Mendadak Internet!

image

Masuk Internet

Seperti biasa pagi ini gw nelepon Ibuk. Jadwal rutin tiap pagi gw usahakan buat biaa ngobrol barang sepuluh ato lima belas menit. Gak lama-lama, tapi mayan bisa apdet perkembangan Bapak Ibuk di rumah.

Biasanya kami nanya kesehatan masing-masing. Ibuk cerita toko gimana, anaknya tetangga yang mana berangkat ke mana, trus gimana Mbah dan lain sebagainya, sementara gw cerita soal rumah, Si A dan B dan kadang update soal Jakarta itu gimana. Kadang Ibu nyeritain gosip atau kejadian paling baru di Surabaya,kadang ya saling ngingetin buat hati-hati jangan ampe nyakitin perasaan orang. Gitu deh. Usaha minimal buat tetep bisa bareng ama mereka meskipun ga secara fisik hadir.

Nah pagi ini agak beda. Tiba-tiba Ibuk cerita soal internet. FYI pemahaman Bapak Ibuk soal internet adalah kalo gak jago-jago amat ati-ati aja gak usah sok-sokan internetan nanti bisa ketipu. Jangankan ngerti gimana buka alamat satu website, ngeliat bentuknya browser kayak apa aja belom pernah.

Eh ini, Ibuk tiba-tiba ceritain internet.

Sok-sokan pake gaya komunikasi yang diajarin di seminar parenting gw tanya balik dong. Internetnya apa yang ada di pemahaman Ibuk. *Hahaha. Menghina banget deh gw. Trus dikutuk jadi kodok.

Ternyata oh ternyata di gedung balai RW yang jadi tempat kegiatan warga (baca: tempat ngumpul ibu-ibu warga RW buat ngegosip) sudah dipasang Wi-Fi. GRATIS buat warga. Dan semua orang bisa pakek.

Gw gaktahu deh ini programnya siapa dan dalam rangka apa kok tiba-tiba sekarang ada dipasangin internet di kampung yang notabene kayaknya lebih banyak orang yang belom melek internetnya. Eh apa emang karena itu ya? Biar internet semakin merakyat. Kemajuan yang luar biasa banget.

Ibuk cerita diajarin ama anak-anak tetangga buat buka google trus cari baju, tas dan sepatu terbaru. Gimana harus download perangkat lunak (yang mana gw gatahu maksudnya perangkat lunak apa karena Ibuk nyebutnya ya perangkat lunak) trus cerita dibandingin ama yang gw lakukan dulu pas kebetulan beliau lihat.

Aaaaaak. Momen tadi pagi menakjubkan banget. Dengerin Ibuk cerita hal yang beliau pertama kali tahu di internet. Gimana baju dan tas dan sepatu itu bagus-bagus dan gimana bisa pake google. Bukan beliau jadi konsumtif terus belanja online sih. Tapi dari dulu lihatnya baju ya daster aja dan tas pun paling banter tahunya Charles and Keith yang dibeliin adek dulu.

Terharu deh ngebayangin Bapak nenteng ultrabook yang dikasih adek cari berita pengangkatan pegawai negeri sama baca berita politik trus Ibuk pake hape Samsungnya buat lihat baju, tas dan sepatu yang diceritain tadi itu.

Semoga ya dengan bersentuhannya sama internet bisa bikin kami lebih deket lagi. Iya dengen fesbukan ato baca-baca blog gw *lumayan nambah traffic* *mesem* yameskipun gw tahu itu masih jauuuuh banget bisa nyampe sana. Hiks. Terharu!

Semoga program pengadaan internet gratis itu bisa bawa banyak manfaat ya buat orang-orang di sana.

Advertisements

76 thoughts on “Mendadak Internet!

  1. aih jadi terharu juga ngebayanginnya 🙂
    ortu gw juga ga ngerti internet dan hanya taunya pakai hp utk telpon, sms, skrg sih diajarin bbman biar anaknya irit pulsa hihi
    tapi nyokap pengen bngt dibikinin account facebook, path sama instagram cuma buat cek2 postingan anak2nya di medsos itu, kaga diajarinlah yaa sama anaknya hahahaha

    Like

  2. Kerenn dong internet makin menjangkau kmna mana ya..
    Ntar pas pulang ke surabaya, ortu engga ada dirumah.. tapi lagi nongkrong nyari wifi gratis. Hiahahaha.. engga mau kalah sama yang muda

    Like

  3. Di tempatku belum ada, hiks hiks…
    kadang kalo pas dirumah bapak suka liat2 hape aku. kan ga bisa buka lock nya, trus q ajarin, seneng deh
    terus kan di beliin hp yg touchsreen, lah si bapak kadung biasa pake yang ada keypadnya, pas pake touchscreen katanya ga enak (alesannya jarinya kegedan, jadi ngetik sms sering typo) trus pernah ga sengaja ketindihan badan pas tidur, retak deh. sekarang pake yg biasa lagi

    Like

  4. mamaku.. dulu aja sampe ga mau ganti hp maunya nokia doang karena takut ribet kalau mau sms. sekarang mama cerita udah bisa google sendiri kalau mau cari resep dan liat baju atau tas di online shop. dan lebih okenya lagi udah bisa download aplikasi dari google play. ah..canggih

    Like

  5. Itu programnya telkomsel bukan sih Dan? Dulu pernah ada iklannya , dan sepertinya iklan itu masih suka muncul, telkomsel bikin program internet ke desa. Satu desa satu wifi ato gmn gitu. Also that was one of the reason mark Z datang ke jkt few days ago ketemu jokowi, buat campaign internet.org yg upayanya memajukan ekonomi negara lwt internet (indonesia dipilih krn penduduknya banyak tp yg melek internet baru dikit)

    Like

    • Oooo itu ya mba Nov? Ga pernah liat tipi jadi gatahu berita dan jarang baca berita online. Hahahaha. Tahunya mark z dateng juga karena banyak temen cerita. Payah ih sayah.

      Like

  6. ibu pun sekarang udah canggih, pak internatan-nya. apalagi terkait sertifikasi guru beliau. trus ya kadang parno gitu bejimane kalo tiba2 ibu ketemu blog akyuuu, hihihihihi:D 😀

    Like

  7. Ah keren banget. Emang udah waktunya kali ya :). Jangan lupa di wanti2 tentang scam juga ya mas, kadang yg baru melek internet gitu suka jadi korban emouk scammer

    Like

    • Iya Ko, pas ditanya katanya program pemerintah. Bener, biar gak kayak pilpres kemaren gampang banget diadu karena gak bisa nyari berita. Semoga sih banyak manfaatnya ya Ko..

      Like

  8. Hebat ya ortunya mas dani, semangat belajarnya masi besar 🙂 berarti waktu telpon jd lbh panjang dong krn ada internet si topik baru 😉

    Like

  9. kalo udah ada wifi gratis gitu.. ntar bisa lihatlihatan deh di video tinggal tenteng hape dowang bagosip sama ibu.. sekalian lihat kitanya.. ku udah gitu sama mama loh.. tapi ga tiap hari..

    Like

  10. asyik kan ada wifi….
    program pemerintah deh kayanya, biar seluruh lapisan masyarakat melek internet, sering liat iklannya dulu, tapi gak begitu paham 🙂
    dan….aku mengagumi ke’rutinan’mu sebagai anak lanang untuk nelpon ibu setiap pagi. Inot nanti gitu gak ya….. semoga deh dia berubah kalau gede…..

    Like

  11. bapak Ibuku sudah jd pembaca blog ku, friend pesbuk ku, follower twitter dan instagramku.
    kami jg punya group WA Familia yg mana isinya ya bapak, ibu, dan 4 anaknya yang sering kali berpisah secara fisik ini.

    Like

Comments are closed.