Bagi-Bagi Buku (dan Barang Lainnya)

Posting terbaru di bawah postingan ini.

Gw kemaren tanggal 7 April ultah loh. *pengumuman*.

Hehehe. Sehubungan dengan ultah itu, gw mau bagi-bagi buku (dan beberapa barang lainnya. Mau bilang giveaway tapi gak pede ih. Gak enak ama yang udah ngadain giveaway dan hadiahnya keren-keren. Sementara yang mau gw bagi-bagiin ini buku-buku koleksi gw pribadi.

Well, Instead of opening a booksale (like someone did), I’ll just give them away! hahaha! πŸ˜›

Tujuan awal gw sih pengen berbagi indahnya pengetahuan yang gw dapet dari buku-buku itu. So meskipun bukan buku baru, knowledge is still knowledge right?

Ada 8 buku yang mau gw bagiin:

  1. Paulo Coelho’s The Alchemist (Bahasa Indonesia): Satu-satunya bukunya Paulo Coelho yang gw punya. Isinya bagus, tapi entah otak gw yang ga nyampe ato gimana ya, perlu dua tiga kali baca baru ngeh. Huahahaha.
  2. Tjahja Gunawan Diredja’s Chairul Tanjung Si Anak Singkong (Bahasa Indonesia): Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari buku ini. Bagaimana seorang anak singkong bisa membangun sebuah kerajaan bisnis yang luar biasa. Terlepas dari kontroversi penulisan buku ini ya. Yes, cerita tentang pendiri TransCorp ini termasuk yang mau gw bagikan. Ada yang belom punya? πŸ˜€
  3. Yoris Sebastian’s Oh My Goodness Buku Pintar Seorang Creative Junkie (Bahasa Indonesia): Udah lumayan lama sih buku ini terbit, tapi isinya tetep bisa dipake sepanjang masa kok. πŸ˜€ Kalo ngaku orang kreatif mestinya sih suka baca buku ini ya. Gimana kreatifnya seorang Yoris dan bagaimana dia bisa mengejawantahkan *jiah bahasa gw* kekreatif-annya dalam setiap langkah karirnya.
  4. Cecilia Ahern’s P.S. I Love You (Bahasa Indonesia): Udah nonton filmnya kan? Yang dibintangi *halah* sama Gerard Butler? Gw sih belom. Haha. Gw tipe yang males nonton-nonton film romantis gini, apalagi yang sedih-sedih. Tapi baca bukunya berasa beda banget. Keren dah ah pokoknya. Gw ngebayangin kalo misalkan gw yang ada di posisi tokoh utamanya kok gak sanggup rasanya.
  5. Yann Martel’s Life of Pi (Bahasa Indonesia): Bukunya barusan aja difilm-kan. Kata yang nonton sih bakalan eye-gasm dan yes gw belom nonton. Hihihi. Menurut gw buku ini luar biasa karena bisa cerita gimana seorang anak bertahan di atas perahu berdua saja dengan seekor harimau Bengal India. Capek, sedih, bahagia dan segala macam rasa campur aduk sepanjang baca buku ini.
  6. Harper Lee’s To Kill A MockingBird (Bahasa Indonesia): Buku dengan latar belakang suasana southernnya Amrik ini mengangkat tema prasangka, ketegangan sosial dan hubungan antara manusia dengan indahnya. Masuk di daftar one of the books you have to read lah pokoknya buku ini. Gw ada versi bahasa inggrisnya tapi namatin bacanya versi yang bahasa Indonesia ini. Hihihi.
  7. JK Rowling’s Harry Potter and The Deathly Hallows (Bahasa Inggris): Kalo buku yang ini masih baru kinyis-kinyis bener deh pokoknya. Diplastikin, soalnya ada satu lagi buku yang sama tapi versi hard covernya. Udah pada tahu kan buku yang ini? Ga usah diceritain lahyaa… hehehehe
  8. Ligwina Hananto’s Untuk Indonesia yang Kuat, 100 Langkah untuk Tidak Miskin. Well, buku ini yang bikin gw kepincut sama financial planning. Bagus banget kalo menurut gw. Meskipun Wina (sok ikrib) bukan yang pertama nulis soal financial planning, tapi tulisannya dialah yang paling bisa menarik perhatian gw *satu lagi bukti kalo gw lebih seneng ama tulisan Ibu-Ibu*. Banyak banget lah ilmu yang bisa didapatkan dari buku ini.

Delapan buku tadi adalah hadiah-hadiah yang sampe sekarang berhasil gw poto dan upload ke wordpress. Ada beberapa barang lagi yang bakalan jadi hadiah.

UPDATE!!

Ada tambahan hadiah berupa barang dari temen-temen blogger gw yang keren-keren sebagai berikut:

  1. Panci Hello Kitty dari Millie Cakery punyanya Mak Yeye
  2. Ajeng Bracelet dan Peniti Kerudung dari MemTyke yang punya Ndutyke Handmadeshop
  3. Flatshoes merek Kul Kith ukuran 38 yang disponsori oleh Bul sang istri tercinta! aseli ini barang masih baruuu banget tapi ini bukan pesan sponsor dari si pemilik merek loh! πŸ˜›

Tenang aja, kalo barangnya baru semua kok. πŸ˜€

Nah buat bisa dapet hadiahnya begimana?

  1. Ikutannya cukup memasukkan komen di kolom komen bawah.
  2. Punya alamat pengiriman di Indonesia, blogger atau orang yang tinggal di overseas boleh ikutan tapi ngirimnya ke alamat keluarga yang ada di sini boleh ya Kakaaak.
  3. Karena gw ngadainnya di blog, kudu punya blog dan email yang hidup.
  4. Komen ditunggu sampai tanggal 27 April 2013.

Trus pertanyaannya apa?

Well, karena gw sedang membina rumah tangga kecil yang baru berumur beberapa tahun *jiaaah*, banyak dong biaya yang diperluin, mulai dari cicilan ina ini itu, biaya pendidikan anak, biaya sekolah dan sebagainya dan sebagainya. Berhubungan sama itu, boleh gak nih berbagi tips menghemat dalam hal apapun? Misalnya : gimana pasang kanopi buat jemuran di lantai atas dan atau car port, biaya pendidikan anak sebaiknya disimpennya di mana, trus lebih hemat mana dengan atau tanpa asisten rumah tangga, gimana menanggulangi utang kartu kredit atau hal-hal lain soal penghematan, investasi, asuransi dan sebagainya.

Harus spesifik sesuai dengan yang gw sebutin di atas nggak sih? Jawabannya BEBAS. Share dong tips-tips berhemat ala keluarga kecil kaliyan. Kalo buat yang belom berkeluarga, biasanya melakukan penghematan di bidang apa? trus suka nyimpen duit ato investasi di mana yang paling menarik menurut kaliyan?

Semoga sih gak susah ya. Trus diposting dimana? Cukup di komen di bawah ini ya man teman. Hehehe..

Nggak susah kan ya ya ya?

Hehehe.

Harapan gw sih bisa belajar banyak dari ide-ide yang diposting di mari. πŸ˜€

Hope you all like the idea dan semoga banyak yang ikutan. πŸ˜€

Kalo udah ada tambahan potonya gw bakal update hadiahnya. πŸ™‚

Oh iyaa… kalo yang udah pada punya bukunya monggo lho ikutan. Kali aja mau dikasih ke temen. πŸ˜€

Advertisements

330 thoughts on “Bagi-Bagi Buku (dan Barang Lainnya)

  1. Yeaaaaay….
    Dengan mengucap Bismillaaaaahirrohmanirohhiiim, gw ikutan GA ini πŸ˜€
    sebelumnya mo ngucapin, selamat menempuh umur baru mas, semoga semakin barokah dan berlimpah rejeki dan rukun selalu dlm berumah tangga amiiiin

    Berhubung masih single…

    Gw itu belakangan sering / mulai menahan selera untuk nggak belanja tas hahhaa, rada susah sih tapi udah mulai berkurang sedikit demi sedikit.
    Mulai Invest ke LM πŸ™‚ dan setelah berhasil untuk pertama kalinya dan sekarang jadi ketagihan, karena udah keliatan hasil :p rada nyesel kenapa gk dari dulu2 .

    Semoga gw bisa menang ( pengen buku Life of Pi and PS I love you hehehee )

    Like

  2. ikutaaan yaaa…

    utk keuangan keluarga..awal2 nikah dulu aq nyiapin amplop2 yang bertuliskan jenis2 kebutuhan..misal : amplop biaya maksi di kantor dll..jadi di awal bulan..semua uang sudah ada di posnya masing2..tapi skrg udah mulai males begitu, skrg cuma ngandelin catetan di excel aja tiap ada uang keluar..hehe..

    utk pendidikan anak, dari mulai anak lahir..aq dan suami sepakat utk membeli 1 gram emas..jadi tabungan pendidikannya mereka adalah emas..sempet ikutan reksadana juga,,tapi karena gak berani berspekulasi, akhirnya ditarik uangnya setelah setahun dan dibeliin emas juga..ikut tabungan pendidikan yg autodebet dari rekening juga, tapi akhirnya ditutup juga setelah setahun dan memilih fokus ke nabung emas aja..

    apalagi ya..utk masak, biasanya belanja mingguan di pasar tradisional, lebih hemat daripada belanja harian di warung sayur deket rumah..kalo masalah ART, sesuai kebutuhan aja..

    ntar deh ditambahin lagi.. πŸ˜€

    Like

  3. Tips berhemat ala Nina:
    Kalo mau ngemall, tentukan agenda dan budget. Berangkat setelah makan siang di rumah, bawa bekal makanan lengkap buat anak (susu, snack, dll) jadi di mall ga usah jajan karena sampai di mall perut masih penuh dan kalo anak kelaperan tinggal buka perbekalan.

    Sekian.. πŸ™‚

    Like

  4. selamat ultah ya mass,,,,
    boleh ikutan kuis nya dunk,,,, gampang ini #sombong.padalan.bingung.mw.jawab.apaan… πŸ˜€
    Tips berhemat yak,, (hening)
    saya share pengalaman aja ya mas, tentang pengelolaan duit sehari-hari…
    Setiap dapet gaji, langkah awal saya adalah membagi post-post kebutuhan saya sebulannya, dari post transport ke kantor, njajan, blanja, sampe nabung, jadi dengan begitu pengeluaran setiap bulan selalu jelas, berapa untuk jajan, berapa untuk nabung.

    Like

  5. Mas selamat menempuh hidup baru. sekedar tips aja, catat setiap pengeluaran dan pemasukan bersama, usahakan ini menjadi kebiasaan. Nah, bikin kurvanya pakai Ms.Excel, trus liat, jadi bisa dianalisis buat pengeluaran berikutnya. Biar hemat.
    Dan, kalo punya anak, sebisa mungkin wariskan seluruh kemampuan kalian berdua, dari hal2 yg kecil dulu, misal: memasak (ini penting lho, agar anaknya bisa belajar bertanggung jawab mengurus rumah tangga nantinya).
    Trus, untuk menghemat dan sekalian refreshing, sekali2 luangkan waktu buat berbelanja dgn istri, entah itu kebutuhan sehari2 atau furnitur.
    Investasi yg paling buruk adalah menabung di bank. Investasi paling sederhana (yg berhasil dilakukan sm ibu saya) adalah beli perhiasan emas. Kalau punya banyak uang, boleh beli tanah.
    Sekian dan maaf kalau tidak nyambung.
    (kalau boleh nih mas, buku yg saya pingin adalah mockingbird sm the alchemist)
    πŸ˜€

    Like

    • Ikutan yaa *pede banget

      Tips Hemat ala keluarga keciL ku *Uyel uyel jidat
      -aku belum punya baby jadi masih suka hengout gitu xixixi tapi lebih di kurangin juga
      *terus suami kan jarang di rumah paling sebulan sekali pulang nya, ga masakin makanan paling langsung beli aja lauk nya nasi nya di rumah, terus di rumah juga aku ga punya kulkas atau mesin cuci jadi bayar listrik ga gede gede amat πŸ˜€
      *Berusaha ga kegoda ama barang yang lagi ngtrend di pasaran.. nama nya juga cewek yaa
      *Berusaha ga jatuh cinta pake BB/android 😦 *ga penting banget

      Like

  6. Ikutan ya Dan
    – Tips hemat untuk makan keluarga yaitu lebih sering masak sendiri, bahannya beli di pasar kramat jati sepulang kerja. Selain murah, kualitas sayuran, tempe dan tahunya lebih baik
    – Frekuensi makan di luar dikurangi, maksimal 5x dalam sebulan.
    – Membuat perencanaan keuangan tiap akhir bulan untuk bulan berikutnya dan di-review tiap akhir minggu.
    – Mencoba untuk tetap bersemangat memasak sendiri dan berkomitmen terhadap hal-hal tersebut di atas πŸ™‚

    Like

  7. Selamat ulang tahun Dani. Beda dikit tanggal lahirnya, tapi beda jauh umurnya. Hahahaha

    yampuunn PR banget nih GA nya.

    imel yang hidup tuh maksudnya gimana?

    hihihihihihi *salah fokus*

    Like

  8. Percaya ga Dan, ketika gue di Sing, gue jauh lebih hemat daripada di Jakarta. Entah kenapa di jakarta hedon banget haha πŸ˜€ Mungkin kl di sing karena selalu di convert jadi stress sendiri :p
    Tabungan pendidikan :
    1. Daku overall setuju sama mb Sari, nabung emas paling aman Dan. Paling ga dia akan stabil ngikutin mata uang. Kalo nabung uang pasti kena inflasi dll. Gue sendiri nabung emas setelah nikah.
    3. Investasi pendidikan di bank. Ambil aja yang paling kecil cicilannya hihihi πŸ˜€
    Perencanaan bulanan :
    1. Rekening terpisah. Rek. Tabungan sama Rek. Pengeluaran harus dipisah. Sebisa mungkin rekening tabungan ga ada debit cardnya biar ga diambilin πŸ˜€
    2. Di pos-pos dl dari awal bulan. Sisa pos langsung masuk rekening terpisah. Trus masing-masing pegang sesuai jatahnya (Suami : Listrik, air, uang jajan, dana vacation,dll) (Istri : belanja bulanan, uang jajan, asuransi, dll) Cukup ga cukup harus cukup.

    Wah kok jadi panjang bener hahaha πŸ˜€ (kalo menang boleh donk Dan, Life of Pi-nya hihihiii)

    Like

  9. Wahduh tema berhemat ya *puter otak* sejujurnya aku ini kan boros ya tp 2 tahun belakangan ini udah kurang sih nafsu belanjanya, udah lebih melek tabungan masa depan dan biaya pendidikan anak πŸ˜€

    Sejauh ini sih aku sama Aping investasinya dgn cara beli emas, kumpulin duit trus tiap berapa bulan sekali dibeliin emas. Jd tiap bulan itu setelah itung2an utk belanja dapur, keperluan Meca, keperluan aku dan Aping, dana darurat dll fix baru kita sisihkan dana yg tersisa.

    Biasanya kita targetin tiap bulannya kudu nyimpen dgn jumlah sekian meski kadang bulan ini dgn bulan sebelumnya bisa beda nominalnya gk selalu sama tp tetep ada angka minimalnya sih, intinya harus disiplin krn kalo gk bisa bubar blas deh itu target bulanan hohoho.
    Btw…happy birthday ya Mas πŸ™‚

    Like

  10. Tips Berhemat ?
    hhmmm …
    Akan saya sampaikan 3 hal saja ya Dan …

    1. TAXI
    Kalo nggak perlu banget … jangan naik Taxi … dipercaya atau tidak … ongkos taksi itu lumayan gede

    2. GROSIR
    Biasakan kalo mau belanja kebutuhan rumah tangga itu … datangnya ke toko grosir aja … toko engko-engko di pasar … again … percaya sama saya … ini hematnya lumayan …

    3. SCHEDULED
    Ini rada ridiculous … tapi cobalah untuk melakukan segala sesuatu secara terencana.
    “rekreasi” yang terschedule … belanja yang terschedule … “ngafe” yang terschedule dan sebagainya …
    Karena … sekali lagi … boleh percaya boleh tidak ,,,,hal yang tidak direncanakan … impulse buying … ini sangat besar dampaknya terhadap “keuangan” kita …

    Kok menderita banget sih om kelihatannya ?
    Ya … emang begitu … elu mau berhemat nggak ??? it’s up to you sih …

    hahaha

    salam saya

    Like

  11. aseeeeekkk ada bagi2 buku….gue rekues yang buku sianak singkong yaa…*kedip kedip*

    penghematan ala gue :

    – pake kartu kredit, kalo lagi ada promo2 di resto2, trus bayarnya ga nunda2 ampe bulan berikutnya, jd ga kena bunga *standar lah ya tipsnya ;p*

    – tiap bulan di pos2in semua pengeluaran. Dan sisanya disimpen, kalo ada yg urgent2, kayak misalnya kondangan mendadak, atau ada sodara yang sakit, lahiran, dll

    – tiap belanja bulanan, musti bawa catetan di kertas kecil / note dihp, apa2 yang mau dibeli (bikin list dulu di rumah / kantor). Kalo bisa, jangan melenceng2 dari catetan.

    – rajin pantengin pamflet2 promo2 supermarket / hypermarket, misalnya minyak goreng, deterjen, pokoknya pilih yang paling murah, walopun selisihnya cuman 500 perak juga, hihihi emak2 banget deh gue..

    – selalu sisihin buat investasi di LM, karna reksa dana masih blom mudeng ;p

    – jarang pake pulsa buat nelfon. Maksimalkan jejaring sosial yang ada, twitter, WA, bbm, apapun. Pokoknya diusahakan ga ngabisin pulsa lagi buat nelfon atau sms..heuheu

    banyaaaak yaaaa ternyataaa penghematan gue…hihihi ;p

    http://desidedy.blogspot.com
    twitter : @desidesi26

    Like

    • huahahaha, bener banget Deiii untuk yang pulsa. Kerasa gak sih sebenernya sekarang kalo ga pernah benar-benar ngeluarin duit buat para temen kita in terms of pulsa? πŸ˜€

      Like

  12. Iyes! Saya ikutan, mas πŸ˜‰

    Sayangnya saya belum berkeluarga, sehingga belum bisa membagikan pengalaman berhemat dalam sebuah keluarga. Tapi, saya punya abang yang baru punya dua anak. Saya kira, saya bisa berbagi dari pengalaman abang saya itu.

    Ini soal berinvestasi untuk keperluan masa depan. Abang saya bilang, investasi itu kelak akan digunakan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya.

    Di mana dia menginvestasikan uangnya? Dengan membeli emas! Menurut abang saya, investasi melalui emas lebih terjamin keamanannya ketimbang investasi di bank. Ya, dia memang punya sikap yang kurang ramah terhadap bank konvensional perihal investasi ini, sebab dalam jalan pemikirannya, bank telah menerapkan riba yang dilegalkan. Lagian, katanya lagi, berinvestasi di bank itu hanya menguntungkan segelintir orang saja.

    Tapi, tentu saja, tidak semua investasi menjamin rasa aman sepenuhnya. Tidak terkecuali investasi emas ini. Hanya saja, menurut perhitungan abang saya itu, investasi emas itu lebih menenangkan jika dibandingkan dengan investasi di bank. Jadi, memilih tempat yg tepat untuk berinvestasi juga perlu dipertimbangkan baik-baik.

    Sayangnya, saya tidak bisa menjelaskan panjang-lebar soal investasi emas ini. Abang saya, seingat saya, sudah menjelaskannya dengan sangat meyakinkan. Tapi kok malah kayak hilang semua di ingatan ya. Mungkin karena saya belum mencobanya sendiri… :mrgreen:

    Tapi, last but not to least, selamat atas ulang tahunnya lho, mas danikurniawan. Semoga umurnya berkah, semoga dianugerahi keluarga sakinah hingga akhir hayat.

    Dan kalau ternyata saya berhasil menang serta diperkenankan memilih buku sendiri, To Kill a Mocking Bird atau Life of Pikayaknya keren sekali. :mrgreen:

    Like

  13. wah.. begini mas…
    1// kudu punya daftar belanja tetap : seperti bayar rek listrik, rek listrik dsb, alokasikan untuk itu dulu..
    2// jika ada sisa baru digunakan untuk hal-hal yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan..
    klo belum butuh pake kanopi jangan dipasang dulu, lebih baik gunakan untuk yang dibutuhkan
    3// alokasikan dana untuk hal-hal yang tidak terduga

    πŸ™‚

    Like

  14. Happy milad ya Daaaaannn… semoga jd ayah yg baik bwt Aaqil dan suami yg sholeh buat Bul, Aamiin..

    Nah, pertanyaannya nih yg agak2 susah πŸ˜›

    Kalo gw sm si akang, biasanya nyisihin di depan sejumlah uang yg sudah disepakati bersama di awal, untuk kepentingan berikut : dana pensiun + dana darurat, caranya kita pilih beli reksadana.

    Yg pasti cuma dua itu aja sih. Paling sesekali (kalo dapet ‘uang kaget’ kita beli LM dan atau reksadana lagi). Berhubung blom punya baby jd blom ada dana khusus, masih dimasukin ke dana darurat tadi.

    Soal berhemat, biasanya dg ga sering2 makan di luar (baca : gw yg masak :P), dan berlangganan TV cable ajah biar ga keseringan nonton pilem di bioskop *sigh* qiqiqiqi

    ebuset panjang bgt. yasud segitu aja ya kakaaak *halah* πŸ˜›

    Like

  15. Tips agar selalu awet muda:
    Awet muda itu bisa terjadi karena kesehatan baik dan kesehatan baik berarti gak sering-sering masuk rumah sakit yang tentunya menghabiskan banyak biaya.
    Caranya :
    1. Mengetahui asal muasal makanan yg akan kita beli. Seumpama beli tempe, kita harus tahu apakah kedelenya kedele lokal atau import. Kalau dari kedele impor mending gak usah beli dan gak usah makan tempe, karena 80% kedele impor datang dari pertanian yang menerapka GMO (genenetic modified Organism)

    2. Sayur mayur segar di pasar itu dan buah-buahannya yg kelimis, datang dari pertanian konvensional atau organik. Kalau dari pertanian konvensional ketahuilah bahwa sayuran tersebut selama hidupnya, minimal menerima semprotan pestisida 2 kali seminggu. Jadi usahakan cari sayur organik. Kalau mau lebih hemat lagi tanam sendiri. Gak ada kebun? Gak masalah. Pot kan ada.

    3. Tinggalkan beras putih dan beralihlah pada beras pecah kulit, merah atau hitam. Lebih mahal? Siapa bilang..Beli pada suppliernya langsung harga beras sehat ini bisa lebih merah dari beras putih biasa di pasar…

    Begitu dulu mas Dani.
    Kalau menang, aku sudah punya buku Coelho dan Harper Lee..Jadi yg lain saja ya hehehehe…

    Like

  16. Daku ikutan ya Bang πŸ™‚

    Apa ya tipsnya?

    Mmm…

    Gini, curhat aja kali ya…

    Pertama, kita (aku dan Suami) gak ada yang pakai kartu kredit. Kalau ada promo pesawat, baru dech pakai cc temen dan langsung kita lunasin. Sebelum gajian, ngajuin budget bulanan yang aku inginkan ke Suami, di-breakdown segala lho Bang. Biar keliatan apakah penting atau gak. Di sinilah pembahasan keuangan per bulan didiskusikan dan sekuat tenaga diterapkan.

    Terus, kalau sehari-hari, transportasi yang kita gunakan ya motor (Suami), ojeg atau bis. Taksi itu dipakai kalau lg perjalanan jauh dan bawaan buanyuak banget. Kita jarang naik taksi hehehe…

    Kita jarang ke mall hahaha…ya kalau ada yang mau dibeli, baru dech ke Mall. Itu pun ya memang bener2 beli, bukan beli yang “ini lucu yaaa” πŸ˜›

    Kalau travelling, kita bergaya backpacker, Bang. Keseringan kita share travelling sama temen2 grup. Jadi pengeluaran bisa hemat mat mat. Kalau lagi travelling berdua, ya dikondisikan saja sama budget πŸ™‚

    Kita juga sadar tentang fungsi asuransi. Jadi kita berdua udah punya asuransi masing-masing. Dan Alhamdulillah, tiap bulan kita bisa nabung rutin πŸ™‚

    Oiya, bikin kartu Alfamart karena kita seriiiiiiiiiiiiiiiiiing banget belanja di sana hahaha lumayan lah terbantukan πŸ˜€

    Apalagi ya, kalau aku bawa bekal dari rumah. Suami? Gak hehehe…

    Inti semua ini sich, kami berusaha menjalani hidup yang memang berdasarkan standar pendapatan ya, gak hedon karena belum mampu juga beli tas LV segala πŸ˜€

    Alhamdulillah, sejauh ini…percaya atau gak, pengeluaranku dibandingkan pas single jadi lebih teratur dan hemat πŸ™‚

    Like

  17. permisii.. mau ikutan GAnya.
    eh sebelumnya met milad dlu, smg berkah umurnya.
    saya belum berkeluarga sih ya, tp klo boleh share tips berhemat,
    – pas jaman ngekos pernah disaranin bapak nyiapin 30amplop yg d tempel d buku. uang bulanannya disisihkan sebagian buat cadangan, sisanya dibagi 30. jadi tiap bln cma boleh pake max sejumlah isi amplop. klo ad kbutuhan mndsak ambil cadangan.
    – masak sdiri, jauhh lbih hemat
    – pinter2 mensubstitusikan barang. pinter2 belanja barang. menentukan mana kebutuhan mana keinginan. misalny sy dlu, budget terbatas, tp butuh dompet dan tas pesta. akhirnya sy bli whpo yg kece, fungsiny bwt dompet tp bs jg d pake bwt k pesta :3
    – investasi k barang yg hargany stabil. yg belakangan lagi ngetren katanya dinar. Dinar itu dari jaman baheula (Nabi kali ya) sampai sekarang ga terlalu berubah nilainya. mungkin mmg blm terkenal, tp bs d coba. ato klo yg udah pasti itu emas πŸ˜‰
    bismillah.. smg beruntung hehe

    Like

  18. Irit ala gw :

    1) Belanja sayuran tiap minggu sekali dipasar tradisional
    2) Beli daging/ikan buat anak gw di supermaket skalian belanja bulanan, belanja bulanan nya sambil pk kacamata kuda biar ga kegatelan liat sana sini :p
    3) Biasanya gw belanja bulanan di mall yg ada gia**/c4 nya, jd sblm msk mall mesti berdoa dulu d mobil smoga ga ada setan yg nyuruh gw berenti di store ina ini inu :p
    4) Kemana-mana cuma bw kartu kredit 1 wlopun punya lbh dr 1, itupun ga bw yg kk itu lg bnyk promo, kecuali emg lg butuh br deh gesek :p
    5) Kalo ada rencana makan diluar, cr minuman nya yg bs refill *emak super medit*
    6) Klo slh satu ada yg resign, lbh baik ga usah pk pembantu *klo keuangan nya ngepas lho yah* disamping hemat ga pk ART tp puas urus anak sndiri,lgpula hemat bqt sm gas, aqua, minyak goreng dll, krn ga perlu masak banyak tiap harinya. Disamping itu juga bisa bikin tubuh kita sehat, kuat dan langsing, krn kan tiap hari urus rmh dan anak plus suami, pasti olahraganya lbh keras drpd di FF ato SF hahahahahahaha *klo gw msh pk bibi krn gw jualan kue, jd mau ga mau mesti pk bibi,mgkn klo millie udh gedean dikit, bs lah gw ga pk bibi* #malah curhat
    7) Gw lbh suka nabung dengan cara rutin masukin uang ke rek tiap bulan nya dlm jumlah yg sama. Wlopun dikit yg ditabung lama2 segitu gitu aja eh jadi bukit yak hahahaha *kriuk*
    8) Asuransi gw ambilnya yg jiwa aja buat millie, gw sm lombi ga ikutan asuransi
    9) Biasanya klo mau pasang kanopi ato mau ngedak ato mau ngecat rmh, yg judulnya perbaikan rumah, gw liat tabungan dulu sih, klo emg bisa dipake, ya pk, klo ga bs yaudh manyun aja liat tembok yg penuh dengan goresan air hujan :p
    10) Hemat listrik dengan cr nyuci 3hr skali, setrika smggu 2x, ac dipake dr jm1-4sore & jm7mlm – jm5pagi. Lampu kamar mandi slalu dimatiin tiap selesai dr kamar mandi, tv ditonton seperlunya.

    Ahhh irit ala gw emak2 bqt yah, tp msh kalah sm desi kayanya :p
    Smoga gw menang, hadiahnya apa aja gw terima πŸ™‚

    Like

  19. 1. selamat ulang tahun, semoga selalu sehat dan bahagia..
    2. bukunya buat yang lain ya.. cuma no.3 yang blom baca..
    3. tip hemat ala tintin adalah bikin amplop, beberapa amplop untuk setiap pengeluaran, misalnya untuk “pengeluaran tetap”: bayar satpam-tukangrumput-aqua-listrik-hape-tvkabel-koran-majalah-belanjamingguan-belanjabulanan-bedinde-gas-londri-asuransi-ongkos.. daku bikinnya difolder, dikelompokin, mana “pengeluaran tetap” mana “pengeluaran tak terduga”.. biasanya “pengeluaran tak terduga” adalah sisa dari pengeluaran tetap yang ternyata masih ada yang sisa.. dan pengeluaran ini rutin setiap awal bulan dimasukin amplopnya, begitu gajian, mulai deh ngamplop.. jangan diutakatik.. nanti daku mo posting ya..
    ongkos lain sendiri, karena diganti kantor jadi ongkos ku masukin sebagai “warning” saja.. jadi daku punya pilihan, mau naik taksi apa naik bus, tentu saja naik taksi lebih mahal, tapi daku langganan taksi roda dua, lebih murah dan lebih cepat..
    makanan selalu masak sendiri dan bawa bento, iritnya lebih banyak daripada daku makan diluar dan tentu saja lebih sehat..
    kalu mo belanja, lebih ngirit belanja online, kebanyak di jkt ongkirnya gratis.. juga jadi lebih ngerem dibanding kita ngemall..
    kalu sudah nikah, ada baiknya ada tabungan bersama yang ga boleh diutakutik.. tabungan itu 20 persen gaji bersama.. punya anak tentu lebih banyak pengeluarannya..

    apalagi ya? ntar deh ku posting soal hemat ini.. hemat bukan berarti pelit kan?

    Like

  20. kakak selamat ulang tahun yaa! semoga semakin berkah usianya dan kian sukses! btw kak… ITU BUKU YANG DI ATAS TUUUH! BUKU YANG AKU PENGEN SEMUAA! *shock *maaf alay
    ikutan deh :3 bismillahirrohmanirrohim!

    Ruri masih single nih kak.. Kawin aja masih belum mau πŸ˜† ruri pribadi sih kalo ngehemat agak aneh. Jadi semisal dikasih duit berapa sama papah, sebelum start besoknya seperempat, sebagian atau seluruh duit udah ruri tabungin duluan. Soalnya kalo ditunda duitnya pasti entar kepake buat hal-hal enggak terduga yang kadang enggak logis(?) Nabungnya pun tradisional, di celengan strawberry! :3 karena kalo menurut ruri nabung di celengan sama bank sensasinya beda. rasa buat ngumpulin duitnya kuraaang banget kalo di bank. Mungkin karena duitnya nggak keliatan mata kali ya jadi nya kurang semangat? Soalnya kalo di celengan rasanya itu… lega dan pengen nabung lagi lagi dan lagi. Kalo celengan udah berat rasanya suatu pencapaian :’)
    –NB: Buat kkk di atm aja deh mending. kan kkk bukan anakanak lagi πŸ˜†

    hak-hak-hak

    tapi kalo menurut saya buat kakak sih;
    1: jelas lah, harus dilist dulu apa-apa aja yang dibutuhin. sekolah anak kakak, transportasi, makan dll.
    2 : lihat apa gaji kkk berlebih atau malah kurang. kalo berlebih syukur-syukur sisanya bisa lgsg ditabung. kalo kurang yaa diminimalisir sebisanya.
    3 : START ACTIOOON! cth: bawa makan dari rumah, hemat bensin dengan pergi ke tempat-tempat yg perlu saja, puasa! atau pilih beberapa keperluan tersier yg menurut kkk bisa dihilangkan (kyk budget buat langganan koran/alat kesehatan, mecat pembantu!!-kalo ada sih-) jadi uangnya kan bisa dipake buat keperluan yang lain atau enggak gitu langsung ditabuuung!
    4 : ikut lomba di bidang yang kkk suka yang mana lomba tersebut berhadiah uang :mrgreen: kan enggak bakal ada ruginya tuh. kkk seneng ngerjainnya, mau enggak dapet uang noproblemo, mau dapet alhamdulillah. hueheheh
    5 : kalo ada waktu senggang, coba kkk sekalikali bikin barang bekas apa yg mungkin bisa dijual lagi dari rumah kkk. entah itu lampion dari botol bekas si adek, anyaman kotak dari gulungan kertas koran, atau wadah dari kulit telur atau yg lain deh! Kan entar kkk bisa promosi di sini dan waktu yg senggang tadi pasti bakal bermanfaat :3 oooh, atau buka rental buku/video games/vcd kaak! :mrgreen:
    6 : Kalo masalah yang kartu kredit… hmm………….. maap bgt nih kak, ruri gataoo. yg jelas dulu papa ruri langsung nutup kartu kreditnya setelah tau bakalan enggak efektif. jadi sekarang mamah-papah enggak pake kartu kredit deh meskipun punyaa.
    7 : TIPS TERAKIR NIH KAK! karena ruri berjiwa muda *ceileeh* jika ruri ada di posisi kakak, ruri mungkin bakal berlombalomba sama suami buat “Siapa yang nabung terbanyak akir taun nentuin beli apaaah.” Jadi di setting dulu minimal berapa setiap bulan buat nabung yang sblmnya harus disepakati barengbareng, terus dimulai deh perbulannya kayak gitu. akhir taun diitung jumlah yg kekumpul berapa dan part yg asik di gamesnya ya itu kak! nentuin mau pergi kmn atau beli apa dari yg paling banyak nabung. pasti asyik kak :3

    kayaknya itu aja deh kak. udah panjang bangeeet ini btw πŸ˜† semoga bermanfaat dan saya dapet “life of pi”/”to kill a mocking bird”/”The alchemist”/”Deathly hallows”! XD XD

    Like

  21. Dan, gue pengen tuh yang nomer 6. Dulu pernah punya eh trus ilang, hixs..
    Tips hemat gue sekeluarga ya, Dan? Tips hemat gue aja, boleh? Sebagai istri kan boleh ya? Ya?
    Here we go:
    1. Membiasakan Nadya doyan masakan gue. Soalnya masak sendiri itu jauh lebih hemat. Untungnya Nadya blom kenal rasa sih, jadi dimasakin apa juga hayo. Tantangan tersendiri buat gue supaya terus belajar masak, gimana dia akan tetep suka makanan gue setelah kelak dia kenal mecin dan fastfood :p
    2. Ngutang LM. Beli LM via pegadaian maksudnya πŸ˜€
    3. Kurangin nonton di bioskop, banyakin donlot. Emang sih mesti bersabar lebih lama, tapi gpp lah πŸ™‚ Terus kalo filmnya untuk semua umur, kita bertiga ngeriung depan tipi, nonton bareng πŸ™‚ Kalo film dewasa, ya tunggu Nadya tidur dulu, baru nonton πŸ˜€
    4. Enggak follow twitter OLS. Paling ngeliat website-nya aja :p Kalo follow kan ntar bisa tergoda sama postingan foto-fotonya..
    5. Nge-charge HP di … kantor … xD
    6. Punya anggaran tersendiri yang gue sebut anggaran foya-foya. Besarnya 10% gaji. Jadi kalau bulan ini beli sepatu, bulan depan beli tas, bulan depannya lagi beli buku. Anggaran ini harus kepake. Jadi kalo enggak buat gue ya buat Nadya πŸ˜‰
    7. Gue malah selalu menghindari sale baju/tas/sepatu, lho. Males desak-desakannya, dan kadang kita malah jadi beli barang yang enggak kita butuhin, cuma karena mumpung diskon. TAPI gue selalu pantengin diskon alfamart atau giant atau hypermart, yg gitu-gitulah πŸ˜‰
    8. Beli sepatu yang murah aje, toh gw wara-wiri di kantor juga cuma sendal jepitan :p
    9. Pakai sistem amplop buat uang bulanan. Pembagian gue sih, 30% buat uang transport dan makan (gede ya bo, maklum ngangkot), 10% anggaran foya2, 15% tabung, 15% invest, 15% anggaran patungan bareng suami (buat bayar yang enteng-enteng, kayak biaya sekolah atau rekening listrik), 15%ortu πŸ™‚
    10. Selalu berusaha mix and match baju biar tampilan tetep fresh tapi enggak mesti beli baru :p

    Like

  22. Dani….mat ultah ya… semoga umurnya barokah, dan terlimpahi rahmat-NYA ditiap langkah mu & keluarga…
    Hm, tips hematku apa ya? Paling sih, berusaha melakukan seuatu dengan terencana, memaksa diri menyisihkan sebagian dana utk ditabung di awal bulan (bukan dari sisa di akhir bulan), trus…ikut tabungan Hari Raya (baik yg dibagi dlm bentuk uang atau yg berbentuk sembako) jadinya pas lebaran datang gak terlalu pusing dengan banyaknya kebutuhan.. πŸ™‚

    Like

  23. met ultah ya Dan, smg hidupnya makin semarak dan sehat terus, aamiin

    tips berhemat? apakah seorang “buntut” dalam keluarga bs kasi tips? lha wong aku iku buoros eh Dan

    palingan bkn perencanaan aja tiap akhir bulan buat bulan berikutnya

    Like

  24. weee met ultah mas dani. moga berkah dan panjang umur.

    saya sih ada satu tipes simpel. nggak ada salahnya beli deposit pulsa di agen pulsa atau master reload. selain bisa buat dijual ke temen atau tetangga, paling nggak bisa dipake sendiri dengan harga yang lebih hemat dan nggak harus beli keluar lagi. πŸ˜›

    hehe ya walau tipsnya gak bikin menang seenggaknya bisa jadi masukan sederhana.

    Like

  25. Met milad Mas Dani. Barokalloh. Semoga keberkahan selalu menyertai keluarga mungil mas dan, jadi always ngerasa cukup. ^-^

    soal berhemat, aku sudah terlatih berhemat sejak kecil, karena keuangan keluargaku memang termasuk yang menengah ke bawah.

    Aku belum menikah dan mendapatkan salary mepet standar setiap bulannya.

    Maka untuk mengakalinya, aku menggunakan kekuatan magic. Bukan ngepet juga c.. :mrgreen:

    jadi, gaji yang kudapat itu langsung dihabiskan. Dibagi 4 bagian. 1/4 untuk infaq, 1/4 untuk bayar listrik dan belanja dapur, 1/4 untuk bayar cicilan hutang, 1/4 lagi untuk transport sehari2. Selesai sudah. So simply, rite? :mrgreen:

    jadi kekuatan magic yang kumaksud adalah dengan berinvest sama Alloh. Memang kayaknya ngga rasional banget, tapi terbukti dengan cara itulah aku still alive. Dengan cara itu Alloh menjaga kesehatanku sekeluarga sehingga ngga perlu ada biaya RS yang sueper mahal, dengan cara itu pula semua urusan seakan dimudahkan Alloh sehingga ngga perlu ada biaya tak terduga, dengan cara itu pulalah, Alloh menggerakkan hati tetangga untuk saling berbagi sehingga seringkali kebutuhan pangan tercukupi, dan banyak lagi hal-hal unrasional yang keluargaku alami.

    Itu caraku dan keluarga secara magic.
    Tips realnya, hmm.. Dengan membawa bekal ke kantor, membeli barang yang dibutuhkan dan tahan diri terhadap yg diinginkan, jarang ke luar, jarang nonton TV, memanfaatkan barang bekas, banyak-banyak liat “yg dibawah”, jgn sering2 liat “ke atas”, dll. :mrgreen:

    kalau untuk investasi, ada yang menganjurkan dengan dinar, tapi aku sendiri belum pernah mengaplikasikannya, bukan ngga mau, tapi ngga mampu. πŸ˜›

    oh iya, perlu aku tekankan mas, kadang-kadang, antara irit dan pelit itu beda tipis. πŸ˜†

    Like

  26. wahhh ikutan ya mas πŸ˜‰

    1. happy b’day mas dani WYATB πŸ˜€

    2. orang bilang hemat pangkal kaya *amiiiin* …hemat bukan berarti pelit ya hehehe…

    3. hidup tanpa hutang itu damai sekali (menurut gw loh ya)…tapi kalo gak ngutang atau gak nyicil juga lama punya nya,, apalagi brang2nya yang qta impi2kan. Tapi biar gak bingung itu kalo nyicil barang gak jbret skaligus ambil ina ini itu. Satu-satu pelan tapi pasti biar gak bingung dan gak bikin pusing. kalo satu uda lunas baru lah ambil lagi πŸ˜‰

    lebih bagus biar gak pusing gak usah pake kartu kredit memang sih praktis tapi mnimbulkan resiko *mnurut gw* πŸ˜€

    4. cara menghemat uang perbulannya sih biasanya memang harus di pos-poskan bila perlu (kayanya perlu bgt) qta mencatet dulu kebutuhan-kebutuhan pokoknya. Biasanya kan kalo gak di catet itu kadang yg pokok dikesampingkan yg bukan pokok malah jdi yg utama.. tiap belanja harus ada catetan sma rinciannya sekian rupiah dan kalo lebih dari target kita bisa mengira2 apa nih yg musti dikurangin.

    – contohnya biaya dapur dari mulai sembako apapun (tapi jgn gara2 hemat makan tahu tempe aja hihih),dan rada dikurangin juga beli makanan diluar atau makan2 diluar,usahakan manfaatin makanan2 yg udah dibeli…ya kalo sesekali aja boleh lah biar gak trlalu jnuh.lebih bagus kalo mas sblm krja itu sarapan drmh aja hemat kan :-D.

    – untuk biaya2 cuci mncuci,seperti sabun2,smpo,psta gigi,dll

    – biaya listik,air,telepon rmh,tv kabel/indovision,cicilan,pulsa,biaya2 nyangkut iuran2 di perum,gaji pembantu, dan terpenting yg di dahulukan untuk pendidikannya anak.
    biar gak keteteran di pos-posin dan dirinci tiap blnnya.
    yah klo gak repot2 amat mning gak pke pmbantu tpi dgn catatan istri sma suami hrus bisa krja sma dlm hal mengurus RT.
    klo memang ke dua2nya kerja rada repot yah usahakan bagi waktu jgn smpe istri lpa kodratnya ngandelin pmbantu trus.kecuali kalo memang penghasilan nya menunjang kenapa engga πŸ™‚
    untuk biaya pndidikan anak diusahakan harus pnya rek tabungan untuk pndidikannya smpai ke depannya nanti. kan tenang klo uda pnya tabungan.

    – biaya perlengkapan dan peralatan.

    – biaya tak terduga..nah ini penting juga soalnya siapa tau barang2 drmh rusak mungkin tv ksmber ptir, dan qta kan gak slalu sehat ada sakitnya …ini perlu untuk memposkan uang bila anak atau siapa skt gtu,gak musti pusing lgi klo uda ada posnya.

    5. Nah bila semua kebutuhan pokok terpenuhi baru lah memikirkan inves berupa tabungan,asuransi,deposito,emas mungkin tapi inget simpan di tmpat atau bank terpercaya (takut dirampok hihihi).

    6. BTW panjang bgt ya gw koment hehehe

    Like

  27. Selamat ultah ya Dani, semoga selalu berbahagia dengan keluarga :).
    Buku punya buku no.4 filmnya juga sdh nonton.

    Tips menghemat alaku:
    ●Masak sendiri, dibanding beli jadi atau makan diresto.
    ●Siapkan dana darurat, aku taruh diamplop khusus ga bisa diutak-atik kecuali urgent butuh banget.
    ●klo bisa tanpa prt ya lbh baik, tp rasanya ga mungkin krn suami istri kerja, kecuali si anak bisa titip nenek kakek :D.
    ●Hemat bensin, untuk jarak dekat lebih baik jalan kaki atau naik sepeda.
    ●Hemat listrik, coba cek semua bohlam dirumah apakah sdh gunakan yg hemat energi?. Skrng ada yg hanya 3-5 watt yg terangnya setara 30-40 watt bahkan lebih. Bohlamnya memang lbh mahal, tp klo dihitung kita bisa berhemat biaya listrik.

    Like

    • Makasih Mba Nella. Makasih juga udah ikutan. πŸ™‚ btw emang bohlam hemat energi itu mengjemat in the long run Mba. Trus sayah juga suka jalan kakiiii. πŸ˜€

      Like

  28. Weeeeeee, bos Dani ulang taun ternyata.. Selamat yah, sukses terus buat kehidupan dan segala seluk beluknya.. *singkat jelas padat* πŸ˜†

    Sebenernya ane pengen banget ikutan GA nih gan *ngincer To Kill A Mockingbird — yang lain udah punya*, tapi jiper nih ngeliat manteman dunia maya ngasih tips nya bagus-bagus banget.

    Happy birthday ya Mas.. πŸ™‚

    Like

  29. Happy belated bday you, my sorority brother!
    I wish you all the best beyond the earth.. Be a good ayah, a good husband and a great person!

    Like

  30. Ihiiy.. Mau ikut meramaikan aah..
    Jujur aku & suami bukan penghemat & doyan invest.. Dua2nya tukang jajan..
    Naah, jadi sejak aku berhenti kerja & pindah ke bandung, mau ngga mau pengeluaran mesti menyesuaikan dengan pemasukan (yg sekarang hanya berasal dari 1 sumber). Cara ngirit kami.. (Sebenernya irit ini beda tipis sama pelit) πŸ˜›
    1. Setiap bulan buat evaluasi pengeluaran, aku buat tabel di ms.excel. Jadi bisa kelihatan pengeluaran apa yg kira-kira bisa dihemat. Contohnya belanja bulanan. Untuk keperluan rumah tangga aku beli di supermarket (cari yg paling sering promo) sedangkan untuk bahan-bahan masakan belanja di pasar seminggu 1x.
    2. Sekarang setiap mau belanja bulanan semua kebutuhan dicatat, yang ngga bener2 perlu dicoret. Dan ngga boleh nyamber yang lain2 saat belanja. Untuk makan, aku buat menu seminggu, kadi bisa hemat ongkos ke pasar.
    3. Setiap pergi belanja bawa uang secukupnya, tanpa kartu kredit atau atm. Biar ngga seenaknya belanja.
    4. Dirumah selalu diusahakan hemat listrik, hemat air, dan hemat telepon. πŸ˜›
    5. Aku ngga pake ART full time, karena sekarang udah full dirumah. Cuma pake jasa tukang cuci seminggu 3x. Kenapa ngga pake jasa laundry kiloan? Karena setelah dihitung2 biaya tukang cuci lebih murah dari laundry kiloan sebulan. Kenapa ngga cuci sendiri? Karena aku pemalas. πŸ˜›
    5. Kartu kredit hanya kami pakai untuk keadaan darurat. Seperti berobat ke RS atau beli tiket pesawat. πŸ˜€

    Sekian, Terima kasih
    πŸ™‚

    Like

  31. whoooaaaa.. mau ikutan ah..
    berhubung belom nikah jd tipsnya yg dijalanin skrg aja yaa…
    1. tiap awal bulan, yg disisihkan pertama untuk nabung LM, sisanya baru bwt keperluan lain, hehe…
    2. jarang2 ke mall, kalopun ke mall cari resto yg termurah, sebisa mungkin sbelom brangkat makan di rumah dl
    3. rajin2 mantengin promo2 supermarket. ini hasil ngeliat si nyokap, yg katanya harga promo ini lumayan bgt bedanya sama harga normal, palagi klo promonya unt daging2an.. trus belinya yg agak banyakan. biar bsa awet
    4. kalo punya tetangga yg usaha catering, akrab2in aja.. biasanya pengusaha catering slalu tau harga promo di hampir setiap supermarket, dann kalo orgnya baik, pas dia blanja nemu yg murah dan dia tau kbutuhan kita, biasanya dia talangin dulu tuh. mayan kaaann,,hahhaha
    5. bwt yg doyan baca buku, klo budget beli buku terbatas, sering2 aja ke toko buku, numpang baca disana, ahahha.. klo gw biasanya bsa 8jam tuh di gr**ed
    6.klo mau beli gadget, cari tau hape termurah di kelasnya..
    7. tiap minggu bikin list masakan unt seminggu ke depan, jd pas ke pasar blanjanya bsa ngepasin menu unt minggu dpn and gada yg kebuang.

    wakwaaawwww byk jugaa….semoga berguna yaaa.. ^^

    Like

  32. silaturahim bleh.. maap baru bisa kunjung-mngunjung πŸ˜€

    betewe, situ ultahnya bulan maret?
    sama donk kita,,
    selamat deh ya, kalo kata abegeh: We Ye A Te Be

    Like

  33. first, happy birthday kakak… sehat2 selalu ya…

    btw, si pacar tuh penggemar berat paulo coelho loh, dia punya hampir semua buku2nya hahahaha… aku juga baca tuh yang the alchemist… ketika si pacar begitu memuja2 ini buku, aku malah ga ngerti isi bukunya apaan hahahaha… otakku juga kayaknya ga nyampe sana… hehehehe…

    untuk tips2 hematnya…. aku ga bisa bantu banyak karena pada dasarnya aku orang yang boros juga hahahaha… aku paling lemah ngeliat sesuatu yang lucu2, jadi dulu borosnya di barang2 lucu yang padahal ga butuh2 amat… tapi sejak mulai merencanakan pernikahan sampe persiapan ini, aku mulai belajar ngerem ini itu… cuma satu sih yang masih susah direm, beli2 voucher makanan di website diskonan hahahahaha….

    kalo dari yang aku dapet waktu kursus pernikahan itu tuh, kira2 10% dari gaji kita ditabung atau diinvestasiin, terus sisanya dibagi per pos, misalnya ada pos pendidikan, kesehatan, kebutuhan sehari-hari, dll…

    kalo investasi…aku masih lari ke asuransi… pikir sekalian proteksi kan lumayan… belakangan mulai ngelirik ke reksadana, katanya itu juga bagus… investasi emas juga katanya nguntungin sih, karena harganya kan naik terus… tapi untung aku beli cincin kawin pas harga emas lagi turun hehehehehe…

    semoga membantu kak… dan semoga menang πŸ˜€

    Like

  34. Happy bday, Dani! Makin sukses ya.
    Baik banget sih kamu, ultah malah ngado πŸ˜‰

    Gw juga masih blajar hemat, secara selama ini sering bocor hehe..
    So far, paling hemat itu waktu ga punya CC atau debit card. Klise yet true, beraaatt banget mau bayar pake cash. Blanja online pun tak bisa. ;p

    Like

  35. Hemat ya?

    Kalo sy sederhana aja, Mas. Paling bawa bekel dari rumah setiap kerja. Trus kalo anak-anak sekolah, sy buatin snack ringan sama minuman dari rumah.

    Kalo buat cemilan anak2, sebisa mungkin ga jajan di luar, bikin sendiri di rumah, misalnya agar-agar warna-warni yg dipotong kecil, trus es buah bikinan sendiri, hmm… Kue-kue kering/basah.

    Oiya… Biasanya Keke sama Dede suka kalo saya bikin es teh manis di plastik.

    Lebih hemat, juga lebih sehat. πŸ˜€

    **HBD yaaa… Wish you all the best! πŸ˜‰

    Like

  36. happy birthday lagi ya dan!!!

    tips keuangan ya… wuiii secara keuangan kita sendiri aja belum bener, masa ngasih tips ya.. huahahaha.

    tapi kira2 begini deh tips dari kita:

    1. wajib mencatat pengeluaran secara detil harian. detil sedetil2nya ya. sampe parkir pun harus dicatat. soalnya kalo yang keliatannya kecil2 gak dicatet, setelah ditotal impact nya bisa besar lho.

    kegunaan mencatat pengeluaran detil hariannya ini biar kita bisa bikin recap (kita pake pivot table di excel, tapi gua yakin ada banyak free software/app juga buat ini) dan bisa bikin flux analysis per bulan. di pos mana yang tiba2 melonjak misalnya. atau pos mana yang bisa kita usahakan ditekan untuk penghematan.

    kalo ada budget (kita bikin budget sih secara kasar banget), kita juga bisa bikin comparison budget vs. actual dengan report ini. jadi kita tau mana yang over budget dan kenapa. apa emang kita harusnya harus bisa menekan pengeluaran disana atau budget nya yang gak realistis dan harus di-adjust.

    pokoknya mencata pengenluaran harian secara detil ini sih sangat amat penting dah. πŸ˜€

    2. maksain nabung. mau seberapapun besarnya pokoknya tiap bulan, harus ada sebagian dari gaji yang diamankan duluan. kalo kita sih set-up recurring transfer yang otomatis di tanggal gajian, langsung mindahin sejumlah uang ke rekening lain. nah duit di rekening tersebut tuh gak boleh diutak-atik.

    step 2 ini juga perlu banget menurut gua. karena kalo gak dipaksain, yang ada pasti lebih susah nabung. dengan dipaksa begini, jadi kita anggep aja emang gaji kita gak segitu.

    contoh, gaji kita 5 juta. tiap bulan kita langsung transfer 500rb ke rekening lain. jadi kita setting mindset kita kalo gaji kita sebenernya 4.5 juta aja. bukan 5 juta. jadi 4.5 juga itu harus cukup. gak boleh gak.

    3. berhubung bunga tabungan itu gak ada artinya (apalagi disini, hampir gak ada bunganya), jadi ya kalo uang tabungannya udah terkumpul cukup, boleh dipikirkan untuk dimasukin investasi yang jangkanya lebih panjang. investasinya apa ya silakan dipelajari masing2 lah. kalo duitnya banyak banget sih, gua saran invest di property karena property di indo itu sangat amat menguntungkan. tapi kalo gak nyampe ya bisa invest di emas atau reksadana.

    dari yang gua baca2, sebaiknya sih kita punya tabungan yang likuiditasnya tinggi (gampang cair) sebesar 6 bulan pengeluaran bulanan kita. buat jaga-jaga aja kalo sampe (amit2) perlu ya.

    4. balik ke point 1, gua gak bisa ngasih tips sebaiknya pos apa yang bisa dihemat karena setiap orang prioritasnya beda2. yang penting prinsipnya adalah kita harus bisa nabung, tapi juga tetep bisa enjoy life. balance gitu. jangan dengan mengatasnamakan ‘demi masa depan’ trus jadinya super irit (irit ama pelit bisa beda tipis ya :P) trus sampe idup sengsara menderita gak menikmati hidup. soalnya usia itu kita gak tau kan sampe kapan. apa gak nyesel kalo gak sempet nikmati apa2 trus tau-tau is dead? Huahaha. πŸ˜› apalagi kalo yang belum berkeluarga, akhirnya duitnya dinikmati orang lain kan? rugi atuhhh…. πŸ˜›

    jadi pinter2lah bikin balance antara menabung dan menikmati hasil kerja kita juga… πŸ™‚

    Oh ya, menurut gua asuransi adalah expense, bukan investasi. Ini pendapat pribadi gua aja ya. jangan diomelin kalo gak setuju. πŸ˜›

    asuransi tentu perlu, kayak asuransi jiwa atau kesehatan misalnya. dan premi asuransi masuk expense.

    tapi gua gak suka ama asuransi yang sifatnya investasi. misalnya asuransi pendidikan. kalo gua sih mendingan invest di property/emas/reksadana kayak yang gua tulis diatas. hasilnya juga bisa buat pendidikan kan… πŸ˜€

    so.. that’s my opinion… πŸ˜€

    Like

  37. Dani, met ultah yaaa.. Semoga selalu sehat, sukses, bahagia dan sekeluarga dilindungi oleh Allah SWT.

    Ngucapin met ultahnya udah, sekarang mo nagih hadiah, hahaha :p

    Baca komennya Arman, aih kok mirip banget sih. Aku n suami juga nyatet sak detil-detilnya. Pengeluaran satu sen pun dicatat lho! Nyatetnya pake Excel. Jadi ini kira-kira yang aku n suami lakukan:

    1. SEMUA transaksi dicatat.
    2. Tiap habis gajian disisihin sekian buat zakat, sekian buat invest. Kami invest-nya di reksadana saham. Yes, di sini pun masih tetep jalanin investasi itu
    3. Jarang makan di luar. Lebih sering masak. Dulu malah kalo ngantor aku bawa bekel.
    4. Kalo weekdays ga pake mobil. Mobil cuma buat jalan-jalan pas weekend. Dulu berangkat n pulang ngantor sih jadi roker yess (rombongan kereta)

    Udah sih ya kayaknya. Bingung mo nulis apa lagi

    Like

  38. Wah bermanfaat juga nih GA nya mas,, bisa baca tips2 dari byk orang dan bisa dicontoh ma sy.. Selamat ulang tahun mas,, sukses selalu

    Like

  39. yeah, HPnya english, gimana dong?
    kalo masalah hemat sih, catat pengeluaranmu dan pikirin lagi, ”penting ngga sih mengeluarkan duit untuk ini?” sebab, banyak pengeluaran yang ”ternyata ngga penting”…..

    Like

  40. jadi inget waktu renovasi rumah Dan…
    karena atap ditinggiin, otomatis pintu2 juga ditinggiin biar seimbang, tapi daun pintu yang belum lama kita ganti kan sayang kalau mau buat baru lagi…
    akhirnya ditambahkan kayu aja, selisih 20 cm lah …, ditambal di atas 10 cm, di bawah 10 cm…
    jadi bisa hemat hampir 8 ratus ribu, ..

    untung garasi, daripada didak yg jatuhnya mahal banget, kita buat dengan pakai atap baja ringan yng muirah2 aja.. terus bagian atasnya itu agak ditinggiin nemboknya, dari lluar kelihatan sepeti didak juga , he..he… hemat jauh deh …

    Like

  41. belum telat kan ikutan? *celingak-celinguk cari tuan rumah hihi…*
    Sebelomnya, met ulang taun ya, Dani, moga makin disayang anak istri, makin berkah sisa umurnya, sehat terus.

    Nah klo aku, berhubung sejak merid gak kerja (eh sejak lulus kuliah belom sempet kerja), otomatis harus tau diri, klo sumber pendapatan cuma dari 1 sumber, suami. Aku juga orangnya boros dalam hal makanan. Tapi karena aku ama suami dr kecil terbiasa hidup pas-pasan, makanya sampe skrg pun dibiasain begitu.

    Misal gaji suami 5 juta, masuk ke rekeningnya (rekeningnya ga ada atmnya, banknya punya kantor dan klo mo ambil cuma di gedung kantornya, di tempat lain susah nemunya) tiap tgl 24. Nah nanti setiap tanggal 27, ditransfer secara otomatis ke rekeningku 2 juta. Jadi selama ini, aku beranggapan gaji suamiku ya 2 juta. dan dari 2 juta itu juga aku harus bisa menyisihkan, cukup gak cukup harus bisa, toh banyak juga yg punya gaji di bawah itu masi bisa idup mpe sekarang πŸ˜€ sisanya buat apa? buat mencapai impian kami πŸ™‚

    Prinsip aku sama suami sejak awal nikah harus seiring sejalan

    1. Perbanyak sedekah
    Biasanya ke orang2 yg deket ama kita, entah itu sodara ato bahkan ortu. Entah itu dalam keadaan lapang rizki ato lagi sempit. Dan aku tuh sering banget tiap tengah bulan berasa keree banget, itung2 sisa uang cuma cukup buat makan doang, kayaknya ga cukup buat yg lain-lain…eh ternyata walopun secara itung2an logika kere, ternyata pas udah akhir bulan, cukup aja tuh, malah bisa juga buat ajak anak jalan2. jadi adaa aja rejekinya. Aku yakin ini efek sedekah.

    2. Tentukan Prioritas dan Target
    Kalo aku sama suami, terus terang masi kolot dan tradisionil banget dlm hal mengelola uang. Masi ikutin cara2 ortu2 jaman dulu aja yang klo punya uang ya beli emas ato properti. Nah jd selama ini kami juga gt, sampe detik ini belum ikutan reksadana atau saham atau apalah. Beli properti dari uang yang terkumpul di rekening suami, sementara beli LM dari uang yang aku sisihin, entah itu ikut arisan, trus klo menang, uangnya dibeliin LM.

    Suami sndr punya cita-cita, sebelom anak masuk TK, harus bs beliin si anak properti walopun cuma seuprit, sesuai kemampuan dan uang yg ada. Kenapa? krn klo udah TK, SD…..sampe Kuliah, takutnya ga kebeli krn biaya pendidikan mahal.

    Itulah makanya waktu anak kedua kmrn PG, trus kita punya uang, tdnya bingung apa uang itu buat renov rumah yg udah banyak rusaknya, ato dibeliin properti. akhirnya, lebih milih dibeliin aja, toh uang sewanya bisa buat bayar uang pangkal sekolah ato buat bayar spp sekaligus 1 th (dapat diskon 1 bulan). Renov rumah menyusul aja klo ada rejeki lagi. selama ini ga ada anggaran khusus buat sekolah, buat rekreasi, ato naro uang di pos-pos tertentu. Akunya ga mau ribet. Dulu waktu belom punya anak sih sempet nulis semua pengeluaran sampe 500 perak aja dicatat.

    3. Gak ngutang kecuali yang gak pake bunga
    Mungkin tiap org beda prinsipnya, klo aku ama suami ya maunya begitu. makanya aku ga punya cc, dan klo beli Lm lebih baik nunggu dapet arisan, pdhl kan bisa aja nyicil..tapi kan nyicil itu ada uang ini itunya jg. Suami sih punya cc dr bank kantor, biasanya buat bayar kesehatan ama buat biztrip. Beli properti selama ini juga ga pernah berurusan dg bank. Alhamdulillah dr kantor ada fasilitas pinjeman buat beli rumah, tanpa bunga, itu dibeliin buat anak ke 1 sebelom dia Tk, trus buat anak ke dua, dr hasil menabung 5 th, bonus selama 5 th, plus pinjem dana darurat kantor sebesar 1 bulan gaji, tanpa bunga juga. Gimana yg ga ada fasilitas pinjeman dr kantor tanpa bunga? ternyata bisa aja tuh….contohnya adek cowokku, gajinya sebesar uang bulananku tp dia bisa punya rumah tanpa punya cicilan ke bank. Tergantung gaya hidup dan rajin menabung

    4.Ingat motto “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”
    Aku yakin banget, ada saatnya nanti kita cuma tinggal menikmati hasil kerja keras kita dan hasil menabung. Aku sih tertarik juga ama reksadana, tp belom tau ilmunya. Kondisi aku yg ngerasa keree bgt tiap tengah bulan, itu terbayar impaass dg tercapainya target2, seperti bisa beli properti buat anak, sebelom dia TK. walopun keciiiil dan nun jauh di sana. Mudah2an klo ada rejeki bisa beli yg lebih gedean.

    5. Keinginan itu tidak terbatas, tapi tidak semua keinginan harus kita dapatkan
    Naahhh..klo kita cuma ngikutin hawa nafsu, maunya banyak, pengen ini itu. Tapi apa itu yang kita butuhkan?

    Waahh panjaaang bgt serasa nulis postingan di blog sendiri *maapken*

    Like

  42. Gara berhemat keuangan keluarga :
    1. tinggalkan zona nyaman
    2. berbisnis dengan istri dirumah
    3. rumah = kantor. Biaya transport dan tetek bengeknya pasti turun drastis.

    Haha….. tips gak jelas blas.
    Kalau gak mutu, boleh diabaikan. Hehehe….

    Like

  43. Biar afdhol gw ucapin sekali lagi deh “Selamat Ultah Cah Bagus, semoga semakin sabar, selalu bersyukur dan makin bijaksana”
    Oia gw milih buku yang anak singkong, yang laen gw udah ada yg baca atau males kayaknya bacanya.

    Tips Hemat ala gw :

    1. Belanja lauk mingguan, ayam, ikan dibeli seminggu sekali kemudian diolah, disimpan di kulkas dalam keadaan siap dihangatkan ulang. Karena gw gak ada pembantu ya.
    2. Beli sayuran harian, dalam hal ini gw belinya pas pulang kerja di warung sayuran depan gang rumah gw. Gak sampe sepuluh ribu bisa masak sayur sama beli tahu tempe loh kan lauk utama udah ada dikulkas.
    3. Selalu bawa sarapan atw kalo bosen bawa sarapan, bawa aja lauk buat makan siang, gw dikantor ada magic com buat masak nasi rame-rame.
    4. Utamakan naek kendaraan umum (bis kota/kereta) atw bawa motor, ini jauuuh lebih irit dibanding naek taxi atw bawa mobil sendiri. Sampe kantor lecek? Gimana kalo mandi paginya sekalian dikantor ajah πŸ˜€
    5. Rajin-rajinlah bikin cemilan, bisa dengan ngegoreng kerupuk udang atau pangsit. Kalo mau sehat cemilannya ganti buah tapi buahnya jangan apel atau kiwi, pilihlah buah sejuta umat kayak pepaya sama pisang. Lebih sehat daripada beli jajanan diluaran.

    segini aja udah panjang bener yaa, nanti gw bikinin postingan juga deh. Masih gatel pengen merepet panjang lebar soalnya.

    Like

  44. Yihaa ada yang ultah, happy bday ya ayah aaqil..semoga selalu jadi keluarga asik dan tetep mesra sama mba Bul ^^

    coba ikutan ah…. berhubung mirip nih baru membina keluarga kecil nan bahagia, anak juga seumuran hihi..jadi ini nih beberapa penghematan yang suka aku lakukan :
    1. Diapers
    Berhubung si bayi dititip di daycare, jadi dipakeinnya kan popok sekali pakai itu. Nah pengeluaran lumayan nih di bagian ini. Maka kalau dirumah dan wiken, Devdan pake clodi (hadiah juga sih ini dari tantenya hihi jadi ga usah beli lagi).
    Coba dihitung :
    Semalaman biasanya pakai 2 diapers, dikali 5 (senin-jumat), dikali 4 minggu = 40 diapers,
    Wiken rata-rata 4 diaper, dikali 2 (sabtu-minggu), dikali 4 minggu = 32 diapers. Total = 72 diapers.
    Artinya dengan diapers yg biasa aku beli, bisa hemat 2,5 packs, which is per packs 90IDR..tuh lumayan kan hihihi

    2. Tidak (belum? hihi..) menambah lemari/rak buat barang-barang Devdan
    Kenapa? Suka gak tahan kalau lihat barang bayi yang lucu, even itu cuman piyama tidur doank hehehe dan karena sekarang sudah penuh lemarinya hahaha jadi tiap buka olshop/ke toko bayi, langsung males begitu inget duh lemarinya udah gak muat..hehehe, Ini berhasil loh di aku hahaha sampai si ayah kalau lewat toko bayi di bintaro itu suka bilang “eh udah lama nih ga kesini” #yeaay…

    3. Tetep semangat ng-ASI dan pumping dikantor, selain mau berusaha kasih yang terbaik buat Devdan, juga karena ternyata sufor mahal jendral hehehe.. Jadi tiap hari kalau pas turun semangat pumpingnya, langsung deh browsing-browsing olshop ttg harga sufor ini. Dan kalau mau kasih sufor yang bagus (katanya) ternyata mehong alias mahal. Hehe bulu kuduk pun berdiri, terus langsung deh niat pumping jadi tinggi.. Hehehe

    Begitulah tips hemat ala emak seperti saya ini hehehe…semoga buku To Kill A MockingBird atau life of Pi nya bisa nyangkut ke rumahku ^^ yaa…

    happy birthday ^^

    Like

    • Mkasih bundanya Devdaaaan. Hihihihihihi. Kalo menang hadiahnya dititip ya, pengertian sekali dirimu. Oiya amiiin buat doanya. πŸ™‚

      Like

  45. bismilah,, mw ilutan jugak ah,, tapi hepi best day dulu ya..smg slalu dalam lindungan Allah SWT

    kalo tips hemat keluargaku si..
    menekan pengeluaran-pengeluaran kecil..ini ni yang tipa bulan pasti membengkak..jadi
    1. bawa bekel maksi ke kantor,,mbontot bahasa kerenya =P
    selain hemat uang maksi juga hemat bensin,(gk perlu keluar2 buat cr makan)sehat, bersih dan makan bisa tepat waktu,,tapi biar gk bosen adalah 1 hari dalam 1 minggu yang beli diluar, biasanya hari jumat, sekalian sholat jumat gt (pengalaman paksuami)

    2. make listrik pas jam-jam TDL murah, buat ngisi tandon air, nyuci baju, nyuci mbl/mtor,nyetrika dsb (pokoknya pemakain yang bisa diatur la)

    3. makein bayi clodi daripada pospak, ASIP daripada Sufor (ini sungguh berpengaruh besar pada belanja bulanan minus pampers dan sufor)

    4. gak tiap hari bawa mobil,,selangseling dg motor,tergantung keperluan

    5. gak tiap weekend ngemall, refreshing ke tempat lain, yang murmer..

    dll

    kalo investasi,,secara disini tinggal dikampung di sidoarjo, suka ruwet kalo bl2 LM, jadi solusinya beli emas kecil-kecil aja,,misal jatah investasi 1-2 bulan digabung buat beli cincin emas gt,, baru ntar kalo ada uang lebih, bonusan, insentif THR dibelikan yang agak gedean ,isal gelang..simpel..kalo butuh uang tinggal dijual2in,,ato digadaiin do toko emas juga bisa,,tipsnya, yang kita jualin yang uda lama belinya, jadinya untungnya lumayan,, dan “bathi gawe” (lumayan bisa gontaganti aksesoris emas, jadi gk bosen)

    Like

    • Makasih jeung Yanie. Eh tips investasi emas perhiasan bisa dipake juga ya. Benar-benar bisa dijual di mana saja. Klo LM emang aga susah nyarinya. Makasih ya sudah ikutan… πŸ™‚

      Like

  46. oiaa satu lagi…kalau aku menang, bukunya dititip lewat mba bul aja ahahahaha kan mas Dani jadi hemat ongkir tuh bwahahaha ya gak ? #kedip-kedip kelilipan#

    Like

  47. selamat ulang tahun mas dani. ikutan Ga ya. (aku mau buku life of pi nya ya) hehe…

    kalo keluarga kecilku sistem penghematannya gini mas :

    1. tiap hari aku catet semua pengeluaran sampe ke koran dan parkir di buku yg aku buat khusus, trus aku masukin ke sheet excel. klo berhasil nabung lebih banyak atau irit dari bulan sebelumnya aku warnain ijo. klo boros, merah. di aku sih ngaruh ya karena aku jadinya pengen liat sheetnya warna ijo terus. hihi..

    2. aku jg dari awal nikah (kebetulan punya baby setelah nunggu hampir 2 tahun) udah mulai nabung LM. klo suami, sebelum nikah, udah nabung di reksadana. rencananya LM buat dana TK dan SD. sedangkan reksadana untuk SMP dan seterusnya. walopun sekarang lagi blom bs nabung karena kegerus buat rumah. haha..

    3. tanpa kita sadari, jajan di luar, nonton, ke mall biayanya lumayan lho. jd ke mall ga terlalu sering kecuali penting banget (jadi klo jalan, ke rumah ortu atau keliling palembang, yg penting ga ke mall) trus nontonnya dvd aja di rumah sm masak sendiri. lumayan bgt ini hematnya.

    4. hemat listrik, hemat air. ac dimatiin klo kamar ga ada orang. matiin lampu. cabut steker klo mau pergi (ini sih lebih krn aku parno takutnya tar konslet apa gmn)

    5. ga punya kartu kredit atau kartu belanja kyk di c*r*f**r yg kerjasama dgn bank krn males ribet dan takut kelilit utang yg tak berujung.

    6. pisahin rekening tabungan dan biaya sehari-hari. manfaat bgt krn aku tipikal yg ga bs liat duit nganggur dikit di rekening. haha.. (tp di sisi lain aku juga pasang target utk rekening tabungan harus sekian. jd klo tabungan ga sesuai target biasanya aku lgsg potong di rekening sehari-hari)

    kyknya segini dulu kali ya. moga menang. puh puh. hehehe…

    Like

    • Makasih Mba Vivie….. Tipsnya applicable banget terutama soal ga ke mall. Emang waktunya mengurangi sowan ke mall nih. Hehehehe. Makasih ya.

      Like

  48. waahhh..temanya susyyaahhh buat saya….
    secara lom berkeluarga… πŸ˜›
    btw busway, tak belajar dari tips dan trik diatas ajaahh… πŸ˜‰

    Like

  49. Happy belated bday ya Mas Dani (lihat notif di fb tapi lupa ucapinnya..)
    wishing all d best for you n fam…

    Soal GA – saya mau dong buku 1,2,3,6,8 hehehe (maruk bener ya…)

    Nah soal tips hemat ya? saya sih belum menikah tapi mudah-mudah bisa m’bantu juga tipsnya.
    1. Yang paling utama – klasifikasikan pengeluarannya dulu, mana yang paling penting. misalnya, kita kredit rumah/kendaraan, ya selalu utamakan itu. jadi pos paling pertama diisi itu dulu.
    2. Dari klasifikasi itu, lihat lagi sekarang – tabungan/investasi sudah ada belum? kalau belum ada – rubah. tetapkan tabungan/investasi itu sebagai salah satu prioritas. jangan sampai gak.
    3. Sudah? sekarang gini:
    bagi yang susah nabung – ambil tabungan berjangka dalam tempo tertentu – jadi secara gak langsung kita dipaksa untuk nabung rutin. saya mengambil di bni. gak rugi. minimum 100rb per bulan dg tempo 2 tahun. plus ada asuransinya juga. bagi yang bisa nabung – coba cari bentuk lain investasi. LM saat ini memang lebih menggiurkan.
    Bisa coba tuh cara investasi hutang LM di penggadaian. *coba cari penggadaian terdekat untuk info lebih lanjut*
    4. Setelah tabungan dan prioritas diisi semua, untuk sehari-hari, bawa makan dari rumah (selain sehat, jauh lebih hemat). Ini kalau kantor tidak menyediakan makan siang. πŸ˜€
    5. Rekreasi? perlulah. tapi plan baik2. satu per satu direncanakan termasuk ke mana saja, biayanya.dll.
    6. Kalau ada kartu kredit, ada baiknya selalu lunasi tepat waktu. semuanya. Kalaupun sampai dah bablas – ajukan ke bank penerbit mekanisme cicilan utk tutup semua kartunya. Bagi yang suka boros, ada baiknya kartu kredit jangan pernah dibuat. kalau terpaksa, ya bisa coba pinjam KK temen.

    Ya segitu deh tips dari ane. moga manfaat.

    Like

  50. Selamat ulang tahun Mas Dani πŸ™‚
    Emang bikin kuis begini paling gampang. Mas πŸ™‚
    Pengen bukunya Ligwina *eh belum jawab udah nodong qiqiqi

    Saya bukan orang yang teratur dalam hal catat-mencatat keuangan, tapi anehnya kok yo jadi bendahara mulu sejak kelas 1 SMP. πŸ˜€

    Sebagai perempuan, saya sadar kelak saya yang akan memanage keuangan keluarga. Ini pemikiran waktu single. Jadi sejak kuliah saya sudah suka baca buku tentang keuangan. Buku-bukunya Safir Senduk saya punya banyak lo.

    Karena sadar kalau bukan orang yang suka mencatat tentang keuangan. Selama ini metode yang saya pakai:

    1. Menabung dan bersedekah di awal bulan
    Saya menabung minimal 10% dari gaji saya dan suami. Itu duit cuma boleh dipakai untuk keperluan besar. Sedangkan untuk bersedekah, memang sudah komitmen kami, membersihkan pendapatan setiap bulan. Untuk gampangnya, saya minta dipotong setiap bulan sama pihak kantor, baik untuk infak mau pun tabungan (masuk koperasi). Masalah di akhir bulan ada tambahan pendapatan, jumlah tabungan dan sedekah ini juga bisa bertambah.

    2. Menabung bonus
    Banyak kan ya yang habis dapat bonus terus dihabiskan. Prinsip saya, kalau dapat bonus berarti itu jatah buat tabungan di luar koperasi. Biasanya cepat-cepat saya masukin biar gak ludes Hehehe! Kalau disimpen di rumah ntar satu-persatu lembarannya berkurang πŸ˜›

    3. Investasi
    Sebenarnya untuk hal investasi saya masih sangat awam. Belum tahu investasi apa yang cocok dan aman. Dan jujur aja, selain tabungan, saya kok belum percaya dengan pihak Bank atau asuransi πŸ˜€ *maaf ya Mas Dani. Saya terpikirkan investasi emas, tapi klo di disimpen di rumah, takut juga. Mau di Bank, kata teman di Semarang kok belum ada.

    Jadi selama ini, di awal tahun, saya cek ada berapa jumlah tabungan, kemudian kami belikan barang2 dengan nilai yang cukup tinggi.

    Alhamdulillah, dengan cara orang awam ini, 4 tahun bekerja sudah bisa beli rumah walau kecil (waktu itu masih single). Dan ketika menikah, tahun pertama bisa beli mobil. Tahun kedua, bisa beli tanah. InsyaAllah tahun ini mau buat rumah Mas *aamiin.

    Kalau sudah daftar haji, rumah sudah jadi dan suami sudah lulus S2.(target 2 tahun ini) Sepertinya saya lebih memilih menginvestasikan uang dalam bentuk rumah atau tanah Mas. *ndeso yo πŸ™‚

    InsyaAllah kalau sudah diparingi putra, untuk biaya pendidikan sepertinya lebih aman asuransi ya. Kalau hingga saat itu belum percaya sama asuransi, mungkin saya ambil tabungan berjangka saja πŸ™‚

    Like

  51. Hepi milad Dani….semoga di sisa usia selalu berkah…bersama keluarga kecilmu. Amin. Mau juga tuh bukunya..tapi..tar dulu..hemat ala aku kayak apa yaa ? wong hidup di desa…tentu udah hemat dari sononya hahaha…tar gak cocok diterapkan di ibu kota….

    Like

  52. happy birthday dani… sing barokah duniya akherat ya. aminnn… tips nya, ngga ada hahaha… karna gue cuma iya-iya ajah, pak suami yang menjadi pulisi keuangan hihihi

    Like

  53. Cara menghemat ala bebe?

    Punya suami kayak Bubu yang selalu dengan semangat bilang “NO!” tiap kali istrinya mau belanja baju & sepatu.. Ahahaha… Ga bantu ya Dan?

    Enihooo.. Semoga sukses GA-nya..

    Like

    • Makasih ya Be. Btw gw dah punya istri Be. Masa cari suami? Yang kayak Bubu lagi. Ahahahahaha. *kemudian digampar wajan* πŸ˜›

      Like

  54. Saya pernah menulis bagaimana menjadi emak yang pelit. Ya.
    Caranya: memberi bonus pada diri sendiri. Kenapa begitu?
    Nah, awalnya memang kita berhemat untuk kebutuhan hidup. Semua dibagi pada pos-nya masing-masing agar tidak ada yang melenceng penggunaannya, tapi jangan lupa sisihkan sedikit sebagai pos BONUS.
    Nah pos BONUS ini yang kemudian saya jadikan hadiah untuk diri sendiri atau anak. So, itu tips saya berhemat, bersenang-senang, dan menabung…. biarpun harus hemat, jangan sampai lupa menghadiahi sendiri… πŸ™‚

    Like

    • Makasih ya Ziiii. πŸ™‚
      Eh bener banget tuh. Jangan sampe lupa kasih reward ke diri sendiri. Jngan sampe ga merasakan apa yang kita cari sendiri…

      Like

  55. Mas Dani, happy belated birthday yah… semoga banyak berkah…
    Mau dong ikutan GA nya, mudah mudahan dapet ya *amiiin*
    Sama gue juga keluarga kecil mas, masih seumur jagung baru 2 tahun nikah.
    Nah berhubung kita berdua belum punya momongan emang beban ekonomi masih belum berat, apalagi gue masih kerja jadi semua masih ditanggung berdua. Tapi bukan berarti kita gak irit juga sih, secara kan kita lagi mau melepas status jadi kontraktor, jadilah kita berdua mesti irit-irit biar bisa kebayar cicilan rumah :).
    Selama ini kita berdua berbagi pos pengeluaran. Suami bayar air listrik, gue bayar iuran pemeliharaan lingkungan. Suami nanggung belanja bulanan, gue nanggung biaya makan sehari hari. Mostly gue yang ngatur pengeluaran sih. Dalam rangka penghematan (biar-kebayar-cicilan-rumah :P), gue udah mencanangkan *tsah bahasanya* mencoret banyak biaya entertainment karena kita berdua nih gak suka beli baju, sepatu atau aksesori. Pengeluaran terbesar kita banyakan di ngafe & nonton di bioskop jadi sekarang beneran di rem. Ngafe cukup dua minggu sekali aja, kurangin wisata kuliner, nonton sebulan cukup sekali. Terus kita juga banyakin nabung, masih konvensional aja sih. Makanya aku mau dooong menang GA bukunya mbak Ligwina biar bisa lebih ciamik financialnya πŸ™‚

    Like

  56. Tips hemat ala perempuan yg belum menikah, tipsnya hampir semua sudah dijabarkan sama temen2 di atas yang sudah menikah, tips berhemat hampir sama semua, apalagi soal uang.

    tp ini tips yg saya lihat dr keluarga om saya dirumah. dirumah om aku itu, rak sepatu, rak2 bumbu dapur, dengklek (bangku kecil) talenan jemuran, meja komputer, semuanya bikin sendiri.
    biaya perabotan kecil begini lebih murah bikin sendiri, dg membeli bahan baku-nya juga yg ga terlalu mahal. Selain awet dan kokoh krn bikin sendiri, desainnya jg bisa kita atur. Tp tips ini sih buat yg mau ribet, tidak ada salahnya dicoba klo pas lg santai dihari libur.

    Dan ini sih rencana saya klo punya rumah sendiri setelah bekeluarga, cara berhemat dr belanja sayuran, yaitu bikin kebun sendiri di halaman/belakang rumah yg gak terpakai, taman jgn semua di isi tanaman hias/bunga2. tp dicoba untuk menanam bibit yg bisa dikonsumsi. lebih bagus klo hasilnya itu bisa dijual. selain berhemat kita jg untung, apalagi klo misal si ibu rumah tangga ga kerja diluar rumah. pupuknya jg ga usah beli, bisa bikin sendiri dg memanfaatkan sisa sampah organik.

    Terus dirumah jg, si om klo ada cat tembok sudah mulai jelek warnanya, ngecatnya di lakukan sendiri. klo bisa sih ga usah pake pembantu klo istri mas dani ada dirumah terus.
    Nyuci pakaian klo yang ringan2 bisa dilakukan sendiri ga perlu pakai mesin cuci, selain hemat listrik, hemat air juga.

    Klo dirumahku jemuran di lantai atas ga pake kanopi, jemurannya jg bikin sendiri (pesen ditukang yg harganya jauh lebih murah dibanding beli jadi) terus klo punya mobil, audio mobil si om jg buat sendiri, salon2 apa gitu πŸ˜€
    tinggal beli papan dan alat yg lain (kebetulan si om bisa bikin sendiri) biaya ini jg lebih murah dibanding beli jadi, terus papan2 dll, itu bisa dibikin perabot lain, contohnya rak sepatu, di atas itu.

    klo dipikirin sih memang ribet, mending beli jadi, beres, tp biasanya klo beli jadi itu cepet rusaknya jg. yg itu berarti kita harus beli lg πŸ˜€

    oh ya, klo mungkin komenku ini dipilih, saya mau aku mau request si anak singkong dong mas (kepedean) kebetulan salah satu temenku dikampung pengen banget baca buku itu, harganya kan cukup mahal buat ukuran kampung, tp kebetulan aku jg belum mampu beli. πŸ˜€

    *yeah panjang bgt komennya..haha

    Like

    • Makasih Mba Mely atas partisipasinya. Waw, tipsnya luar biasa Mba. Project Do It Youself gitu ya semuanya. Semoga bisa segera bikin sendiri apa-apa. Pernah pengen begini juga sebenernya…

      Like

  57. hadiahnya menggiurkan nih hehe..

    selamat ulang tahun ya mas Dhani, semoga keluarga selalu bahagia..
    tipsnya ntar ya kalau waktu komennya senggang hihi..

    Like

  58. Berhubung sini belom married, jadi mungkin ide lebih ke mengatur keuangan secara ‘pribadi’ kali yah. Jadi yang diajarin nyokap itu bener banget dan kebukti.

    Pas awal dapet gaji pasti kan ditransfer ke rekening kita, nah pindahin sebagian duit yang dipake tabungan itu ke rekening laen dengan catatan rekening tsb ga ada ATM nya, jadi kan agak agak riweuh tuh kalo mau ‘curi curi duit tabungan’ jadi aman deh. Kesankan kalo duit yang bole kita pake jajan itu ya duit di rekening sisa kita pindahin ke tabungan, kalo liat saldo yang ga banyak banyak banget otomatis otak juga sadar ga sadar ngasi tau ‘Eh jangan jajan lagi duit tinggal dikit’.

    Lupakan kita punya duit yang ditabung itu πŸ™‚

    Gitu sih mas Dani kalo cara aku hehe, biar ga kalap jajan terus.

    Like

  59. waduh
    aku paling bingung kalo ditanya cara ngatur cash flow, om…
    selama ini pasrah total ke ibu di rumah
    tapi waktu masih bujngan aku punya kebiasaan nyimpen duit 20rebuan. asal nemu duit 20 ribu pasti aku masukin kotak dan ga pernah diusik-usik. hasilnya aku bisa menikah modal duit itu walaupun ibuku sempat bengong liat duit sekotak 20an semua.

    setelah menikah masih jalan juga. tapi ga pernah bisa banyak. asal ibue butuh recehan buat belanja, dia suka menjarah isi kotak wasiat. hehe…

    eh, kapan ada acara bagi bagi buku tabungan..?

    Like

  60. Happy B’day Mas Dani, semoga sll sehat, panjang umur, makin banyak rejekinya dan sukses sll… Aamiin πŸ™‚

    Kalo tips irit saya sepertinya belum bisa bagi tips Mas, masih sering kedodoran… hahahahaha

    dan saya ikut menyimak tips-tips keren dari teman-teman disini, semoga saya bisa mengikuti tips-tipsnya πŸ™‚

    saya ikut mendoakan semoga hajatannya Mas Dani meriah dan sukses… Aamiin πŸ™‚

    Like

  61. Selamat ulang tahun maaaas! semoga panjang umur daaaan sehat selalu, pokok’e wish you all the best deh πŸ™‚
    Tips berhematku apa yah? Bonek! hehehe dan muka tembok dikit.
    Misalnya nih kalo pas parfum di rumah lagi abis, mampir ke mall dulu, semprot2 tester di counter parfum ato kalo pas lipstik lagi sekarat, pura2 aja tuh nyobain lipstik (tenan toh ra duwe isin).
    Kalo kelaperan dan gak ada apa2 di rumah? Palingan ke rumah sodara ato sambang ke rumah temen, ya segaknya ada suguhan teh anget ama pisang goreng buat ganjel perut πŸ™‚
    Tapi selain semuanya itu yang terpenting adalah selalu gunakan kacamata kuda kalo pas ngemall, ato jangan pilih beli rumah deket pusat perbelanjaan.
    Cukup sekian tips yang rada aneh ini dariku, buat ngeramein ultahnya mas Dhani aja sih sebetulnya πŸ™‚

    Like

  62. happy belated birthday yah Dan…belom telat kan buat ngikut…pesimis nih πŸ˜€

    Kalo gw krn gak kerja cuman pake mbok cugos harian selain lbh murah krn mrk gak nginep (biaya makan, air, listrik) trus gak ribet gak menutup kemungkinan sih kl dpt mbak nginep atau baby sitter tapi krn hari gini nyarinya susah, dr pd kita buang2 uang siluman…kayanya gw udah nyumbang byk ke makelar, yayasan, kepepet *masih dibahas* hahaha

    kalo emg misal di rmh tp ada kerja sambilan (jualan ol shop, terima order cake,dll) yg menghasilkan di hitung2 bisa 2x gaji bs (asumsi) yah gw ambil bs biar kerja gw lbh ringan, trus gw ada pemasukan kalau sanggup handle sendiri yah lbh hemat kan hahaha ….di larikan ke post hobby/makan/rekreasi kalo gw yah ke beli buku, beli dvd korea atau makan resto catat bukan fut kort wakakakaka syukur2 bisa keluar negri ber 4 jepang gitu AMIN (sayangnya gw gak ada sambilan hahaha)

    asuransi buat anak juga penting, jaga2 namanya umur skrg gak ada yg tau, tiba2 kita gak ada setidaknya kita udah prepare dana pendidikan anak2 tujuannya itu. Selain asuransi jiwa, kesehatan sama hari tua (gw bukan agen loh) semua itu utk jaga2 kalau terjadi sesuatu sama kita anak2 gak keteter lah…

    investasi yg oke menurut gw yah Dan adalah duit mati, alias ketika kita BU itu kaga perlu di tarik2…jadi duit idup utk cash flow tetep ada di rekening nah duit mati ini dr pd ikutan mati ke deposito lebih baik ke LM, reksadana atau saham…lumayan loh wakakaka…sebagai IRT gak punya gaji saya bangga punya bunga dari sini πŸ˜€

    anak2 masing2 gw bukain reksadana juga, emg uang mereka dari angpao pas imlek. Ketika mereka gede kan uangnya udah bergulung, sebisa mungkin gw gak pernah pake uang hak anak utk diri gw…so far anteng di reksadana sama LM alhamdulilah yah Dan kl jumlahnya naik terus wakakakak…

    kalau ada duit lebih bisa incer properti bagus buat invest naik terus, ketimbang beli mobil lama2 susut hahaha…tetep sih butuh 1 mobil minimal karena skrg semua yah butuh mobil udah kaya kaki aja kan

    trus tiap bulan bikin pengeluaran di excel terbagi menjadi beberapa kolom, akhir bln di total nanti keliatan kan yg banyak yg mana jd bs di rem.

    Kolom simple aja :
    makanan (makan di luar/kantin/resto),

    kesehatan (biaya vaksin, sakit, kontrol dokter, obat2an resep),

    transportasi (biaya parkir, biaya bensin, polisi gope…ini kl rajin haha),

    pendidikan (uang sekolah anak, uang les, uang ektra kurikuler, dll),

    sosial (sumbangan ke gereja, kado ultah, kado lahiran, angpao kawin, sumbangan kematian),

    RT (ini elemen plg gede selain biaya operasional harian PLN PAM TELKOM TV KABEL INTERNET, biaya belanja bulanan di supermaket, pasar, bayar RT, bayar tukang sampah, tetek bengek RT),

    baju/kosmetik (kalau beli2 baju baru, sepatu, sendal, kosmetik, dll)

    rekreasi/hobi (disini gw masukin biaya happy2 gw beli dvd, beli buku novel atau apapun itu yg penting merupakan kesenengan kita) biasa meledak kalo ada pameran buku trus diskon kaya kmrn di istora itu loh hahahha

    asuransi (kalo tempo tahunan berarti hanya disini 1 bulan saja, kl tempo bulanan tiap bln diisi…isinya tergantung berapa banyak polis yg kita punya) biasanya besar di bulan2 tertentu

    angsuran (kalo ada cicilan rumah, mobil, hape, tv, kulkas) kayanya skrg semua bisa di cicil hahaha…syukurlah kita belom ada cicilan πŸ™‚ jadi di kolom ini kosong

    paling kanan baru di isi berapa uang yg keluar…nanti tinggal pake rumus aja kan lgs ketahuan posting terbesar dari kolom apa, tinggal di atur utk lbh hemat kalo berasa boros

    tapi tiap bulan gw selalu harus ada pengeluaran rekreasi/hobi supaya gak stress hahahhaa gak harus mahal, beli dvd korea atau buku pun sudah oke

    kok komen gw jd panjang kaya posting hahahha
    harus menang nih boleh milih gak, kl blh mau panci soalnya clarissa suka HK

    thank you πŸ™‚

    Like

    • Makasih ya Fel ucapannya dan makasih juga udah ikutan. Hihihi. Tipsnya banyak banget dan memang bisa dipake. Refreshing emang ga harus mahal. Beli dvd udah sangat membantu. Sama kita. Hehehehe

      Like

  63. Hemat cara saya :

    1.Kalau ke kantor bawa bekel dari rumah, selain hemat, kebersihan juga lebih terjamin. Insya Allah jadi enggak sakit dan ga perlu ke dokter, jadi hemat jangka panjang juga
    2.Duit koin atau recehan itu sering dianggap remeh, padahal kalau dikumpulin sampai sebaskom lumayan besar juga lho nilainya. Beli celengan trus kasih koinnya ke Aqil, minta untuk masukin ke celengan dia pasti senang. Hemat plus motorik anak terlatih kaan ?
    3.Kalau ke mall catat apa yang mau dibeli, nah pas masuk mall pakai prinsip β€œpemalu” nunduuuk aja pas ngelewatin gerai yang lain. Insya Allah enggak akan tertarik beli yang lain, hati-hati ya nubruk orang… hehehehe
    4.Usahakan beli sayuran di abang-abang sayur atau ke pasar tradisional, karena harga lebih miring
    5.Saya selalu membiasakan menabung saat belum mengeluarkan uang untuk kebutuhan pokok. Jadi jangan nabung kalo uang sisa, tapi jadikan menabung sebagai kebutuhan. Kalau sudah terkumpul banyak belikan LM atau investasi aman lainnya

    Itu aja, tips dari saya semoga bermanfaat yaa…

    Like

  64. Setiap keluarga punya impian masing-masing yang mempengaruhi gaya hidup dan perencanaan keuangan keluarga tersebut. Aku ambil pengalaman saya sendiri ya mas. Kali aja ada manfaatnya.

    Di keluarga saya, impian keluarga ialah memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak kami. Impian kami anak-anak wajib kuliah di Eropa atau Mesir.

    Dengan kemampuan yang ada, banyak KEINGINAN kami yang harus di”TOLELIR”. Misal nich, saat butuh beli mobil. Pengennya kita beli Honda Jazz tapi demi anak tetap bersekolah disekolah yang terbaik kami memilih beli Avanza. Anak saya sekolah di sekolah Internasional. Biarpun mahal selangit, itu yang menunjang2 cita2 keluarga.

    Untuk biaya pendidikan ke depan saya ikut asuransi dan ikut tabungan yang ndak bisa diambil dalam jangka waktu 8 tahun. Ndak banyak sich hanya 650rb sebulan. Kenapa pake tabungan dan asuransi? Tabungan lebih fleksibel. Besok kalo dibuka hasilnya lebih lumayan dibanding asuransi karena sudah dicicil diberikan diawal.

    Yang pasti, sebelum nentuin budget ini itu dan musti dikemanain, lebih baik mas Dhani menentukan VISI dan IMPIAN keluarga.

    Like

  65. Wah sob, pengen banget p.s i love you sama chairul tanjung si anak singkong nih. Kirimin ane satu dong he..he..

    Berhubung ane belum berkeluarga, ada satu tips yang bisa kamu lakukan sob. Sisihkan uang yang sobat dapaatkan dari kerja rutin, kemudian simpan di bank. Setelah terkumpul minimal terendah deposito, segera deh kamu masukkan deposito. Jadi uang tersebut memang direncanakan untuk pendidikan anak. Jangan kamu gunakan dengan alasan apapun. Kecuali digunakan untuk bisnis yang bisa berkembang. Itu saja sob tips yang ane sarankan dalam merencanakan keuangan keluarga.

    Like

  66. Pingback: Komentar ke-1000 | mumox

  67. awal berkeluarga untuk ngatasi dana yang serba sempit banyak yang kami tempuh Dan. Ada yang sudah aku jadikan postingan. Ini poin poinnya Dan, 1. Ternak kecil kecilan buat pemenuhan gizi keluarga.
    2. Belanja harian dg sintem tarik ulur. Tiga hari menu makan biasa satu hari menu istimewa.he he biar anak gak mendapat pelajaran miskin itu menyakitkan.
    3. Menabung deposito di BMT syariah bila dapat uang diluar gaji rutin. Bagi hasil doposito inilah yang kami gunakan untuk nambah belanja harian.

    Like

  68. tips hemat *pasang kacamata* hahaha malu2in bener padahal yg bikin GA financial planner:
    1. belanja di supermarket sebulan sekali, biar hemat bensin dan ongkos parkir
    2. belanja sayur/makanan segar di pasar basah seminggu sekali krn lebih murah daripada di supermarket
    3. belanja pake list, dan disiplin beli hanya yg ada di list, ga melenceng sana-sini
    4. manfaatin promo provider telpon. ada banyak program sms gratis atau telpon murah di waktu tertentu
    5. ga update gadget melulu….ngabis2in duit dan paling cuma bertahan bentar krn abis itu pasti bakalan muncul gadget yg lebih baru lagi
    6. kalo punya kartu kredit, bayar sebelum waktunya biar gak kena bunga. trus setiap waktunya perpanjangan, bilang aja mau nutup kartu kreditnya, biar digratisin iuran tahunan πŸ™‚ *it works*
    7. gak beli yg kecil2 kayak kebiasaan ngopi sebelum ngantor, jajan snack ini itu, beli majalah (bisa baca online gratis)
    8. naik angkutan umum ato gantian ama temen nebeng/ditebengin (bikin car pool)
    dah ah…ntar kebanyakan dikira pelit

    Like

  69. selamat berkurang umur yaaaa… semoga mas dan keluarga senantiasa mendapatkan tambahan kebaikan, apa lagi kalo rajin2 sodaqoh bagi2 kayak gini #mupeng bukunya paulo alchemist

    Ini pertama kali aku ikutan kuis di wp.. Aku nikah 13 bulan yg lalu, cara menghemat pengeluaran perinciannya begini:

    1. Gaji: gaji suamiku untuk keperluan sehari2, ky: makan, byr listrik, pulsa, dll.. jrg makan di luar krn masak sndiri lbh menghemat pengeluaran, sedangkan gajiku (kbtulan aku jg kerja) ditabung keseluruhannya utk keperluan mendadak, misalnya mau plg kampung, utk tabungan ini aku simpan di bank dan TANPA ATM, biar tangan ga gatel pengen gesek tu kartu hehe πŸ˜€

    2. Belanja: sebisa mungkin kita menghindari belanja di mall yg harganya bikin nelen ludah πŸ˜€ kita biasanya belanja di pasar tradisional yg harganya lbh miring tp kualitas ga kalah sm mall πŸ˜€ krn kebutuhan kami byk sih, buat kuliah juga (aku dan suami meneruskan jenjang s2) hidup sederhana lbh barokah πŸ™‚ biasanya belanja wajib bulanan dicatat di buku khusus agar kita tau naik turunnya pengeluaran, dan alhamdulillah di saat si kecil akan lahir semua kebutuhannya tercukupi krn ada ada tabungan ini..

    4. Menghindari pembelian secara kredit

    5. Sodaqoh: hemat bukan berarti ngere dan pelit, tiap bulan aku dan suami wajib bersodaqoh utk keluarga besar dan anak yatim, kami byk blajar tentang keuangan dr robert T kyasoki di bukunya rich dad and poor dad.. kata pak robert “memberilah tanpa mengharap balasan, krn Tuhan hanya memberi tanpa meminta balasan” πŸ™‚

    sekian, smg bermanfaat πŸ™‚

    Like

  70. Daniii…aku ikutan yaaa…

    Kalo keluarga kami nerapinnya kek gini, Dan:

    Gak ada gaji suami, gak ada gaji istri. Semua digabung jadi satu biar enak nentuin pos-pos pengeluarannya.
    Di awal bulan, segala kewajiban kudu segera dibayar biar gak kelupaan dan dananya gak terpake untuk yang laen-laen
    Setiap belanja atau beli-beli usahain pake daftar
    Setiap pemasukan dan pengeluaran didaftarin/dicatat (klo aku pake aplikasi di tablet), trus di akhir bulan direkap, jadi ketahuan apakah sebulan itu lebih hemat atau justru lebih boros. Bisa ketahuan juga di bagian mana terjadi pemborosan
    Pake sistem belanja bulanan jadi gak dikit-dikit pergi belanja. Trus manfaatin barang2 promo di supermarket. Kalo kami kecuali untuk produk makanan ato barang keperluan utama anak, gak pernah bener2 setia untuk satu jenis merk tertentu. Bahkan untuk minyak goreng pun (karena paling sering promo), kami bakal beli yang lagi promo πŸ˜€
    Untuk kebutuhan masak memasak, pake sistem belanja mingguan. Asal bahan makanan disimpan secara tepat, maka akan tetap segar selama seminggu itu. Enaknya belanja mingguan, selain lebih hemat, juga lebih nyaman nentuin menu untuk seminggu ke depan
    Untuk tabungan dan investasi, manfaatin tabungan koperasi di kantor yang otomatis motong gaji (bunganya lumayan 1% per bulan), emas, dan tanah. Kalo reksadana kami sama-sama gak ngerti (dan jujur agak malas juga untuk belajar, hehe…makanya gak nyobain). Kami juga masih manfaatin asuransi untuk pendidikan anak, dihitung2 gak ada ruginya juga kok :). Tapi simpanan di bank tetep jalan juga, kan lebih ke dana dadakan kalo terjadi apa-apa atau ada kebutuhan mendesak.
    Pake listrik prabayar. Ini lebih ke ketepatan menentukan pos biaya listrik sih daripada berhemat, tapi kan lumayan semakin tepat bisa menentukan pos biaya makin bermanfaat untuk mengatur keuangan keluarga (promosi LPB…hihihihi)
    Gak pake kartu kredit biar gak tergoda kredit mengkredit :mrgreen:
    Terakhir, berhemat itu penting, tapi menikmati hidup juga adalah kebutuhan. Jadi jangan pelit juga lah. Hidup ini kan harus seimbang. Gak boros. Tabungan dan investasi jalan. Tapi hidup masih bisa dinikmati

    Keknya itu aja dari aku, Dan. Sekali lagi, selamat ulang tahun yaaaa πŸ™‚

    Like

  71. ah,sekalinya bewe ternyata ada giveaway.. πŸ˜€
    aku ikutan ya mas.. πŸ™‚
    pertama-tama aku ucapin selamat Milad,semoga umurnya berkah..selalu bahagia dg keluarga kecilnya..

    karena aku single, aku sih biasanya penghematan dari bagian pakaian,aksesories dan belanja buku.. πŸ™‚
    karena aku juga ga terlalu suka make-make aksesories yah lumayan juga sih penghematannya πŸ˜€
    kalo investasi yang menarik buat aku itu yah, beli emas..ahahaha..harga emas kan naik trus..jarang turun,investasi sekalian bisa dipake buat berhias πŸ˜›

    Like

  72. Kalau saya biasanya di awal bulan bikin rencana anggaran. Mulai dari yang paling penting, semisal uang kontrakan, uang listrik, uang makan, sampai yg buat nonton, jalan-jalan, dll. Semuanya diberi jatah anggaran di awal bulan. Utk dasar anggarannya saya gunakan pengeluaran bulan kemarin. Setiap pengeluaran juga saya catat di hape, sekarang sudah banyak aplikasinya di ponsel pintar kan. Nah dari pencatatan ini nanti saya bisa tahu paling boros itu dari pos yg mana atau pos mana yg bisa dilakukan penghematan lagi.

    Untuk investasi saya belum pernah nyoba tapi sepertinya emas paling menjanjikan, walaupun harus hati-hati karena sekarang banyak penipunya :D. Tabungan berjangka atau asuransi juga mungkin bisa jadi pertimbangan.

    Like

  73. Ikutan boleh ya…
    Tips berhemat ala saya :
    1. Rajin masak. Percaya atau tidak (tapi wajib untuk percaya) pengeluaran rutin tiap bulan paling besar adalah untuk makan. Bangun tidur aja udah cari makanan, nyantai mesti pakai camilan, mau tidur juga makan, klo laper kan jadi susah tidurnya. Jadi, makan besar maupun camilan biasanya saya buat sendiri, lebih terjamin kebersihannya dan yang pasti lebih irit. Terus belanjanya di pasar tradisional, bisa tawar menawar dan kalau sudah langganan bisa dapat bonus potongan harga. Kebetulan suami di luar Jawa dan pulang nggak mesti sebulan sekali, tapi bukan berarti dia biasa jajan di warung lho. Di sana, suami juga masak sendiri, biar uangnya bisa ditabung, lumayan buat tambahan ongkos balik ke jawa
    2. Buat satu rekening untuk dana cadangan, nggak boleh diutak-atik kecuali untuk kondisi sangat gawat darurat. Jangan buat ATM untuk rekening ini. Tiap bulan, rekening ini harus diisi.
    3. Alhamdulillah, saya bukan orang yang gampang lapar mata kalau lihat barang bagus. Jadi kalau belanja dah bawa daftarnya dari rumah, barang apa yang mau dibeli, bawa uangnya juga dikira-kira pas aja. ATM tinggal di rumah. Pada anak-anak juga sedari dini ditanamkan untuk tidak membeli barang yang tidak diperlukan. Mainan cukup satu aja yang sejenis, misalnya mobil-mobilan, kalau memang masih bagus ya nggak usah beli lagi mobil-mobilan baru. Nunggu rusak dulu baru beli yang baru.
    4. Jangan beli merek. belilah barang yang berfungsi sesuai dengan yang kita perlukan. Baju bermerek terkenal dengan bermerek tersamar fungsinya sama kan?
    5. Tanam sayuran di halaman rumah, bisa taman di pot. Bagus terutama bagi penggemar makanan pedas, mengantisipasi kalau harga cabai lagi melambung tinggi. Kalau lahannya sempit bisa pakai botol aqua bekas dan disusun bertingkat, istilah kerennya pakai sistem aquaponik

    Sekian tipsnya, mudah2an bermanfaat πŸ™‚

    Like

  74. Selamat ulangtahun Bang Danii…Sory ngucapiinya agak telat Bang πŸ™‚
    Wew Bang Dani ngadain GA..
    Ikutan Bang..

    Berhubung saya masih seorang jejaka tulen (ciee), jadi agak susah juga manajemen keuangan menurut saya πŸ˜›
    Mungkin kalau skala prioritas yang harus diutamakan, ya saya cenderung lebih mengutamakan pendidikan daripada yang lainnya sih Bang
    Jadi intinya sih menurut saya pendidikan Aaqil itu yang terutama bang..
    Menabung untuk pendidikan Aaqil..
    Salam peluk sayang buat Aaqil ya Bang Dan =)

    Like

  75. Happy belated b’day ya Dani, semoga sehat & bahagia selalu…

    Ikutan GA-nya juga ya.. meskipun kayanya ini umum dilakukan sama orang lain juga, tapi tetep gw ketik deh hehe

    dalam hal invest:

    – investasi dibagi-bagi di beberapa instrumen, jadi ga nyesek-nyesek amat kalau yang satu lagi drop karena biasanya instrumen yg lain naik nilainya. misalnya dana darurat sebagian di tabungan, sebagian di deposito. untuk pendidikan anak ke reksadana & LM, dsb tergantung kebutuhan & preferensi kita (dengan menyadari sepenuhnya resiko masing-masing instrumen, jangan cuman karena ikut-ikutan).

    – urusan menabung/investasi dilakukan di awal begitu terima gaji, sisanya baru untuk kebutuhan lain supaya mau tidak mau harus cukup dengan sisa dana yg ada.

    – kalau gw pribadi, untuk uang anak hasil angpau waktu lahiran, ultah, imlek dll sebisa mungkin dipisah di rekening tersendiri/diinvestasikan supaya bisa buat pegangan mereka nantinya. yah siapa tau bisa buat dana anak nikah nantinya hihihi

    dalam hal expense:

    – selalu membawa daftar belanjaan dan hanya membeli barang yang ada di dalam daftar.

    – memanfaatkan promo diskon spm untuk produk tertentu baik yg tidak rutin ataupun rutin (misalnya spm tsb memberikan diskon 10% untuk buah, sayur, dan perdagingan setiap hari tertentu).

    – memanfaatkan promo salah satu kartu kredit yang memberikan cash back 10% untuk pembelanjaan di spm (kalau digabung dengan poin diatas lumayan juga). *semoga promo cc ini diperpanjang lagi* #eh

    – untuk penggunaan kartu kredit dalam rangka diskonan harus dihitung juga diskonnya worthed apa ngga. soalnya kan untuk bayar cc ada biayanya lagi (biaya transfer+biaya materai kalau ada). kalau jumlah diskonnya beti ama biaya yg dikeluarin buat bayar cc mah sama aja bohong, nambah ribet doang hihihi..

    – membuat anggaran (termasuk untuk refreshing & ‘foya-foya’) & mencatat SETIAP pengeluaran yg sesungguhnya terjadi. karena gw males bikin di ms. excel jadi gw manfaatkan aplikasi/akun gratisan. lumayanlah, kita bisa tahu setiap saat pengeluaran kita masih dalam batas anggaran yg sudah kita tentukan di awal atau melenceng. setiap saat kita juga bisa mencocokkan jumlah uang yang ada di dompet & di rekening (termasuk jumlah pemakaian kartu kredit yg masih harus dibayar) dengan saldo di aplikasi itu. jadi kalau ada pengeluaran yg belum tercatat bisa cepat ketahuan dan langsung dicatat. dengan pencatatan yg rutin, kita bisa mereview pos-pos mana yang bisa dikurangi/dihilangkan.

    – karena ada budget/anggaran itu tadi, otomatis gw membatasi belanja,makan di luar,dll dengan jumlah rupiah bukan dengan berapa kali dalam sebulan. kalau baru 1x belanja tapi jumlahnya sudah mendekati/melebihi batas maksimal ya udah, ga boleh belanja lagi. atau kalau kepepet ya tetep belanja yg benar-benar penting tapi mengurangi budget bulan depannya.

    – asuransi kesehatan penting untuk jaga-jaga mengingat biaya rumah sakit yang aduhai.

    eeerrrr…segitu aja kali ya, udah panjang banget ternyata hahahaha

    Like

    • hihihi… makasih ucapannya dan makasih juga udah ikutaaann.. Kok kita samaan ya soal belanja, suka nyari yang diskon-diskon dan bayar pake CC karena dapet cashback lagi. Habis itu baru deh dibayar lunas. Ihihihi, *prinsip*

      Like

  76. urun rembuk saran nich,
    sebaiknya membuat beberapa rekening sesuai dengan kebutuhan,
    misalnya untuk belanja sehari-hari, no reknya beda dengan kebutuhan perbaikan rumah, kalau untuk biaya pendidikan anak, harus dari sekarang mulai membuka rekening tersendiri, bisa dengan menyisihkan berapa prosen dari penghasilan kemudian disimpan dalam rekening itu, sebaiknya untuk rekening pendidikan tidak menggunakan atm agar tidak trerganggu oleh kebutuhan yang mendesak……thats it…salam πŸ™‚

    Like

  77. Waaa Pak Dani, yaa udah deh dasar nasib lagi apes kali yaah, jarak jauh begini jadinya cuma memble ajalah ngeliat aksi bagi2 buku Pak Dani ini. Pak Dani pahalanya besar dari Tuhan, amin. Pak meski terlambat, perkenankan ucapkan selamat HUT yaa moga sehat dan sukses dalam pekerjaan dan bahagia dgn rumah tangga. Salam dari jauh πŸ˜€

    Like

  78. Dani happy belated banget birthday dulu yah *berlaku surutlah ya sampe seminggu* ditambahkan semuuua yang baik dalam hidupmu dan keluarga kecilmu.
    Masih belajar juga di sini, Dan. Masih suka ngos-ngos-an dan di ujung bulan jadi makan tabungan hahaha.
    Soal investasi sih standard, macam slogan si Mem Ligwina Tujuan Lo Apa yah. Nah untuk kebiasaan, ada beberapa hal yang selama ini kami lakukan : jadikan makan di luar itu luxury, hanya untuk acara celebration atau mau berduaan, dan tempatnya yg oke biar emang berkesan beda bgt sama makan di rumah. Kalo masalah terdesak atau mau simple, masak sendiri bisa sangat simpel macam telor dan sayur rebus. Biaya makan di luar ini lumayan, soalnya.
    Dan setelah berkeluarga ya lifestyle jangan lifestye lajang lah ya. Beli barang konsumsi dijatahkan saja. Gitu doang kayaknya Dan. Eh dan…ASI aja buat anak-anaknya. Hemat pisaaaaan hahaha

    Like

  79. Pingback: Weekly Photo Challenge: Color | danikurniawan

  80. aaaaak udah banyak aja yang ikut. Kemaren sempet ngintip bentar tapi gak pede mau ikutan. Berhubung sekarang ada tambahan hadiah panci yang imut, dan aku belom punya panci, aku mau ikuuuut.

    Happy belated birthday ya mas, barakallah dan semoga makin sukses.

    aku masih newlywed, belom ada anak, masih LDM-an pula sama suami. Jadi pengeluarannya hampir sama kayak waktu single dulu. Tapi pendapatan dobel donk secara ATM suami ada di tangan saya muahahaha *dikeplak*. Tapi setelah merit pengeluaran jadi lebih tertata *dikit* karena ada cicilan rumah yang harus dibayar, biaya renovasi rumah dan lain-lain. Tips berhemat ala simalesmandi :

    1. Mandi seperlunya, sesuai dengan nama blogku. beneran deh ini menghemat pengeluaran bayar PDAM, sabun dan shampoo. Selain menghemat, kita juga berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan “save water” dan mengurangi limbah deterjen. *ditendang ke sumur*
    2. Mencatat semua pengeluaran. Kalo males nulis, di android ada aplikasi kece namanya “andromoney” yang selain mencatat, mengelompok-ngelompokkan, dia juga bisa bikin report berupa pie chart atau bar chart jadi ketauan nanti kita borosnya dimana.
    3. Investasi dan nabung di LM dan reksadana, berhubung aku orangnya risk averse jadi cari investasi yang aman-aman aja. Tapi percaya deh dua instrumen ini return-nya lebih gede daripada sekedar nabung uang atau beli asuransi pendidikan.
    4. Say no to mall, mall itu tempat paling bikin impulsif sedunia. Kalo belanja mending ke tempat grosir yang misah dari mall, kalo mau nonton bioskop juga mending bukan bioskop yang di dalem mall.
    5. Manfaatkan promo tiket dan promo hotel untuk liburan hemat dan murah meriah dengan cara berlangganan newsletter via email kalo perlu follow akun nya di twitter. Emang sih kadang email kita jadi penuh tapi yang penting gak ketinggalan info promo.
    6. Manfaatkan wifi gratis buat donlot-donlot, lumayan hemat kuota internet bulanan.
    7. Bawa pulang sisa snack dan makanan rapat *iyah ini anak kos banget*
    8. Biaya transportasi dan traffic di Jakarta kadang bikin senewen. Bisa disiasati denganbergabung di komunitas @nebengers, Disana kita bisa cari tebengan dan beri tebengan dengan orang yang searah. Selain hemat, kita juga membantu mengurangi kemacetan di Jakarta.
    9. Untuk makan, berhubung masih sering sendirian jadi seringnya beli. Untungnya lebih doyan sayut, buah dan tempe ketimbang daging-dagingan jadi lebih hemat. Maka itu mulailah mencintai sayur, buah dan tempe mas. Selain hemat juga lebih sehat.
    10. Masalah olahraga, aku seringnya joging setelah subuh atau jalan kaki pulang kantor, atau jalan kaki ke tempat yang akakn dituju pokoknya yang gratisan lah. Kalo lagi ada sisa uang baru deh berenang di kolam renang.

    sekian tips berhemat dariku, semoga membantu ya.
    semoga mas dani juga mau mendukungku buat belajar masak dengan ngasih hadiah panci imut2 itu *kekeuh* πŸ˜€

    Like

  81. Ikutannnn ^^, tp bilang Happy B’day Dulu ya…
    Happy B’day pak’e… semoga semua doa orang2 sebelum saya dikabulkan oleh Allah SWT..

    Ini sebenernya bukan tips hemat yg serius, tp dipraktekin beneran loh ama saya n temen..

    jadi setiap jalan ke mall.. n ngeliat barang bagus… gwe selalu tunda buat beli barang tersebut… sampai kapan?

    nah ini yg seru! : sampai gwe mimpiin barang itu selama 3hari berturut2 hahaha…

    Misal, gwe ngeliat sepatu bagus neh (ga peduli harganya berapa ya)… pas di mall, wge liat2 dulu tuh sepatu..terus ga akan beli ditempat.., melainkan gwe akan nunggu , apakah dalam kurun waktu seminggu setelahnya gwe akan mimpiin barang tersebut..

    kalau ampe kebawa mimpi, berarti gwe akan beli tuh barang, kalo enggak, ya udah..berarti emang pada dasarnya hati gwe ga beneran
    mau kali ya..

    yg serem sih, kalo barang bagus itu harganya Jutaan, walaupun mimpi 3haripun, dijamin gwe ga akan beli!

    wahahaha…

    semoga menghibur ^^

    Like

    • Makasih Mba Ri udah ikutan. Syenangnya ikutan di sini.. πŸ˜€

      Hehehe. soal beli barang itu memang seharusnya begitu. Ditunda dulu beberapa lama, kalo masih kerasa pengen dan (butuh) ya dibeli. Ini ekstrim euy sampe nunggu dimimpiin. πŸ˜€

      Like

  82. Happy very belated birthday wahai Pak Tetangga, semoga jadi ayah Aaqil yang paling keren dan suami Bu Bul yang paling disayang keluarga, sehat selalu, happy selalu.

    Karena gw naksir sama panci Hello Kitty-nya, soalnya bukunya sudah khatam semua hihihihi, gw mau berbagi tips berhemat a la keluarga kecil. tips gw cuma satu yang utama yaitu: cari suami/istri beneran irit dan pandai mengelola kayak laki gw hhihihihihi. gak ding, meski itupun bisa jadi penunjang langkah hemat :).

    Ini tips dari gw (dan pak suami):
    1. Mencatat semua pengeluaran, yes sampai tol dan parkir pun harus dicatat kata suami gw. Apalagi gw hobi membuang (supaya gak ketahuan) bon-bon belanja. Harus dicatat supaya kita bisa tahu sebenarnya inflasi bulanan.

    2. Selalu membuat rencana pengeluaran, tabungan dan investasi. Ini sie tips dari FinPlanner kami, tapi memang kalau melihat jumlah yang sudah kita keluarkan per bulan in total, rasanya lebih jleb berasa akan bangkrut :P.

    3. Jangan sungkan untuk mengambil katalog supermarket, gw sie sampai donlot di HP, ini materi utama gw dalam menyusun rencana belanja bulanan gw. Gunakan promo yang ada, misal promo kartu kredit atau punya KK yg kerjasama dg supermarket dan langsung dilunasi saat itu.

    4. Belanja di pasar. Pasar BSD itu lengkap kap kap, dan yang penting kita selalu jeli memilih bahan yang segar seperti sayur mayur. Untuk yang organik belilah di tempat yang jual sayur organik. Ikan selalu pilih yang masih hidup. Kalau untuk daging sie harganya gak jauh beda, gw mending nunggu promo supermarket.

    5. Untuk kebutuhan belanja bulanan, saat ini kami menggunakan jasa belanja online yang nanti kami ambil langsung barangnya di supermarket yang ditentukan. Ini mengurangi wasting my time di supermarket, bahkan gw bisa irit karena gak lapar mata hihihihi.

    6. Masak di rumah lebih hemat daripada katering atau delivery bahkan untuk yang masih punya bayi/balita bisa yakin kalau makanan yang kita masak bebas MSG dkk. Tambah lagi lebihnya bisa dibawa untuk bekal kami ke kantor. Apalagi kalau sampai bisa masak atau bikin kue seperti yang disajikan di mall, anak-anak jadi ogah minta jajan kue2x yang mahal *mending bikinan ibunya* :).

    7. Ini tips dari bapak ibu gw, selalu mengajarkan anak untuk menjaga barang-barangnya atau mainannya. Lumayan anak kedua gw mainannya lungsuran kakaknya, sepatu, boks, sprei lungsuran kakaknya, baju pun demikian.

    8. Gunakan transportasi umum, apalagi kaum komuter, lebih baik mencari alternatif transport yang bisa mencapai tujuan lebih cepat dan lebih murah.

    9. Kecuali memang perlu bantuan pelatih, manfaatkan ruangan fitness kantor, kalau kayak kantor gw selalu ikutan senam pagi di kantor, daripada ikutan pusat kebugaran. Gratis. Apalagi kantor kerjasama dengan hotel (corporate), punya rumah istirahat atau kerjasama dengan rumah sakit, harus digunakan, lumayan berhemat.

    demikian sekedar tips dari saya :). semoga bermanfaat.

    Like

    • Terimakasiiih… πŸ˜€
      Hue asiiik ikutan. Kalo menang dianter ke rumah deh. Hehehe *irit*
      Soal latihan bener banget. Kalo kantor fasilitasi memang mendingan ikut di kantor ajah. Ga perlulah itu Celfit dan semacamnya ya. πŸ˜€

      Like

  83. happy b’day ya Dani, selalu jadi ayah dan suami yang sayang keluarga.

    Tips berhemat ? hihihi, ngga punya. Tapi yang pasti, aku dan suami punya prinsip yang sama dalam hal pengeluaran, yaitu, selalu lihat kebutuhan, bukan keinginan. Soalnya kalau ngikutin keinginan kan ngga ada habisnya.

    Like

    • Terimakasih Teh Dey. Maaf baru bisa balas. Memang berat untuk selalu mendasarkan pengeluaran berdasarkan kebutuhan but its the best way kan ya Teh Dey? πŸ™‚

      Like

  84. Opo ya? *mikir*
    Tips seputar keuangan (baca: irit cenderung pelit) ala Ndutyke dan Ndutihusband…
    1) Say NO to credit card.
    2) Jangan jadikan nge-mall sebagai hobi (hobi sing irit dan berpahala adalah KELON, sip).
    3) SEDEKAH. Mau makin banyak rejeki? Makin banyak sedekahnya. Ini jaminan Alloh Swt.

    Yo wes Dan. Aku melu partisisapi wae. Selera buku kita berbeda, soale, hihi. Aku kan seneng yg lucu-lucu enteng-enteng.

    Like

    • Maaf baru sempet bales Mem. Maturnuwun ya Meeeeem.. πŸ˜€
      Tips soal KELON dan sedekah insyaAllah akan dilaksanakan. πŸ˜€

      Like

  85. Dan, met ultah yaaaa, happy milad. Semoga panjang umur, murah rezeki, sehat, sukses dan bahagia selalu. Aamiin. Wah, bukunya aku mauuu. Tapi kudu mlipir dulu, ngumpulin tips2 jitunya, nih dah ngantuk, mau tidur dulu, Insyaallah besok balik lagi, blm tutup kan ya? πŸ˜€

    Like

  86. mas Dani… datang kesinih klangsung disodorin GA hihihihi….

    Tips-tips opo yooo? rumah tanggaku juga baru seumur jagung looo, jadi tips-tips nya pun ngga banyak, berdasarkan yang sedang aku jalanin aja yah.

    1) Untuk tabungan anak, aku pakek asuransi pendidikan yang syariah. Dengan begitu jadi disiplin nabung. Ntar pas dia usia TK dapet sekian juta, begitupun pas masuk usia SD, SMP, SMA, dan kuliah. Uang itu sebenarnya bisa juga sih diambil sewaktu2 kalo tiba2 kita pgn berhenti asuransi, jadi ga insya ALloh ga rugi sama sekali. DAn kalo ada apa2 sama si penanggung (amit-amit, naudzubillah) bakalan dapet dana asuransi.
    2) Kalo mau pake kartu kredit pilih yang banyak promo diskon terutama untuk kebutuhan yg sering kita beli. Dan bayarnya jangan ditunda, bgitu slese belanja langsung aja dibayar biar ga lupa n ga kna denda.
    3) Survey tempat belanja murah. Kalo habis belanja jangan dibuang struknya, biar bisa banding2in antara toko A, B, C, dan D yang paling murah mana.
    4) Aku punya tabungan beberapa, sengaja dipisah-pisah. Ada yang buat keperluan shari-hari, ada yang buat tabungan haji (Amiin ya Alloh), tabungan kehamilan (berhubung sekarang lagi hamil), tabungan anak, n tabungan lain-lain (utk kperluan dandan rumah atau mobil).
    5) Aku sekarang mencatat semua pengeluaran di buku kas. Soalnya kadang suka bertanya-tanya perasaan pegang duit banyak kemaren kok sekarang habis, dipake buat apa sih. DAripada pusing nginget2 mending smuanya dicatet kan.
    6) Kalo soal kanopi, aku dari berapa tahun lalu pengen bikin sampe skarang belom kesampean hihi, duitnya kpake trus sih.

    Udah sgitu dulu ya… met ultah looo

    Like

    • Makasih Mba Rahmiii. Hehehehehe, bener banget mba, kalo habis belanja sebisa mungkin struk disimpen. Tos kita soal kanopi, hihihi.

      Like

  87. 1. buku no 1 setuju.. baca bolak-balik tetep ga nyampe..hihihi
    2. met ultah Dan, walo telat..
    3. irit ala mhs di tempat antah berantah.. belanja pangan terskedul dg paket besar yg bisa tahan lama, stop ke mall, ga pergi ke 7-11, belajar, hihihihi
    4. klo buat rumah sih, aku ngebiasaan ngumpul untuk LM (udah ga percaya uang kertas dan tabungan ini itu) dan membagi pos-pos yg sudah terlihat jelas, pake kartu cuma buat hal penting

    Like

    • Makasih Mba Hilsyaaa… πŸ™‚ kenapa ga percaya ama uang kertas Mba? Hehehe. Belajar emang bisa menghemat Mba Hilsya. Apalagi kalo belajar dari kehidupan.. *jiaaaaah*

      Like

  88. Aseli…Meskipun gw jiper sejiper jipernya karena semua tips irit udah disabet sama Yeye dan Desi, gw coba memberanikan diri ikutan GA sang financial planner.
    Ini gak salah nih…wong gw aja belajar financial dari lo Dan? hahahaha…

    Tips irit ala Bunda Samara :
    1. Setiap hari bawalah bekel makanan dari rumah, etapi kalo dalam seminggu boleh lah 1 kali makan di luar biar gak bosen dan bisa rumpi2 cantik dg temen2.
    2. Tiap hari Jumat selalu mantengin koran dan nyari supermarket yang lagi diskon. Jadi bisa belanja minyak goreng dengan hemat.
    3. Wiken kruntelan aja di rumah, kalo pun mau ngemol diusahakan cari mall yang ada playground gratisnya.
    4. Sebisa mungkin kalo berangkat dan pulang kantor nebeng sama suami biar gak keluar ongkos transport.
    5. Gunakan listrik sehemat mungkin, AC nyala nya malam aja. Kalo siang cukup buka jendela lebar2 dan kalo masih sumuk yooo nyalain kipas angin wae πŸ™‚
    6. Kalo mau ngemol atau mau belanja bulanan ke supermarket, usahakan makan dulu dari rumah karena menurut penelitian bahwa kondisi perut lapar itu memacu kita untuk kalap belanja.
    7. Untuk urusan nyalon, belilah cream utk creambath yang dijual di toko2 kosmetik trus creambath sendiri deh di rumah, mintalah bantuan si mbak.
    8. Ikut arisan LM, lumayan buat nabung
    9. Paksain tiap bulan nabung…

    kayanya udah panjang nih komen gw..kalo mau diterusin nanti gw dicap sebagai emak medit, padahal kan enggak…cuma sedikit merki dan perhitungan sajah, hahahaha…

    Like

  89. Pertama, met milad ya mas, hehe, maap telat, semoga usianya semakin berkah, amin.
    Ide yg mau uni share, papan tulis serba guna, cara buatnya cukup melapisi tembok di ruangan rumah dengan plastik yg agak tebal yg ujung-ujung di paku ke tembok. Nah jadi dech papan tulis serba guna. Tinggal di beli in spidol nya aja. Klo ingin coret2 gambar, tinggal pasang lagi kertas putih di atad atas plastiknya, langsung dech kita bisa seru seruan melukis di atas kertas, tanpa merusak cat dinding rumah.

    Like

  90. Happy ‘belated’ birthday mas Dani. All the best to you… πŸ˜€
    Sharing ttg pengaturan cashflow rmh tangga:
    1. Doeloe ketika msh jadi Karyawan, setiap terima income (gaji, bonus, kerja sampingan, dll) “langsung dipotong 30%” unt Pendidikan Anak dan Cadangan (unt Modal buka bisnis, renovasi rumah, dll).
    Sisa income yg 70% (jumlahnya minimalis 😦 ) dipakai unt living cost. Kondisi kepepet ini menumbuhkan kreativitas unt mencari ‘other income’ yg halal (kerja paruh waktu di malam hari dan akhir pekan).
    2. Stlh jadi wirausahawan, skema menjadi 50% (unt Pendidikan, Investasi, Ekspansi bisnis) dan 50% unt living cost.
    3. Intisarinya adlh menciptakan sendiri ‘multiple stream of income’ unt mencukupi kebutuhan rumah tangga. Dan memang, diperlukan ‘konsistensi’ dan ‘pengorbanan’, demi ‘impian’ yg ingin digapai.

    Like

  91. Mas Daniiii…whuuuaaa, akhirnya aku bisa juga OL mas…hampir satu bulan ini internetku ngadat…senaaang bgt akhirnya bsa baca blog teman2 blogger…
    anyway….selamat milad ya mas Dani..semoga sisa umurnya jadi berkah dan dikasih pencerahan yang cemerlang sama Allah lewat komen blog ini buat menghemat pengeluaran keluarga…dan yang paling penting semoga rejekinya makin dimurahkan Allah mas…kan kalau rejekinya banyak berarti ga usah terlalu susah menghemet mas..hihihiii πŸ˜€ jangan lupa sholat Dhuha terus mas..biar rejekinya tambah banyak..hohohooo…dan aku ga bisa kasih tips buat menghemat pengeluaran mas..karena aku orangnya rada boros, hahahaa…:-D

    Sukses deh dengan saran penghematan dan giveawaynya mas..

    Like

    • Amiiiiin. Makasih Mba Fanny… Maturnuwun tipsnya Mba. Sholat adhuha dan sunnah yang lain kudu diperbanyak nih emang,, πŸ˜€

      Like

  92. tips berhemat ya?
    gampang itu pak’de..
    caranya?
    agar semua kebutuhan terpenuhi, sampeyan ajukan permohonan naik gaji aja sebesar 500% ke kantor sampeyan.. ancam atasan sampeyan, kalo ga dinaekin sampeyan akan hengkang.

    sekian

    Like

  93. Setelah sekian lama wara-wiri di postingan ini, akhirnya saya “beranikan diri” memberi komentar. Bukan apanya, pertanyaan ataupun saran mengenai “tips menghemat” terus terang sangat jauh dari kepala saya. Sayapun berusaha keras untuk berhemat dalam keluarga kecil saya. Jadi, tidak ada tips dari saya mas, berusaha disiplin saja menyisihkan gaji untuk membayar cicilan dan tidak menambah cicilan baru.. hehehe..

    Like

    • Maturnuwun Mas akhirnya ikyutan, hehehehe. Semoga tipsnya bermanfaat ya. Btw tidak menambah cicilan baru itu efektif banget buat menghemat. πŸ˜€

      Like

  94. Pingback: Ada apa dengan (cinta) April? | naNINAnuneno

  95. pengalama saya :

    1 Bikin pos-pos keuangan. Dan hrs disiplin. Jgn sp uang buat beras dipake buat senang2

    2 Kalo mau belanja bikin daftar belanjaan. Membantu bgt tuh, biar gak banyak melesetnya πŸ˜€

    Tapi yang paling mak jleb, waktu kami lg sangat butuh uang. Suami dengan kesadaran sendiri blg “bakal berhenti merokok”. Seorang perokok berat, mutusin berjhenti merokok itu susah, loh. Sy aja agak ragu kasih saran itu, pdhl pengeluaran dr rokok juga gak sdkt. Trus pas dia ngeluarin keputusan itu, sy terharu sendiri.

    Walopun setelah masalahnya lwt, dia kembali merokok lagi. Hihi

    Like

    • Makasih mba Myra. Kadang memang dalam situasi sukit kita bahkan akan rela melepaskan salah satu hal yang sebenarnya sudah lama jadi kebiasaan. Makasih sekali lagi ya Mba udah ikutan. πŸ˜€

      Like

  96. waks telat de gw baru tau ada post ini di blog nya Dani
    abis Bul ga bilang2 sih *malah nyalahin Bul :p*

    anyway, mo ikutan ya Dan
    tips hemat ala gw
    1. klo bagi2 duit sesuai post setelah gajian si sudah dilakukan sejak dari lajang *ceile*, walo masih butuh perbaikan sana sini.. tapi yang paling pengaruh menurut gw adalah: ON TIME dalam melakukannya.. bayar listrik air ga telat, bayar CC ga telat, itu udah menghemat banget menurut gw, soalnya kita tidak berpartisipasi dalam munculnya bunga.. anyway imo CC penting loh, walo kayanya kita ngutang, tapi klo dibayar on time, membantu sekali dalam memperoleh Credit History yang baik *pengalaman pas ngajuin pengambilan KPA*
    2. beli apartemen tengah kota, one of the best decision i’ve ever made.. bener2 hemat waktu, hemat tenaga, hemat bensin.. gw masih bisa leyeh leyeh pagi2 sambil nyiapin sarapan buat gw dan suami, masih bisa maen tenis habis pulang kantor tanpa worried nyampe rumah jam 8 malem dan stress kecapean di jalan, dan paling ultimate, gw membantu menghemat pngeluaran negara dengan mampu membeli pertamax sesuai bujet yang dikeluarkan, yang mana gw pikir bakalan ga cukup klo tinggal di pinggir kota dan terpaksa beli premium.. hidup sehat, cukup istirahat, dan bahagia rasanya hehehe
    3. pake perlengkapan elektronik yang hemat energi.. pake lampu yg hemat energi, pake AC inverter yg bener2 signifikan ngurangin pemakaian listrik per bulannya (walo mahal banget belinya, asem lah), beli timer buat charge hp or laptop..
    4. belanja mingguan (bukan bulanan) di tempat yg deket aja..hemat bensin, perbedaan harga juga ga segitu signifikan..
    5. jarang ke mall.. eh tapi gw juga ga terlalu suka ke mall si kecuali ada yg mo di cari.. jarang nonton juga, udah ada bandar pilem di kantor jadi tinggal copy aja wkwkwkwk *jangan ditiru*
    6. bawa botol minum kemana2, sangat menghemat ketika di jalan ga perlu beli2 minum or ketika makan di luar bisa minum dari dalam tas aja..

    itu dulu kali ye Dan, sederhana aja sih, ga ribet2.. anyway hampir semua udah baca kecuali to kill a mockingbird ama chaerul tanjung biography *colekcolek Dani*

    Like

  97. Salam kenal mas Dani πŸ˜€
    Selamat Ulang Tahun ^^ *walo telatnya seminggu lebih.
    Masih boleh ikutan kah? πŸ˜€

    Aku juga baru keluarga kecil dengan satu orang anak.
    Masih berusaha juga mengatur keuangan yang baik dan benar.
    Paling usaha buat mengatur budget keluarga.

    1. Menabung diawal
    Berapapun yang mau ditabung, langsung ditabung begitu penghasilan masuk. Kalau nunggu ada sisa baru ditabung gak bakalan ada sisanya ntar πŸ˜€
    Bisa pake auto debet dari rekening utama. Biar gak krasa.

    2. Membagi pos-pos pengeluaran.
    Bayar zakat, cicilan rumah, iuran keamanan, belanja bulanan, sekolah anak, dll.
    Strict to the budget. :D..jangan sampai budget pos ini dipake buat pos yang lain. Kacau jadinya.

    3. Beli baju (tidak) bermerk.
    terutama buat anak sih, soalnya anak cepet gede.. kayaknya baju bermerk dan cuma dipakai sebentar koq sayang ya buat anak kecil #makirit bin medit.
    kalo ortunya? gpp sih..sekali-kali..selama masih masuk budget *Plak

    4. Masak buat sehari-hari dan minimalkan makan diluar (kecuali ditraktir =P )

    5. Mainan DIY buat anak
    misal untuk belajar abjad ngumpulin dari botol minum yang ditulisin abjad/angka :p, kalender meja dibuat flash card atau boardbook buat anak.

    Hampir sama sih ya sama tips2 yang udah ditulis diatas :D.

    Oia..klo boleh milih hadiahnya..apa aja boleh,
    selain buku “untuk Indonesia yang kuat” dan “PS:I Love You”.
    2 buku ini udah punya soalnya :p.
    Makasiih..semoga bermanfaat
    *nyontek tips2 hemat dari komen2 sebelumnya

    Like

  98. Baru bisa bewe lagi, alhamdulillah masih sempet ikutan GAnya..
    sebenernya kalau tips hemat menghemat gini aku juga kurang berpengalaman, heheh..

    tapi salah satu cara untuk mencegah hasrat belanja yang berlebih sih, biasanya aku kalau ngemall atau ke mana yang niatnya cuma sekedar jalan-jalan bawa duit pas-pas aja. Yah cukup buat makan, jajan secukupnya, juga duit cadangan sapa tau ban bocor. Alhamdulillah sih jadinya bisa mengerem pengeluaran-pengeluaran ga penting.

    Lain kalau emang diniatin buat belanja bulanan, bawa duitnya ya jangan ngepas-ngepas, nanti pas ke kasir malah kurang. Biasanya sih sebelum ke kasir aku liatin lagi belanjaanku, yang kiranya jajan ga penting kadang aku balikin lagi, hahah

    sekian, semoga berkenan,

    Like

  99. Pingback: Tentang Asisten Rumah Tangga | danikurniawan

  100. Barokallah, mas dani, smg sisa umurnya barokah.
    Hadiah bukunya gak mbayar kan? bukan booksale kan ? *hihihi, perihhh*

    tips ya?sebenarnya sih sy nggak hemat2 amat, tp gakpapalah sharing dikit. Ini yang kami lakukan dirumah.
    1. AUTO DEBET. untuk dana pendidikan/kebutuhan tak terduga kami pakai auto debet, ituloh yang si Bank secara otomatis narik dana kita dg jumlah dan waktu tertentu. Alhamdulillah ini berguna dikala mendesak (bisa buat byr DP rumah dan biaya operasi anak waktu itu), potongannya pun gak terlalu besar.
    2. EMAS 24karat, ini sy baru nyoba sih. soalnya masih deg2an nyimpennya. tp teman sy yang udah nyoba duluan, lumayan lohhh. nilainya tetap soalnya. dan bisa diuangkan kapan saja kok.
    3. DAFTAR BELANJA/ Jatah uang belanja, wajib nih, biar mata gak siwer pas belanja.kalau sy pakai patokan nominal. Kalau ke pasar sengaja bawa uang pas, jadi gak beli macem2, hihihi. Pasar tradisional yang grosir yah, bukan mall atau kedai/ mlijo dekat rumah. Untungnya kami gak gila mall.
    4. STRICT dalam PRINSIP. bingung ya? kalau kami menerapkan beberapa hal ini : TIDAK HUTANG ke BANK (baik CC, KPR atau lainnya), TIDAK BOROS dan TIDAK KIKIR, SEDEKAH sebelum semua didistribusikan, serta menyegerakan bayar hutang (kalau ada, biar gak numpuk).
    5. Tawakkal…. hehehe, kan rejeki udah ada yang ngatur mas. pena sdh diangkat dan tinta telah kering. orang tidak akan dimatikan sebelum genap rejekinya. Jadi kalau udah hemat tapi ndak kaya2, ya jangan depresi, krn mungkin emang segitu rejekinya. jangan trus minta tolong ke eyang susur. hehehe.
    Salam….

    *sy request rantang aja deh, ups…

    Like

  101. Duh, ternyata lagi ada GA disinih?
    tapi kok berbagi tips hemat sih??
    daku kan defisit muluk Daaaaan..hihihi…

    Kayaknya Dani lebih jago lah soal beginian mah..hihihi…

    Sampe sejauh ini sih aku hanya punya asuransi pendidikan ajah buat anak anak…

    ehm..terus ya gitu deh, rajin beli cincin emas, biar suatu saat bisa dijual lagi kalo lagi ada perlu…hihihi…
    *ajaran mama tuh*

    Like

  102. Dr kemarin udah baca inih, tapi kog mikir lagi mau ngasih tips hemat apaan. Mau dibaca satu2 biar tips hemat ny beda, eh pusing juga ya bacanya. Akhirnya langsung scroll ke paling bawah.

    Soal hemat menghemat. Aku sih bisa banget hemat di bagian beli2 baju, belanja2 printilan. Tapi paling gak bisa hemat klo udah menyangkut makanan ama buku. Hahahah..

    Tips hemat ak sih yaa.. Klo mau beli barang atau mupeng ama barang, dipikir lagi bener2 butuh banget apa gak? Cuma pengen sesaat apa gak? Udah punya yang serupa apa belum? Klo cuma pengen2 aja, mending langsung kabur dari barang yang menarik perhatian itu. Habis itu, langsung aja cari makanan buat pengalih perhatian. *eh. Wkkkk..

    Trus sama tuh kya mbak erry.. Ak skrg jg klo ada rezeki, dikit2 disisihin buat beli printilan kya cincin emas. Klo gram ny udh lumayan numpuk, bisa diganti ama yang lebih “gedhe”an dikit gram nya. πŸ˜€

    Like

  103. Halo, salam kenal, Dani.. (nggak usah pake mas, ya? umurku pasti lebih tua darimu, deh. Anakku udah 3 biji, soalnya… hihihi..
    Yang pertama, tanya dulu: apa bedanya Dani Kurniawan dan Dani Rachmat? (selain kurniawan dan rachmat-nya, ya)
    Yang kedua, selamat tambah umur (walopun telat). Moga umurmu tambah berkah, dilimpahi ALLAH SWT dgn kesehatan, keselamatan dan keberuntungan, dunia akhirat. Amiiinnnn…
    Yang ketiga, tips hemat dariku:
    1. Hindari window shopping di online shop, kecuali emang butuh banget. Pengalaman pribadiku, paling nggak nahan deh sama hijab2 yg lucu2 itu. Tahu2 akhir bulan terbelalak aja, pas nyadar udah habis brp buat belanja hijab… πŸ™‚
    2. Ajari anak (sedini mungkin) menghargai uang, sekecil apapun nilainya. Tanamkan, bahwa uang 100 perak pun berharga, krn kalo kurang 100 perak, duit sejuta itu blm bisa dikatakan sejuta. Trus ajarkan anak utk menahan keinginannya utk membeli barang yg dia inginkan dgn alasan yg logis, misalnya: tunggu ayah/ibu punya uang, ya. Dan di lain waktu (saat kita ada rejeki, belikan barang yg dia mau, dan jangan lupa katakan: nih, alhamdulillah ayah sama ibu udah ada rejeki utk membelikan barang yg kamu inginkan..) Works for me. Paling tdk, anak jadi tahu, semurah apapun barang yg dia inginkan, orangtuanya hrs mengeluarkan uang utk membelinya.
    3. Setuju dgn makan dulu yg kenyang sebelum nge-mall, krn tanpa kita sadari, makan diluar itu jg nguras kantong.
    4. Tentukan semuaaaa jenis pengeluaran dalam sebulan. Itemnya pasti banyak buat kita yg udah berkeluarga. Tapi percaya deh, ini membantu banget, supaya kita tahu, tiap bulannya uang kita sebenernya lari kemana aja. Trus kalo aku sih, aku pisahin tuh, mana pengeluaran yg harus dikeluarkan secara manual (tunai, misalnya: belanja sayur, bayar daycare anak2, jatah makan siang di kantor aku dan suami, bensin, koran, majalah, parkir, biaya SPP sekolah anak, dll sama yg non tunai, misalnya bayar telpon, listrik, kartu kredit, biasanya langsung bayar dari ATM.)
    5. Sekian, dan banyak2 berdoa agar terhindar dari godaan belanja impulsif… πŸ˜€

    terima kasih, dan kayaknya aku yg paling banyak komen, deh…Uhuk! *tutup muka malu* πŸ™‚

    Like

    • Waaaaha. Salam kenal Mba. Maturnuwun ya udah mau ikutan. Rachmat nama tengah dan Kurniawan nama belakang Mba. Hehehehe.
      Jajan perintilan itu emang kecil-kecil sih Mba tapi bener banget kalo ditotal bikin kantong bocor juga. πŸ˜€

      Like

  104. yee..met ultah ya Daan..
    moga panjang umur, sehat selalu
    mana Kuenya?

    Waah anggaran keluarga, papa yang tauuu dan yang bikiin..
    karena aku ga jaaaaagioo, nanti aku tanya duluu ya

    Like

  105. Tips hemat menurut isha :
    bawa uang pas2an kemana pun, terutama kalo belanja dan jangan lupa catat apa yang mau kita beli. ya itu soalnya, cewek kadang beli apa gitu yang di liat padahal gak di butuhin.
    nah, untuk biaya bulanan. isha biasanya nyediain 30sekian amplop. terus amplopnya di nomorin dari 1 smpe 30. dan di isi dengan jumlah uang yang sama untuk biaya harian. sedangkan uang untuk biaya bulanan dan tabungan itu di pisah lagi dan di namain dalam amplop yang berbeda. jadinya kan ter-menejemen rapih, dan uang bulanan gak ke pake harian. hehe πŸ™‚
    kalo istri kerja, lebih baik pakai tenaga rumah tangga. tapi kalo enggak, ya gak perlu :))

    ishavanisadesfriani@gmail.com
    http://vanisadesfriani.blogspot.com/

    Like

    • banyak banget yang ikut GA en kasih tips Hemat yang top markotopjadi bingung kasih tips apa lagi

      yang pasti dari semuaaaa yang diatas gw setuju πŸ˜€

      tapi tambahan tips lagi
      JANGAN PERNAH SEPELE DENGAN UANG RECEH ATAU KOIN
      hayo hitung berapa banyak pos pengeluaran parkir?
      bayarnya seribu, dua ribu, ato tiga ribu
      hayo hitung berapa jumlah receh yang tidak dikembalikan kasir kalo kita beli cuma 49.700 πŸ™‚

      So…
      Kalo dapat kembalian harus diminta receh jangan mau dikembalikan pake permen πŸ˜‰ *peliiiiitttt*
      kalo kasir bilang gak punya koin ya bayar pake ATM ato CC πŸ˜†
      Kalo kasirnya ngembaliin koin, kumpulkan ya….di waktu senggangmu coba selotip tuh receh perRibuan, jadi satu iket 1000 ato bisa juga seiket 5000 kalo pecahan 500 en 1000
      jangan sungkan membawa dan memberi uang receh yang diselotip πŸ˜€
      uang receh bisa buat bayar parkir dsb-nya tapi pengalaman jaman kuliah duluuuuu sie….uang receh buat main timezone, ngirit en nabung tak terduga kan
      sisakan uang receh berbagai pecahan di dompet karna sesuatu saat bisa digunakan apalagi kalo ketemu kasir yang cuma punya kembalian permen

      itu aza dan hihihii *sokIkribAgain*

      Like

  106. Kalo aku sih simple ya Dan, cukup pengeluaran diposkan masing-masing. Dan kebetulan kan yang kerja kantoran aku, sementara papanda kan dagang yang dapat duitnya tiap hari bukan bulanan kayak aku. Jadi ya gajiku dibuat nabung, bayar-bayar tagihan sementara pengeluaran sehari-hari dari kantongnya papa. Yang pasti sih harus bijak dalam pengeluaranm, jangan sampai besar pasak ketimbang tiang hehehe…kalo belanja ya seperlunya, jangan laper mata, kalo perlu pasang kacamata kuda πŸ˜† Udah segitu aja Dan, kepanjangan ntar jadi satu postingan. Hadiahnya terserah, tapi musti menang ya hahahaha… *diguyur air*

    Like

  107. Selamat ulang tahun ya kakaa…semoga usia yang bertambah makin baraqah…karier makin cemerlang…dimudahkan dalam setiap melangkah dan selalu sehat bahagia lahir bathin bersama keluarga tercinta…

    eehmm..sekarang eikeh mau ikutan GA nya ya kaka…
    Secara sudah emak-emak…hemat itu wajib, hemat bukan berarti pelit ya…hehe walo beda tipis sih…apalagi sejak kami punya utang ke bank (KPR) otomatis segalanya harus disiplin.
    Aq sama papski nerapin :

    1. Sarapan pagi itu kudu di rumah…haha..selain hemat, masak sendiri itu sehat kan, lagian mendisiplinkan untuk bangun lebih pagi. Kalo lagi siang sih biasanya susah, soalnya makan di tempat masing-masing. Apalagi kalo malemnya bisa masak

    2. Disiplin dalam belanja bulanan. Pilih tempat yang memang menjual harga murah. Selisih 1000 – 3000 kalo belanja banyak udah berapa tuh selisihnya.

    3. Punya kartu kredit itu emang sangat membantu. Apalagi dalam kondisi kepepet. Tapi buat target berapa budget sebulan untuk bayarnya. Kalo melebihi target budget, tunda dulu kepengennya. Dan inget bayar tagihan harus tepat waktu biar ga kena bunga

    4. Biasanya tiap bulan aku mencatat pengeluaran rutin, dan di cocokkan dengan pos-pos selama ini dibuat. kalo ternyata ada yang berlebih berarti warning sudah mulai ga disiplin. Otomatis penggunaan ATM bisa diminimalisirkan

    5. Nah soal listrik. Inget donk ya moto matikan yang tidak penting. AC kalo malem pasang timer, jadi ga nonstop idup terus. lumayan kan bisa hemat bayar tagihan listrik. etapiii kalo ganti listrik pra bayar lebih enak lagi lhooo….*hahaha..ini mah promosi terselubung*
    Begitu juga sama aer, kalo ada tedmon lebih enak ya. jadi gak harus idupin pompa aer tiap waktu. Dan bayar pdam juga bisa hemat.

    6. Terus aq masih inget dulu masih kecil sudah diajarin untuk menabung. Jadi kalo kepengen beli sesuatu, harus nabung dulu, walau sisanya tetep ditambahin ortu…hihihi. Aqil udah bisa kali ya diajarin nabung dengan dibeliin tabungan yg unyu-unyu.. :mrgreen:

    Apalagi ya…banyak sih sebenernya. Semua tergantung dari kita. Kita yang tahu bagaimana kondisi keuangan kita. Tetep selalu inget jangan pernah besar pasak daripada tiang untuk setiap pengeluaran bulanan…hehe

    Like

  108. Pingback: Is There Any Dark Passenger in Me? | danikurniawan

  109. Alhamdulilah….untung aku aktif lagi nge-blog trus berkunjung ke mari, eh ternyata Dani lagi bagi2 giveaway. Ikutan ya Dan?

    Tips ku sih simple, dan yah…lumayan berhasil lah **ga percaya diri**

    1. Jarang pake kartu kredit, kartu cuma dipake pas tanggal tua.
    2. Ke mall atau supermarket kalo lagi bener2 butuh belanja, bukan dadakan.
    3. Sering2 puasa..misal puasa daud, lumayan selain utamanya ibadah, juga baik untuk kesehatan dan hidup irit πŸ˜€
    4. Hemat listrik, hemat air dan hemat pake pulsa..

    Begitu doank Dan, …simple but cukup ngefek ke kehidupan finansial ku

    Like

  110. Haaaahhhhh???? Ada flatshoes ukuran 38? Ukurankuuuuuuuu… MAU IKUTAN DOOOONGGG #gaksante

    Hmmm… tips hemat ya… menurutku, supaya hemat itu:

    – kalo mau traveling jangan pas peak season dan jangan pas long weekend… harga hotel, tiket, dll pasti jatohnya lebih mahal… mana tempat wisatanya pasti penuh turis lain, jadi riweuh… mending bela-belain ambil cuti pas weekday dan low season… dompet aman, suasana pun lebih nyamaaan…

    – jangan pernah booking hotel dari jauh-jauh hari… mending langsung dateng di hari-H dan minta diskon… aku seriiing loh dapet diskon kamar 30-50 persen dari ‘nodong’ gitu πŸ˜€ *dengan catatan liburannya di low season yaaa*

    – kalo mau nongkrong di resto/kafe mahal, sebelumnya makan kenyang dulu di warung kaki lima… jadi di resto/kafe mahalnya cukup pesen minum :p

    – kalo mau beli pospak, tunggu hari jumat… di koran nasional pasti ada iklan promo, tinggal cek deh di mana si pampers-mamypoko-huggies yang lagi diskon, apakah di carrefour, giant, lottemart, atau hypermart…

    – punya anak umurnya deketan, jadi adeknya bisa pake lungsuran kakaknya :p

    – pilih rumah di posisi hook… jadi angin masuk dari depan, belakang, samping… adeeem… siang-siang nggak usah pake AC pun enak… terus sinar matahari masuk dari mana-mana meski nggak nyalain lampu… hemat listrik πŸ˜‰

    – kalo masih bujang, pilih istri yang pada dasarnya emang cakep, jadi nggak butuh keajaiban salon, makeup or baju ratusan ribu buat bikin kelihatan ‘lumayan’ sedep dipandang hahahaha… dan cari istri yang rambutnya lurus halus alami, jadi nggak perlu nyatok rambut tiap mau pergi… hemat listrik :))))))

    Yaitulah tips hemat dari sayah, hihihi…

    Like

  111. saya nikah baru sekitar 2 tahun 4 bulanan mas.. anak usianya 14 bulan. saya kerja di radio dan istri pun kerja ngajar di sekolah (udah PNS) kalau untuk urusan finansial emang penting banget mas apalagi buat keluarga muda seperti kita (toss dulu mas :)) sebenarnya kalau kita punya banyak uang saya dan istri pengen sekali mewujudkan banyak hal.. ingin bikin rumah, beli mobil, furniture dan lain-lain tapi kenyataannya gak gitu hehe.. menurut saya bagi keluarga kecil seperti kita hemat bukan berarti pelit untuk mengeluarkan uang untuk sesuatu yang menjadi kebutuhan kita..tapi untuk sementara keluarkanlah uang hanya untuk sesuatu yang memang dibutuhkan bukan sesuatu yang diinginkan.. kalau cuma sekedar pengen tapi gak butuh-butuh amat mending dipending dulu aja deh.. itu secara globalnya ya. dan pasti setiap keluarga punya kebutuhan yang berbeda-beda pula. Di awal bulan sebisa mungkin di list dulu apa aja yang harus dikeluarkan, semisal untuk kebutuhan bulanan, susu anak, untuk pengasuh, bensin, listrik, pulsa dan lain-lainnya yang memang sudah pasti harus dikeluarkan maka masukan ke list kita baru sesudah itu sisa uang kita harus ada yang ditabung sekian persennya. Itu untuk dana taktis yang kadang gak kita duga. jika punya utang atau cicilan apa aja anggarkan untuk segera dibayar. Baru deh sesudah semua itu ditulis tinggal jika ada sisa maka boleh deh untuk sekedar ngajak makan keluarga di luar atau membelikan baju baru buat istri.. hehe yang pasti sistemnya seperti yang disharing temen saya jika hidup masih ngontrak lebih banyakin tabungan dulu jangan banyakin beli barang nah kalau rajin nabung tentunya kita pun punya saving untuk ke depan. Tentu beda ya bagi yang hidupnya sudah mapan, sudah punya rumah sendiri, dan kebutuhan sudah tercukupi hehe. Itu tips hemat secara global aja mas dari saya terima kasih dan salam kenal ^^

    Like

  112. Happy birthday, Dani !!!!!!. Waduuh..untung pengumuman, walau telat, jadi masih tetap bisa ikut nyelametin dan ikut berdoa ya..semoga panjang umur, tambah sukses dan makin happy.
    Diatas kayanya udah banyak banget yang ngasih tips itu… jadi aku ngash tips simple urusan kartu kredit aja deh…
    Mungkin agak konyol…tapi serius – tips ini lumayan nolong:
    1. Gunakan kartu kredit hanya untuk keperluan yang ribet jika harus menggunakan cash – misalnya bayar hotel /ticket saat traveling.
    2. Biar nggak gatel ngegunain kartu kredit setiap saat untuk keperluan yang nggak penting-penting banget, sebaiknya kartu kredit disimpan dan dikunci dilemari setiap kali jika jalan-jalan ke mall…
    he he..

    Like

  113. Pingback: (Will You Take) One Direction? | danikurniawan

  114. Dari awal ngeliat posting GA ini pgn bgt ikutan, tp diminta komen tips menghemat untuk keluarga muda bingung juga, jd ga berani komen d:(.
    Tp akhirnya dengan tekad yg kuat dan semangat yg membara akhirnya memberanikan diri untuk komen hehe
    1. Untuk belanja bulanan, pilihlah toko/supermaket yg lbh murah misalnya tiptop, soalnya dibanding yg lain dia lbh murah,, lumayan lho selisih harga seribu dua ribu.*emak2 bgt*
    2. Untuk transportasi karena kantorku sama suami satu arah jd bisa berangkat dan pergi brg, lumayan kan ngirit biaya transport.
    3. Pulsa telp jatah tiap minggunya sehingga kita bisa mengatur biaya pulsa.
    4. Dan banyak lg yang lainnya *lah malah nyanyi lg rhoma*

    *jadi jiper saingannya banyak beudh dah*

    Like

  115. met ultah mas Dani *telat ya..maaf mumpung internet lancar jadi br bs BW ee ternyata ada yg ultah πŸ˜€
    smg panjang umur, selalu sehat, sukses,mas dani & klrg senantiasa berlimpah berkah dr Allah Swt aamiin..

    tentang tips..mm kyknya teman2 blogger tipsnya udah pd lengkap n bagus2 semua..

    tp aku ada tips nih..setiap awal bulan saat terima duit aku udah catet itung2an pengeluaran sebulan. byr listrik, air, tv kabel, beli beras, galon, iuran perumhan, belanja sebulan, bayar les anak,..pokoknya semua deh.. trs keep..udah pegang aja selama sebulan..usahakan jgn lirik2 kredit card heehehe…
    kalo gak kepepeett banget jg jgn ambil tabungan..

    yaa walo kadang syusyeehhh kalo liat barang bagus *perempuan bgt dah πŸ˜€
    tp untungnya ada tambahan dari jualan online jd kl pengen beli2 gak ganggu duit belanja lah,,hehehe

    hhmm termsk tips gak nih mas..:D

    Like

  116. Waaahhh… Lg bs bw nih.. Ternyata aku telat ucapin… Selamat ultah ya dan, sukses selalu, sehat…. Amin… Btw ini komen udh 298 ck ck ck… Bnyk aja ya hahahahhaa… Aku dah komen ke sekian, tp yasud lah… Yg penting mau kah tips random aja yaa.. Abisna tips diatas udh bgs bgs semua hehehe… Tips dariku :

    1. Sesekali minum air putih ditetesin jeruk lemon bikin perut lega krn katanya gampang buang angin hihihihi…
    2. Klo mau ajarin anak baca.. Langsung aja bacanya gak pake eja, tp langsung bertahap dari ba bi bu gtu deh contohnya hehehe… Trus pakein gambar2.. Misalnya hari ini belajar kata2 ba… Jadi tulis ba gede2 ditengah2 kertas, trus bikin map… Tulis : ba lon, ba ju, ba dut.. Nah disamping kata benda tsb tempelin gambar, biarkan anak yg nempel2 jd biar sekalian huruf ba dia ngerti.
    3. Klo bisa, nabung tiap hari per 10 atau 20 ribu, setahun da brp tuh…
    4. Klo bisa, ke ktr bawa bekal makan aja bs lbh hemat
    5. Udah itu aja deh.. Hahahahahaha.. Lagi kehabisan kata2 :p tp semoga aja membantu hehehehe

    Like

  117. Dani…met ultah yaa… semoga makin berkah umurnya dan sehat selalu.
    aku malah jadi ikutan ngebaca komen2nya, hihihi.. lumayan jadi nambah tips buat menghemat.
    Kalau aku sebagai CFO keluarga, kadang hemat tapi kadang kalo cape hemat malah bablas borosnya..trus nyesel. trus minta suntikan dana lagi sama CEO alias bapak suami yang kemudian diomelin. hehehe…

    tips2 hemat ala keluarga kami :
    1. Bawa bekal dari rumah untuk maksi di kantor.
    2. suami naik sepeda ke tempat kerjanya (lumayan irit ongkos), aku naik angkutan umum.
    3. setelah ngirit seminggu baru wikennya jalan2 dan makan diluar biar tetep waras. πŸ™‚
    4. Tiap bulan bikin pos2 pengeluaran supaya terkontrol.
    5. Ga punya CC
    6. klo m travelling incer tiket promo
    7. hemat pengeluaran air dan listrik.
    8.investasi di deposito, LM, Reksadana, dan property.

    demikian tips ga mutunya, tapi kalau menang mau buku ligwina hanantonya ya… tengkyuuu

    Like

  118. Hani hanya bisa komeng di sini pake twitter/fb

    jadi emailnya honeylizious[at]gmail.com sama blognya honeylizious.com ya kakak

    boleh ikutan nggak ya? padahal kan belum nikah

    Tapi Hani punya keluarga kok sebelum sekarang hidup sendirian di kota Pontianak

    nah ini dia tips menghemat waktu Hani masih jaman sekolah dulu. Diterapkan oleh nenek dan kakek.

    1. Nenek tidak akan mau membeli sarapan dari luar, sebisa mungkin dia akan menyiapkan sarapan buat suami, anak, dan cucunya. Karena keluarga besar nenek sering masak nasi banyak dan sering tidak habis. Nasi makan malam yang tidak habis dan sering disebut nenek sebagai nasi dingin, akan disulap menjadi nasi goreng teri pake terasi, rasanya mantap dan hemat biaya. Selain tidak membuang nasi yang sudah dingin itu (maklum nggak punya rice warmer) nenek juga membuat kami semua sarapannya di rumah. Nggak ada yang minta uang pagi-pagi buat sarapan.

    2. Terus buat anak-anak yang sekolah, nenek akan membekali uang jajan sedikit, tetapi membekali paling tidak air putih jadi selain nggak bakalan jajan es, uangnya jajannya kadang bisa ditabung kalau nenek juga ngasih bekal kue atau nasi goreng yang pagi tadi tidak habis.

    3. Supaya bisa membayar banyak hal biasanya nenek akan menabung setiap hari, terus kalau tabungannya banyak dia suka investasi dalam bentuk emas. soalnya kalau emas nilainya kan stabil bahkan cenderung naik harganya. kalau pas ada keperluan nenek bakalan jual emas-emasnya buat bayar pendidikan anak dan cucunya.

    4. Untung menghemat uang lainnya, nenek selalu memberdayakan anak dan cucunya buat membantu beresin rumah, nyuci baju, masak, dan nyetrika, jadi banyak hal dikerjainnya bareng-bareng.

    5. Nenek juga hampir tiap hari bikin camilan sore supaya anak-anak dan cucu nggak perlu jajan di luar.

    6. Seragam sekolah yang sudah tidak digunakan biasanya akan nenek simpan rapi, buat anak atau cucu selanjutnya jadi pas masuk sekolah nggak perlu beli baju seragam lagi. Buku-buku pelajaran juga gitu. Nanti dibeliin terus harus disimpan baik-baik buat sodara-sodara yang lain gitu.

    7. Kalo ibu Hani sendiri sering mencari uang tambahan dengan keterampilan yang dia punya. Urut orang (pijat) dan jual panganan yang dia olah sendiri. macem-macem tuh, mulai dari bikin asinan dari buah-buahan yang lagi musim dan sampai banjir di pasar hingga harga buahnya murah tetapi bisa jadi uang tambahan buat keluarga.

    Intinya sih pinter-pinter cari peluang aja buat menghasilkan uang karena kita nggak pernah tahu kapan kita membutuhkan biaya dalam jumlah besar. Jangan lupa juga untuk menabung dalam bentuk emas. Pilih bank-bank yang terpercaya untuk investasi dalam bentuk emas, tapi bukan emas yang sudah dibentuk jadi perhiasan ya? Tapi dalam bentuk perhiasan juga nggak terlalu masalah sih.

    Ibu Hani pernah bisa beli tanah beberapa hektar gara-gara harga emas naik berkali-kali lipat dan dia punya emas puluhan gram dalam bentuk kalung. Padahal nggak berniat buat investasi sih dia, hanya pengen nabung aja.

    Aih panjang ya komengnya….

    Menang nggak menang, semoga apa yang Hani sampaikan di sini bermanfaat ya buat keluarga kecilnya πŸ™‚

    Akhir kata selamat ulang tahun kakak πŸ™‚

    Like

  119. Gw ngefans berat sama mas Dani sejak 6 taon yg lalu =P. Berhubung gw belom jd nasabah prio di M*n*i*i, berarti blm terlalu expert masalah financial. Tp berhubung ngarep dpt panci hello kitty dan buku, ikutan berbagi pengalaman ya,hehe:
    1. Pendidikan anak udh disiapin dr TK sampai kuliah. TK sampai SMP pakai tabungan berjangka ajah, SMU dan kuliah pakai unit link. Langsung potong rek gaji tiap abis gajian jd ga keburu kepake. Selain itu invest di reksadana saham dikit2 tiap bulan alias installment. Kalo nantinya harga saham naik anak bisa kul di luar negeri, kalau saham ancur paling apes bisa kuliah di univ lokal deh pakai dana dari unit link, hehe.
    2. Rajin2 pantau harga emas online. Minggu kmrn harga emas murah buanget, termurah dlm 2 thn terakhir. Langsung serbu toko emas or Antam deh. Emas mungkin bukan investasi terbaik, tp ok buat jaga liquiditas dan cukup melindungi dr pengaruh inflasi.
    3. Rajin2 nanyain harga tanah yg dijual. Kalau ada yg prospek bagus dengan harga terjangkau, bisa deh jual simpenan emas yg ada buat bantu2 beli tanah, hehe. Lumayan kan kalau pensiun udh jd tuan tanah #amin yra#
    4. Buy less snacks. Belajar dari cewek2 Prancis yg langsing2, jangan belanja snack ga penting seperti permen, kripik, dll. Kurang sehat dan tanpa terasa bikin kantor bolong juga. Snack lokal kayak ubi madu or buah pisang lebih okeh.
    5. Biasain kalo ke Mall buat belanja keperluan RT, makan siang / sarapan dulu, kalo nggak pasti tergoda makan di mall juga, padahal agendanya cuma belanja thok.
    6. Kartu kredit silahkan dipakai utk memudahkan, buat utk dana talangan. So, setiap kali gesek pastikan kalau tanpa gesek pun kita mampu beli barang itu, dan pastikan saat jatuh tempo dibayar full. Bunga kartu kredit itu yg tertinggi dr semua jenis pinjaman. Manfaat kan fasilitas yg ada seperti cicilan nol persen dan discount, tp jangan biasakan tarik tunai dr kartu kredit. Lebih ok lg kalau kartu kreditnya yg free biaya bulanan / tahunan. Jadinya bener2 pakai manfaatnya aja tanpa biaya deh,horee.
    7. Kalau mau belanja yg maksa, belanja rumah alias KPR aja ya. Bunganya cenderung ringan dan harga rumah hampir ga pernah turun. Kredit tanpa agunan, multiguna, biasanya lebih tinggi bunganya, jd kalau ga perlu banget ya nggak usahlah.
    8. Jangan sering belanja di minimarket lokal. Harganya jauh dibanding tempat belanja besar kalau di total2. Atau sekalian aja belanja di pasar tradisional, itung2 banti ekonomi rakyat sendiri.
    Itu aja deh. Siapa tau bermanfaat =)

    Like

  120. Saya blm nikah,mas.tp semoga tips saya membantu.
    1.saat ini sy udah ikut salah satu asuransi berjangka 5 tahun.itung2 buat modal usaha kalo udh nikah.hehe..,emm..kl mas mau,mas bs ambil kredit utk modal usaha.
    2.mending beli peralatan dapur dipasar aja,kualitasnya lumayan bagus kok,harganya pun murah.
    3.mending masak dirumah,drpd beli krn lebih puas makannya.bisa bawa bekal ketmpt krja.tp skali2 boleh lah makan diluar,mungkin mau candle light dinner gt.hehe..,
    4.dr skrang buat tabungan khsus utk kperluan dedek bayi (semoga lekas diberi keturunan.amin).
    5.slalu trsenyum ramah pd smua orang,khususnya tetangga,sapa tau diundang makan gratis.hahaha.
    6.prbanyak brsedekah.

    Wlau telat ucapin,met ultah y,wish u all the best.

    Like

  121. Hampir semua tips hemat sudah dibeberkan di komen-komen di atas.
    Saya nambahin satu aja, yang kelihatannya nggak penting tapi kalo buat saya ini justru yang mengurangi kepusingan saya mengatur anggaran rumah tangga.

    AJARI ANAK TENTANG PENTINGNYA BERHEMAT.
    Iya bener…. seringkali ketika jalan ke mall, kita sih sebagai orang tua sudah bertekad bulat untuk buka mata lebar-lebar tapi tutup dompet rapat-rapat. Eh, begitu si anak lihat sesuatu yang menarik hatinya, entah itu makanan atau mainan atau apapun, merengeklah dia. Kadang pake jurus ngamuk pula.
    Akhirnya karena nggak tega atau karena malu diliatin orang, jadi deh dibeliin.
    Nggak jadi berhematnya.

    Dan kejadian begitu bisa berulang-ulang lho.
    Yang namanya anak pan selalu senang jajan, selalu kepingin apa-apa yang temannya punya, selalu pingin jalan-jalan.
    Kalau orangtua bilang nggak punya uang, mereka bisa dengan enak bilang, “Ambil di ATM aja.”
    *anak bungsu saya pernah tuh begitu

    Dan orangtua biasanya suka luluh kalau “demi anak”.

    Saya sih selalu berterus terang sama anak-anak bahwa kita saat ini masih dalam posisi harus mengencangkan ikat pinggang. Jadi kalo kita jarang liburan, jarang makan diluar, jarang beliin mereka mainan-mainan bagus, itu bukan karena nggak sayang, tapi karena masih banyak yang lebih penting yang perlu jadi prioritas.

    Ajari anak untuk nggak malu dengan apa yang mereka punya.
    Ajari anak untuk memakan apapun yang disediakan Ibu di rumah atau di kotak bekalnya.
    Ajari anak untuk bersyukur tiap hari.
    Ajari anak untuk menabung.
    Pokoknya ajari anak untuk mendukung program hemat orangtua.

    Semoga berhasil…!

    Like

  122. Wah telat nih mas dani
    plus tips buat rumah tanggggaaaaa ? saya belum pengalaman he he he tapi ini ada oleh-oleh dari buku bacaan ya buat ibu-ibu nih mas
    pedoman buat pilih-pilih barang apa yang mau kita beli berdasarkan tingkat ke urgenannya yaitu need vs need he he he ini pernah jadi judul postingan saya nih mas >_<
    jadi kita pikir ulang apa barang itu berdasarkan need (kebutuhan yang emang penting) apa hanya wants ( keinginan aja) karena terkadang kita gak sadar wants bisa jadi need, makanya perlu dipikir ulang he he he banyakkan mikir gak jadi beli deh ha ha ha
    itu aja ya mas semoga bermanfaat dannn

    happy birthday mas dani semoga umur nya semakin barkah. amin

    Like

  123. Saya sih belum berpengalaman berumah tangga, tapi soal hemat menghemat udah banyak pengalaman. Maklum anak kost…. πŸ˜€
    Dan mohon maaf kalau tips-tips ini tidak relevan dengan kehidupan rumah tangganya mas Dani…

    (nekat ajalah! yang penting berpartisipasi. Merdeka!!!)

    1. Kalau pakai sabun padat, sisa sabun yang sudah terlalu kecil (sampai susah digenggam) jangan dibuang dulu. Kalau jumlahnya sudah 3 atau lebih, diremas-remas sampai lembek.tenang saja, akan padat lagi dengan sendirinya. Setidaknya dengan bersatunya 3 atau lebih sabun kecil akan tetap jadi sabun yang besar juga kan? hweeee πŸ˜€

    2. Ga ngerokok. Bayangkan berapa banyak uang yang dihemat kalau kita ga beli rokok yang harga sebungkusnya aja diatas Rp 10 ribu.

    3. nggak minum-minuman manis (kopi,teh,susu). Kopi,teh,susu,gula hanya dibeli untuk persediaan kalau ada tamu aja. Terus? “orang rumah” minum apa? Wes! air putih saja! Ga cuma hemat, tapi juga sehat πŸ˜€

    4. Terapkan belanja bulanan… jangan mingguan atau harian!

    5. Beli celengan untuk menyimpan sisa-sisa uang receh yang biasanya tak dianggap. Jangan remehkan uang receh lho….saya beli buku Harry Potter 7 hard cover dulu dari celengan πŸ˜€
    Biar semangat, bisa dijadikan kompetisi sekeluarga….
    masing2 dikasih satu celengan. Diterget dg jangka waktu tertentu (misal setahun atau 2 tahun)… Buat perjanjian hadiah bagi pemenangnya (misal 10 persen dari masing2 isi celengan yang kalah :D)…
    cara asyik dan seru untuk ngajarin nabung :p

    6. (nanti,mas…diingat2 dulu…sementara sekian dulu deh)

    tadinya sih cuma mau kenalan…soalnya saya newbie yang baru menetas :p Salam kenal…..

    Like

  124. Ga sengaja blogwalking, eh nemu blog ini, umm.. Sebenernya si sempet mampir di celengan semar dulu sebelum ke sini πŸ™‚

    Ikutan ya om! *ngarep flatshoesnya :p, krn koleksi bukunya hampir sama kaya punyaku*

    Karena aku blm married dan penghasilanku belum seberapa, jadi tips aku buat ngatur keuangan sederhana aja: setiap bulan udah ada limit yg harus ditabung, jadi pengeluaran tiap bulan dicukup2in dari situ dan ga punya kartu kredit, jadi ga punya utang πŸ™‚

    Like

  125. Ga sengaja blogwalking, eh nemu blog ini, umm.. Sebenernya si sempet mampir di celengan semar dulu sebelum ke sini πŸ™‚

    Ikutan ya om! *ngarep flatshoesnya :p, krn koleksi bukunya hampir sama kaya punyaku* oh iya, happy birthday anyway! semoga kebahagiaan selalu menyelimuti keluarga kecil mu ya om! πŸ™‚

    karena aku blm married dan penghasilanku belum seberapa, jadi tips aku buat ngatur keuangan sederhana aja: setiap bulan udah ada limit yg harus ditabung, jadi pengeluaran tiap bulan dicukup2in dari situ dan ga punya kartu kredit, jadi ga punya utang. terus kalo mau belanja, pas sale season deh. kalo mau liburan juga direncanain dari jauh2 hari biar bisa dapet tiket lebih murah dan atur itinerary yg sesuai dgn budget. *berdoa semoga menang, padahal tipsnya culun :p*

    Like

  126. saya belom berumahtangga dan selalu saja kedodoran dalam mengurus keuangan. tidak pernah menghitung berapa gaji dan berapa pemasukan dari orang tua. πŸ˜€ tapi saya percaya bahwa Tuhan Maha Kaya. Hehe.. Kalau saya rajin2 bersyukur, dengan cara apapun (entah berbagi dengan orang atau apa), yang jelas tidak menggunakan uang untuk kepentingan yang tidak perlu (foya- foya, makan berlimpah, dll), saya yakin Tuhan akan menyalurkan rejeki ke saya dalam bentuk apapun.
    Ini bukan tips sih.. πŸ™‚ saya kan sudah bilang diawal, saya tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. πŸ˜€
    semoga sukses GA nya. πŸ˜€

    Like

  127. Met ultah dulu ya Dan…walopun telat..hihihi…
    Wahh…udah baca sebagian komen di atas, jd berasa : semuanya balik lg ke kebutuhan masing2 orang/keluarga, dan ada bbrp yg patut dicoba tipsnya…
    Kalo aku pribadi yah….hmmm…apa ya? Jd blank tiba2..hiihihi, soalnya termasuk yg gak bisa ngirit, karena boros bgt, teteup pengen enjoy life as much as i can, tentunya dengan anak 2 sih yang bisa disaving udah minimum bgt…hahahaa….yg penting yah itu, bisa menyisihkan uang utk ditabung, tapi masih bisa menikmati hidup…nahh tuu, bingung kan? Saya juga bingung…wakaakaakk, udah kebanyakan yg kasih tips sih, ntar dikira nyontek ah (apalagi klo sy yg jd pemenangnya tohh? #gak mungkin ..gak mungkin ). Semoga sukses berhemat. Ayo menabung!

    Like

  128. happy belated birthday mas …
    belom telat kan ikut GA nya?
    tips hemat ala ibu rumah tangga belajaran
    1. beli pisang protol-an..duh bahasa indonesianya apa ya? pisang yang udah lepas dari ikatannya itu loh, biasanya dijual lebih murah, padahal isinya masi bagus
    2. rajin gunting voucher diskon di koran
    3. nabung recehan di celengan, dan disembunyikan di lemari / kolong kasur
    4. kalo hobi internetan sekalian aja kerja di warnet
    5. beli barang dalam kemasan besar lebih murah, misal diaper isi 40 lebih murah daripada yang isi 8
    6. kalo beli barang di toko pinggir jalan berdua, yang satu orang jagain motor biar ga usah keluar duit parkir
    7. sering -sering masak dan bikin kue sendiri..
    8. kalo tuiter an sering-sering ikut ga dan kuis..lumayan kan kalo menang hehehheee
    9. barang yang masi bagus (misal baju yang jarang dipake ) dijual aja..kalo ga laku ya digunting, bisa dijadikan kain pel, atau dijahit jadi tas atau sarung bantal
    10. beli majalah second saja, terbitan beberapa bulan lalu, harganya udah “jatuh”

    Like

  129. Pingback: Masuk Angin, Deadline dan Koneksi Internet | danikurniawan

  130. Pingback: 12 Nama | danikurniawan

  131. Pingback: Satu Lagi Tentang Menghemat | danikurniawan

Comments are closed.