[Review] Make Your Own Plan!

Make Your Own Plan

Make Your Own Plan

Tebal halaman: i-xvii + 268 halaman
Penulis: Pandji Harsanto, CFP dan Diana Sandjaja CFP
Harga: Rp. 49.800 (listed price); Rp. 42.330 (online price)

Huwehehehehe. Bukan kerajinan posting inih. Aji mumpung ajah. Mumpung ada janji sama temen buat bikin review bukunya.

Ohiya disclaimer: Ini postingan tidak berbayar tapi memang mengiklankan buku yang lagi direview.

Ceritanya, Januari kemaren itu, ada salah satu temen kursus gw, Ibu Diana Sandjaja yang sekarang sudah jadi financial planner profesional gitu nerbitin buku, iya buku karangannya dia berdua sama Pandji Harsanto yang udah sering tampil di Kompas TV (CMIIW).

Ini kali kedua temen yang gw kenal in person nerbitin buku, yang pertama Dendi dengan buku keroyokan berempatnya Trave(Love)ing. Bukunya waktu itu gw dapet gratis! Yeay! Dan kali ini Diana juga ngebagiin gw gratis lagi! Super Yay!

Nah pada tahu kan kalo gw kapan itu pernah ambil kursus financial planning (dan pernah ngejanjiin buat bikin presentasi yang sampe sekarang belom-belom juga itu (doain ya, gw targetin tahun ini kudu kejadian T.T)). Nah Diana ini punya ide cerdas nulis buku yang bisa dipake buat panduan orang awam bikin financial planningnya sendiri gitu.

Mungkin sebagian besar dari kita udah ngerasa overwhelmed denger istilah-istilah di financial planning dan dunia keuangan kali ya trus akhirnya ngerasa yaudah deh biarin aja duit juga segitu-segitunya juga. Ato malah ada yang pengen banget sebenernya bikin plan buat dirinya sendiri tapi gak ngerti kudu mulai dari mana. Ato sebenernya pengen banget tahu gimana sih sebenernya financial planning kayak yang dilakukan sama planner-planner profesional itu?

(Iyah ini ngiklan emang) buku ini bisa jadi salah satu contekan loh.

Gw baca oke juga cara nulisnya. Gw sih ngerasanya gaya bahasa yang dipake ya gaya bahasa sehari-seharinya Diana dan Mas Pandji kalo ngadepin klien. Gak terkesan njelimet meskipun ada beberapa istilah teknis yang mau gak mau kudu dipake.

Ada 11 bab di buku ini yang nge ahas mulai dari hubungan antara uang dan kehidupan, apa sih perencanaan keuangan itu, langkah-langkahnya apa aja, dana darurat, utang, asuransi, investasi and how to put them all together. Bahkan Diana dan Mas Pandji kasih contoh-contoh form yang bisa kita pakai buat bikin perencanaan keuangan kita sendiri termasuk rasio-rasio pedoman keuangan yang sehat itu gimana.

Beneran deh ini kayak bentuk financial planning yang dipake sama professional financial planner.

Kalo buat bikin financial planning pribadi sih cukup. Lhaterus apa gunanya financial planner profesional dong kalo ada buku ini? Yamasih banyak sih bagian financial planning yang lain yang bisa dikerjakan sama profesional yang notabene dibayar buat jasanya but I will take this book and do my own. While I can do the research throughout internet. Hihihi.

Daripada bayar planner mahal-mahal. Hahahahaha. *kemudian gw ditendang sama Diana dan mas Pandji*

Etapi beneran deh, buat yang tertarik gimana bikin plan sendiri dan pencatatatan keuangan pribadi/keluarga yang lebih teratur bisa banget loh beli buku ini. *sekali lagi ngiklan bantuin temen jualan*

Advertisements

76 thoughts on “[Review] Make Your Own Plan!

  1. Semacam buku yg malees banget mbacanya walopun dikasi gratis *dipentung dani*

    Tapi iya sih dan kayanya aq mulai harus menata keuangan ckckck hari gini baru mikir nata keuangan yak kemana aja aku selama inii?

    Like

  2. lagi butuh banget baca2 apapun ttg finplan, secara keuangan lg erupsi mulu mas, knp sih banyak bgt yg jual barang lucu2*lha nyalahin yg jualan*

    Like

    • Hahahahaha. karungin pake karung beras aja tuh yang jualan lucu-lucu. Biar gak tergoda. šŸ˜›
      Bukunya beneran bagus loh. bisa ngebantu. Dan ini beneran saya gak dibayar. šŸ™‚

      Like

  3. jadi beneran yaa ini bukunya gampang dimengerti ….awas kalo ngga (laaahhh…ngancem mba ? ;p)

    gue tertarik mau baca deh kayaknya..secara finplan gue masih jauuuhhh banjeet pengetahuannya…heuheuheu

    Like

  4. Uhuk. Biaya buat konsultasi ke financial planner itu ngga murah looo *pengalaman si Papa*.. Tapi beneran efektif sih apa yang dikasih sama dia, terutama tentang reksadana-reksadana ituh. Ada bahkan yang terkesan sepele tapi bisa kekumpul duit yang jumlahnya lumayan. Heheh..

    Jadi nambah list buku yang harus dibeli nih, Bang. Pengen bisa ngatur uang jajan yang kadang suka hilang entah ke mana itu. Wakakak.. šŸ˜€

    Like

  5. ooo udah keluar bukunya ya. baru ngeh hehe.. si Pandji ini teman seangkatan SMA di Malang, dulu kadang aku baca beberapa tips investasi di blognya. Jadi makin melek soal LM, reksadana dll…Eniwei, salam kenal ya

    Like

  6. Hai salam kenal Mas Dani,
    wah beneran nih aku belum kenal sama Mas Dani,
    tapi sudah dikasih review bukunya lengkap lagi..
    Trims banget ya Mas,
    memang semangat ketika kami menulis buku ini adalah sebagai sarana agar masyarakat Indonesia lebih melek finansial dan dapat membuat perencanaan keuangannya secara mandiri (bagi yang punya waktu banyak)
    Bagi yang tidak punya banyak waktu namun yang ingin kami coaching dan dampingi pun kami siap membantu.
    Selain itu dapat mengurangi cost trial n error, ataupun kerugian karena salah membuat keputusan finansial.
    melek finansial di negara kita masih rendah Mas,
    masih tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga
    Indonesia yang melek finansial hanya 20%
    contohnya :
    1. Banyak masyarakat perkotaaan walaupun penghasilannya cukup besar, namun masih terjebak hutang kartu kredit yang tidak kunjung lunas.
    2. ada saja masyarakat yang terkena penipuan karena investasi bodong
    3. Masih ada yang belum mengerti pentingnya dana darurat dan akses keuangan untuk pasangan
    4. Masih ada yang masih salah dalam membeli produksi asuransi, ujung-ujungnya agennya yang disalahkan. (jangan salahkan yang menjual, tapi kita sendiri sebagai pembeli harus kritis) nah supaya bisa kritis kan harus belajar.
    5. Masih ada yang belum tau bedanya investasi dan menabung.
    tingkat literasi atau akses keuangan Indonesia cuma 20%, di bawah Filipina 27%, Malaysia sekitar 66%, Thailand di angka 73%, dan masih sangat jauh bila dibandingkan dengan Singapura yang tingkat melek keuangannya mencapai 98%.
    http://www.kabarbisnis.com/read/2843174
    bagi rekan-rekan yang ingin pesan buku MYOP karena di kota tempat tinggalnya tidak tersedia jaringan gramedia.
    Bisa memesan kepada penulisnya langsung dan mendapatkan tanda tangan langung dari penulis nya.
    http://pandjiharsanto.com/2014/01/03/buku-myop/
    harapan kami dengan menulis buku ini agar kesejahteraan masyarakat meningkat karena meleknya literasi keuangan
    http://www.tempo.co/read/news/2013/10/25/087524668/OJK-Dorong-Perguruan-Tinggi-Melek-Finansial
    Terima kasih Mas Dani.
    Salam MYOP,

    Like

    • Huaaaaa. Mas Pandji. Terharu sayah. Terimakasih ya Mas. Salam kenal. Maap baru sempet balesin. Saya yang makasih dikasih kesempatan baca buku ini dan bisa nyebarin ke temen-temen. Makasih ya Mas. Bakalan aktif maen ke blognya Mas Pandji deh. šŸ™‚

      Like

  7. waduhh aku tuh paling takut gak takut aka males deh bahas keuangan or investasi gini kecuali klo dah terpaksa banget aka itung2an bayar bills tiap bulan.secara sadar diri aja keauangan masih terbatass jd mau inves ina itu cuma bisa gigit jari dan hahahahha

    Like

  8. Pingback: Workshop Make Your Own Plan | danikurniawan

Comments are closed.