(lagi-lagi) Tentang Blog

image

danirachmat.com

Mestinya bikin semacam review blog sendiri itu sekitaran ultah blog ya yang mana untuk blog ini sekitaran Desember (kalo gak salah sih ya). Tapi gw bikin sekarang gapapa kan ya karena dah kepikiran banget mau nulisnya dari kapan hari.

Tentang Blog dan Traffic

Awalnya banget bikin blog buat nulis ala-ala diary karena penempatan dapet Lampung tahun 2007. Mau curhat gitu. Tapi akhirnya malah dianggurin sampe tahun 2009an pas pindah Jakarta. Eh masih tetep dianggurin ding karena tahun 2009 gw akhirnya ngeblog di blogdetik sampe kisaran 2011an awal. Kzl bgt ama beberapa limitationnya blogdetik waktu itu akhirnya semua postingan gw impor ke sini dan blogdetik gw tutup.

Seperti pernah gw cerita di postingan Aih Kangennya, tahun 2011 mulailah gw kenal sama yang namanya blogwalking dan mulai kenal beberapa blogger aktif dengan pembaca puluhan sampai ratusan komen. Sampai kemudian awal 2013 gw terlibat dalam suatu kasus yang bikin gw masuk grup Ibu-Ibu detektif. Hahaha. Seru dan sampe harus nenggak panadol berkali-kali tahun itu. Di situlah blog gw ini pertama kali *dan semoga bukan yang terakhir kali* dapet views lebih dari seribu dalam sehari. Padahal standarnya mah view seharinya cemen abwesh.

Mulai masuk 2014 awal tahun gw bikin #31DaysWritingChallenge yang temanya ditentukan dari permintaan manteman semua. Hasilnya? Mejik! Views Januari itu jadi yang tertinggi. kenapa? Karena rajin posting ternyatah meningkatkan traffic. Hahaha. Barutahu. Ihikk. Padahalan ya sejujur-jujurnya pas Januari itu adalah bulan dengan ide postingan terlancar. Karena gak perlu mikir sendiri apa yang mau ditulis. Bahahahahaha.

Lalu apa terus gw jadi rajin posting? Ngga juga. Sempet kepikiran bikin challenge lagi di bulan berikutnya tapi ngerasa ga adil aja sama yang baca. Idenya bukan orisinil dari kepala gw. Hehehe.

Masuk Maret sampai September 2014 masa-masa gw pindah dari kantor yang sebelumnya mulai bolong-bolong posting dan seperti bisa diduga. Traffic turun. Tapi yanamapun kehidupan di luar blog kan butuh adaptasi juga ya.

Mulai Spetember dan Oktober kemaren jadi rajin posting lagi. Maaf ya buat manteman yang sampe ngerasa gw itu postingnya geje dan kok gitu aja diposting. Huhuhu. Gwnya sih selalu berupaya apapun yang diposting bukan tipe postingan ‘asalkan gak kosong aja’. Tapi ya tetep yes itu dari sudut pandang gw dan semoga ada yang menemukan mafaat dari sini.

Trus isinya apaan? seperti sudah pada tahu ya isinya mah campur-campur dari review apapun itu, curhits ato soal personal finance ato apapun yang menurut gw layak diweblog-kan.

Kalo soal traffic sih pengen lah ya pastinya kayak seleblog yang udah tenar dan ditawarin kerjasama review ato bikin postingan berbayar gitu, tapi insyaAllah sih bukan tujuan utama. Fun blogging tetep kudu jadi prioritaz. Pake z biar mantep. Alhamdulillah dari 66rebu views tahun 2013 tahun ini sudah 117rebuan.

Blogwalking

Kalo soal blogwalking nih gw gak melakukan dengan mengunjungi link yang dateng kemari. Tapi seperti yang kayaknya dah pada tahu, yang pada dateng gw simpen alamatnya di feedly dan gw usahakan tiap hari bukain itu update yang masuk ke sana. Sayangnya feedly gakbisa update blogdetik.

Sekarang sih gw dah bikin blog di blogspot buat nyimpen nama temen-temen blgdetik seperti saran beberapa temen. Cuman sampe sekarang gw masih belom berhasil update semua temen di blogdetik ke sana.

Jadi kalo ada yang lama ga ngelihat gw di blognya mungkin karena itu blognya blogdetik ato simply gw lagi hectic ama kerjaan. Yang mana gw minta maaf yaaaaaa Kakaaaak.

Themes

Kalo tampilan blog sih sebenernya sukak banget ama triton lite, dua themes sebelum sketch yang sekarang.
Tema yang gw suka spesifikasinya kudu sesederhana mungkin. Latar putih. Kesannya enteng. Trus pas dibuka pertama kali dah langsung bisa milih postingan-postingan yang ada.

Kenapa akhirnya kemaren ganti triton lite ke ideation and indent karena pengen yang bentuk magazine style yang bisa nampilin widget link postingan sebelumnya. Eh ternyata gak mobile view friendly. Akhirnya gw ganti lagi deh jadi sketch yang sekarang. Semoga yang baca pada suka ya.

Dan kalo nemu yang kurang nyaman kasih tahu ya. Siapa tahu bisa diperbaiki dengan segala keterbatasan themes gretongan. Sempet mikir mau beli yang berbayar aja tapi kalo bosen gimana. Trus gitugini gimana. Hahahaha. Nanti dulu deh.

Isi Postingan

Kalo isi postingan siih gw usahakaaaan banget ya gak akan berisi postingan cara untuk ini cara untuk itu ya. Hihihi. Ya curhatan-curhatan bapak-bapak yang kerja dari senen ampe jumat dengan keluarga mudanya. *hahahahaha. Jijay gw bacanya sendiri*

Sempet dua kali bikin blog tentang personal finance tapi kok komitmen gw ga segede itu buat maintain blog lain. Karena updatean kemaren kepikiran buat tulis soal personal finance di sini aja setiap senin. Menu Finance di atas yang sebelumnya sempet gw hapus gw pasang lagi. Gw sok-sokan nulis di sini biar bisa inget-inget juga apa yang pernah gw pelajari dan bisa belajar bareng manteman semua.

Trus karena pengennya curhat update tiap hari, gimana ya caranya yang gampang dan mudah gitu. Ide postingan buanyaaak loh padahal. Kalo review-review sih biasanya dipublish hari Sabtu. Biasa kalo weekend kan orang mau jalan-jalan dan belanja, siapa tahu pas buka blog gw baca review dan langsung beli barangnya. Yameskipun postingannya gratis tak berbayar sih. *terkode.*. Hahahahaha.

Gatau deh. Konsistensi nulisnya aja dulu yang penting kali ya dan isinya yang tetep menyenangkan buat dibaca.
Dan gw usahakan isinya gak panjang-panjang karena kalo tiap harj mampir sini baca tulisan panjang mah bete juga kali ya. Bukan karena gwnya yang males biar cepet karena percayalah kalo gw dah ketikketik bisa gak berhenti. Hahahaha

Ini udah kepanjangan ya? Ihikk!

Makasih ya manteman yang sudah mampir dan bahkan komen. Love, peace and gaul! Hahahaha.

Advertisements

99 thoughts on “(lagi-lagi) Tentang Blog

  1. blogger terkenal! saking terkenalnya pas di mizuho, baca nama dani rachmat langsung keingetan sama blog ini. hahaha, akik kan silent reader blog ini for years. sampe akhirnya berani nyapa taun lalu πŸ˜€ πŸ˜€

    Like

  2. aaah akhir akhir ini jarang posting *jarang? ga pernah kaliii* hahahaha abis gimana baru pindah ketempat baru, bisa BW aja udah syukur. limited nih internetnya πŸ˜€
    Anyway selama ini gue enjoy kok baca postingan lo mas, gue malah seneng baca cerita tentang kehidupan sehari hari πŸ™‚

    Like

  3. Howwweeee… bentar lagi jadi agan celebs nih !
    Gw sekarang udah gak bisa ngeblog sebebas yang dulu, Dan.
    Sejak pak Jumanto mutasi ke produksi, akikes sekarang ketumpuan beban tugas dari boss muluk.
    Dulu kan bebannya dibagi berdua Pak Jum, sekarang akikes pikul sendirian karena boss pengen pak Jum fokes di Produksi.
    Aku ingin bebaaaaaas…..* tapi pengen naik gaji juga deng!* Heu heu heu

    Like

    • Jiaaaah. Agan celebs. Tau gak sih Ndaaaah.. dirimu itu referer nomor wahid ke blog ini looh. Aselik.

      Gw kangeeen sama postingan-postingan lu tentang Pak Jum dan yang lainlain. Terutama nih terutamaaa… dokunentasi seminarnyah. Hihihihi..

      Like

  4. Begini nih kalau seleb sudah buka-buka jatidiri. Ternyata memang kakinya tetap membumi tidak sombong dan gemar menabung eh ityu kok saldonya kuraanggg.
    Mari menulis sesuai dengan keinginan, asal tahu tatakrama di dunia antah berantah (baca : dunia maya) ini monggo dilanjut.

    Like

    • Bahahahaha. Kok saldooo sih yang diperhatikan. Ish. Hahahaha.
      Yuk mari menulis sesuai tatakrama dan ohiyaaa. Saya bukan seleb Bang. Hahaha.

      Like

  5. Saya ngeblog dri tahun 2009 tapi follower dan viewer masih dikiiit… Hihihi… Mas Dani postingannya selalu rame sama yg ngomen. Kalau yg ngomen banyak termasuk seleb blog ga? Hehehe…

    Like

  6. *manggut2* btw Dan itu yg kasus tipu2 juga awal akhirnya aku mulai bw juga si secara baca si blog anu lho bahasnya si itu blog B bahas si itu juga daannnn bw bw bw terdamparlah di blog mu Dan πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    Like

    • Hahahaha. Mungkin loh ya mungkiin.. kalo ga ada kasus dulu itu gw juga mungkin belom banyak kenal temen-temen.. hihihihi. Makasih yaaaa Niiis. πŸ™‚

      Like

  7. iya mas dani konsisten, kalo bahasa wanita solehahnya istiqomah #halah :D, kalo isinya yah…..apa aja lah ya, jangan sedih…yang nulis comment ini tingkat kegajean postingannya lebih menyedihkan πŸ˜€

    Like

  8. masih belum nemu themes yang sreg di hati niiiih.. makanya akhir2 ini utak-atik blog mulu… aku pun gitu mas, udah bikin beberapa blog etapi malah jadi gak konsisten… tadinya aku bodo amat masalah traffic, tapi semenjak pengen konsisten bikin topik gigi malah jadi mantengin traffic, bikinnya ribet soalnya.. haha..
    Baca-baca ttg cara naikin traffic kok “gak gue banget” dan gak begitu betah juga baca blog yang keliatan nyari traffic (udah kebaca polanya).. Endingnya malah, yasudah traffic-nya biasa aja, yang penting hari senaaang.. lalalalala…

    Like

    • Sama Nit. Gw juga ga betah baca-baca cara naikin traffic dan apalagi baca blognya. Huehehehehe. Jadi ya sama lah. Yang penting hati senang. πŸ™‚

      Like

  9. pengen juga bisa nulis setiap hari….
    tapi begimana ya…gak ada waktu…di kantor load lagi tinggi banget
    ini kalo BW n nulis juga biasanya karena lagi stres…pengen melarikan diri sebentar dari kerjaan
    kalo dah di rumah beneran gak bisa ngapa-ngapain kecuali quality time sama anak dan misua
    *uhh…koq jadi curcol gene…
    btw…tapi gw juga emang pemain baru sih di dunia per blog an…
    BW juga sebatas orang-orang tertentu…
    apalagi nulis…gak gampang ternyata buat gw…

    Like

    • Huwaaa. Makasih ya dah disempetin mampir di kala kesibukannya. Memang ngeblog bisa jadi sarana pelarian sih. Kalo gw karena ga ada waktu yang memungkinkan gw belain begadang. Hahahaha. Pas begadang bikin beberapa postingan dan diskejulkan. Wkwkwkwk.

      Like

  10. Mas Daniiiii, aku suka lho themes nya, postingan nya, dan smuanya deh di blog mas Dani ini :p *ngarep ditraktir abis muji2* hahahahaha

    Like

  11. Iya Bang Dani, aku pun kaget melihat blog ku yang cupu itu lumayan banyak viewnya per hari. Bahahah.. πŸ˜€ Padahal semapuuuut tenan bikin postingan setiap hari! πŸ˜›

    Aku sukak sih themes di sini yang sekarang. Tulisannya gede, jadi enak buat dibaca. Mengenai isi postingan, ya sudah lah yaaaaah.. πŸ˜€

    Like

  12. Hahaha, yang penting memang ngeblog itu menyenangkan yang punya blog ya, jadi enjoy dan bisa konsisten gitu nulisnya, hehehe πŸ˜€ . Btw yg kasus tipu menipu itu kayaknya aku tahu kasusnya yang mana, hahaha πŸ˜› .

    Like

  13. Dani,,,,,gue juga mau bahas ‘stats’ nih, tapi ntar aja kalo #30DaysMovieChallenge gue dah kelar.
    Nulis tiap hari itu emang ga gampang..nih contohnya, postingan ampe beberapa hari kedepan udah tersimpan manis di draft, tinggal di publish, karena udah disiapin during weekend, eh tetepa aja keteteran dan telat publishnya…..

    tapi kan harap maklum ya, sini emak2 remping bok

    Anyway, Theme lu yang ini bagus dan tulisan gede2. Keren banget sihh bisa viewersnya ribuan dalam sehari…..

    Like

    • Views ribuan sehari itu cuman sekalih Jooo. Hahahahahhaa.

      Kan enak kan kalo tema dah ditentukan. Bisa bikin sekaligus dan langsung dischedulekeun aja terbitnya. Hahahaha.

      Like

  14. Dani sekarang juga udah jadi seleb kok …;)

    eh saya malah yang sekarang males posting, ngerasa jenuh aja gitu.
    BW sih masih sering, cuma ngga pernah komen.

    Like

    • Kagaaak Teh Dey. Seleb kan kalo yang folo bukan temen-temen. Nah ini temen saya semuah. Hahahaha.

      Eh pantedan Teh kok kayaknya jarang lihat postingannya Teh Dey lagii..

      Like

  15. wah, malah aku sukanya bikin judul ‘cara-cara’ biar menarik untuk di klik.. hahaha :
    Ya, tiap orang beda ya..
    Ngurus satu blog aja masih bolong bolong nge post saya, salut deh punya blog lain πŸ™‚

    Like

  16. Gue ngeblog dari tahun 2005, di Multiply (buat postingan baik-baik) sama buat nyampah di Blogspot. Hihii dulu niatnya emang cuma punya online diary, karena memang suka menulis. Nggak pernah tahu soal traffic blog, ina dan inu. Terus pas sekarang udah ngerti, menyesal sendiri “Tau gitu, gue seriusin aja, nih, udah menghasilkan pasti” HAHAHAHHA.. Keep writing, Dan. Gue seneng baca cerita hidup orang yang pastinya bisa dijadikan hiburan dan pelajaran πŸ™‚

    Like

  17. Suka sih sama theme yang ini, dan suka juga postingannya mas Dani, curhatannya enteng dan kadang menginspirasi hahaha, Aku juga punya rumah baru di WP gara-gara banyak teman wp yang di private dan harus pakai akun wp masuknya, tapi masih gak rela juga Blogspotnya ditinggal πŸ™‚

    Like

    • Huehehehehe. Pantesan kok kemaren itu minta approval komen. Ternyata rumah baru ya. Hihihi. Dfokusin aja mba yang mana. Yang lama bisa kok diimport semua ke wp. Makasih yaaaa dah mainmain ke sini.

      Like

  18. Daaan…
    aku masih belum sanggup lho posting tiap hari…

    Padahal sebenernya kalo dipikir2 sekalinya posting aku suka panjang lebar meleber kemana-mana dan sebenernya bisa dibagi sampai beberapa postingan sih…hehehe….malesnya itu lho *duh, susah kalo alesan itu mah*

    Sekalinya posting tiap hari waktu jaman campaign buat touch korea tour aja, supaya blogku bisa masuk ke halaman 1 google…hehehe…

    Posting nya seminggu sekali aja deh, kalo lagi ada job review boleh lah seminggu 2 kali biar gak terlalu dibilang ‘ngiklan’ banget…hihihi…

    Like

  19. Blog ku termasuk yg membosankan itu kayaknya Dan πŸ˜€
    Tapi kalau bertanya sesuatu dan perlu jawaban andalannya ya nanya google dan sampai ke blog yg ‘cara’ itu. Asal cara dan tampilan blognya sesuai, malah salut πŸ™‚ *secara saya ga ngerti bhs program dkknya*.
    Salut juga sama Dani yg teman blognya banyak, yakin sebentar lagi jd Seleb blog *istilah apa sih ini* hahaha. Kalau saya BW ke yg komen di blog doang, bs diitung pakai jari, kadang iseng komen ke blog baru, di cuekin hahahha *sudahlah ya*
    Btw ada kasus apa di 2013? *pertengahan 2012-2013 ga bersentuhan sm dunia maya sama sekali*
    Yang ini theme-nya keren kok Dan, hurufnya enak, paragrafnya ga nyambung panjang *awal ngeblog masih di bolehkan* πŸ˜€
    Tulisan yg udah di posting di blog ini jangan sekali2 di hapus, kalau ga mau tampil, di buat private aja. Kembali menulis cerita terserah yg punya blog πŸ™‚ .

    Like

  20. pertama kali ngeblog tahun 2008, wkwkkw udah lama juga ternyata. dulu masih pake multiply hahaha alasannya pengen umbar2 cerita hahaha

    sampai di tahun 2010 pindah ke wordpress karena lebih nyaman.

    eh setuju sama mbak salma, mas dani kayak selebblog, ada di mana2 πŸ˜›

    keep writing, mas πŸ˜€

    Like

  21. Toss, selera soal theme dengan latar belakang putih. Kalo item suka saya klos langsung, hahaha..
    Eh, itu trefik lumayan gede tuh segitu. Dibandingin blog saya. πŸ˜€

    Like

  22. hahaha gw terdampar blog ini juga gara2 pepidol *ups* abisnya disini bahasnya rinci sih serasa bikin thesis dengan kasus tema : pepidol apa bedanya dengan panadol hahaahah

    blog laki2 yg gw ikutin cuma loe dan arman nih so far hahaha habis bingung kl baca blog yg bukan perempuan (apa coba) kl blog perempuan isinya fashion, make up, restoran juga langsung tutup (dasar kuno) demennya baca yg sehari2 aja ahahahahaha

    Like

  23. Ngeblog apa aja yang penting hepi. Pageviewsku kalau sekitar 700-900, oh oke… oke, tapi kalau udah 1500 ke atas, ini pasti robot yang dateng, hahaha… atau nggak spammer >,<

    Like

  24. oalah, ini mah udah masuk kategori Seleblog.
    salute dah, pengen bisa nulis serame di blog ini

    dan satu hal, mas dani ini paleng rajin ngasih komen πŸ™‚

    Like

Comments are closed.