[GA] Sekolah Impian untuk Ekonomi Indonesia yang Kuat

Pas banget pas baca update-an blognya Joeyz eh pas pengumuman giveaway ulang tahun blognya diperpanjang sampe Sabtu. Pengen banget ikutan pas baca temanya. Sekolah Impian. Bener kan ya diperpanjang?? Awas kalo diralat. Hihihi…

Udah kepikiran visi dan misi sekolahnya yang kayak gimana tapi mau deskripsiin bentuknya kok gak dapet-dapet. Eh kok ya pas kebetulan weekend ini ada kondangan di Bandung. Pas sekalian mampir ke kampusnya Bul dulu eh pas kebayang bentukan sekolahnya. Jadi yasudah diposting saja sebelom deadline. Jam 12 malam hari Sabtu ini kan ya? Huehehehehe. Β Semoga belom telat ya.

Classroom

Classroom

Nah kalo gw dapet Rp. 10 Milyar dan diminta bangun sekolah gw akan bikin sekolah yang tampilan kelasnya kayak gini. Buat yang punya kampus, saya ijin posting ya.

Oiya, ke visi dan misi dulu (sebenernya gak terlalu ngeh visi itu apa dan misi itu apa, huahahaha), yang pasti gw pengen bikin sekolah yang mengajarkan kewirausahaan dari kecil. Semacem sekolah yang bisa merangsang pertumbuhan startup bisnis di berbagai bidang. Kalo ngomong berbagai bidang kayaknya terlalu luas kali ya, mungkin bakalan gw batesin aja untuk beberapa bidang usaha awal yang sumber dayanya berlimpah di Indonesia. Diantaranya industri kuliner, tekstil, ekonomi kreatif, IT dan yang lain-lainnya yang memungkinkan (huahahaha, kehabisan ide apaan nih).

Sekolahnya ini nanti bakalan setingkat SMU. Jadinya kayak SMK lah ya tapi lebih spesifik. Secara gw kurang tahu SMK itu kayak gimana sebenernya tapi setahu gw anak-anak SMK kan disiapkan buat jadi sumber daya manusia yang siap diserap oleh industri yang ada ya karena sudah memiliki bekal ketrampilan dariΒ sekolah. Nah kalo sekolah gw ini justru tujuan utamanya adalah untuk bisa merubah pola pikir anak-anak yang masuk ke sana buat jadi punya mental pengusaha. Kalo hidup itu gak harus diisi dengan kerja ke orang. Kalo kita itu cukup punya kemampuan loh untuk bisa buka kesempatan sendiri.

Ini sih curcol karena sampe umur segini belom bisa-bisa juga mulai usaha Hahahaha.

Jadi ya karena jenis sekolahnya yang emang gak mainstream dan mungkin gak semua orang tua bisa berharap anaknya usaha sendiri dan kelihatan kesusahan, mungkin sekolah ini juga gak bakalan banyak-banyak terima murid. Selain itu guru-gurunya juga bakalan gw ambil dari temen-temen gw yang sudah punya usaha dan jalan usahanya. Kalo bisa sih yang emang berhasil. Setahu gw oorang-orang yang berhasil di usahanya biasanya gak pelit buat sharing. Salah satu contohnya temenΒ angkatan kuliah gw itu yang punya Kebab Turki Baba Rafi (hahaha ngaku-ngaku) sering banget sharing tips-tips buat sukses berwiraswasta.

Nah trus bayarnya gimana? Pasti mahal ya? Kayaknya sih bakalan mahal banget karena alumnus kuliah gw bakalan gw minta jadi pengajar di sana. Baik yang berhasil maupun yang masih berusaha. Sharing apa yang mereka hadapai dan tips dan kiat apa yang mereka terapkan. Selain itu gw juga minta selama sekolah, hasil dari usahanya yang dirintis dari jaman sekolah buat dikembalikan lagi ke masyarakat sebanyak sekian persen dalam bentuk ESR – Enterpreneur Social Responsibility. Dalam bentuk apa? Macem-macem yang pasti untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oiya, ESR bisa juga dalam bentuk dibalikin ke sekolah buat pengembangan sekolahnya.

Dengan mengambil guru dari temen-temen pengusaha dan juga bayaran dalam bentuk ESR tadi, gw kayaknya bisa bikin biaya sekolah gratis. Pengusaha kan dah dapet untung dari usahanya ya. Tapi kalopun masih minta bayaran ya mungkin gak semahal kalo misalkan sekolah internasional yang harus bayar gaji gurunya dalam dollar.

Soal bentuk ruang kelasnya sendiri ya kayak poto di atas yang terbuka dan terkesan spacious. Biar gak sumpek dan bisa mikirin ide-ide cemerlang. Gak ada dinding penghalang yang menghalangi visi dan penglihatan ke depan.

Workshop

Workshop

Selain itu juga bakalana da workshop yang bentuknya kayak di samping yang dilengkapi dengan segala macem peralatan yang biar kalo misalkan usahanya butuh riset ato percobaan bisa dilakukan di sana sebelum si siswa bisa melakukan produksi massal dan diluncurkan ke masyarakat.

Nah pastinya gak ketinggalan juga ada information center kayak foto di bawah ini ya untuk bisa akses segala macem informasi tentang usaha dan cara pengembangannya dan juga kayak digital library center gitu. Teknologi sekarang gak terlalu mahal lagi ya.

Information Center

Information Center

Hihihihihi. Udah tahu kan ya ini kampus mana? πŸ˜›

Jadi ya gitu kalo soal sekolah impian gw. Kenapa pengen bikin sekolah kewirausahaan? karena pernah gw baca, ekonomi suatu negara itu akan kuat kalo banyak proporsi penduduknya berperan sebagai pengusaha. Di Indonesia masih kecil banget masyarakatnya yang mau terjun jadi pengusaha. Akhir-akhir ini sih semakin mendingan karena bisa kita temui dengan mudah orang jualan berbagai macam produknya lewat facebook, instagram twitter dan sebagainya.

Meskipun risiko usaha sendiri itu jauh lebih gede dari investasi di aset kertas tapi tahu kan kalo keuntungan usaha sendiri itu jauh lebih gede? Hehehe. Bayangin aja kalo ekonomi Indonesia yang kuat itu di dalemnya adalah kita-kita sendiri. *ngimpi*

Kenapa gw pengen menang?

Nah karena gw kudu nulis alesan kenapa kok gw pengen menang ya simply karena gw adalah orang yang tidak egois. Sama sekali gak egois. Karena meskipun gw tahu kalo gw gak bisa sama sekali make hadiah-hadiah yang bakalan gw menangin tapi tetep aja ikutan. Lah kalo beneran menang hadiahnya bakalan apa?

Ya itu tadi, gw niat ikutan karena selain gak mikirin diri sendiriΒ gw ini sayang banget sama istri gw. Hadiahnya bakalan gw kasih ke istri tercinta. Biar dia bahagia gitu ceritanya. *huahahaha* Langsung ditimpuk ama Joeyz. Bilang aja mreki Daaaan. kagak mau beliin istri barang jadi cari hadiah di giveaway-an.

Ah apapun alesannya, gw akan sangat bersyukur kalo bisa menang. πŸ˜›

*Joeyz, menangin gw ya, biar istri gw seneng* Huahahahaha…..

PS: Kalo gak menang hadiah utama juga gapapa, yang penting menang. *ngancem* Hahahahahahaha

Mau Sekolah di Sini

Mau Sekolah di Sini

PPS : Tante, menangin ayah ya. Biar bunda seneng.. πŸ˜›

Advertisements

59 thoughts on “[GA] Sekolah Impian untuk Ekonomi Indonesia yang Kuat

  1. Setuju banget dg sekolah kewirausahaan… krn jaman skrg banyak yg lulus sekolah baik lulusan SMU atau Sarjana tp tdk punya skill sama sekali…. semoga sukses mas,,

    Like

  2. Yang punya kebab Turki itu satu2nya di Indonesia ya Dan? Raja Kebab? Hendy namanya?.
    Minggu lalu ditayangin di tv Jerman loh, suamiku ngerekam, nih lg kutonton πŸ˜€ . Hebat ya msh muda banget.

    Semoga Ga nya menang yaa Dani kamu kan sering menang ko klo ada GA πŸ˜€ .

    Like

  3. Hahahhaha ga aciiiiii.. Nyogok ini namanyaaaaaa πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Btw mau gw doain ga Dan? Tp gw minta hadiahnya hahahaha

    Like

    • huahahahaha. Ish pamrih ish. Kalo gw doain sih doain aja peserta GA yang lain. Gak pake pamrih. Tapi doainnya biar mereka gak menang kalo gw ikutan. Huahahaha. *kemudian disamber geledek*

      Like

    • hahahaha setuju gue yeeee
      dani ngancem trus pake si aqil dibawa2 kan, bikin gue jadi ga tega hahahaha
      eh btw tq partisipasinya ya dan…nantikan pengumumannya besok yaaaaa πŸ™‚

      Like

  4. Hm.. seperti konsep SMEA ya Dan ? *ups..jadul banget yak gw..haha..
    Smoga menang ya Daaan…. agar jagoan berkaus merah itu tertawa gembira…”Horee…ayahku juaraaa..” πŸ™‚ πŸ™‚

    Like

  5. mas Dani, kemarin2 aku pun ada ide pengen bikin sekolah kayak gini, yang banyak prakteknya. tapi modal 10 M nggak cukup, makanya gak jadi kutulis untuk GA si Jo hahah πŸ˜€ semoga menang lah ya πŸ˜€

    Like

  6. Pingback: The Winners of ‘MY DREAM SCHOOL’ giveaway | Joeyz14

  7. Daniiii… curang elu yang menang *tabok pake sendal*
    sedikit tambahan Dan, itu 10 M ga cukup buat bikin semua bangunan yang lu mau loh.
    10 M itu kalo pengadaan pemerintah, paling mentok jadinya bangunan semodel SD Inpres tapi 2 lantai.
    Kecualii, anak-anak yang mau masuk sekolah disitu dijadiin kuli bangunan semua, bisa lah itu diatur-atur ahahahahahaha…

    Like

  8. Oh, ini ada GA tema sekolah impian juga yak? Hmm, kirain GA-nya mak Arin, aku kok bisa enggak tau GA keren ini yak? Diperpanjang lagi dong, bu guru Joeyz… heheheh…
    Good luck buat kontes ini ya Dan. Percaya deh, elo PASTI menang! *semangaaaattt* *pompom ala sesama (ex) Informatics ITS*

    Like

  9. Pingback: Kartipah | danikurniawan

Comments are closed.