Lampu Sen

Ejaan/namanya yang bener gimana sih Lampu Sen yang dipake buat kasih tanda mau belok itu?

Pakai Kaki

Pakai Kaki (sumber gambar dari Merdeka.com)

Masih ada yang stres marah-marah nyetir di jalanan Jakarta?Ā Gw sih insyaAllah udah bisa nata hati buat gak sering-sering marah-marah. *edisi soleh *kalem

Rugi sendiri kan kalo nyetir di Jakarta masih suka marah-maah, ngumpat-ngumpat dan teken bel kenceng-kenceng? Udahlah mood rusak, nyetir juga jadi gak nyaman (buat pengendara jalan lain karena kitanya kepancing esmosi, nyetir juga jadi emosi). Tapi-tapi-tapi, gw juga masih lah marah-marah dan bete selama nyetir. Terutama kalo ada yang berhenti seenak udelnya di pengkolan buat ngangkut penumpang. Lama-lama sih udah kebal juga, digimanapunkan juga yang nyetir pasti pake alesan perut.

Nah, yang sampe sekarang nih gak bisa berhenti geleng-geleng kepala adalah kalo orang gak mau kasih sen kalo dia mau belok.

Seriiiing banget jalan diambil/diserobot sama orang tanpa orang itu ngasih sen. Padahalan ya kalo menurut gw kasih sen kalo mau pindah jalur/ngeduluin orang itu sopan santun dan nunjukin tipe orang macem apa sih lu di jalan. Kalo ada orang yang kasih sen sih kemungkinan besar bakalan gw kasih. Pun kalo gw mau pindah jalur, selalu berusaha inget untuk kasih sen.

Ini juga nih, giliran gw dah kasih sen kalo mau ngambil jalur karena emang gw mau belok dan harus pindah jalur ya, orang Jakarta ini saking bener-bener keburu-burunya gak pernah loh gw dikasih dengan sukarela, yang ada dibel-belin ato dikasih lampu jauh kedap-kedip gitu. Parah..

Paling parah tadi pagi, motor mau nyebrang ke kiri setelah turun flyover di kanan. Bapak itu gak nyalain loh sennya, padahal kelihatan motornya sih bagus. Tau apa yang dia lakukan? Dijulur-julurkan kaki kirinya ke arah jalan buat minta jalan kayak di poto di atas itu. Padahal ya lalu lintas rameeee banget di GatSu.

Hoalah yaa-yaaa.. Nilai kaki/nyawanya ternyata gak semahal aki dan lampu sen motornya. Gilingan. Parahnya ini gak sekali dua kali aja kejadian. Beberapa kali gw lihat, pengendara motor pindah jalur pake tanda kaki. Bukan lampu sen. Karena kaki lebih gede jadi lebih keliatan kali ya dibanding lampu sen yang cuman kedap-kedip doang. Lhakalo ada orang yang ngebut dan gak ngelihat, ato ada bus/metromini/kopaja yang lagi ngejar penumpang dan supirnya lagi ngelihat pinggir jalan dan ga lihat itu kaki, apa nasib ya?

Perasaan sekecil apapun lampu sennya asalkan ngambil jalurnya ga mendadak dan gak belok tajem, pasti keliatan kok.

Sekian omelan saya tentang lalu lintas Jakarta pagi ini.

Ngiklan: Udah tahu kalo reksadana lagi digodog oleh OJK biar bisa diperjualbelikan online? cekidot postingan ngobrolin duit gw tentang semakin mudah beli reksadana. šŸ˜€

Advertisements

88 thoughts on “Lampu Sen

  1. Kemarin depan kantor dua cewek ribut karena tabrakan. Katanya sennya gak dipasang. Yang satu lagi ngomong, sen ke kiri, tapi dianya ke kanan. Lah

    Like

  2. Itu mungkin saking motornya kecanggihan, Dan, jadi dia gak tau gimana nyalain lampu sen-nya…hihihihi

    Selain yang kamu blg di atas itu, aku juga sbnrnya kurang nyaman dgn mobil yg ngeganti lampu sennya yang hrsnya kuning jadi putih ato biru, Dan, kalo malam sih mungkin gak masalah ya, nah kalo hari lagi terang benderang, lampu sen warna putih gitu tuh suka gak keliatan sama pengendara yang lain. Makanya udah bener deh, lampu sen itu mesti kuning, biar keliatan jelas entahkah hari terang ato gelap

    Like

  3. kykna org2 macem itu makin banyak jugak di lalulintas SUB yang makin hari makin crowded jugak.. *tepokjidad*
    btw, ngobrol2 soal OJK sepupu aku yg se-almamater n se-angkatan mas dani barusan migrasi ke situ, adaapa dg OJK sih knp skrg jd nghits yaak?? *orangawam*

    Like

  4. lampu sen-nya dikira hiasan kendraan aja kali Dan. Jadi kalo pun udah kedap kedip dianggap lagi gaya. Kalo si bpk kali lampu sennya lg putus

    Like

  5. hahaha…jangan2 si bapak mau ngerem pake rem kaki juga tuh šŸ˜€
    biasanya tuh ya, yg nyetirnya ga kira2 itu cewe *ngaca*

    Like

  6. Karena aku belom pernah ke Jakarta buat nyantai atau nyetir sendiri *yaiyalah, emang bisa nyetir :p* jadi cukup baca aja deh. Makin parah ya jalanan ini.

    Kalo di Medan, setiap saat kayaknya mesti teriak. Minimal ngomong ‘bodat’ lah. Buahahah.. šŸ˜€ *kemudian istighfar*

    Like

    • Huahahahaha. Ingeeeeet pernah deh kejadian kayak gini… Naik taksi di medan, drivernya buka jendela trus tereak “BODAAAAT!!”
      Lha masalahnya si driver ini melawan arus Beb. Buahahahaha..

      Like

  7. belinya ama kamu aja bisa kan dan hehe.
    btw……aku masih suka kesel sih Dan walo gak sebanyak dulu lagi plus mulut aku perlu di sambal abis2an karena masih aja keluar maki2 haahaha

    Like

    • Beli apa nih Bu? RD. Belom bisaaa. šŸ˜€
      Hahahaha. bisa kebayang sih bu. Sekarang sih daripada cape ati sendiri mending diem aja diumpetin umpatannya. šŸ˜€

      Like

  8. di semarang aja bnyak yg ky gitu mas dan,
    aku pernah jadi korban orang yg beloknya pake kode tangan bukan kaki, ngalah nggak nabrak orangnya, tp nyungsep di trotoar šŸ˜¦

    Like

  9. asal kata adalah lampu sign, artinya lampu sinyal artinya lampu penanda
    Meskipun sepele tapi vital, komunikasi kendaraan memang seharusnya menggunakan isyarat kendaraan pula, termasuk perlampuan dan bel. Lampu sein ini paling tidak, semua pengendara akan tahu maksudnya belok ke arah mana

    Like

    • Iya Kang. Bener sekali. Isyarat sinyal penting banget dalam berkendara. Menghindari salah paham yang berujung ke kecelakaan.
      Makasih ya Kang. Eh bener Kang ato nggak sih? Maap belom sempat mampir sana..

      Like

  10. Samaaa, gw juga ga demen sm org yg mls banget ksh sen apalagi yg suka bgt tan tin alias klakson, asli katro banget. Hari sabtu kmrn baru aja lho gw dijalan di klakson2, ga sabar gt blkg gw, pdhl posisi kita dlm keadaan macet. Asli pengen damprat tuh org, tp sebagaimana gw adalah org paling sabar *pencitraan* jd hanya gw diemin hahahahahahahaha *pdhl dihati gondok setengah modar* :p

    Like

    • Gw tahu Ye kudu gimana, buka kaca jendela, keluarin tangan, angkat kepalan, pelan-pelan naikin jari….
      Jari yang mana? Jempooollll…
      Asli gw kapan hari sempet mau ngamuk disalip ama orang ga pake etika, gw kasih bel trus dia keluarin tangan, menggenggam kepalannya, trus kasih jempol. Langsung nyess, kayak dia bilang makasih gitu. Mihihihi.

      Like

  11. Iya sepeda motor suka ngawur (ini sih jd ngomongin diri sendiri).
    Ad juga yg pke tangan kiri doank, padahal lebih gampang nyalain lampu sein loh. Tp ad juga yg nyalain lampu sein sampe berapa banyak belokan gak belok2. Jd bingung kan mau ngeduluinnya.
    Tapi yg paling males dr yg termales adl nemu yg pacaran di sepeda motor, ud mah bonceng ala ransel, jalannya sambil ngobrol, pelan2, tp ambil posisinya di tengah badan jalan. Berasa jalanan punya mereka berdua doank

    Like

    • Nambahin
      Aku pernah nabrak mobil yg isinya rombongan org mw akad nikah di depan Hotel Sheraton Jogja. Aish itu mobil muter gitu gak pake lampu sen. Aku pikir kan masih mau nunggu aku dulu jalan lurus secara dibelakang aku jg masih ad rombongan mobil n motor. Asemnya itu mobil maen muter aja. Padahal aku posisi di kiri banget loh..
      Ya ujung2nya diganti sih perbaikan motorku habis stengah juta (biar kedengerannya lebay).

      Like

    • Harusnya seeeh. Tapi biarin deh. Itu aja pake dibrentiin mobilnya sama pak polisi di lampu merah keberapaa giti ud jauh. Trus disuruh nyeleseiin di kantor polisi saat itu juga. Minggu2 loh. Untung bareng temen aku cowok2 yg jago ngeyel n ngerti motor. Tapi tapi tapi aku nya sehat wal afiat gak lecet sdikitpun.
      Jangan2 pas kejadian aku lgsg salto kali yak

      Like

  12. Kalau dia menggunakan kaki sebagai lampu sen, terus saat itu tiba2 ada motor lain atau mobil yang nnyelonong gimana nasib itu kaki ya Mas?

    Like

  13. biasanyaaa niih ya dek yang sukak kekgitu kalok gak motor pasti angkot kaan? pas lagi naek motor makanya aku suka ngeriiii kalo nyelap nyelip tiba2 tapi naek angkot ya selo juga sih walopun supirnya dimarah2in kendaraan laen hahaha

    Like

    • Hahahaha. Kalo naik angkot mah cuek bebek di dalem kak. Saya paling suka ngeliatin ekspresi orang marah di belakang angkot. Untung aja sih ga sampe diseruduk sama yang marah. Mihihihi.
      Kalo motor yang selap selip itu ampuuun deh. Mereka kayak gak sayang nyawa gitu.

      Like

  14. walaupun di sini rame dan macet luar biasa.. tapi salut, jarang banget ada yg berantem soal berkendara … atau apa karena ga pernah liat aja kali ya? *bingung sendiri*

    Like

  15. Daniiii, aku kan kalo pagi numpang sama sahabatku yg penyabarrrr luar biasa ya, 18 tahun bersamanya aku bisa hitung berapa kali dia marah, tapi dua minggu ini, aku seriiing bgt denger dia bilang “ccck….hhhhh…cccckkk…” tahan nafas begitu pas nyetir di sini (dia baru nyetir dua tahunan) ahahahahaa. Ehbener deh aku ngerasa Bandung amburadul pengendara motornya, tapi pas lihat di jakarta, aku saluuuuut sama semua yang berbesar hati nyetir di sini ahahahaha

    Like

    • Yaampun Maaaak, titip salam sama sahabatnya ya. Salam persahabatan sesama pengemudi (yang berusaha) sabar di Jalanan Jakarta.
      Sama Maaak, Surabaya yang kukira sudah ganas gak ada apa-apanya ama Jakarta..

      Like

  16. Itu namanya ‘sen kaki’ dan…. penemuan teranyar di abad ini…. * pengen gw jitak orang2 begitu* maklum akik kan pengendara motor…tp saya yg budiman yakkk!!! :))

    Like

  17. Hahaha aku juga pernah liat tuh mas yang gitu2in kakinya sebagai ganti lampu sen. Hadehh emang aneh banget deh itu cara mikirnya gimana. Terus suka sebel juga kalau ada sesama motor yang lagi di jalan raya, kondisi ramai, terus jalan sambil ngobrol ketawa2 dan ga selesai2 ngobrolnya. Gilaa nyawanya banyak bangeeet. Padahal kan bisa nepi dulu kalau mau ngobrol banyak, daripada pas lagi ngobrol meleng dan ketabrak. Hii

    Like

    • Nah ituuuu. Ngobrol di atas motor di jalanan rame. Parahhhh. Hahaha. Heran ya Mar.
      Trus kalo kita bel eh yang ngebel malah dipelototin.
      Beneran pengen nanya stok nyawa mereka beli di mana sih ya.

      Like

    • Trus kalo kita bel eh yang ngebel malah dipelototin –> Hahaha bener banget ini parah. Kayaknya orang2 ajaib ini demen banget melotot ya emang apapun keadaannya, padahal sih maksud hati ngasih tau kan baik biar ga ketabrak gitu pak..

      Like

  18. yah kan emang gitu dan kalo di jakarta. kalo kita ngasih lampu sen, malah gak dikasih jalan. jadi emang mendingan gak pake lampu sen. hahaha.

    itu kebawa2 lho sampe pas gua pindah dan nyetir disini. gua gak suka pake lampu sen kalo mau pindah jalur. diomelin ama esther jadinya. hahaha. ternyata kalo disini beda, kalo kita ngasih lampu sen, malah dikasih jalan. huahaha šŸ˜›

    Like

    • Bahahahahaha. Ko Armaaaaaan, ternyatah ya dirimyuuu.
      Siapapun di depan saya kalo kasih sen sih bakalan saya kasih Ko asalkan ga mendadak yang sampe saya ga sempat ngerem dikit.

      Lah kalo saya yang kasih sen malah sampe 3 mobil langsung ngebut. *geleng-geleng*

      Like

    • you have to drive like jakartans when you are in jakarta. salah satunya ya itu… jangan pake lampu sen. that has been the generally accepted rule…. šŸ˜›

      Like

  19. Asal mulanya dari lampu “sign” bukan sih? Alias bhs inggris yg diindonesiakan. Soalnya di amrik bilangnya signal light.

    Like

  20. sama aja ama di bandung dan.. sebeeeeellll banget ama yang naik motor trus sennya nyala yang kanan, tapi ga belok2.. luruuuusss aja dan jalannya di tengah.. hiiiihhhh… pas buka jendela dan negor, pura2 ga denger, apa budeg betulan ga tau deh, pokonya tetep aja cuek..

    Like

    • eyaampuun Mbaaa. Itu pake earphone kali. Baik banget dirimu pake negor. Kalo sayah mah klaksonin terus aja.
      Tapi emang ya orang-orang bisa ignorance banget padahal itukan demi kebaikan mereka sendiri..

      Like

  21. Itu kan kalo masalah motor ya.
    La kalo pake sepeda, terus mau belok dan ngasih tanda pake tangan itu bener nggak, mas, masih nggak mudeng gimana yang seharusnya.

    Like

  22. hahaha bener om
    sen emang bikin bete. jalanan sempit, motor didepan kasih sen kanan mulu. mau disalip takut belok. ga disalip kok sen nya ga abis abis šŸ˜€

    Like

Comments are closed.