Kalo Anak Demam

Fever is Functional
milis sehat –  Yayasan Orang Tua Peduli

Demam itu berguna, itu yang dibilang di artikelnya milis sehat.

Dari hasil baca-baca di situ, demam disebabkan adanya infeksi yang masuk ke badan yang mana pada bayi dan anak kecil pada umumnya yang kejadian adalah infeksi virus. Karena adanya virus di dalam tubuh, reaksi alami adalah Hypothalamus di otak memerintahkan badan untuk mengeluarkan pirogen – zat yang meningkatkan panas tubuh.

Kenapa inveksi virus direspon oleh tubuh dengan meningkatnya suhu tubuh yang berujung ke demam? karena virus gak bisa tahan di suhu tinggi. Jadi demam adalah respon alami tubuh untuk melawan infeksi virus.

Demam bukan sakit.

Terus gimana kalo anak demam tinggi? Sebagai orang tua pasti kita nggak tega ngelihat suhu badan anak meningkat tinggi. Kalo anak masih ceria ya ga usah diapa-apain. Bahkan kalo panas tinggi banget pun cukup dikompres dan diperbanyak minum untuk mencegah dehidrasi dan berkurangnya cairan. Bahkan lagi, kalo perlu ajakin anak main air, mandiin/rendem anak di air anget.

Takut anak kejang dan ngaruh ke kerusakan otak? sebagai orang tua kudu tega dan telaten mengamati kejang anak. Berapa usia anak ketika kejang demam, berapa lama durasinya dan bagian tubuh apakah yang kejang pertama kali.

Intinya demam adalah teman. Demam bukan penyakit. Demam sedikit sekali yang sampai pengaruh ke otak dan kecerdasan anak di kemudian hari.

Dan bahkan kalo anak demam trus dikasih penurun panas menurut penelitian malah lebih gampang kena sakit lanjutan dan sembuh sakit awalnya lebih lama. Kenapa? karena mekanisme tubuh alami untuk mengatasi komponen pengganggunya dihentikan paksa.

Last but not least,  batuk pilek, common cold atawa flu dan atau kadang batuk sampe radang mostly disebabkan oleh virus dan virus gak mati dengan antibiotik. Antibiotik buat ngebunuh bakteri dan untuk menentukan penyebab sakit bakteri diperlukan uji lab. Jadi jangan gampang-gampang ngasih antibiotik ke anak.

Yuk jadi smart parents! (yeah ajakan ini lebih ke gw sih) dan jadi konsumen kesehatan yang cerdas. :”)

PS: Gw bukan dokter, jadi kalo lu mau debat abis-abisan gw mungkin ga akan bisa jawab. Tapi yang gw tulis di sini adalah apa yang gw yakini dan menurut gw harus dilakukan sebagai orang tua.

Beberapa sumber bacaan bisa dibaca di sini:

Ato buka aja dan ubek-ubek milis sehat  langsung buat baca aneka macem artikel kesehatan.

Advertisements

68 thoughts on “Kalo Anak Demam

  1. demam, sakit kepala, mual, batuk, pilek ▶▶ gejala, bukan penyakit…
    aku biasanya ngebatasin diri 3hari baru ke dokter.. sebelum itu biarkan saja pertahanan tubuh yang bekerja, support dengan vitamin & makan yang buanyak.. tp klo mengganggu aktivitas, baru deh makan obat..
    saran nih Mas.. tiap sakit dicatet sendiri gejala2 & apa aja yang dikasih sebelum ke dokter, dan apa yang dokter kasih…
    aku baru mulai ‘jurnal obat’ akhir2 ini dan berguna banget, khususnya klo gejala yang sama timbul lagi..

    Like

  2. setuju mas dan.
    Emang sebaiknya hindari dulu obat kimia, biarkan pertahanan tubuh alamiah bekerja sempurna.

    Alloh udah menjadikan manusia dalam bentuk yang sempurna kq. ^-^

    Like

  3. Iya tuuh, kasian ntar anti body nya Aaqil kegerus ma obat… takut jadi ketergantungan n dosisnya malah nambah takutnya kedepannya..

    emoga lekas sembuh ya Aaqil… bapaknya Aaqil juga semoga lekas sembuh dari panicman.. :p

    Like

  4. Toss dulu ah sesama member milissehat 🙂

    Nambahin dikit ah…
    Pemberian paracetamol pada anak demam tujuannya bukan untuk menurunkan demam tapi hanya untuk membuat anak nyaman.
    Parcet diberikan jika anak demam > 38,5 C jika kurang dari suhu itu lakukan home treatment saja dengan berendam di air hangat, kompres air hangat atau skin to skin.
    Buat aku dan Samara, skin to skin mujarab banget loh 🙂

    Maaf komen nya panjang :p

    Like

  5. Demam adalah cara bayi anak untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Asak jeli mengetahui penyebabnya, pasti tidak perlu panik untuk tahu gimana cara mengatasinya.

    Like

  6. yup demam emang bukan penyakit. jadi yang harus diobati bukan demamnya, tapi penyakitnya.

    demam itu reaksi tubuh untuk melawan kuman. jadi kalo bisa demam justru bagus karena berarti tubuh berfungsi baik.

    Like

  7. Kalo soal flu, mungkin kebiasaan lama orang tua dulu ya langsung kasih obat gt, jadi kebawa2 sampe skrg loh Dan.. Sementara si Bubu sakit flu cuma banyak istirahat sama minum air putih doang.. >_<

    eh komen gw nyambung ga ya Dan? Huhuhu belum ada Mibu bingung komennya T_T

    Like

  8. Setuju banget Mba. Kalo anak demam sbg ortu nggak usah panik, Supaya tidak panik, kita sebagai orang tua emang seharusnya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai “demam”, paling tidak penanganan awal yang harus kita berikan. Semua penyakit akan sulit dideteksi pada hari-hari pertama demam jadi kita tidak perlu buru-buru membawa anak kita ke dokter ( kecuali untuk kasus-kasus tertentu misal anak dengan riwayat kejang demam, bayi dibawah 3 bln or anak hilang kesadaran ) Sedih juga liat anak-anak teman or tetangga disekitarku demam sedikit aja buru-buru dibawa kedokter, trs sama dokternya dikasih obat seabrek … (*tepok jidat)
    Btw, salam kenal ya Mba

    Like

  9. tfs ya Dan…terutama buat siayah juga biar die baca nih ntar…soalnya paling sering debat soal ginian ama si ayah, dan berakhir kasih sanmol / tempra kalo radit lagi demam..T__T

    Like

  10. Betul dan, mamah saya perawat dan selalu menerapkan penyembuhan tanpa obat… yang penting banyak minum dan istirahat.
    May the odds be ever in your favor =)

    Like

  11. Ai 2 minggu lalu juga batuk pilek, tapi gak sampek demam. Alhamdulillah.
    Demam memang bukan penyakit, tapi sistem respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke tubuh. Tapi, menurutku tetap bayi jangan sampai demam diatas suhu tubuh berkjepanjangan.
    Gimana Aaqil sekarang mas? udah baekan kah?

    Like

  12. setuju… apalagi kalau anaknya minum ASI. Kalau lagi demam itu obat paling ampuh sedunia.. selama ini tidak pernah memberikan obat penurun panas ke anak, selalu ASI.

    Like

  13. Saya juga termasuk orang yang suka mengutak-atik informasi tentang kesehatan, padahal swear, cita-cita saya bukian jadi dokter 😉

    Mudah-mudahan dengan orang tua yang bijak mengambil sikap saat anak sakit, obat-obat itu tidak lagi terlalu mudah diberikan. Ada masa dimana tubuh hanya perlu istirahat dan makan cukup agar metabolismenya kembali normal.

    Cepet sembuh Aaqil!

    Like

Comments are closed.