[Potty Training Story] Dua Minggu Kemudian

Me and Aaqil

Me and A

Lanjutan dari cerita tentang Kami yang Belum Sanggup untuk melakukan potty trainingnya A pas malem hari.

Di postingan itu kan gw cerita ya kalo gw ama B masih gak berani lepas pospak malem hari padahal di siang sampe sore udah sama sekali gak pake pospak, dikomenin sama Ko Arman kalo kudu konsisten, lepas ya lepas aja sekalian sampe malem. Udah niat sih mau beli perlak dan gw tulis di akhir tulisan kan. Eh Mrs. Tyas dong komen mau pinjemin perlaknya yang udah gak kepake. Gw dah tahu dese tetangga dari agak lamaan cuman belom sempat ketemu aja. Ihikk! Jadi dong kopdar pertama gw bertamu ke rumahnya dia ngambil perlak. Hahaha. Kalo ada maunyaaaaa ajah! :))

Minggu pagi diambil, minggu malem dipake.

Dua hari pertama ngompol. Maaf ya Jeung Tyas perlaknya diompolin. Si A tentu kebangun dan bangunin gw ama B. Bilang kalo dia pipis dan celananya basah. Padahal dari sebelum tidur kami dah mewanti-wanti buat bangun sebelum pipis karena gak pake popok. Dia sudah bilang iya. Tapi tetep aja.

Ngobrol tiap hari dilakukan buat bangun sebelum pipis dan bangunin kami. Oiya hari ketiga baru inget kalo mestinya disuruh pipis sebelum bobo setelah gosok gigi. Saksyes dong sampe pagi ga ngompol. Jam 4an anaknya kebangun nangis. Kenceng. Gak mau diapa-apain. Pas dipaksain ke toilet eh bener dong pipis ternyata. Belom terbiasa kebelet pipis ternyata. Tidur lagi sampe jam berangkat ngantor. Eh pas nunggu di sofa tiba-tiba dah pipis lagi. Haiyaaah. Semaleman aman eh justru pas bangun gak mau ngomong.

Dan karena ngerasa gak nyaman celananya basah, gampang lah masukin doktrin kalo pipis kudu di toilet. Hihihi.

Selama kurang lebih dua minggu ini Alhamdulillaahnya sih ya dua kali di awal itu doang ngompolnya, tapi kecelakaan yang kejadian pas anaknya beneran udah bangun tapi masih males-malesan di kasur ato di sofa ada 3 kali. Hahahaha. Sekali karena anaknya gak ngomong dan dua kali karena kami gak denger anaknya ngomong minta ke toilet.

Kalo pup gimana? Alhamdulillaahnya setelah gak pake pospak kalo perutnya sakit mau pup langsung bilang dan kok ya pas selalu sama B. Jadi gw baru dapet sekali temenin dia pup di toilet yang mana pintu toilet harus ditutup dan gw harus temenin di dalem. Hahaha.

Semoga sih seterusnya lancar ya karena mayan banget bisa hemat biaya pospak. Hahahaha. Etapi perlak masih tetep dipasang. Kalo lagi gak nyadar sih dia mau tidur di atas perlak, tapi kalo pas sadar langsung kabur. Bahkan pas tidur pun bisa dilepasin perlaknya dan dia langsung tidur di atas kasur.

Beberapa kali jalan ngemol pun udah gak pake pospak dan kami cukup pede.

Buat catetan aja nanti kali aja dapet adeknya A, buat potty training kudu inget ini:

  • Anaknya bakalan siap kalo emang udah siap
  • Diajakin ngomong terus, bahkan jauh sebelum toilet trainingnya dimulai
  • Kudu rajin nawarin pipis/konsisten taroh di toilet sebelum tidur
  • Ikhlas aja kalo ternyata emang masih kejadian kecelakaan

Hehehehe. Bismillaah! Semoga lancar seterusnya.

Advertisements

35 thoughts on “[Potty Training Story] Dua Minggu Kemudian

  1. Horeee Aqil sudah pintar ya…Iya sih Mas kudu butuh kesabaran mengajarkan anak menggunakan toilet. Tapi seingatku prosesnya pendek kok…:)

    Like

  2. Cepat kok Dan, kalau dia udah risi dengan celana basah,
    tapi nanti kalau sudah bisa, tau2 ngmpol lagi, pertanda ada suasana ga enak yang kebawa mimpi sama tuh anak,
    waktu di sekolah atau apa

    Like

  3. Ponakan gw malah lucu, dah diajarin berbagai cara tetep aja ngompol. Sampai suatu hari dia minta kamar sendiri ngak mau campur ama ortu. Trus di bilang boleh kamar sendiri tp ngak boleh ngompol. Dan dijanjiin kalo 2 minggu lagi kamar di beresin di cat + pasang kasur dll. Hebat nya selama 2 minggu ngak ngompol sama sekali tapi begitu pindah kamar sendiri yaa balik lagi ngompol #hadeh

    Like

  4. Selain karena belom pipis sebelum bobok, biasanya karena kecapekan juga bisa bikin anak ngompol..
    pengalaman waktu Zidan kecil dulu walo udah pipis sblm tidur masih aja ngompol ternyata aku perhatiin tiap habis kecapekan maen, lari-lari, lompat-lompat, maen bola..pokoknya kecapekan gitu malemnya pasti ngompol.. siap-siap perlak jadinya hehehe..

    Like

  5. Beneer ortunya harus konsisten, itu yang utama. Kadang kitanya kan suka agak males2an gitu. Pokoknya tiap bangun tidur gotong ke kamar mandi, mau bepergian, pulang dari pergi. Kalo di rumah ya paling ngga 2 jam sekali tawarin, mau pipis ngga

    Like

  6. terinspirasi A nih…diriku juga udah mulai potty training..
    hmm…tapi jangan ditanya ya tingkat keberhasilannya….masih NOL Besar…
    tapi ya sudah lah….perjuanganku belum sebanding sama perjuangan emakku dulu….
    si adek bahkan ada yg masih ngompol sampe kelas 6 SD…wuakakak…

    Like

  7. Pingback: Ambisius | danikurniawan

Comments are closed.