TED: Ideas Worth Spreading

Episode kekatrokan gw yang lain nih.

Selain Suze Orman show yang didownload lewat PodCast di iPad mini, gw juga lagi keranjingan download dan nonton TED Talks. Buat ngerti apa itu TED buka aja kali ya linknya di TED.com. Sesuai sama slogannya, isinya worth spreading banget deh.

TED

Dari beberapa podcast episodes yang gw tonton, ide yang dibicarakan menurut gw eye opening. Banyak yang gak biasa dan bisa jadi bahan renungan. Jiah, berat bener bahasanya.

Awal-awal gw lihat TED Talks ini berasa aneh aja sih, orang ngomong limabelas menitan gak ada iklan gak ada apa-apa. Etapi ternyata menurut gw sangat bermanfaat.

Salah satu contohnya yang diomongin sama Amy Cuddy: Your Body Language Shapes Who You Are.

Di episode ini, Amy (sok ikrib) ngomongin kalo keyakinan umum bahwasannya postur tubuh kita dipengaruhi oleh apa yang kita rasakan. Badan kita bakal ngebungkuk kalo kita merasa sedih atau kalah. Kita pasang pose juara kalo kita merasa berkuasa. And those such of things.

Tapi selain itu, menurut penelitian, sikap badan bisa mempengaruhi bagaimana pikiran dan perasaan kita. Itu juga yang pernah gw baca dari buku Tipping Pointnya Malcom Gladwell.  Feeling down? Not confident enough? Coba dulu pasang pose tubuh juara, senyum ato yang menurut Amy disebut Power Pose. Gambar di bawah menunjukkan Power Pose yang dimaksud gw ambil dari Business Insider.

Power Pose

Power Pose

Dengan power pose ini selama 2 menit bakalan bisa meningkatkan hormon-hormon positif di dalem tubuh.

Awalnya gw pikir si Amy ngomong gini gampang aja karena dia orang yang sudah terbiasa pede, pinter dan cantik dari dulu, ternyata gw salah. Amy memang dulunya (menurut dia) orang yang pinter banget sampai dia mengalami kecelakaan mobil yang bikin IQnya dia turun pas masa-masa kecilnya dia.

Dengan berusaha keras dan menganut prinsip fake it till you make it, Amy berhasil sampai di posisinya sekarang. Dan dengan itu dia semakin percaya kalo kita kudu bisa memalsukan sesuatu sampai kita jadi sesuatu itu. Fake it till you become it.

Well, menurut gw ide yang disampaikan luar biasa sih.

Salah satu ide yang lain adalah tentang kepercayaan sebagai mata uang baru. Rachel Botsman:  The currency of the new economy is trust. Episode ini ngomongin segala macem hal berhubungan sama bagaimana ekonomi berubah setelah era internet. Orang gak butuh lagi kerja di perusahaan from 9 to 5, tapi cukup dengan kepercayaan bisa merubah segala macam hal.

Dari episode ini, paling ga gw udah melakukan satu kegiatan yang mengandalkan kepercayaan sama blogger lain. Tukar pinjam buku! Gw dah ketemu sama Kak Jul yang punya blog Gerhana Coklat dan akhirnya bisa baca buku-buku yang seru-seru banget dengan bertukar pinjam. Pun dengan Memtyke yang punya Ndutyke yang terkenal dengan pernak-pernik ciamiknya itu. Sayah juga sudah membaca beberapa buku dengan bertukar pinjam. Hihihi.

Intinya, ide-ide di TED itu bagus-bagus dan inspiring dan banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi (dalam kasus sayah ipad mini) selain main game Minion Rush dan Hay Day (yang sudah di uninstall for good). Hihihihi.

Eh iya, TED ini ada blognya juga loh. bolg.ted.com.

Btw kalo dah pada tahu TED ini yah mohon maap yah, gw  baru tahu dan menurut gw bagus banget buat disebarin ide-idenya.

Advertisements

45 thoughts on “TED: Ideas Worth Spreading

  1. Saya bintangin beberapa TedTalks di Twitter, banyak yang belum sempat ditonton *_* Eh, ikut terlibat di dalamnya juga nggak kalah seru, lho.

    Like

  2. Dah pernah denger TED ini pas baca 101 Creative Notes-nya Yoris Sebastian. Dia menyarankan untuk tetap kreatif melihat ini. Saya sendiri baru aja mau mulai. belum dari smartphone sih. tapi masih dari laptop terus download – secara gak pake podcast-podcastan:)
    tapi memang banyak yang bagus kok di-share di sini.

    Like

  3. kecelakaan bisa menurunkan IQ….. ? Oh wow, baru denger kayaknya…
    Aku blm pernah denger ttg TED ini. Aku lebih tertarik sama game minion rushnya. Bisa diinstall di android nggak, sih? aku nggak punya ipad, kakaaaakk… 😆

    Like

  4. kepercayaan sebagai mata uang baru? yang penting harus tetep waspada, ya gak dan… inget2 kasus kepercayaan yang dulu itu.. huahaha

    Like

  5. Saya juga suka nonton TED, Mas Dani. Terutama yg di Youtube. Memang segala pembicaraan yg dilakukan disana sangat membuka wawasan 🙂

    Like

  6. kayaknya yisha ngga suka deh……
    ngapain sih kaka nonton ini? mending maen ama baby, si baby kanegn papanya tuh…… 👿
    *eh

    Like

  7. TED, kiran film yang boneka beruang tsb, hehehe
    Ternyata program semacam talk show, aku baru tahu, dan ntar coba aku lihat deh, soalnya penasaran juga 🙂
    Ternyata pernah baca buku’a Malcomm Gladwell juga mas, itu salah satu Journalist luar favorit saya

    Like

  8. Iya TED ini emang guna banget, terutama sebagai salah satu sumber materi kalo mau presentasi hahahaha…

    Anyway Bang Dani, kalo kata Rene Suhardono, relationship is the new currency in this era. Mmm..mungkin kalo dikorelasikan sama pendapatnya Rachel (asiiik sok akrab juga) trust adalah bagian dari relationship kali ya. Jadi payungnya ada relationship, isinya bisa trust ato…apa ya…*mikir*

    Iya ndak ya?

    Like

  9. Ooowh TED itu ini tooh. Makasih prncerahannya. Pas lg jalan2, ngeliat papan iklan TED ideas sharing (ga kebaca tengahnya) di bbrp sudut kota. Kirain ada toko baru buka namanya Ted. Hadeeh…(umpetin muka).

    Like

  10. tedex jakarta kemaren aku gak dapet tiket loh. ih pingin nangis gerung gerung sama panitia rasanyah. worthy post banget inihhh, terutama soal power pose nya itu, tapi kalo di emrik gapapa kaliyah tolak pinggang… kalo jakarta kan sempit ihihi hihihi hihihi

    Like

Comments are closed.