Ikut Berkontribusi(?)

 

Reksadana, diambil dari kontan.co.id

Selamat Hari Pahlawan Sepuluh November 2014! ๐Ÿ™‚

Pada inget kan kalo hari ini hari pahlawan? Hihihi. Sok iyes banget kan gw? Postingan bernada sama kayak postingan waktu Sumpah Pemuda kemaren jadinya. Hihi.

Gw sih yakin kalo semua yang gw dan setiap orang lain lakukan berkontribusi untuk pembangunan negara ini. Bekerja seberat apapun pasti adalah sumbangsihnya untuk negara. Kalo dari sisi gw di bagian kredit korporasi, gw yakin analisa keuangan nasabah yang berujung ke pencairan kredit sedikit banyak membantu roda perekonomian bergerak.

Dari kredit-kredit yang disalurkan, banyak nasabah bisa menjalankan usaha mereka yang ujung-ujungnya membantu membuka lapangan kerja nyata dan efek dominonya akan terus berlanjut. Iyasih emang ujungnya si pemilik usaha dan bank dapet untung gede tapi along the way kan banyak juga yang dapet manfaat.

Halah berat banget ya bahasan gw ini.

Terus kan baca-baca Kontan ya pagi ini, di bagian personal finance ngebahas investasi bagi pemula yang lagi naik daun, ternyata yang dibahas reksadana. Tahu kan ya kalo reksadana itu produk investasi yang individu kayak kita semua ini bisa beli langsung. Risikonya relatif lebih kecil lah kalo langsung investasi di saham karena dikelola oleh lembaga yang lebih berpengalaman.

Nah yang bikin kaget ternyata menurut artikelnya kontan itu baru 160,000 investor reksadana bahkan setelah 20 tahun keberadaannya. Kecil banget kan kalo dibandingin ama jumlah penduduk dan itungan kasar golongan menengahnya.ย Datanya Kontan nunjukin kalo kepedulian masyarakat masih keciil banget sama perekonomian nasional. *halah lagi*.

Tahu sendiri kan ya kalo beli reksadanaย ituย berarti memasukkan dana ke dalam pasar modal di Indonesia yang berarti kita beli saham melalui reksadana yang berarti juga ikutan punya saham (secara gak langsung) atas perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan ikutan beli reksadana berarti kita ikutan memiliki perusahaan-perusahaan terbuka di Indonesia dan ini lumayan penting menurut gw. Penting untuk saham-saham perusahaan di Indonesia dimiliki oleh rakyatnya sendiri.

Kenapa penting?

Semakin banyak orang/individu yang punya kepemilikan saham (melalui reksadana) struktur kepemilikan modal akan semakinย stabil, pasar saham gak akan gampang terombang-ambing sama dana-dana asing yang masuk ke pasar modal Indonesia. Jadinya perekonomian pun lebih stabil. Tapi kalopun emang kita gak peduli sama kestabilan ekonomi negara *karena gak ngaruh langsung juga ke periuk nasi dan perut gw* sebenernya ada alasan yang lebih dkeet yang bisa dipertimbangkan buat mulai masuk ke reksadana.

Ada yang kerja di perusahaan terbuka? macem gwย ini sebagai salah satu karyawan di perusahaan tbk?

Perusahaan terbuka kan sahamnya bisa dimiliki oleh siapapun ya, jadi siapapun bisa beli termasuk investor asing. Trus kalo kita gw adalah salah satu perusahaan di karyawan tersebut, maka gw wajib bekerja dengan giat untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan perusahaan itu ujung-ujungnya kan tiap tahun akan dibagi-bagi penggunaannya. Sebagian pasti untuk meningkatkan modal perusahaan biar semakin gede.ย Sebagian yang lain dibagikan ke para pemegang saham.

Kalo misalkan aja gw kerja sebagai salah satu security, office boy atau karyawan di posisi apapun di perusahaan macem Indofood, Astra, Mandiri, Danamon atau perusahaan tbk lainnya, gw cuman dapet gaji tiap bulan kan. Keuntungan perusahaan ke mana larinya? ke pemegang saham. Gw sebagai karyawan yang banting tulang dapet apa? Yaudah tadi itu gaji. Palingan bonus.

Pemegang saham? Dapet bagian keuntungan loh yang kasarnya “nanem duit beli saham doang” trus dikasih keuntungan. Enak banget dong? Lah yang kerja di sana sama sekali gak dibagiin apa-apa?

Nah kalo sebagai security, office boy, tukang ketik macem gw ato karyawan apapun beli reksadana ato beli saham langsung, keuntugan perusahaan bisa kita dapetin juga lewat pembagian deviden. Jadi kerja buat hasilin untung buat perusahaan balik lagi ke kitanya. Daripada keuntungan perusahaan di Indonesia lari melulu ke investor asing kenapa gak ke kita aja kan ya?

Trus ada yang bilang risikonya gede, harganya mahal dan sebagainya-dan sebagainya dan sebagainya trus takut mulai gitu gimana? yassalam deh kalo gitu. Padahal sekarang ini belajar tentang reksadana dan saham gampang banget loh. Bisa buka aneka ragam resource. Gak ada alesan takut risikonya dan mending ditaroh di deposito ato asuransi pendidikan dan semacamnya. Ihik.

Deposito udah pasti kegiles inflasi dan asuransi pendidikan kan sebenernya pake investasi di reksadana jugak?

Jadi selain kerjaan gw di bank, ikutan beli reksadana dan investasi di saham menurut gw juga ikutan berkontribusi buat negara.

Hahaha. Random banget ya postingan ini? dari hari pahlawan ke reksadana. :))

Advertisements

70 thoughts on “Ikut Berkontribusi(?)

  1. Hehe.. berat banget tulisannya..

    Tapi kalo dipikir-pikir bener juga ya.. bahkan seorang tukang gorengan saja sebenarnya juga berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi.

    Like

    • Ahahaha. Niatnya mau bikin tulisan sederhana tapi kok ya malah jadi panjang kali lebar gini Mas. Makasih ya dah mau baca dan iya, setiap orang berkontribusi penting untuk negara ini..

      Like

  2. iya invest di reksadana aman dan menguntungkan yah mas ๐Ÿ™‚

    lama2 u usaha jadi mutual fund manager aja mas, edukasi masyarakat tentang keuntungan reksa hahaha ๐Ÿ˜†

    Like

  3. aku belajar dari suamiku untuk hal ini. kebetulan dia lebih melek dan udah ikut-ikutan reksadana dari 2006. aku rasa mas dani musti rajin2 buat artikel gini mas. biar lebih banyak yang melek dan ikutan reksadana.

    Like

  4. Random sekali pak Dani, se random hatiku yg tak kau bawakan spikoe nya -__-” *diplototin Dani* :p

    Tp tenang, random ceritanya gw demen, nambah wawasan akan reksa dana ๐Ÿ˜€

    Like

  5. Reksadana katanya resikonya memang relatif kecil, tapi tetap aja yg dimasukin ke reksadan harus duit ‘aman’ biar ga ngenes kalau kurang sesuai harapan.
    Selamat Hari Pahlawan.

    Like

  6. Kebanyakan orang lebih milih deposito atau beli logam mulia keknya ya, Bang. Hahah.. ๐Ÿ˜€ Aku kemaren baru beli unit lagi.. Yah buat jaga-jaga aja, kebetulan harganya lagi murah.. Iss, uda kayak apa aja sik akuh inih! ๐Ÿ˜›

    Like

  7. REkasdana, awal tahu namanya membuatku sgt penasaran shg ta bela-belain cari bukunya ke beberapa toko di SBy. DAn dapatlah buku ttg reksadana,

    Kebetulan juga pernah datang ke pameran reksadana kala itu di Tunjungan Plasa dan lgs ikut mendaftar dgn budget minimal ke danareksa lgsg.

    over all, produk reksadana mmg cukup suitable utk masarayakat yg awam berinvestasi scr lgs di dunia persahaman. Scr riil, ngalamin dan merasakan manfaat return investmentnya yg jauh lbh progresif ketimbang tabungan konvensional (ini kisahku beli produk reksadana via salah satu bank, pas ta jual nilainya mencapai dua kali lipat. Tenang sih krn aku pilih produk yg syariah).

    Like

    • Iya Mba. Sebeernya Reksadana itu nyaman buat orang awam karena ga perlu pusing mikirin alokasi portfolionya dan dengan adanya reksadana syariah pilihan semakin beraneka ragam kan ya.

      Like

  8. postingan nya sesuatu deh dan *bibir menyonmenyon ala syahrinceu* dan gue berasa lagi dengerin ‘ceramahnya’ Ligwinan hananto beberapa tahun yang lalu. Yang mana beres dengerin ‘ceramahnya’ dia gue langsung tutup semua asuransi pendidikan gue…salah kaprah…kenapa gue bilang salah kaprah ? karna gue tutup semua asuransi tapi gue gak main reksa…naahh percuma kaan….hikkss *penyesalan di akhir tak berguna ini yak* loohh kok jadi curhat…

    Like

  9. Iya, pekerjaan yang kita lakukan secara tidak langsung memang pasti ada kontribusinya bagi bangsa dan negara ya, hehehe ๐Ÿ™‚ .

    Haha, postingnya seperti lagi promosi reksadana nih ๐Ÿ˜› .

    Like

  10. Lumayan random yaa postingnya dari pahlawan ke reksadana hahaha.. btw gue juga baru mulai mulai nih berinvestasi reksadana. Lucu deh ada masanya ampir tiap hari liatin online kalo turun 50rb aja rasanya udah deg2an dan hampir frustasi hahahaha padahal nilainya sih dikiiiittt… tapi sekarang udah lebih pasrahan, udah mulai ngerti kalo emang return nya rada jangka panjang hehe

    Like

    • Hahahaha, temen di kantor juga baru mulai beli-beli dan hampir tiap berapa minggu sekali liatin perkembangannya. Padahalan mah taroh aja ituh di situ biarin ajah ga usah dilihat kecuali buat review. Wkwkwkwk…

      Like

  11. Sekarang kan pecahan 1 lot nya dikit dan..jadi siapa aja yang punya modal dikit bisa maen saham. Tapi yaa keuntungannya juga minimal sih yaa…hahaa

    Like

  12. Pingback: Kemarin… | danikurniawan

Comments are closed.