#3 I was Connected for the First Time (using Siemens A35)

Ternayatah yaaa. Hasil tantangan hari ke 2 yang merupakan pembelaan diri kalo gw gak narsis  menghasilkan komen kalau ternyata narsis itu penting! Bhuahahaha.. *gakpenting

Okeh-oke. lanjut hari ketiga niiih. Makasih Ya Indah Mumuuut for the idea dan kasih gw kesempatan untuk mengenang kembali handphone pertama!

Tarataraaaaa.

Siemens A35

Siemens A35

Gambar gw ambil dari http://mobile.softpedia.com/

It was a Siemens A35. Gadget canggih pertama yang gw punya. In fact, gadget pertama yang gw punya! Huhuhu. Terharu pengen nangis deh ngingetnya.

Waktu itu antara tahun 2002 – 2003 an. Gw semester 5 menuju 6 ato 6 menuju 7 gitu deh. Kuliah masih pake sepeda dan belom kerja selain kasih les ke anak SD ato SMP dengan gaji Rp. 15 rebu / kedatangan.

Secara ya bapak ibuk udah nyariin mati-matian biaya uang kuliah tiap semester ya masa gw mintain beliin HP biar bisa samaan ama temen-temen kuliah gw. Mereka jaman itu sih udah pake Nokia yang kecil-kecil monochrome jaman dulu itu. Gak tau sih model apa. Yang keypadnya kayak kupu-kupu itu ya kalo gak salah.

Sampe suatu saat Bapak gw yang pergaulan dan koneksi sesama sopir angkot (bemo kalo di Surabaya) luas banget itu ngasih tahu kalo ada handphone punya sopir angkot mana yang gw gak tahu itu dijual. Siemens A35. Harganya? Rp. 300 rebu-an kalo gak salah inget.

Semangat banget dong gw ya. Secara affordable banget dari duit hasil ngasih les itu meskipun gw kudu rela gak beli komik dan fotokopi buku diktat. Kalo diktat sih minjem aja kan ya. Hahaha.

Handphone di tangan dan waktu itu gw inget banget nomor yang pertama kali gw pake adalah IM3. Mahasiswa jaman tahun 2000 an ngaku deh. Pada pake nomor apa dulu. Hahaha. Secara ya itu nomor IM3 bisa dipake 3 detikan. Tahu kan tahu kan?

Eh apa malah pada gak tahu ya karena dulu udah pada telepon aja kalo mau telepon dan sms aja kalo mau sms? Gw dulu tipikal orang yang beli pulsa Rp. 5 rebu deh buat sebulan.

Jadi inget kalo janjian di kampus ama temen-temen itu selalu deg-degan setengah mati begitu kedenger nada sambung. Kalo udah diangkat kudu 3 detik doang ngomong trus dimatiin biar gak kena tagihan kepake pulsanya.

Jadi jaman dulu kira-kira kalo mau makan kek begini janjiannya:

*pencet nomor telepon temen kuliah yang inisialnya O*
*nada sambung* *Jempol siap di tombol off*
*diangkat tapi gak ngomong apapun* *penelepon kudu sensitip*
gw  :  “Dimana?” *matiin HP
O     : “Kampus” *telepon balik
gw   : “dimananya?” *teleponlagi
O      : “parkiran” *telepon balik
gw    : “depan?” *telepon lagi
O       : “iya” *telepon balik

dan akhirnya gw ke parkiran depan kampus dan ternyata temen gw di parkiran depan kantin yang mana gw lupa kalo kemarennya udah ngomong dari kantin bakal bareng ke perpus ato ke balai pusat administrasi kampus. Bhahahaha.

Pernah kayak gitu gak sih? Dan dulu kami udah biasaa banget kayak gitu.

Si Siemens A35 ini pernah beberapa saat menemani hari-hari kuliah gw. Dulu berasa keren bener gw bawa HP ini. Entah ya, gak pernah loh gw merasa terintimidasi sama HP temen-temen gw.

Ada kan ya orang yang ngerasa kalo HPnya kalah keren dari temen sebelahnya berasa gimana gitu trus langsung ganti HP model teranyar gitu *yakaliHorangKayah kan. Kalo gw sih gak peduli babarblas. Terserah kalo lu mau pake aifon 5 *yajaman itu belom ada jugak sik* meskipun gw pake Siemens A35 juga gak ngaruh. Lhawong gw mampunya beli HP itu. Malah kesannyagw bangga banget pake HP jadul ituh.

Dari keringet gw ngayuh sepeda berkilo-kilo dan ngajarin anak orang selama 2 setengah bulan bok. Bangga banget gw make handphone itu. Meskipun layarnya cuman warna hejo kekuningan dengan tulisan hitem. Layar terdiri dari 3 baris. Teratas info jaringan, paling bawah info menu dan layar buat kita yang tengah. Meskipun sms an kudu geser kanan kiri buat baca sms yang diketik dan kudu rajin-rajin dihapus. Tapi handphone inilah yang pertama kali bikin gw mobile. Jiaaaah..

Jadi-jadi-jadii….. handphone pertama lu apa?

Trus ikrib sama 3 detikan nggak siih?? 😀

Advertisements

82 thoughts on “#3 I was Connected for the First Time (using Siemens A35)

  1. Halo, mas dani.. salam kenal. Gemes mo komen yg 3 detikan itu..haha..scra dlu jg LDR sama pacar di luar kota en modal anak kuliah segimana sih, jd 3 detikan itu lumayan bgt.. sampe bokap gw hafal kalo hp gw bunyi gw cm jwb “ya”. Tp bedanya gw pake nomor XL mas, nomor pertama gw..nomor cantik pula yg gw beli di roxy pas dpt murmer 50rb tanpa pulsa. Kalo jaman skrg suruh beli nomor hrga sgtu malesin ya. Hihi..

    Like

    • Aish, nomor jaman dulu itu mihil abis emang ya. dulu pake nomor M3 yang milihnya ya sudahlahya gak pake milih. Dan lamaaa banget gak ganti nomor. Hihihihi…
      Sekarang malah pake XL dan gak pernah ganti dari sejak jaman mau lulus kuliah. Hehehe

      Like

  2. Pertama kali punya hape itu nokia pisang taon 2000 trs ganti 3300 klo ga slh *asli lupa* trs pernah punya siemens M35 *klo ga slh lg* yg warnanya ada list kuning nya itu tuh dan sangat akrab sm 3 detikan hahhaha.

    No pertama gw juga dlu M3, pk M3 lamaaaaaa bgt deh trs br deh ganti telkomsel smpe skrg hihihi

    Like

  3. Hape pertamaku tahun 98 ya hape sejuta umat pada jaman itu, nokia 3210 :))
    Tiga detikan aku tau sih… tapi gak make… soalnya tahun 2002-2003 an aku bukan mahasiswa lagi hahahha…

    Like

  4. Hape pertama sy juga siemens. Lungsuran dari kakak. Lupa tipenya. Dan yg 3 detik itu. Hahahahha…. Sy pernah akrab sama ntu, Mas. Eh kalau ga salah zaman sy cuman 2 detik deh. Sy kan lebih mudaan dri Mas Dani :p
    Gregetan dan garuk2 tembok deh kalau lebih dari 2 detik…

    Like

  5. Hape pertama aku Nokia 3210, dan itupun second belinya 700rb. ya ampun perjuangan banget belinya nabung dari gaji berapa bulan, sampe rela ga makan siang biar ngirit, dan pertama kali punya gadget sendiri *nangis terharu*,

    Trus beli kartu perdana indosat mentari yang harganya 50rban,kalo sekarang kartu perdana harga 3 ribu juga ada, dan nomornya sampe sekarang aku pake *awet bener* trus emang bener jaman dulu punya pulsa dieman-eman biar ngirit soalnya ngisi pulsanya juga mahal hahaha…

    Hahaha berhubung aku ga pake IM3, jadi ga bisa ngerasain telp 3 detik gratis itu mas 😛

    Like

    • Huaaaaa. emang terhura banget deh rasanya punya HP pertama kali itu ya. Dulu sampe pas berangkat kuliah berkali-kali berhenti di jalan cuman buat cek ada sms apa nggak. Hahahaha…
      Iya, nomor sekarang kayak gak ada harganya, Bahkan kalo mau bisa gratis beli nomor harga 5rebu isi pulsa 5 rebu. 😛

      Like

  6. Hp pertama gw SAMSUNG R220…tahun 2001. dIbeliin nyokap supaya bisa hubungin gw and adik gw yang kuliah dibandung dan tinggal diasrama,
    Dari jaman baheula itu gw udah SAMSUNG minded..hehehe
    Pernah pake siemens tapi bentar aja, balik lagi ke Samsung. trus pernah coba nokia tapi ga suka, balik lagi ke samsung, pake iPhone 3G thn 2009-2011, and nyoba pake BB, cuma setaun aja, balik lagi ke samsung! see? jodoh gw emang samsung. Gw tau yang 3 detikan itu, tapi ga suka makenya.jarang banget

    Like

    • Mantabh. Gw baru ngeh samsung setelah mereka keluarin galaxy series. Dan baru kesampaian make setelah beli galaxy mini pertama jadul itu dan langsung cintah. Pernah make BB 2 tahunan tapi dah bosen sen sen. Nokiyem sempet make bentar dan sebenernya tergoda windows phonenya sih, tapi note 1 gw masih greng. Hihihi..
      Iphone? Naaah. never interested karena mihiilll.. 😛

      Like

  7. *ciee sakseis ini sampe hari ketiga..hihihi cemungudh eaa kk.. |ignore|
    hp pertama banget nokia yang segede pisang 5110 yang biru itu..dulu iyaa korban tiga detik-an juga, kesel banget kalo sampe kena pulsanya hahaha..

    Like

  8. huahaha, Daniiii.. aku ngakak baca yang 3 detikan itu. Sungguh, kalo kamu nggak posting soal ini, aku pasti lupaaaa… Temen2ku dulu begitu juga. Kalo aku… nggak, dong. Soalnya kegesitan pencet memencet tombolku payah sekaliiii.. 😆
    Ponsel pertamaku nukie 3310 itu, loh. Dan ampuuunn, nomor perdananya mahal kaliiii. Perdana smpati itu dulu 500 rebu, kalo nggak salah. Pokoknya harganya beti sama harga ponselnya…

    Like

    • Huaaaaah?? Ciyusss 500 rebu?? Gilingan!!! bisa dapet henpong saya dulu itu sama pulsa setahun kali itu yah. Hahahaha..
      HP sangat menentukan kesuksesan 3 detikan itu. Karenanyalah saya beli siemens yang tombolnya bongsor itu dibanding nokiyem yang imyut-imyut

      Like

  9. akrab banget sama 3 detikan, sangking akrabnya bisa loh curhat yang panjang lebar pake 3detikan whohoho, hp pertama nokiem 33 berapa gitu lupa, no.nya mentari trus karena mau 3 detikan ganti im3 dan nomer itu dipakai sampai sekarang, hebat gak?? enggak ya? :p

    Like

    • Heibat euy masih pake nomor yang sama dari jaman itu… banyakan udah ganti dan tergiur sama segala macem promo seperti sayah. Hihihi.
      Gak kebayang curhat panjang pake 3 detikan itu gimana rasanyah…

      Like

  10. Aku pake hp pertama kali tahun 2003an juga lho mas tp wktu itu aku baru awal2 msuk sMa ceritanya itu kado dr mbak ku krn aku berhasil msuk d sklh negeri hahaha. Hp pertama ku yg nkia 8260 . Pd zaman itu saya bangga lho pnya hp itu secara di kelas cm 2 org sj yg pnya hp *aku pamer bgt yo mas 😛 *

    Like

  11. Samaan bang, hp prtama sy jg itu siemens tp c35 yang layarx orens xixixixi. Wkt itu bru thn prtm kuliah thn 03. Krn pulsa mahalx amit2 cm bs bli sbulan sx, jlaslah akrb bgt sm 2dtikan klu tsel jmn itu bru ada simpti di kendri blm ada indosat klu g salah hehehh. 2dtiknnya nolong bingitz klu kta anak skr hehehe

    Like

  12. Handphone pertama Akikes kayaknya Nokia Sejuta Umat itu lhooo…5110 ya ? yang ada antena ?
    Gak pernah nelpon 3 detik sih…gw dari dulu pulsa gak abes-abes. Abis mo nelpon sapa ? Wong Pacar gw belon punya hape jaman ituuuh

    Like

  13. hahaha…jadi bernostalgia jaman kuliah, sama hp pertama ku juga siemens warnanya biru, tapi lupa seri nya..kayanya 1 seri di atas ini deh soalnya ga ada antenanya, A45 ya..? Dari awal punya hp sampe skrg udah ganti sekitar 4-5hp krn emang ga terlalu peduli sama gadget kluaran terbaru..
    Kalo mslh no, dr dl sampe sekarang masih setia sama simpati, cm dl emang nge hits bgt ya si IM3 ini..suka sebel juga kl terima tlp 3detik an dr temen yg pake IM3..suka ga paham mereka ngmng apa.. 😀

    Like

    • Hahahaha. Saya sih gak berani nge 3 detikin temen lain yang ga pernah 3 detikan sama sayah. Pernah dimarahin soalnyah… 😛
      Hihihi,,
      IM3 emang ngehits abis Mba dulu itu.. Tapi karena suka ilang sinyal akhirnya ganti deh. Saya juga baru 4-5 kali ganti HP. Hihihi. sayang duit kalo ngikutin tren gadget terbaru.. 😀

      Like

  14. Hihihihi…gue juga sempet ngalamin pakai siemens ini nih. HP pertama gue Ericsson segede batu bata, sekitar tahun 2000an gitu deh, trus sempet dirazia sama guru. Etapi Siemens ini enak looo mungil dan keypadnya pas buat smsan…

    Like

  15. henpon pertama akik nokia 5110 yang seri bugs bunny itu deh.. unyu2 gimana2 gitu :D. hp pertama ini juga yg berjasa ngebuat akik jadian sm sang ala2 coper boi kampyusss tetangga.. kso2. kalium sulfat oksidan. bukan. kelingan sing ora-ora 😀 *kepruk pak dani

    Like

  16. jadi ingat dengan HP pertama saya yakni errickson… layarnya kayak layar kalkulator… sayang hp tersebut entah raib kemana… coba kalau ada, bakal jadi barang antik yang istimewa.. hehehehe

    Like

  17. HP pertama gw nokia 5 juta umat haha gw bl errr mahal 3,3 juta itu baru keluar kartu perdana jaman itu cm 2 pilihan mau telsel atau xlcom

    maklum kuliah di kampus reformasi habis kerusuhan dan kita kaum minoritas *maksudnya biar bisa di pantau dari rumah/kantor sama nyokap* hahaha

    gw beli sendiri kok dari duit pemasukan sewain buku di rumah, iye dl rumah gw sewain segala komik, novel, majalah, silat hihihi

    nggak penting hp nya apa yg penting belinya pake duit sendiri tulll nggak?

    Like

  18. Aku udah kerja di SOGO PI tuh Dan..pake nokiyem beli seken,,,hihihihi,,,pertama sih pake mentari, biar gak roaming kalo nelpon ke kampung hahaha #ngiritlah pokoke ! gak kayak jaman sekarang semua menawarkan pengiritan sampe bingung milih operator… 😀

    Like

  19. Hanjiiiir itu gue banget pas pertama kali punya HP, ber 3 detikan ria sama….temen kos di lantai dua huahahahahahahaha 😆 😆 😆
    Iya nomer perdana gue emang pake IM3 dengan alasan lebih murah tarifnya plus 3 detikan nya itu. Hp pertama errr 5110 dibeliin nyokap yang umur nya cuma 6 bulan, hilang dicopet orang. Sampe sekarang kalo inget masih nyesek aja 😥

    Like

  20. Akrab banget sama si IM3! Hahah.. HP pertama aku Nokia 3350, itupun belinya bekas karena punya palek (oom) dulu. Dan itu aku beli setelah menabung selama setahun. 😀

    Jadi inget nelepon 3 detik itu. Hihihi.. Tapi anehnya Bang, dulu IM3 bisa minus gitu pulsanya loh.. Waktu SMP aku kena minus 50rb, dan begonya mau aja aku beli pulsa 50rb biar ngga minus. Pulsa pun balik lagi ke angka nol kayak spbu. -_-

    Like

  21. eh samaaaaa…. itu hp pertamaku juga. Dan waktu beli itu nomor perdana lagi mahal-mahalnya. 600rb untuk nomor simpati.
    Tapi itu hp awet banget. Bertahan hampir 8 tahun. Udah jatoh sampe casingnya retak tetep aja jalan. Sinyalnya juga kuat.

    Like

  22. bhahahaha iyaaa iyaa..gue juga inget tuh jaman kuliah dulu..nelpon 3 detikan…ya ampuun happening banget looh itu nelpon sebentar2 gitu…masih inget aja deh lo Dan… 😀

    kalo gue hape pertama gue ericson lupa tipenya..trus ngikut arus, ganti ke nokiyem seyuta umat deh.. heuheuheu

    Like

  23. HP pertama saya punya sekitar tahun 1999, yaitu NOKIA yang gede banget itu. Dan kartunya adalah kartu Halo yang untuk mendapatkannya kudu mendaftar kayak mendaftar di Telkom, pakai uang jaminan pulak.. Ampun deh pokoknya..

    Semenjak kartu pra bayar keluar, saya pun menggunakannya. Lebih nyaman di kantong dan pikiran. Kalau pasca bayar, selalu was-was di akhir bulan dengan tagihannya.

    Salut deh dengan dirimu yang bisa mendapatkan hape melalui keringat sendiri.. 🙂

    Like

    • Iya Da, saya tahu HP Nokia itu dari guru SMA saya yang bawa-bawa pas ngajar sekitar tahun 1999 itu.
      Kalo inget sejarah mobile jaman dulu emang luar biasa ya Da dibandingkan sekarang. Jauh banget. Hehehehe..

      Like

  24. Huaaa.. Cerita henpon pertamanya bikin terharuuuu… Rasanya beda yaa kalo bisa beli sesuatu hasil usaha sendiri.. :’)
    Aku punya henpon pertama waktu kerja (sambil kuliah), gaji pertama langsung dipake beli HP noki4 2300 yg ada radionya & ringtonenya poliponik.. Berasa gayaa banget, padahal temen2 kerja yg lain udah pake hp berkamera.. Hahahaha
    Sebelumnya, waktu SMA kalo mau sms temen suka diem-diem nebeng HP papa atau om ku.. pernaaah juga yg 3 detikan pake hp papa, tapi telat mencet & keambil pulsanya… Si papa pun ngomel2 pulsanya abis.. 😀

    Like

    • Aiiiih… ringtone poliponik adalah salah satu hal impian jaman dulu ituuuh. Trus jadi rajin nyari kode ringtone itu di internet kampus trus ketik kodenya sendiri di editor ringtone habis itu ditransfer deh ke HP. Hahahaha. Begitu juga gak sih?
      Kalo radio mah beyond dream jaman itu. Gak berani ngayalnya.
      Sesuatu banget emang kalo beli pake duit sendiri. Hihihihi..
      Soal pulsa yang kepake. Sayah dulu juga seriiing. Hahahaha. gegara mikirin yang lain jadi kelewat ituh 3 detik. Rasanya pengen banting henpon kok ya sayang tapinyah. Inget belinya.Hahahaha

      Like

  25. hp pertama nokiyem 2100, megang pas kelas 3 sma, tahun 2003 apa 2004 gitu
    eh tapi hp siemens yang itu tahan banting, kalo jatuh ndak kenapa kenapa
    bayangin kalo sekarang, bebe jatuh gimana nasibnya?

    Like

  26. Pingback: #4 Ungu – Siapa yang Gak Suka?! | danikurniawan

  27. HP pertama yang aku punya adalah ericson t29 wakakakaka itupun serasa sudah canggih sekali padahal layarnya saja kecil sekali

    Like

  28. Saya pakai hape pertama tahun 1997. Udah kerja lah tahun segitu. Jaman kuliah belum ada hape.
    Nokia.Tapi serinya lupa. Gede banget. Nomor yang sama masih saya pakai sampai sekarang *harusnya mendapat loyal customer award ini ya Dan? he he*.

    Like

  29. Pingback: Recap 31 Days Writing Challenge | danikurniawan

  30. dulu sempet nyobain m3 cuma karena penasaran sama gprs gratisannya.
    henpon pertama merk nya nec masih amps yang murah meriah tapi suka disadap orang 😦
    begitu nongol gsm, masih bisa ngecengin pake istilah geser sedikit mati. baru pindah ke gsm setelah nongol simpati. itupun baru bisa dipake bandung jakarta doang dan beli perdananya 1,3jt ngantri pake ktp 😀 😀

    Like

  31. Pertama kali pake hape…tahun 2000 wkt itu masih Ericson namanya blm kolaborasi sama Sonny. Udh lupa seri brp..cuma gede juga mirip nokia pisang.

    Btw..dulu aq kenalnya 2detik..pake simpati ….owalah ternyata ada yang lebih lama dari 2detik ya dan

    Like

  32. 3 detikan itu emang ngetren pas dulu…. buat janjian sama temen kuliah, hahahaha
    tapi aku punyanya udah kerja sih, dulu pinjem punya mbak, dan kepotong pulsanya…. untung dia sabar 🙂

    Like

  33. Bwahahahha, 3 detikan! Gue dulu sampe ngamuk2 di-3-detikin temen gue. Baru juga mangap mo ngomong udah dimatiin. Hasyeeeem! Akhirnya gw sms & bilang, “gue yg bayar pulsa! Gw yg telpon. Jgn dimatiin!”, hahahahahaha.

    Hp pertama gw itu taun 1996, Ericson GF388 kalo ga salah. Yg kalo masuk mall sinyalnya ilang, batre cuma tahan 4 jam, pake kartu halo, belom ada layanan sms. Dan dicopet…. Hahahhahaha

    Like

  34. hp pertama gw nokia pisang waktu gw masih SMP hihihihi,,, 3 detikan ngerasian bgt tuh waktu m3 baru ada jaman gw SMA, secara jaman dulu klo mau tlp mahal bgt ga kaya jaman sekarang banyak yang ngasih tarif gratisan buat tlp 😀

    Like

  35. anggota 3 detikan juga yak. hahahahaha
    yang diinget mah dulu tuh kartu perdana mahalnya minta ampyun. pernah beli kartu perdana Merdeka harganya dulu sampe 150rb. hahahaha
    perasaan dulu hape kayak gitu aja dah wokeh banget yak. sekarang…..

    Like

  36. Aku jaman pertama kali pake HP juga pakenya provider M3, yang murah meriah haha. Dulu pertama kali pake HP siemens juga tapi lupa yang tipe apa, hahaha.

    Like

  37. Pingback: EF#3 How Gadgets Affect My Life | danikurniawan

Comments are closed.