gw pengen memberikan kenyamanan untuk yang gw tinggalin. 🙂

      Like

    • Tabungan penting Mba Dian untum dana darurat dan investasi bersama tapi asuransi penting juga untuk nanti yang ditinggalkan biar ga kebingungan. Bilang aja sebagai tanda cinta ke mba dian.

      Like

    • Saya pake sunlife. Waktu itu sebenernya lebih murah manulife tapi karena yang jualan temen baik jadi saya ambil sunlife. Bedanya ga terlalu gede kok. Cuman seratus apa dua ratus ribu.

      Like

  2. Duluuu sebelum pindah ke Jerman, anak-anak ikut asuransi pendidikan produk bank Muamalat kalo ngga salah, sekarang ikutan takafullink eeeh bener ngga ya nulisnya, ya itung2 nabung dikit gitu.

    Kalau asuransi disini ikut macem2 dan harus macem2 juga, mulai yg wajib sampe yg suka-suka.

    Yang wajibpun lebih dr 3 itu..

    Like

    • Kalo sudah 6 tahun coba negokan untuk mengecilkan sampai 0 kalo bisa porsi investasinya dan besarkan porsi perlindungannya. Dengan nilai premi yang sama bisa dapet UP sampe 4x lipat. Saya juga punya dan masih aktif dengan kondisi seperti itu.

      Like

    • Bukan diambil sih nilai investasinya. Biarin ajalah disitu. Dikelola sama perusahaan asuransinya. Udah jalan juga kan. Daripada diambil nilai tunainya malah kepake. Hihihi. Maksimalin perlindungan deh. Bisa kok. Mungkin investasi ga 0 banget sih.

      Like

  3. aku juga masih galau masalah perasuransian ini mas dani. sebenarnya masuk akal ya klo si pencari nafkah bagusnya emg diasuransiin biar klo kenapa-kenapa, ga terlantar gitu keluarganya. cuma aku ragunya sama dengan komen bang jampang. suami pun punya pikiran yg sama.

    btw aku tipe yang dari dulu realistis. tau bgt klo cinta doang mah ga cukup buat hidup. sekarang aja aku udah ada skenario klo suami meninggal duluan, apa yg harus aku lakukan. sampe kesana coba mikirnya (amit-amit bukan ngedoain ini)

    Like

  4. Punya asuransi kesehatan aja.. Pake axa mandiri seh.. Itupun mau karena premi yang gak dipake bakalan dibalikin 100% dan murah pula, cuma 100an sebulan..

    Pengen masukin anak ke asuransi pendidikan aja seh.. Tapi masih belajar banyak ttg asuransinya. Gak mau rugi soalnya.. Hehehe

    Like

  5. Ngana udah tau lah asuransi eike gmn yah bokkkk hahahhaha

    Btw bu Ely Risman ngmg gt Dan? Wahh 40hr? Ahhhhh ga relaaaaaaa *ditimpuk ubin* tp mah biasanya kan suami kita pasti berduka kann yahhh, ga akan secepat itu kan kawin lg *lsg wanti2 lombi* hahahhahaha

    Like

  6. Entar syarat nikahnya jadi harus punya asuransi jiwa dulu ya, Bang. Wkwkwk.. 😀

    “Kamu sayang kan sama akuh? Bikin asuransi dongs!” *langsung ditabok

    Like

  7. Hi mas dani,

    Perdana comment ni di blognya hehhehe..suamiku udh ikut asuransi jiwa mas sama di sunlife juga 😀 cuma aku sebenernya rada” bingung deh saat ini sih UP dia sekitar 2 M (kalau ga salah) tapi kalau nanti kita hitung” kan uang segtu 20 than lagi kecil ya nilainya, sebenernya cara ngitung biar dpt UP yang pas itu gimana ya? Oh iya sama mau belajar” langsung ttg inves reksadana boleh ga, dari bacaan kok ttp aja ora mudeng hihihihihi # kita tetanggaan komplek lo 😀

    Like

  8. alesan itu juga kenapa si suami minta aku tetep kerja, jadi kalo *amit amit* dia kenapa2, masih ada sumber penghasilan… walaupun uda ada asuransi juga sih, tapi sekedar jaga2… di samping sekarang apa2 mahal, jadi butuh penghasilan dari 2 sumber hahahaha… tapi…sejak ada anak, berasa males banget kalo nanti harus balik kerja lagi hahahaha…

    Like

  9. Pingback: Kawin Lagi | danikurniawan

  10. Pingback: Bingung Soal Imunisasi dan Vaksinasi | RANGTALU

Comments are closed.