Baju Terbagus

Gak ada hubungannya sama 31 Days Writing Challenge kok. Yang pengen tahu suara gw pas nyanyik bisa buka postingan tantangan hari ke 8, lagu yang paling berkesan buat gw.

Postingan Cuma sebagai reminder di kemudian hari aja.

Alhamdulillaah hari ini Bapak Ultah.

Pagi tadi nelepon Ibuk seperti kebiasaan tiap pagi tapi diangkat Bapak. Ibuk lagi jemur cucian di atas katanya. Dasar gwnya geblek, cuman titip pesen buat Bapak buat beliau berdua jaga kesehatan. Jangan kecapekan.

Baru keinget siang kalau Bapak ulang tahun. Karena lagi di kantor akhirnya kirim SMS aja ngucapin ultah ke beliau.

Beliau bales SMS yang sukses bikin gw berkaca-kaca:

Waalaikum salam nak ngganteng. Nggih niki wau pas kelahirane, dinane, tanggale, bulane pas. Bapak wau nelongso ningali jakete adik sing ditumbasne ten rombengan, Eling Β nak lanang nak idok dhisik ditumbasne celono kelambi rombengan bapak nangis nak ganteng. Amin gawe dongane.

yang kurang lebih bahasa Indonesianya gini:

Waalaikum salam nak ngganteng. Iya hari ini pas hari lahirnya Bapak, harinya, tanggalnya, bulannya pas. Bapak tadi nelangsa lihat jaketnya adik yang dulu dibelikan di pasar loak. Inget kalau kamu sama adik dibelikannya celana bekas terus bapak nangis. Amin buat doanya.Β 

Bapak memang cuma supir honorer di sebuah instansi pemerintahan dengan gaji yang secukupnya sampai harus dibantu Ibu buka toko peracangan. Kami gak pernah merasakan beli baju baru di toko/mall setiap lebaran.

Yang gw inget setiap bulan puasa Bapak selalu ngajakin kami (gw sama adek) ke gudang Bulog karena selalu ada bazaar baju murah. Selain itu juga Bapak semangat banget beli dan ngajakin kami beli baju-baju bekas atau hasil sisa ekspor (katanya).

Apakah gw malu? Sama sekali enggak. Gw bangga banget pake jaket-jaket yang dibeli dari pasar loak baju itu buat sekolah sampe kuliah. Jaket-jaket hangat itu ngelindungin gw pas pulang dari kampus jam 12 malem. Celana-celana jeans belel tebel kegedean itu ngelindungin gw dari dinginnya AC kampus.

Alhamdulillaah Pak. Bukan darimana baju-baju itu dibeli. Tapi dengan apa dan bagaimana baju itu dibelikan yang lebih membekas di pikiran dan hati.

Semoga njenengan dipun paringi sehat lan rejeki usia ingkang berkah.

Maturnuwun.

Dari anak yang bangga banget sama Bapaknya yang menurut beliau “cuma supir” tapi sosoknya paling gagah di antara semua pria di dunia.

Kulo sayang Bapak.

*kemudian elap ingus

Advertisements

62 thoughts on “Baju Terbagus

  1. aku ama adekku juga pernah kok dibeliin baju ala Gembong dan TP 5 (alias baju ‘sisa ekspor’ Tugu Pahlawan). Bagus2 dong dapetnya, hehehehe…..

    Like

    • Sama,, aku jg sering dibeliin dr pasar Senen dan sampai skrg bajuku ada bbrp hasil guntingan Mama dr Pasar Kranji (pasar sayuran becek gitu) dan gak ada yg tau, anaknya jg ttp ngerasa kerenΒ² aja… hahaha…

      Like

    • salah satu temen kuliahku dulu malah ada yg sengaja kulakan banyak disana (di Gembong). dia belanja by request emang. krn yg laen pada nitip. celana jeans lah, jaket lah, hehehe. aku juga akhirnya kesana langsung, panas-panas bo. nyari celana jeans bekas buat digunting2 trs dijahit dijadiin HP pouch πŸ˜€

      Like

  2. Selamat ulang tahun ya Bang, buat bapake. Moga panjang umur berkah sehat dan rejeki melimpah. Amiiiin.. πŸ™‚

    Ah.. Baju bekas juga banyak yang bagus kok. Lagian mana ada sih orang yang tau kalo baju yang dipake itu baju bekas. Ya ngga? πŸ˜€

    Like

  3. Kok mirip2 bapakku 😦 jadi kangen bgt bapakku yg udah tua dan ringkih itu. Dulu dianter2 naik bis kalo aku ada tes masuk kuliah ato kerja disana sini. Skrg dia seneng bgt kalo diajak kerumahku di Jakarta ini, seneng bisa ke kota lg, seneng bgt kalo diajak jalan2, ah bapak..aku jd nangis ini πŸ˜₯
    Selamat ulang tahun buat bapaknya ya mas, semoga selalu sehat, pjg umur, sampe bisa tersenyum lebar liat kesuksesan anaknya, amin..

    Eniwei salam kenal ya Mas Dani. Tau gak aku mampir sini karna apa?
    Karna aku ngakak baca komen mas dani di blog EmaknyaShira yg bilang kalo sama2 hobi ngosrek lantai kamar mandi, huahahhahaa kok bisa siiihh? Ini cowo pula haha.
    Udah ah kepanjangan ini, slaam kenal yaaa *salim*

    Like

    • Maturnuwun Mba Fenti. Amiiiin..
      Aih jadi terharu juga Mba baca ceritanya.. Semoga Bapaknya Mba Fenti juga sehat selalu ya. Amiiin
      Eh eh eh blognya apa alamatnyaaah?? minta dooong.. Biar bisa difolbek gituh.. πŸ˜€

      Like

  4. terharu dan…

    tapi beli baju di flea market itu kan malah keren lho.. vintage. πŸ˜€
    taun lalu cousin nya esther pas liburan kemari, bela2in minta diajak ke flea market buat nyari2 barang2 bekas. hehehe.

    Like

  5. sukses membuatku mewek pagi2…
    semoga bapak sehat selalu, dan bahagia di sisa usianya… bahagia kelak di akheratnya juga.
    btw itu sms bapak pake jawa kromo gitu? keren….

    Like

    • Amiiiiin. Makasih ya Mba Tituk.
      Kebiasaane mbasani anak biar anaknya juga pake bahasa yang halus. Soalnya kan kami yang di Surabaya ini bahasa Jawanya agak hantam kromo gitu. Gak merhatikan ungggah-ungguh. Jadi Bapak pake bahasa yang alus gitu Mba..
      Saya sama adek jadi gak berani pake ngoko.

      Like

  6. wah selamat ulang taun bapake…

    kok iso kompakan gitu ya?
    jaman kecil aku ngerti pasar dan beli baju ya tiap mau lebaran doang. malah kalo seragam sekolah udah sobek, dibeliinya baju sekolah. tapi rasanya bangga aja tuh lebaran pake seragam.
    *pentinge klambi anyar πŸ˜€

    Like

    • Eh ini wis tak balesi belum ya?
      MAturunuwun banget Kang. Bangga banget emang dulu jaman kita ya pake baju baru apapun bajunya dan kayaknya anak jaman sekarang udah gak gitu ya…

      Like

  7. Ouw so cute..nah ini namanya anak yg sayang sama ortu πŸ˜€ Met HUT deh utk ayahnda Pak Dani, yg kita doakan semoga beliau sehat, ini yg penting. Biar kata banyak duit tapi kalo sakit, yaelah nyengir akhirnya. Ya kan.

    Like

  8. Wilujeng Tepang Tahun buat Bapaknya Dani,….

    Terharu aku ikut baca SMSnya….
    *ambil handuk*
    Nah lho…. πŸ™‚

    Like

  9. Hi mas, selamat ulang tahun ya buat bapaknya. Sedih ih bacanya, eh tapi in sya Allah uangnya berkah ya. Itu yang lebih penting, buat apa punya uang banyak kalo gak diberkahi Allah SWT kaaan..

    Like

  10. Wah… salam buat bapak mas. Selamat ulang tahun untuk beliau.
    Moga beliau dan keluarga selalu dalam lindunganNya.

    Setuju sekali kalau bukan masalah bekas atau tidak, beli di mana. tapi siapa yang membelikan dan cinta yang ada di baliknya. Ah… jadi ingat ayah

    Like

Comments are closed.