Jatoh

Jatoh is his first word.

As parents what is the first word that you want to hear from your kid? Kalo ga mama/papa/ayah/bunda ato apapun yang ngerefer ke kita sebagai orang tuanya bukan sih?

Sama dengan kami kalo gitu.

Minggu lalu pas Aaqil periksa ke dokter setelah ulang tahunnya yang pertama, dokternya nanya udah ada satu kata spesifik apa belom yang diucapkan oleh Aaqil. Gw sih ingetnya Ayah, karena Aaqil sempet teriak ‘Adjaah‘ dengan susah payah sambil nunjuk ke gw pas gw tinggalin sholat sementara Aaqil ditaroh di sofa ga jauh di depan gw. Gak konsen ya bok sholatnya sampe bisa ngeliat Aaqil dan tahu yang dia lakukan. Hihihi. Habis cerita itu dokternya bilang kalo diucapkan sekali aja dan ga berulang ga bisa dianggep sebagai kata spesifik. Huhuhu.

Kuatir dong gw ama Bul ya. Si dokter sih kemudian jelasin ga masalah asalkan maksimal pas umur 15 bulan sudah ada paling ga satu kata.

Aaqil and His Camera

Aaqil and His Camera

Fast forward ke hampir seminggu setelah periksa yang mana kemis pas libur kemaren. Aaqil ini kan udah terbiasa makan di highchair ya. Ohiya, highchairnya ini dapet dipinjemin sama Mba Meta. Baik banget si Mba Meta dan Mas Pandu ini, selain highchair kami dapet banyaaaak banget mainan pinjeman. Hihihihi. Beruntung deh sebagai tetangga. *nyengir kuda*

Nah setiap makan di highchair kan Aaqil suka dikasih sendok dan piring plastik buat dia pegang ya. Sendok dan piring plastik itu suka dilempar ke bawah ama dia. Kalo kata baby center sih emang fasenya suka ngelempar barang, not necessarily he is being naughty or something, katanya mungkin aja dia pengen tahu apa yang terjadi kalo barang silempar ke bawah, jadi kami ga larang tapi sambil kasih tahu kalo barang dilempar bakalan jatoh. Kami bilang ‘piringnya jatoh ya, diambilin ya sama ayah/bunda‘.

Sampe suatu ketika pas makan dia lempar piringnya dia yang buat dipegang-pegang trus bilang ‘datoh!’. Awalnya gak ngeh tapi setiap kali ada barang jatoh dia selalu bilang gitu ato paling ga dengan mukanya yang yakin banget bilang ‘toh!’. Satu tingkat yang lebih advance lagi, kalo Aaqil ditaroh di highchair sambil pegang mainan trus gw ama Bul tinggalin buat ngambil sesuatu ato ngerjain kerjaan kayak cuci piring dan masak, dia pegang mainannya trus bilang ‘datoh’ berkali-kali sampai kami noleh sambil terus pegangin mainannya. Kalo ga noleh-noleh dilepaslah itu mainan dan jatoh beneran. Apa ya namanya itu, ngancem ato apa ya?

Ga perlu nunggu sampe 15 bulan. Kami dapet kata pertama yang spesifik. Tapi kokyaaaaa.. Jatoh?! Huaaaaa.

Selain itu akhir-akhir ini juga, beberapa kali dia nunjuk gelas minum sambil bilang ‘Num!’ Butuh beberapa kali pembuktian lagi sih kalo Aaqil sudah bisa bilang minum, tapi ya itu kalo ngomong sambil nunjuk-nunjuk gelas. Dan paling heboh kemaren malem. Dari atas kasur sambil tengkurep siap-siap tidur dia nunjuk-nunjuk tripod dan barang-barang di bawah dengan bilang ‘apachu-apachu‘. Gw anggep sih dia ngomong ‘apa itu’ karena setelah dijelasin barang yang ditunjuk dia diem trus nunjuk barang lain. Hihihihi. Bapak maruk tapi semoga ga ngelebih-lebihin cerita ya.

Trus kapan ngomong ayah bundanya doooong? Oh well kapan aja boleh sih, yang penting Aaqil sehat dan tahu kalo pas mau jalan minta tangan ke Bunda. Pas sama ayah? kasih ketek buat digendong. Hihihihi.

Aaqil setahun dua minggu.

Advertisements

128 thoughts on “Jatoh

  1. Aaqil iki ngganteng!! Setuju ama memtik walau komennya kok pedes kayak dicabein huahahahaha…
    Kata pertama Zua : yah, kata pertama imii : yayah..
    Terus anakku sing endi?!

    Like

  2. yeay, pinternya aqiil, sekarang udah punya kasakata baru, cepet tumbuh besar yah sayang, biar ayah bundanya kelabakan menjawab pertanyaan aqiil nanti πŸ˜€

    Like

  3. aiih… pinternya jagoan ganteng satu inii…. Sabar ya Ayah Bunda…. mudah2an bentarlagi muncul panggilan sayang dari ananda…

    Like

  4. gak apa2 lan Dan jatuh, dari pada elo di panggil ibu/bunda/mama wakakakak…kmrn pas 1,5 tahun gw dipanggil mami akhirnyaaaa biasa dia panggil gw papa dari kecil πŸ˜€

    nanti giliran Aaqil udah bawel loe yg pusing

    Like

  5. Pingback: Kata spesifik sorang balita | Dancing The Dream

  6. sabar deh biasanya anak laki kebanyak juga telat omong dibanding anak perempuan..
    happy belated bday aqiil.. jadi anak soleh dan selalu sehat..

    Like

  7. iih so cute si Aaqil *sambil gigit kamera pula*hihihi ngikik di bagian ge-er kau mengira dia manggil ayah , dan. Dokternya anpa tedeng aling aling langsung memupus harapan kata pertamanya ayah ya hahahaha

    Like

  8. iya ada masa2nya… ntar juga pasti tambah lama tambah banyak kosakatanya ya… πŸ™‚

    gua sih gak pernah merhatiin apa kata pertama dari si Andrew dan emma. hahaha. soalnya emang awal2 kadang kita merasa mereka ngomong suatu kata tapi ternyata setelah beberapa saat diliat ternyata bukan. cuma kayaknya kebetulan aja ucapannya mirip ama salah satu kata. πŸ˜€

    Like

  9. Yeaaaaaay… Aaqil udah mulai bisa ngomong…. Nanti kalo Aaqil mau apa2 sebutnya Papa terus ya Qil.. Hahahah.. *ngajarin anak kecil ngerjain bapaknya*

    Like

  10. Si Meca kata pertamanya “papah” eh giliran diajarin manggil mama malah nunjuk2 aku sambil bilang “nenen” -_- nasebkuh…

    Like

  11. Aaqil…kamu emang lucu bangeeett deh *cubit cubit gemes pipi Aaqil*
    setuju ama Tyka..Aaqil iki mirip bundane….heuheuheu

    Like

    • Apa katanya ga terlaku penting Yisha. Tapi sebelum umur 15 bulan harus ada satu kata yang spesifik yang bisa diucapkan. Sebagai tanda perkembangan bayi

      Like

  12. ich Aaqil sama dengan Favian….tttoooooosssss dulu

    kata pertamanya di umur 15m adalah JATUH dan terus berulang-ulang dilanjutkan dengan mami πŸ™‚
    kata itu keluar tanpa melewati fase babling ataupun kata lain yang terucap
    kata itu keluar setelah melewate fase kekuatiran dan kekuatan kami hingga mengambil keputusan tes assr serta terapi wicara πŸ˜€

    Like

    • Wah ternyata jatuh itu lebih gampang diucapkan ya. Hihihi. Alhamdulillaah ya Mba kalo perkembangan anak kita sesuai dengan harapan. Kalo engga pun tetep Alhamdulillaah ding. Hehehe.

      Like

  13. Kok sama ya? Beberapa ponakanku juga kata pertama yang diucapkan ‘d(j)atoh’.. Trus yg kedua ‘Bapak’. Mama’nya protes, katanya lebih mudah bilang ‘mama’ kok ya duluan bilang ‘Bapak’ daripada ‘mama’/’ibu’ πŸ˜€

    Like

  14. kalau anakku ya Ayah dulu baru bisa jelas sebut Bunda, karena emang Ayah lebih mudah sih *kompetitip*

    trus kalau ke Ayahnya kasi ketiak? wkwkwkwk…lucu banget sih kamu Aaqiil πŸ™‚

    Like

  15. adek sepupuku malah kata pertamanya “meyaaann”, maksudnya meme (dalam bahasa bali artinya “ibu”) wayan (disingkat me’yan). di lebih hafal emakku daripada ibunya. wewww… wkwkwk..

    Like

  16. Duh, anak kecil itu emang peniru sejati ya, tapi kadang yang ditiru itu suka nggak sesuai sama keinginan kita hahahaha. Tenang aja Dan, anak cowok itu emang sedikit lebih lambat dalam memulai ngobrol, tapi tungguin aja, tar jg bawelnya keluar semua, nanya ini itu, tar pusing lagi deh! Hihihi…

    Like

    • Hihihi. Iya BuLe. Kami juga udah kepikir gimanaa itu anak kalo ntar ngomong. Malah Bul udah bikin list pertanyaan mana aja yangbkudu ditanyakan ke ayahnya. πŸ˜›

      Like

  17. Anak bungsuku sampe umur hampir dua tahun cuma bisa ngomong “nih” dan “tuh”. Tapi begitu bisa ngomong, bawelnya minta ampun sampe sekarang.

    Like

  18. santai aja, om
    dulu si adi sampe umur dua tahun juga belum bisa ngomong. tapi begitu bisa, cerewetnya minta ampun dan itu drastis. kalo ncit sama ncip sih setaun dah mulai. ncit suka bilang mbek kalo ncip lihai bilang nenen…

    Like

    • Hihihihi. Kalo Aaqil dari sekarang udah ceriwiiis banget meskipun cuman blabber dan kata-kata jelasnya cuman satu dua kata. Kalo Ncip nurun bapaknya kali Kang.

      Like

  19. hahaha.. jadi si Aaqil blm bs ngomong ayah/bunda ya mas? *mengkasihani mas Dani πŸ˜›
    Khadziq dulu bisa bilang ayah dulu baru stelah umur 2 tahunan bisa manggil bunda πŸ˜€
    Aaqil msh mending sih, mngkn krn bilang ayah/bunda agak sulit yaa.. lah ponakanku seumuran Aaqil gedean dikit baru bisa bilang ‘dadah’ sama ‘duduk’ ajaa.. haha
    blm bisa manggil papa mama, padahal papa mama cukup gampang kan yaa..

    Like

  20. Aaqil ngganteeennng πŸ™‚
    Alzam kata pertamanya “teeeeehhh” manggilin tetehnya πŸ™‚ ambunya ngiri tapi syenang juga itu tandanya dia sayang tetehnya.

    Like

  21. aaqiiil… ngga terasa udah bisa bicara yaaa, nanti jangan berenti tanya tanya ayah tentang hal hal yang seru ya sayang. heartwarming pisan iyeuhhh! peyuk dani mbak bul & aaqil!

    Like

  22. Aaqil Makin lucu dan gemasin aja nich… heheheheh
    semoga sll sehat dan makin pintar ya Aaqil… Aamiin πŸ™‚

    Sabar aja Mas Dani dan Mba Bul, mungkin Aaqil lg merangkai kata indah penuh makna untuk panggilan sayang buat Mas Dani & Mba Bul… tunggu aja… hehehhee

    Like

  23. semoga bentaaaar lg bisa manggil mamah sama papahnya ya mas dani. Sehat selalu buat aaqil sayang..nanti pasti ada episode postingan kalo aaqilnya sudah bawel banget

    Like

  24. teringat ponakan saya.. Lebih duluan memanggil nama saya ketimbang mama papanya… Om Mumuuu…katanya.. Eh, Aaqil tambah cuakep… πŸ™‚

    Like

  25. Untuk mengurangi kesedihan lu ya, Dan, first word Nadya adalah “mbak”.. β€Žβ€‹β€‹(˘̩̩-˘̩Ζͺ)
    Congrats, Aaqil. Moga2 saat ayahmu baca komen kakak ini (kakak???!), kamu ud bisa ngomong kata-kata lain πŸ˜‰

    Like

  26. wah… Aaqil pinter ya… abis itu belajar bunda ya Aaqil, kalau ayahnya nanti2 aja…

    Dan… kalau ketemu, Aaqilnya dibawa ya… πŸ˜€ gemes

    Like

  27. Huaaa..Aaqil unyu banget Bang..
    Salam peluk cium buat Aaqil Bang Dan..Tapi fotonya yg diupload cuma 1 ya Bang 😦
    ntar kalo udah bisa ngobrol, pengen ngobrol ah sama Aaqil B|

    Like

  28. happy belated birthday Aaqil
    biasanya panggilan ayah atau papa itu suka baru belakangan bisanya lho
    kl sulungku yg pertama dia sebut nenek…

    Like

  29. Lagi senang senangnya punya anak se umuran gitu, ya gan. Apalagi lihat tingkah lakunya yang bikin…
    Pulang kerja badan cape, langsung ilang deeh..
    Kunjungan pertama, salam kenal gan.

    Like

  30. Datoh

    wakakakaka kata pertama yang terlontar
    sabar mas lama-lama kebagian kok jatah ayah bunda πŸ™‚

    btw jadi inget filmnya inuyasha ya yang kagome suka bilang jatoh wakakakakakaka

    Like

  31. kayaknya bakal duluan nyebut ayah deh mas, kalo bunda agak lama, karena ada u’u-nya. iparku aja sampe ganti panggilan dari bunda jadi mama (gokil banget kan?). gegara anaknya lebih gampang nyebut mama dari bunda. sabar2, ntar kalo udah cerewet malah bingung njawabnya….
    aqiil salam kenal yah

    Like

  32. aqil setahun dua bulan yaa.. berarti seumuran sama faeyza, faeyza setahun 1 bulan, memang lg suka jatoh2in barang, klo dikasih dibuang, tp klo skrg dikasih masuk mulut hahahahahaa… trus skrg lg mau makan smua makanan dewasa hehehe… klo faeyza lg suka ngomong “apa..apa.. gitu aja terus hahahaahaha.. biasanya jadi nyambung papa.. ngomong mama nya belum bisa hehehe… wah seru memang klo ngikutin tumbuh kembang anak yaa.. bikin kita senyum2 terus hehehe…

    Like

  33. aiiihhh,,,, lutu banget deh mas Aqiill…
    emang itu wajar katanya mas,, umur segitu dia penasaran sama gravitasi,,,
    Kata2 pertama Abbad apa ya??? semoga tidak “jajan” πŸ˜†

    Like

  34. Aduh, Daaaan….kata pertamanya Aaqil unik banget sih…?
    Hihihi, biasanya kan panggilan buat bapak atau ibunya, eh, ini malah kata kerja yang konotasinya adalah barang yang kena gravitasi….ah, ah, satu lagi nih bukti kecerdasan seorang anak πŸ˜‰
    Selamat ya Dan, buat kata pertama Aaqil yang termasuk kategori spesifik ini, udah sah deh disebut anak dengan usia dibawah 15 bulan πŸ˜€

    Like

  35. Setuju sama memtyk…ngganteng…deh Aaqil..:) hmmm pada masanya nanti…Aaqiil akan panggil panggil terus..minta ini itu…:) tuh udah mulai pinter…:) tetap semangan membacakan buku dan ngajak bercerita walapun mungkin respon jawaban tidak terlihat…tapi dia belajar dan mencerna kosakata…

    Like

  36. dulu ponakanku hampir 2 tahun belum bisa ngomong banyak loh bro. tapi sekarang ? jadi anak paling bawel yang pernah aku kenal.. hahahahaha

    Like

  37. Pa kabar Mas Dan? lama banget nih gak komen disini, kangen……
    Aqil tambal pinter aja, makin bangga dunk jadi ortu.kata mama papa ga masalah ga jadi kata pertama dia, yg penting dia kan kenal siapa mama papanya yang asli.
    emang koq banyak cerita, anak yg gak banyak ngeliatin kemampuan bicara waktu awal2, malah jadi super omonge akeh pas dia rada gede. but aqil mah insyallah normal aja sih, belum waktunya.

    Like

  38. kalau jadi orang tua, kata pertama yang kelar dari mulut anak saja sudah menggembirakan ya..
    semoga kata selanjutnya bisa tersusun menjadi kalimat πŸ™‚

    Like

  39. Aku jujur malah gak terlalu perhatiin kata pertamanya Raja, Dan, soalnya kadang dia ngomong kata yang sepertinya mirip dengan yang kita pikirin, tapi ternyata di lain waktu dia gak ngomong itu..jadi bingung sendiri… Tapi tahu-tahu aja anaknya udah bisaaa aja ngomong πŸ˜€

    Like

Comments are closed.