#30 Tentang Memasak

Terimakasih Mas/Mba Oxalis4de yang kasih tantangan hari ke 30 inih. Alhamdulillaah sujud syukur sudah hari ke 30 ajah.

Tentang masakan yang pertama kali dibuat dan untuk apa?

Gampaaang!

Pas kelas 1 SMP. Goreng telor ceplok untuk praktek Tata Boga.

Bhahahahahahaha. Ini ceritanya agak-agak ajaib sampe gw ikutan kelas Tata Boga.

Jaman SMP dulu ada kelas ketrampilan yang bisa diikutin oleh semua anak. Tapitapitapi, kelas ketrampilannya ada 3 macem dan setiap anak cuma boleh milih satu. Elektronika, Tata Buku dan Tata Boga.

Bisa tebak gw milih apa? Kalo yang tebak gw langsung milih Tata Boga karena baca blog ini kayak baca blognya emak-emak sinih! gw sembelih! *melotot bawa pisau daging* Hahahaha

Gw pilih Elektronika don seperti kebanyakan anak cowok yang merasa dirinya keren. Cuman ya sebelum daftar gw maju mundur kayak angkot ngetem ga dapet-dapet penumpang yang bikin macet gitu *curcol* terkarena takut kesetrum gak sengaja pas masang-masang kabel. hahahaha. Iya cemen banget. Pas hati udah mantabh eh penuh dong kakaaaaak itu jurusan. Labnya kan terbatas ya. Hiks. Sedih banget waktu itu.

Trus pilih apa dong? Kalo ada yang nyangka gw kehabisan kursi di Tata Buku karena kelamaan mikir juga *yang pemikiran itu didasari sekarang gw kerja di bank* cencu saja salah. Hahaha. Gw LANGSUNG pilih Tata Boga!

Soalnya gw pikir Tata Buku itu bantuin petugas perpustakaan ngerapihin buku di Perpus. Secara ya banyak bener itu buku di Perpustakaan SMP. Hahahahaha. Ternyata dasar akunting kan ya itu Tata Buku.

Yasudahlah saya kemudian bergabung dengan banyak sekali temen cewek yang pada rame-rame di kelas Tata Boga krena sudah sering bantuin emaknya masak. Sementara gw? Hahahaha. Paling banter bantuin Ibuk marut kelapa di depan tivi sambil nonton Maria Mercedes! *iyeee, tontonan gw dulu Maria Mercedes instead of Goggle V ato Megaloman*

Jadi ya praktek pertama mah goreng telor ceplok dan disajikan di piring dimakan dengan sendok dan garpu dengan cara ala-ala tabble manner gitu dong. Setelah itu gw jadi rajiiiin banget masak telor ceplok di rumah.

Apakah pengalaman gw semakin banyak memasak? Gak inget deh gw karena entah gimana ceritanya setiap praktek Tata Boga gw selalu kebagian nyatetin/bacain resep trus nyobain hasil masakan. Hahaha.

Tapi kemudian gw jadi seneng banget masak.

Pernah inget Ibuk cerita katanya kalo cowok seneng masak dia biasanya cerewet. Jadi penasaran petinggi negara seneng masak gak ya? secarakan… *sinyal ilang

PS:
BTW untuk pertama kalinya dalam hidup gw kemaren pagi gw berhadapan sama yang namanya banjir pas lagi nyetir. Sungguh ngeri membayangkan kalo sampe terjebak di tengah situ. Apalagi sampe rumah kerendem. Gw pernah mengalami selama seminggu harus hidup dengan air di dalam rumah. gw doakan sodara-sodara yang kebanjiran di manapun diberikan stok sabar yang gak habis-habis dan semoga banjirnya cepet surut dan diberikan rezeki untuk mengganti segala kerusakan.

Advertisements

84 thoughts on “#30 Tentang Memasak

  1. huakakakakakak asli ngakak gw baca lo ntn mariya mersedesss sambil marut kelapa ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† *disambit parutan*

    Dulu jaman smp gw ambilnya elektro Dan, asli ga kepikiran buat ambil tata boga apalagi tata buku.. yg ada diotak tuh solderan aja, ga bersahabat bgt sm alat2 dapur dah gw mah. lhadalah skrg mlh buka cakery ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    Like

  2. hahaha ternyata mas dani martu sambil nonton maria mercedes *toss ah*, berarti sekolahnya pagi yah soalnya kalo sekolah sore pasti nontonnya tinggal akhirnya doang *malah dibahas*

    Kalo aku SMP yah ketrampilan cuma tata boga doang, dan pertama kali masak itu bikin puding susu kiwi, udah gitu ribet banget masaknya, apa dulu yang dimasak, trus abis itu apa lagi yang dituang, dan lain lain :)), yah namapun anak smp yang ga pernah masak, yang ada akhirnya malah keras banget pudingnya karena kebanyakan agar2, tapi tetep disajiin buat dinilai abis itu dimakan rame2. .

    Like

  3. akupun kemarin terjebak banjir pak. huhuhu.. gegara kemchik banjir tinggi, kantor yg tinggal maknyuk, harus muter2 ga jelas. dari kemang raya, nembus bangka raya, nembus tendean, kuningan, sudirman, baru deh radio dalam. sungguh perjuangan tanpa henti2
    anaknya lelah kakaaaak ๐Ÿ˜ฆ *surhat pagi ๐Ÿ˜€

    Like

  4. cieeeee..mau dong dibuatin telur ceplok khasnya papa aaqil hihihihihi

    aminn ya dan smoga yang terkena banjir diberi kesabaran dan gausa pake banjir2 lagi deh kesian klo yang punya anak2 kecil gitu kan ya ๐Ÿ˜ฆ

    Like

    • Boleh-boleh. Seharga steak holikaw mau? Hahahaha

      Iya. Gw ngebayangin sedih sendiri Nis kalo buat anak-anak kecil gitu. Etapi anak-anak seneng kali ya bisa maen aer. ๐Ÿ˜ฆ

      Like

  5. Telor ceplok mah emang paling gampang dan….tentunya enak pula dikecapin trus kasih cabe, nasi anget2..sluurrppp….*langsung ke dapur mau ceplok telor ahh

    Like

  6. Dan, kamu marut kelapa yang pake parutan manual itu kan ya, yang suka bikin kulit ama kuku sompel haha. Aku juga dulu disuruh pake parutan ituuuuu pas masih SD huhaha.

    btw….soal banjir pernah beberapa kali kelelep banjir karena mobilnya rendah ๐Ÿ˜ฆ sampe mogok juga pernah huhu. Gak suka pokoknya sama banjir, semoga cepet surut ya yang di Jakarta. Hati2 nyetir, Dan

    Like

  7. dan, gini yah.
    maria merceredes ama gugel V dan megalomaniak itu beda dekade.

    maria mercedes itu era 90an. dan gugel V itu 80an.

    ini sukarela aja gw jelasin untuk menghindarkan adanya kesalahpahaman…

    *HALAH* ๐Ÿ˜†

    Like

  8. yaampun marut kelapa sambil ntn maria mercedes :))) huakakakakak…kamu macho sekali masss!!! klo aku masak pertama kali pas SD ujian praktek ebtanas, gatau deh kok ada masak segala mapel apa lupa

    Like

  9. dulu sering banget masuk telor ceplok, telur orek2, sama sayur bening buat syaikhan…. belanja sayuran juga sering… ngantri sama emak-emak ๐Ÿ˜€

    Like

  10. Jaman saya SMP, tata boga ekskul wajib untuk semua anak secara ga ada ekskul lainnya,
    tapi tetap aja ga jago masak,
    tontonan SMPnya keren ๐Ÿ˜€

    Like

  11. Hahah.. Di SMP ku ngga ada milih gitu, Bang. Jadi emang harus masuk di mapel Elektronika sama Agroindustri (kayak Tata Boga gitu).

    Disuruh ngerakit adaptor. Suka banget kalo uda nyolder-nyolder gitu. Hihihihi… Kalo agro mah enak, disuruh bikin tahu. Bikin loh ya, bukan beli. Trus masak makanan berat kayak rendang ama kepiting saos padang. Pernah disuruh bikin bolu kukus juga. ๐Ÿ˜€ Eh sampe sekarang marut kelapa di kedai tetep yang bising gitu.

    Megaloman tuh kayak Ultraman tapi rambutnya gondrong gitu bukan sik? Pernah liat di pameran Jepang soalnya.

    Amiiin.. Semoga banjirnya cepat surut ya.

    Like

    • Aih seru ituh Beb. Jadi ngerti cara bikin tahu dan masakan-masakan canggih lainnya. Keren ih.
      Marut yang bising itu make mesin ya? Gw dulu parutan manual banget Beb.. Hihihi

      Like

    • Seru Bang, tapi bau langu kali. Hahah.. Sari kacang kedele kan trus disaring pake kain apa gitu. Nunggunya juga lama, semaleman gitu. Besoknya baru jadi trus digoreng, dicocol pake sambel kecap. Enak :q

      Oh yang pake parutan tajem-tajem dari kaleng ya? Aku suka itu marutnya kalo kedai tutup. Bunyinya kresek-kresek gimana gitu. Suka. Hahah..

      Like

  12. hahaha bikin telor ceplok udah berasa keren banget ya Dan… aku juga ga bisa masak, *buka aib…. sampe ada temen yg bilang si rina mah disuruh masak indomie pinter, giliran disuruh masak supermie dia bingung… hihihi

    Like

  13. hahaha maria mercedes gw dl suka ntn semua telenovela sampe apal semua lagu2nya hahaha ini mm jg hafal cm kagok yeh nulisnya hahaah

    kasian sekali ikut tata boga senasib sm kita, tp kl dl gak bs milih cowo otomatis elektro semdntara cewe tata boga dan busana dan nilai saya 6 saja hahaahah beneran gak bakat jadi cewe tulen

    Like

  14. Katanya nih Mas, koki paling baik itu cowok. Itu karena cowok gak mengalami mood swing tiap bulan, jadi rasa masakannya terstandar..

    Like

  15. wiiih,,, udah 30 aja.. artinya sisa 1 nich…:)
    jadi ingat dl ada prktek masak2 jaman sd, trus jaman smp ada pelajaran makan ala table manner gitu xixixixixixix
    kalau sy yg pertama dimasak keknya indomie dech…:D
    btw, semoga jakarta banjirnya cepat surut ya mas dani… trus teman2 yg kena mudah2an stok sabar dan ikhlasnya beneran banyak… amiiin

    Like

  16. Cowok yang hobi masak itu seksi lho… dan ini pendapat banyak perempuan, bukan cuma aku aja. hehehe…. Salam kenal ๐Ÿ™‚

    Like

  17. aiiih jaman karang cowo bisa masak=sexy lagi, liat aja itu Jamie Oliver ;).
    Mas, bener sih kalo cowo bisa masak itu cerewet even dia cuma bisa masak indomie doang. Kayak si Mbul, indomie biknan aku gak kemakan sama dia katanya gak seenak dia bikin ๐Ÿ˜† , sayang kalo masak yang lain dia gak mau ๐Ÿ˜€
    Huaaah gak kerasa ya udah hari ke 31, lancar jaya nih writing challenge nya *tepok tangan*

    Like

    • Hahahahaha. Masa sih May dia gamau makan Indomie bikinan istri? Kalo gw sih apapun yang dimasak sama Bul *yang PASTINYA ENAK* pasti gw makan. hahahaha… ๐Ÿ˜€
      Iyaaah! tinggal sehari lagi May. Februari bikin apaan lagi ya? Hahaha..

      Like

    • Iya katanya indomie gue kurang apaaaa gitu. Jadi dia pasti kalo masak indomie sendiri,. Tapi kalo masakan yang lain sih enak gak enak pasti dimakan *dibawah tatapan setajam silet* ๐Ÿ˜†
      Hmm bikin apa ya? tulisan tematis mungkin, misalnya sebulan tulisan tentang Bul (daily), bulan depan tenatng teman, dst dst. Pokoknya yang bikin rajin posting hahaha. Kalo gue bikin writing challenge PASTInya bubar jalan ๐Ÿ˜†

      Like

  18. Ya ampun Dan, parut kelapa sambil nonton Tv hati-hati tangan ikut ke parut ๐Ÿ˜† . Sekarang aku jadi kangen nonton telenovela deh, masih ada ga sih sekarang ini?. Btw selamat buat domain baru blog mu yaa ๐Ÿ˜‰ .

    Like

  19. dulu waktu kecil suka bantuin Ibu marut kelapa, ngak sadar kelapanya udah kekecilan ujung jari jadi keparut :P..Tapi gara2 seneng bantuin Ibu masak, sampai skrg jadi doyan masak..

    Like

  20. sumpah dan pas pertama aku langsung nuduh dani milih tata boga sih *menangkis serangan*

    jadi cemana karir memasakmu sampai hari kini dek? masaaa ambil praktek tata boga gak bisa masaaak? gih sana ikut masterchef :p

    Like

  21. wahh sama dong tontonan kita dulu mas, Maria Mercedes ๐Ÿ˜€ sinyal ilang? nanti saya kirim deh sinyal dari sini, kencang soale disini haha ๐Ÿ˜€ btw, semoga banjir cepat berlalu ya.. seram juga lihatnya ๐Ÿ˜ฆ

    Like

  22. Pingback: Recap 31 Days Writing Challenge | danikurniawan

Comments are closed.