Barang Lama Rasa Baru

image

Ngelanjutin postingan kemaren aja deh ya soal handphone terlama yang pernah gw punya. Pas banget setelah postingan itu terpublish hari ini di kantor lagi rame banget ngomongin soal handphone.

Jadi ceritanya temen kantor ada yang dateng bawa handphone baru. Lupa merek dan tipe apa tapi yang pasti ukurannya gede banget. Sampe ada yang nyeletuk itu handphone apa tv. *lalu dijitak*. Alesan beli handphone barunya juga luar biasa banget. Karena yang lama jatuh dan layarnya pecah. Padahalan ya pas dilihat juga gak keliatan itu pecah apa kagak. Retak keciiiiiiiil banget. Hahahaha. Bukan-bukan temen gw ini yang mau gw bahas.

Soal handphone ini sebenernya gw pengen banget ganti jadi Samsung Galaxy Note 4. Huahahaha. Cuman pas tahu kisaran harganya disekitaran Rp. 9.5 juta kok ya mending beli reksadana ato nambahin account saham ya #bapakbijak. Apalagi setelah kemaren gw lakukan factory reset. Galaxy Note 1 gw rasanya kenceng abis. Baru gitu rasanya. Kayak pas pertama kali buka dari kotaknya.

Ada yang tahu gak sih efeknya factory reset ke handphone Samsung apaan?

Jadi ya buat kalian yang sudah kepengen banget ganti handphone tapi sebenernya handphone yang sekarang baik-baik sajj cuman kerasanya agak lambretta coba deh factory reset. Dijamin kenceng lagi. Cepet gitu kinerjanya bukan kenceng ilang kisutnya. Kalo itu pake eskeitu aja. Huahaha. *lalu dijejelin botol*. Etapi yaitu tadi gw belom tahu efeknya factory reset ya.

Buat gw yang umur handphonenya udah dua tahun lebih dan beberapa kali melakukan factory reset risikonya sebanding sama hasilnya. Worth it bahasa inggrisnya. šŸ˜›

Gw gatahu factory reset buat keluarga iPhone dan handphone lain selain samsung sih tapi buat Samsung Galaxy Note N7000 punya gw beberapa hal ini selalu gw lakukan:

1. Backup Data

Backup data yang gw perlukan sih terutama buat foto dan video ya. Soalnya gw banyak banget download video buat Aaqil dari mulli Thomas and Friends sampe Upin Ipin. Hahaha. Maleskan kalo kudu download ulang.

Selain itu juga ebook yang download gretongan. Hahahaha. Yamaap. Saya masih suka download ebook. Kalo emang bagus banget biasanya gw bakalan beli paperback editionnya. Itu file-file malah biasanya yang ke backup pertama.

Kalo soal foto sih sejak gw aktifkan account Google+ foto-foto di handphone otomatis kebackup. Jadi ga perlu repot-repot pindahin.

2. Analisa Aplikasi yang Dipakai

Karena udah dua tahunan gw pake ini handphone jadi ketahuanlah ya mana-mana aplikasi yang sering dan mendekati selalu gw pake ato mana aplikasi yang semangat make di awalnya doang. Jadi biasanya gw bikin mental note ato bahkan catetan di kertas aplikasi apa aja yang nakalan gw install ulang ato kagak.

Ternyata ya cuman ada beberapa aplikasi esensial yang gw perlukan meskipun alongtheway tergoda juga untuk install lagi aplikasi lain yang ujungnya bikin berat lagi.

Beberapa aplikasi yang selalu gw install ulang antara lain whatsapp, yahoo!messenger, BBM, gtalk dan line (barisan messaging service); facebook, twitter, wordpress, feedly, goodeads, instagram (social media), line pokopang (game), money lover (expense tracker) dan Autodesk Sketchbook (aplikasi buat ngegambar). Selain itu yukdadah babay. Bahkan Path pun males gw installnya lagi. Berat dan habisin baterai.

3. Backup Contact di account Google

Nah kalo soal kontak adalah hal yang gw takut banget gak bisa ke restore. Tapi ternyata ketakutan gw gak beralasan. Karena kalo pake smartphone (Android sih ya gak tahu sistem operasi yang lain) kontak itu otomatis juga ke backup.

Nah kalopun ternyata gak otomatis ke backup gampang sih. Tinggal eksport aja kontak ke file yang bisa di simpen dan kemudian Bisa diekstrak lagi.

Udah nangkep isi postingan ini kan? Iyeeee. Mau curhits sebenernya. Pengen handphone baru tapi kagak punya duit. Huahahahaha.

Jadi ya. Kalo misalkan kayak gw. Pake android di handphone lama yang masih bisa berfungsi dengan baik, duit hana-hananya (gak berlebih tapi adalah – which is kondisi yang sulit sekali ditentukan) dan gak terlalu pengen tahu juga aplikasi yang bisa jalan di sistem terbaru macem kitkat ato yang pake kode L (entah lollipop ato lemonade) tapi kerja handphone udah berat banget dan sering hang, coba deh di factory reset..

Dengan factory reset kita eh gw bisa berbulan madu lagi sama handphone yang sudah cukup berumur ini dan jadi inget gimana bahagianya dulu waktu make pertama kali handphone gw ini.

Bukankah yang lebih penting dari sebuah hubungan itu adalah bagaimana merawat dan mempertahankannya, bukan menikmati masa bulanmadunya. *halah! *ditoyor *wong ngomingin handphone aja kok sok-sokan dihubungkan sama relationship

Advertisements

58 thoughts on “Barang Lama Rasa Baru

    • Pernah Ko saya lupa backup waktu factory reset pertama. Foto ilang semua tapi dari situ tahu kalo ternyata contact sama list aplikasi tersimpan di cloud storagenya google. Huehehehe..

      Like

  1. jadi apakah rasannya bener-bener sama seperti baru?
    seperti orang abis operasi selaput p***** itu ya? hahaha

    aku lagi pengen liat iPhone6 dulu kayak apa fitur barunya. Kalau emang jauh lebih canggih ya mungkin mau ganti. HP kalau sudah lebih dari 3th mesti aja ada rusak macem-macem.

    Like

  2. Aplikasimu yang keinstal di hp mah udah banyak banget itu Dan.. aku cm bbm, whatsapp, fb, wordpress..instagram udah gk pke lagi, path apalagi gk tertarik, begitu jg twitter..hihihihi… paling ditambah game buat raja, itupun cuma dua gamenya šŸ˜€

    Like

  3. Huahahah.. Malah lari ke hubungan sik, Bang! Saya tidak syukaaaaa.. *komenan orang jomblo*

    Makin banyak variasi gadget makin bikin bingung yeeee. Tapi aku butuh nih. Masih milah-milah. Iyak bener, mending duitnya buat beli unit reksadana. Bruakakakakk.. šŸ˜€

    Like

  4. Aku punya hp yg udah 12 thn dan masih dipake. Ga ngerti ada tombol factory reset gak yah haha. Aku sebel ama hp jaman sekarang, udahlah mahal, gak awe pulak, 1 tahun uda mulai rewel

    Like

  5. Hpku sering mendadak reset sendiri mas, note 1 mu jg gitu ga? Terus kalo factory reset, bisa ga yah berenti yg restart2 mendadak gini? Biasa sih ngehang n eror dulu baru deh dia restart sendiri.. Udah 2tahun dan aplikasinya byk juga hehe

    Like

  6. yang pakai android itu hapenya si entong, kayaknya dia perlu resep ini,
    tapi reksadana dan hubungan yang baru nanti bakal jadi pembicaraan panjang kalau di suruh baca šŸ˜€

    Like

  7. Kalo henpon mahal sih memang layak di “factory reset” , cuma kalo hape akang sih kayaknya lebih cocok di “factory recycle” alias didaur ulang jadi mainan akbar :mrgreen:

    Like

  8. waaww, hapeku bukan samsung nih…
    tapi masih bebe , udah ringsek sebenernya…tapi males ganti hehe…dan mau hemat uang.
    paling kemarin abiz diinstal ulang, larinya kenceng lagi serasa hp baru juga ^_^

    Like

  9. Pingback: (terpaksa) factory reset | banni family

Comments are closed.